Jump to content

Berat Badan Ideal Tinggi 160


Recommended Posts

67458717_beratbadan.thumb.jpg.bbf4564f7d2aea56b1377f4c4e3731d6.jpg

Kira-kira, berapa berat badan ideal tinggi 160 bagi wanita dan pria? Gimana ya cara untuk mengetahuinya? Apakah ada rumus tersendiri?

Ada berbagai rumus untuk menghitung berat badan ideal tinggi 160. Menurut Peterson dkk (2016) dalam Universal Equation for Estimating Ideal Body Weight and Body Weight at Any BMI, rumus-rumus itu berkembang sebagai cara memprediksi berat badan ideal (BBI).

Apa saja rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menghitung berat badan ideal untuk wanita dan pria dengan tinggi 160 cm? Yuk simak!

Rumus Berat Badan Ideal Tinggi 160 Wanita dan Pria

Berdasarkan informasi yang Hello Ladies kutip dari berbagai sumber, berikut ini rumus-rumus untuk memprediksi berat badan ideal tinggi 160 bagi wanita dan pria:

  1. Rumus Hamwi.
  2. Rumus Lorentz Index (LI).
  3. Rumus Devine.
  4. Rumus Broca Index (BI).

Keempat rumus memiliki formula berbeda untuk wanita dan pria. Untuk memahami rumus-rumus tersebut, yuk simak rinciannya!

1. Rumus Hamwi

Digagas oleh George J. Hamwi pada 1964, rumus berat badan ideal Hamwi membutuhkan data tinggi badan dengan satuan inci. Jika kamu memiliki tinggi 160 cm, maka angka itu sama dengan 63 inci.

Selanjutnya, kamu perlu memasukkan data tinggi badan tersebut ke rumus berikut ini:

Rumus Hamwi (Wanita)

Quote

 

BBI Wanita = 45,5 kg + 2,2 kg x (tinggi [inci] - 60)

BBI Wanita = 45,5 kg + 2,2 kg x (63 - 60)

BBI Wanita = 45,4 kg + 2,2 kg x 3

BBI Wanita = 52,1 kg

 

Rumus Hamwi (Pria)

Quote

 

BBI Pria = 48 kg + 2,2 kg x (tinggi [inci] - 60)

BBI Pria = 48 kg + 2,2 kg x (63 - 60)

BBI Pria = 48 kg + 2,2 kg x 3

BBI Pria = 54,6 kg

 

Artinya, menurut rumus Hamwi, berat badan ideal untuk tinggi 160 cm adalah 52,1 kg (wanita) dan 54,6 kg (pria).

2. Rumus Lorentz Index (LI)

Rumus Lorentz Index untuk wanita dan pria juga berbeda. Artinya, cara menghitung berat badan ideal tinggi 160 bagi wanita dan pria pun tidak sama. Berikut ini rinciannya:

Rumus Lorentz Index (Wanita)

Quote

 

BBI Wanita = [Tinggi (sentimeter) - 100] - [Tinggi (sentimeter) - 150] : 2

BBI Wanita = [160 - 100] - [160 - 150] : 2

BBI Wanita = 60 - 10 : 2

BBI Wanita = 55 kg

 

Rumus Lorentz Index (Pria)

Quote

 

BBI Pria = [Tinggi (sentimeter) - 100] - [Tinggi (sentimeter) - 150] : 4

BBI Pria = [160 - 100] - [160 - 150] : 4

BBI Pria = 60 - 10 : 4

BBI Pria = 57,5 kg

 

Berdasarkan rumus Lorentz, berat badan ideal untuk tinggi 160 cm ialah 55 kg (wanita) dan 57,5 kg (pria).

