Jump to content

Heboh BTS Meal, Kenapa BTS Digemari di Seluruh Dunia?


Recommended Posts

1353662435_btsmeal.thumb.jpg.86821299f96e2ee8304cd763803aebd6.jpg

Gerai McD di tanah air mendadak diserbu penggemar K-pop atau Ojol “Army” yang berburu paket ekslusif dari idola pelanggannya bertajuk, BTS Meal pada Rabu (9/6/2021).

Kerumunan yang ditimbulkan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan aparat bertindak tegas. Sejumlah gerai ayam cepat saji itu diminta segera berhenti beroperasi, hingga dijatuhi sanksi.

Pihak McD pun sampai harus mengeluarkan pernyataan, isinya meminta para “BTS ARMY” (panggilan untuk penggemar BTS) untuk “mengendalikan diri,” karena paket ekslusif ini akan hadir dalam sebulan ke depan.

Tidak hanya di Indonesia, kehebohan BTS ARMY akan paket makanan istimewa dengan label boyband Korea Selatan terpopuler saat ini juga terjadi di luar negeri.

BTS ARMY Malaysia yang mencoba “mendaur ulang” kemasan dari bungkus paket BTS Meal.

Dari gambar yang dilaporkan terlihat bungkus paket BTS meal McD yang digantung di tiang jemuran seolah habis dicuci.

Nielsen Music melaporkan, alat “ekspor” musik terbesar Korea Selatan adalah raksasa media sosial. Itu juga yang mendorong capaian BTS di Billboard saat ini bahkan di atas Justin Bieber, Lil Nas X dan Billie Eilish.

Kompas.com mengumpulkan sejumlah ulasan internasional yang coba meneliti, kenapa BTS sangat popular di dunia, hingga menciptakan fenomena Army mendunia.

Tangan dingin CEO Bang

Popularitas BTS menanjak seiring dengan pertumbuhan industri K-Pop di tingkat global. Di luar Korea Selatan, pasar lain dari industri hiburan “Negeri Gingseng” awalnya adalah Jepang.

Industri ini mulai mendapatkan daya tarik di AS pada akhir 1990-an dan 2000-an. Artis terpopuler antara lain seperti Big Bang dan, kemudian, Psy (“Gangnam Style”) .

BTS tidak menjadi superstar global sendirian. Peran krusial dari kesuksesan group dengan tujuh member ini terletak pada pengelolaan Bang Si-hyuk, CEO Big Hit Entertainment, label dan agensi grup ini.

“Big Hit (awalnya) adalah perusahaan IT yang memproduksi K-pop. Di sinilah Bang Si-hyuk masuk,” kata Byung Kee-suh, seorang penulis yang tinggal di Seoul yang telah banyak menulis tentang K-pop selama lebih dari 30 tahun kepada The Indian Express.

Menurut Byung, CEO Bang telah mencoba menggabungkan dunia K-pop BTS dan industri gim Korea yang senilai 13 triliun won (sekitar 11,7 miliar dollar AS).

Selama bertahun-tahun, beberapa gim online bertema BTS telah dikembangkan oleh Netmarble, sebuah perusahaan yang dikatakan dimiliki oleh sepupu Bang.

Menurut Byung, fokus CEO Big Hit selalu berbeda dari perusahaan hiburan besar lainnya di K-pop, yaitu untuk menangkap pasar internasional. Misi itu sebagian, berkontribusi pada keberhasilan BTS.

“Pasar domestik di Korea sangat kecil, sehingga keputusasaan mendorong mereka ke luar negeri,” jelas Bang.

Kebebasan proses berkarya

Wall Street Journal (WSJ) dalam ulasannya, menyorot kebebasan proses kreativitas musik BTS, sebagai salah satu faktor yang membuatnya lebih menonjol dari artis dalam industri K-pop lainnya.

K-Pop generasi awal terkenal dengan manajemen artis yang nyaris dikendalikan penuh dan hampir sempurna, namun BTS tidak.

Menurut para ahli K-Pop, BTS berbeda karena Big Hit memberikan artisnya kebebasan pribadi dalam berkarya.

Agensi itu melawan hasrat untuk menuliskan musik artisnya, atau lebih jauh menulis setiap gerakan mereka. Bahkan menolak mengatur kehadiran mereka di media sosial.

