Jump to content

9 Tips Membangun Rasa Percaya Diri Agar Menjadi Pribadi Yang Sukses


wheewhee

Recommended Posts

self-confidenceconcept-illustration_114360-6475.jpg.5cd41ea81390d711f515dedf4312d26b.jpg

KP - Mungkin Anda memiliki pertanyaan, apakah seseorang bisa terlahir dengan rasa percaya diri? Jawabannya tentu saja tidak. Genetika memiliki peran dalam membentuk karakter seseorang, tetapi kepercayaan diri harus dibangun seiring dengan waktu berjalan. Tantangan dan situasi yang Anda harus hadapi dalam menjalankan kehidupan lah yang akan mengembangkan kepercayaan diri Anda.

Apa itu percaya diri?
Menurut psikolog Albert Bandura, "Kepercayaan diri adalah keyakinan pada kemampuan seseorang untuk mengatur dan melaksanakan tindakan yang diperlukan untuk mengelola situasi yang akan datang." Kepercayaan diri terbentuk ketika Anda dapat menilai kemampuan dan pengetahuan pribadi sehingga Anda percaya bahwa Anda dapat menyelesaikan sebuah masalah. Sederhananya, Anda dapat menganggap kepercayaan diri sebagai:

  • Perasaan positif yang terasa menyenangkan.
  • Perasaan yang membantu Anda mencapai hal-hal yang ingin Anda capai lebih cepat dan lebih mudah.
  • Kondisi mental bagaimana Anda berpikir tentang berbagai hal.

Manfaat menjadi seseorang yang percaya diri
Melalui penjelasan di atas, rasa yakin pada diri adalah sebuah hal yang positif dan juga memberi kegunaan dalam kehidupan.

  1. Menghargai diri sendiri. Semakin seseorang merasa yakin pada diri sendiri, mereka juga akan semakin menghargai diri sendiri dan kemampuan pribadi.
  2. Bahagia. Anda merasa bahagia dengan diri sendiri dan dapat menikmati hidup.
  3. Jarang merasa takut dan cemas. Anda dapat menerima, beradaptasi, belajar, dan memperoleh manfaat dari situasi apapun dalam hidup. Dengan cara ini, Anda secara alami menggantikan rasa takut dan kecemasan dengan kepercayaan diri yang lebih besar pada diri sendiri dan kemampuan Anda.
  4. Bebas dari kecemasan sosial. Semakin Anda merasa aman dengan diri Anda, semakin sedikit kekhawatiran Anda tentang apa yang orang lain pikirkan tentang Anda.
  5. Pikiran lebih tenang dan jarang stres. Hidup Anda jadi lebih tenang dan bebas stres karena tidak merasa takut atau cemas.
  6. Lebih banyak energi dan motivasi. Semakin yakin Anda bahwa Anda dapat mencapai tujuan hidup yang ingin Anda capai, Anda akan semakin semangat dan termotivasi untuk mengambil tindakan untuk mencapainya!
  7. Menjadi sukses. Seseorang yang memiliki rasa yakin pada diri sendiri cenderung lebih sukses.

9 cara praktis membangun rasa percaya diri
Ingin menjadi seseorang yang lebih yakin pada diri sendiri? Anda bisa coba 9 cara ini untuk membangun rasa yakin pada diri sendiri.
1. Bersikaplah realistis dengan kemampuan diri sendiri
Kenali diri Anda lebih dalam, apa saja kelebihan dan kekurangan Anda? Apakah Anda memiliki kemampuan untuk menyelesaikan pekerjaan tertentu atau Anda butuh bantuan? Dengan bersikap realistis terhadap kemampuan pribadi, Anda mampu menangani kegiatan atau pekerjaan yang diserahkan oleh orang lain. Contohnya saja, jika atasan meminta Anda untuk menangani proyek tertentu, luangkan waktu untuk mengevaluasi keterampilan dan komitmen terlebih dahulu sebelum Anda menjawab. Dengan cara tersebut, Anda bisa memikirkan dengan lebih matang dan jika Anda terima pun Anda menerimanya dalam posisi yang yakin pada diri sendiri.

2. Jangan bandingkan diri dengan orang lain
Akan selalu ada seseorang yang lebih cantik, kaya, atau lebih pintar daripada Anda. Tetapi Anda harus ingat bahwa Anda tidak tahu apa yang sebenarnya terjadi di dalam hidup mereka. Setiap orang punya keunikan masing-masing. Bandingkanlah diri Anda dengan diri Anda yang kemarin. Apakah hari ini Anda adalah seseorang yang lebih baik dari sebelumnya? Sebaiknya fokus pada pengembangan diri Anda dan ingat kembali progress yang telah Anda lalui sampai titik ini. Cara ini sangat baik untuk meningkatkan rasa yakin pada diri sendiri.