3. Rumus Devine

Rumus Devine lahir berkat gagasan BJ Devine pada 1974 lewat penelitian Gentamicin Therapy. Sama seperti rumus Hamwi, rumus Devine juga butuh data tinggi badan dengan satuan inci. Berikut ini rumus dan cara menggunakannya untuk tinggi 160 cm alias 63 inci:

Rumus Devine (Wanita)

Quote

 

BBI Wanita = 45,5 kg + 2,3 kg x (Tinggi [inci] - 60)

BBI Wanita = 45,5 kg + 2,3 kg x (63 - 60)

BBI Wanita = 45,5 kg + 2,3 kg x 3

BBI Wanita = 52,4 kg

 

Rumus Devine (Pria)

Quote

 

BBI Pria = 50 kg + 2,3 kg x (Tinggi [inci] - 60)

BBI Pria = 50 kg + 2,3 kg x (63 - 60)

BBI Pria = 50 kg + 2,3 kg x 3

BBI Pria = 56,9 kg

 

Dengan rumus devine, berat badan ideal untuk tinggi 160 cm adalah 52,4 kg (wanita) dan 56,9 kg (pria).

4. Rumus Broca Index (BI)

Rumus yang lahir pada 1871 berkat Pierre Paul Broca ini ada tiga, yakni: rumus secara umum, rumus untuk wanita, serta rumus untuk pria.

Rumus Broca (Wanita)

Quote

 

BBI Wanita = [Tinggi (sentimeter) - 100] - ([Tinggi (sentimeter) - 100] x 15%)

BBI Wanita = [160 - 100] - ([160 - 100] x 15%)

BBI Wanita = 60 - 60 x 15%

BBI Wanita = 60 - 9

BBI Wanita = 51 kg

 

Rumus Broca (Pria)

Quote

 

BBI Pria = [Tinggi (sentimeter) - 100] - ([Tinggi (sentimeter) - 100] x 10%)

BBI Pria = [160 - 100] - ([160 - 100] x 10%)

BBI Pria = 60 - 60 x 10%

BBI Pria = 60 - 6

BBI Pria = 54 kg

 

 

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By jodang
      Lada hitam termasuk deretan bumbu dapur yang sering digunakan untuk menyedapkan makanan. Rempah ini adalah sumber magnesium, vitamin K, zat besi, dan serat. Selain itu, lada hitam ternyata juga efektif untuk menurunkan berat badan.
      Untuk menurunkan berat badan yang efektif dan efisien, kuncinya adalah metabolisme yang berjalan baik adalah kunci untuk menurunkan berat badan. Kita juga harus punya sistem pencernaan yang baik.
      Kedua aspek ini memainkan peran penting untuk menurunkan berat badan. Metabolisme yang lamban bisa menghambat laju program penurunan berat badan. Satu bahan yang penuh dengan khasiat, bermanfaat bagi kesehatan dan bisa menurunkan berat badan adalah lada hitam.
      Itu karena lada hitam bisa meningkatkan metabolisme makanan berkat efek termogeniknya. Hal itu disebutkan dalam buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing House, seperyi dilansir dari NDTV, 7 Maret 2019. Lada hitam membantu menyehatkan pencernaan.
      Bumbu ini punya sifat antioksidan dan anti-inflamasi, yang secara tradisional digunakan untuk detoksifikasi, meredakan infeksi paru-paru dan bronkial. Anda bisa mengonsumsi lada hitam dalam bentuk mentah yang dihancurkan, atau dalam bentuk bubuk.
      Lalu gunakan dalam kaldu dan bumbu-bumbu lainnya. Campurkan sejumput lada hitam ke dalam menu masakan seperti sayuran. Mengonsumsi lada hitam sekali sehari mungkin dapat meningkatkan efektivitas penurunan berat badan.
      Selain itu, Anda bisa membuat ramuan minuman lada hitam. Caranya cukup campurkan lada hitam, madu, dan kayu manis ke dalam secangkir gelas yang bisa langsung diminum.
      Anda bisa juga menambahkan lada hitam ke kari atau dalam minuman lainnya. Hanya dengan rutin mengonsumsi sejumput lada hitam rutin setiap hari akan memberikan manfaat yang besar bagi Anda.
    • By berita_semua
      Pakar gizi membeberkan sejumlah asupan yang harus dihindari jika seseorang ingin mengurangi berat badan. Ternyata pantangan tersebut bukan hanya sejumlah makanan kurang sehat, melainkan juga minuman penyertanya.
      Banyak orang mungkin telah mengganti sarapan pancake dan sosis dengan seiris roti plus buah. Akan tetapi, menurut pakar nutrisi, pilihan sehat tersebut belum cukup jika Anda tidak menaruh cukup perhatian terhadap apa yang Anda minum.
      Porsi kalori pada pemanis tambahan minuman soda dan jus kemasan bisa mencapai jumlah yang mengejutkan. Bayangkan jika seseorang mengonsumsi kalori demikian setiap hari, belum lagi makanan padat yang perlu diasup agar tubuh punya cukup energi.
      "Minum 500 kalori cair dari soda atau minuman manis juga membuat seseorang tidak cukup mendapatkan rasa kenyang dibandingkan dengan mengasup 500 kalori dari makanan padat," ujar Cara Anselmo, pakar nutrisi dan diet dari New York's Memorial Sloan-Kettering Cancer Center.
      Peneliti dari Universitas Harvard dan Rumah Sakit Anak di Boston juga mengetes ide tersebut dalam penelitian panjang selama delapan tahun. Riset yang melibatkan hampir 50 ribu peserta perempuan itu menganalisis dampak kebiasaan minum minuman yang mengandung pemanis buatan.
      Partisipan yang terbiasa minum soda, jus, dan fruit punch setelah makan, cenderung mengalami kenaikan berat badan. Mereka yang menggemari minuman tersebut juga terancam peningkatan risiko sejumlah penyakit, termasuk diabetes tipe dua.
      "Saat minum kalori cair, orang sering kali makan lebih banyak kalori secara keseluruhan," ujat Richard Mattes, profesor bidang nutrisi di Purdue University yang menyarankan kebiasaan minum air putih, dilansir dari laman Standard.
    • By Martaindahsari