CEO Bang “merasa bahwa penampilan artis yang terlalu diatur oleh agensi menyakiti artis,” kata CedarBough Saeji, asisten profesor tamu di Indiana University Bloomington yang mengajar studi Korea melansir WSJ.

Pendekatan itu berbeda dengan cara yang dilakukan tiga agensi raksasa Korea Selatan (SM Entertainment, YG, JYP).

BTS sangat terlibat dalam penulisan, produksi, dan koreografi musik, video, dan tariannya, bahkan saat berkolaborasi dengan kru produksi internal, termasuk CEO Bang.

Sistem kreatif itu memberi mereka kredibilitas di kalangan penggemar musik, terutama di Barat, yang merasa banyak aksi K-Pop adalah “produk buatan.”

Keterampilan artis

Alasan utama anggapan otentisitas BTS adalah karena grup tersebut memiliki rapper yang terbukti keahliannya.

Secara historis, grup K-Pop telah menggabungkan beberapa hip-hop ke dalam campuran gaya pop, elektronik, dance, dan R&B mereka.

Tetapi BTS memiliki rapper penuh yang menulis lirik mereka sendiri.

“BTS memulai karir mereka sebagai band hip-hop independen, Awalnya mereka bukan ‘grup idol’ yang khusus dibentuk oleh agensi hiburan,” kata Lee Gyu-tag, asisten profesor antropologi di kampus Universitas George Mason di Korea Selatan kepada WSJ.

Menanjaknya BTS sesuai dengan semakin populernya hip-hop di Korea Selatan, di mana banyak penggemar kini mengharapkan rapper yang lebih terampil.

Di AS, sementara itu, rap sekarang mendominasi musik pop AS lebih dari sebelumnya, dengan bintang pop tradisional yang kurang akrab dalam gaya hip-hop menjadi tertinggal.

Kejujuran dalam karya

Bintang K-Pop dan agensinya telah lama bekerja untuk menghadirkan citra ideal di media sosial.

BTS, sebaliknya, tidak mewakili "kesempurnaan yang senjang (dengan realita)," kata Saeji.

Salah satu tema terbesar mereka adalah perjalanan mereka hingga menjadi superstar, termasuk perjuangan mereka menghadapi ketenaran.

Mereka berbicara dan berbagi keprihatinan juga kekhawatiran sebagai kaum muda. Semua disampaikan tidak hanya melalui musik, tetapi juga dalam kegiatannya di “luar panggung.”

Salah satunya ditunjukkan dalam pidato pemimpin grup ini RM atau Kim Nam-joon di sela-sela pertemuan PBB pada 2018.

“Mereka mudah didekati dan rendah hati sepanjang karier mereka, dan tidak memposisikan diri di atas penggemar. Secara khusus, di antara isu-isu yang mereka bicarakan, penekanan BTS pada kesehatan mental dan mencintai diri sendiri, sangat menyentuh kaum muda,” tambah Saeji.

Dalam industri hiburan Korea Selatan sendiri, BTS memiliki kisah "Daud dan Goliat." Pasalnya, mereka harus berjuang ditengah himpitan perusahaan besar dengan keterbatasan dana dan kekuatan awal Big Hit.

“Banyak anak muda juga merasa tidak berdaya dan dirugikan sejak awal. Oleh karena itu mendukung BTS sangat menarik bagi penggemar awal,” jelasnya.

Meski begitu, perjuangan BTS menuju kesuksesan juga masih menginspirasi penggemar yang mengenal mereka saat sudah populer seperti sekarang.

Keintiman dengan penggemar

Bagian dari daya tarik septet ini adalah mereka memberi penggemar akses intim untuk menghibur diri mereka sendiri di belakang panggung.

Penggemar dengan mudah mengakses berbagai konten BTS diluar karyanya melalui streaming dari Youtube, website Bangtan Bomb, maupun saluran V Live.

Mereka berbagai reaksi atas video musik mereka sendiri, menyapa penggemar dalam berbagai kesibukan mereka, membuka diri tentang kekhawatiran dan pemikiran mereka, dan banyak lagi.

Mereka juga dikenal karena kehadiran proaktif mereka di media sosial sejak hari-hari pra-debut mereka.