3. Merawat tubuh
Kondisi tubuh yang sehat dan prima dapat membangun rasa kepercayaan diri Anda. Ikuti pola makan yang sehat dan olahraga secara teratur. Tanpa disadari, memiliki tubuh yang ideal akan mensugesti pikiran Anda bahwa bentuk tubuh Anda lebih baik dari sebelumnya. Maka, Anda akan lebih yakin pada bentuk tubuh Anda. Bentuk tubuh yang ideal akan meminimalisir rasa minder saat bertemu orang baru. Bentuk tubuh yang ideal juga membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat.

4. Belajar dari masa lalu
Belajar dari keberhasilan Anda di masa lalu. Jika sebelumnya Anda dapat melakukannya, sekarang Anda juga bisa melakukannya lagi. Buatlah daftar pencapaian yang pernah Anda raih dan membuat Anda bangga. Coba cari lagi inspirasi dari keberhasilan yang pernah Anda capai. Jika Anda gagal mencapai tujuan Anda di masa lalu, pelajari kembali apa yang bisa Anda perbaiki dari kesalahan yang Anda perbuat.

5. Keluar dari zona nyaman
Kepercayaan diri akan lebih meningkat jika Anda dihadapkan dengan situasi di luar zona nyaman Anda. Melakukan hal-hal kecil yang baru dan tidak biasa adalah cara yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri. Anda bisa bertemu dengan orang baru, mencoba hobi baru, atau mempelajari keterampilan baru. Walaupun awalnya mungkin kurang nyaman tetapi semakin Anda jalani, Anda pun dapat berkembang.

6. Berpakaian yang menarik meningkatkan rasa yakin
Cara Anda berpakaian mempengaruhi bagaimana orang lain memandang Anda. Hal ini juga mempengaruhi cara Anda memandang diri sendiri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengenakan pakaian yang berbeda dapat membuat Anda berpikir dan bertindak secara berbeda. Kenakanlah pakaian yang membuat Anda lebih yakin pada diri sendiri.

7. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai
Menetapkan tujuan-tujuan kecil dan kemudian mencapainya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Anda akan berpikir bahwa Anda sanggup melakukan hal tersebut. Jangan menetapkan tujuan yang tidak realistis karena kegagalan dapat mengurangi kepercayaan diri. Terapkan tips ini sebagai cara agar percaya diri.

8. Berlatih afirmasi positif
Melakukan afirmasi positif bisa jadi salah satu cara agar percaya diri. Anda bisa menyebutkan kata-kata seperti "Saya bisa melakukan hal ini" atau "Saya pasti bisa melewati tantangan ini" akan membantu Anda meningkatkan rasa yakin pada diri. Ingat, Anda tidak 'harus' melakukan tetapi Anda 'dapat' melakukan sesuatu.

9. Perbaiki postur tubuh
Hal ini mungkin terkesan aneh, tetapi postur tubuh Anda dapat mempengaruhi perasaan Anda tentang diri sendiri. Anda bisa coba duduk atau berjalan dengan badan yang lebih tegak sehingga dapat membantu Anda untuk jadi lebih yakin pada diri. Biasanya, orang dengan postur tubuh membungkuk menunjukkan rasa kurang yakin pada diri. Untuk itu, pastikan badan Anda tegap diiringi dengan dada busung ke depan selama berjalan. Memiliki postur tubuh sempurna adalah salah satu cara cepat untuk menumbuhkan rasa yakin pada diri.

Kepercayaan diri dapat dibangun seiring berjalannya waktu. Dengan memiliki kepercayaan diri, kehidupan Anda pun akan terasa lebih baik. Anda dapat merasakan banyak manfaat dengan menjadi seseorang yang yakin pada diri, jangan lupa coba cara di atas agar bisa meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Link to comment
Share on other sites

  • 2 weeks later...

1) Jangan membuat alasan. 2) Berhenti menunggu izin untuk bertindak. 3) Jangan berhenti. 4) Jangan mencari perhatian. 5) Jangan mencari pujian terus-menerus. 6) Jangan menunda sesuatu. 7) Jangan menghakimi. 😎 Jangan menghindari konflik.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...