      Siapa bilang menurunkan berat badan itu susah? Kamu bisa lunturkan lemak pada tubuh dengan mudah Ladies. Hanya dengan mengonsumsi air saja sebenarnya kamu bisa dengan mudah menghilangkan puluhan kg lemak dari tubuhmu.
      Dimulai dengan meminum 500 ml air 30 menit sebelum makan, kamu akan bisa memangkas lemak dalam tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan minum air sebelum makan benar-benar efektif menurunkan berat badan bahkan pada orang yang mengalami obesitas. Kali ini Vemale akan mencoba menghadirkan 6 step mudah untuk turunkan berat badan hanya dengan minum air putih yang bisa kamu ikuti sejak sekarang Ladies.
      Step 1
      Seperti yang telah dibahas sebelumnya Ladies, mulailah dengan meminum 500 ml air 30 menit sebelum makan. Air akan membuat perutmu merasa lebih kenyang dan menurunkan selera makanmu Ladies. 
      Step 2
      Hindari minuman yang mengandung kalori seperti soda, kopi, dan minuman manis. Minum air putih saja sebanyak-banyaknya.
      Step 3
      Penelitian membuktikan bahwa minum air putih dingin akan mempercepat metabolisme tubuh. Karena itulah perbanyak minum air dingin dalam sehari.
      Step 4
      Selalu hitung jumlah air yang masuk dalam tubuhmu Ladies. Minumlah minimal 10 gelas air dalam sehari jika kamu memang ingin menurunkan berat badan.
      Step 5
      Kamu juga harus memperhatikan jumlah keringat yang keluar Ladies. Jika kamu memang sering berkeringat selalu tambah asupan air putih dalam tubuh agar tak sampai dehidrasi.
      Step 6
      Ganti snack, rokok, atau minuman manis dengan air putih. Saat lapar dan ingin ngemil ambil air putih dan minum sampai habis. Ini akan membiasakan dirimu untuk minum air putih dan hidup lebih sehat.
      Berikut tadi 6 step super simple yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan dengan efektif Ladies. Air putih akan sangat membantu menurunkan berat badan. Tak cuma itu saja, air putih sangat sehat dan akan membuat kulitmu makin sehat dan bercahaya.
    • Guest News
      By Guest News
      Belakangan blogger banyak mengangkat fenomena ‘dad bod’ alias laki-laki dengan badan tidak atletis, berbeda dengan tren laki-laki ‘metroseksual’ yang rajin ke pusat kebugaran. Ternyata, riset baru menunjukkan menjadi seorang ‘dad’ alias ayah memang membuat laki-laki cenderung kelebihan berat badan.
      VOA Indonesia: http://www.voaindonesia.com
      Ngobas: http://ngobas.com
    • By Chesa
      Hampir semua orang mengidam-idamkan tubuh yang ideal, baik wanita maupun pria. Apalagi untuk mereka yang mengalami kelebihan berat badan, pasti segala cara akan dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Pernahkah Anda merasa jengkel karena jarum timbangan tak kunjung bergerak ke kiri, meskipun sudah berbagai cara menurunkan berat tubuh Anda lakukan? Wah, mungkin saja tuh cara yang Anda pilih salah. Bisa-bisa Anda mendapat efek negatifnya tuh, daripada mendapatkaan manfaatnya.

      Kebiasaan Salah Menurunkan Berat Badan
      Mau terhindar dari cara menurunkan berat tubuh yang salah? Yuk simak ulasannya berikut ini.
      Ngotot Diet
      Terkadang, banyak orang yang terlalu memaksakan diet sehingga membuat mereka merasa tertekan. Ketika stress, tubuh akan melepaskan hormone kortisol yang bisa memperlambat metabolism dan meningkatkan nafsu makan. Tuhkan, diet yang terlalu ngotot emang gak baik.
      Memperbanyak Makanan Asin
      Ketika sedang diet, makanan yang paling sering dibatasi adalah makanan manis dan makanan berlemak. Namun tidak lantas membuat Anda boleh mengkonsumsi banyak makanan asin. Perlu diketahui, makanan yang mengandung banyak garam akan menahan cairan dalam tubuh Anda dan membuat berat tubuh Anda bertambah. Ini dia alasannya kenapa berat tubuh Anda tak juga turun

      Cara Menurunkan Berat Badan
      Melewati Jam Makan
      Banyak orang yang mendefinisikan diet dengan menurunkan berat badan melalui cara tidak makan. Padahal diet ini sama sekali tidak sehat dan bisa membuat Anda kekurangan gizi. Masih banyak orang yang bahkan melewatkan jam makan, terutama sarapan. Perlu diingat, diet yang baik berarti menyeimbangkan asupan kalori dan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, bukannya membatasinya.
      Menggantungkan Diri Pada Pil Diet
      Ini sih bahaya sekali! Umumnya, suplemen diet mengandung zat-zat kimia seperti fenipropanolamin, efedrin, dan kafein. Bila terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan seperti ini, tubuh Anda akan segera merasakan efek sampingnya, mulai dari mual, insomnia, gagal ginjal, dan hipertensi. Bahkan sudah banyak kasus penggunaan pil diet yang salah dan akhirnya berujung pada kematian. Hiii, seram ya.

      Tidak Bergerak Aktif
      Anda malas bergerak dan lebih memilih duduk bersantai di waktu senggang? Berat badan Anda tidak akan pernah turun jika begitu. Sempatkan tubuh Anda untuk banyak bergerak, baik saat waktu senggang atau ketika sedang bekerja. Berjalan-jalan di pagi dan sore hari mengelili komplek perumahan Anda juga sudah termasuk olahraga lho.
      Nah, itu dia cara menurunkan berat tubuh yang salah dan tidak boleh lagi Anda ulangi. Buat perubahan dengan melakukan cara diet yang sehat dan aman. Akan sangat baik jika Anda mengkonsultasikannya lebih dahulu dengan dokter atau ahli kesehatan. Saatnya melakukan cara menurunkan berat badan yang tepat dan kembalikan rasa percaya diri Anda dengan lekuk tubuh yang menawan!
×
×
  • Create New...