Pada 2017, data Twitter mengungkapkan bahwa BTS adalah artis musik yang paling banyak di-tweet di AS dan selebriti yang paling banyak di-tweet secara global.

Mereka bahkan mendapatkan tempat di edisi Guinness World Records 2018 untuk sebagian besar keterlibatan Twitter untuk grup musik pria.

Kepada Gulf News, salah satu penggemar BTS yang menjadi Admin Kim dari BTS UEA menerangkan alasan lain mengapa BTS ARMY sangat setia mendukung Idol Korea Selatan satu ini dalam berbagai kesempatan.

Para penggemar selalu merasa BTS menyadari perjuangan penggemarnya, dan tidak pernah lupa berterima kasih kepada ARMY saat mengumpulkan penghargaan mereka.

Karena BTS membantu penggemar mereka dengan satu atau lain cara utamanya meninspirasi lewat karya, BTS ARMY selalu bersemangat untuk "membalas" cinta dan kerja keras idolanya terus-menerus.

“Hal paling sederhana yang dapat kami lakukan untuk memberi kembali adalah dengan membuat mereka berada di puncak tangga lagu dan membantu tujuan dan impian mereka menjadi kenyataan,” kata Admin Ren dari BTS UEA.

“Melihat mereka bahagia dan melangkah jauh adalah hal yang membuat semua ARMY bahagia.”

Menurut profesor tamu di Indiana University Bloomington yang mengajar studi Korea, penggemar BTS “sangat bersemangat ke tingkat yang sangat jarang Anda lihat.”

Kesetiaan penggemar itu, pada gilirannya, diterjemahkan ke dalam tindakan berupa pembelian CD, streaming, dan posting online.

Saeji bahkan mengatakan penggemar BTS di negara-negara kaya telah menyumbangkan uang kepada mereka yang berada di negara-negara miskin. Yaitu dengan membantu mereka membeli album sang idola secara legal, guna meningkatkan peringkat BTS di tangga lagu.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By berita_semua
      Mengantisipasi lonjakan masyarakat yang melakukan perjalanan mudik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan seluruh operator seluler Indonesia akan meningkatkan performa jaringan dengan menaruh mobile BTS di seluruh titik arus mudik termasuk bandara.
      "Kenapa kita lebih khususkan ke bandara? Karena lebih banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan pesawat terbang. Jadi saya minta kepada teman-teman operator untuk menaruh mobile BTS di titik-titik keberangkatan dan pulang," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara di Gedung Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (23/5/2017).
      Pria yang kerap disapa Chief RA itu juga mengungkapkan, titik bandara yang dimaksud yakni Jakarta (Cengkareng dan Halim), Surabaya dan khususnya Bali.
      "Sebenarnya, masyarakat terbang ke Bali mungkin bukan buat lebaran mudik ya, tetapi untuk liburan dan perkiraan ini juga diperoleh dari teman-teman Kementerian Perhubungan. Pemerintah juga selalu melakukan koordinasi antara sektor Kementerian untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat," imbuh Chief RA.
      Chief RA juga memaparkan timnya juga akan berjaga pada jalur darat yakni kereta api.
      "Kalau kereta api tidak terlalu tinggi seperti bandara, karena infrastruktur kereta api terbatas tidak seperti pesawat, pertumbuhan pembangunannya lebih cepat," tutup Chief RA.
      Sekadar informasi, Mobile BTS kabarnya akan ditaruh di 300 titik, meliputi titik keberangkatan mudik (Jakarta, Batam, Balikpapan), jalur mudik dan arus balik (kereta api dan jalur darat), serta titik kedatangan mudik (Surabaya, Bandung, Makassar, Medan, Padang, Lampung, Semarang).
    • By pusat_indoindo
      Casey Dean, 14 tahun dan Edward Nitz, 13 tahun, dua orang kakak beradik, ingin mencoba sebuah penelitian baru. Mereka membeli sebuah burger Mc Donalds pada tahun 1995 dan berencana ingin menyimpannya dalam waktu yang lama. Mereka ingin tahu seperti apa penampakan burger yang akan mereka simpan selama bertahun-tahun.
      Bayangan burger busuk yang penuh dengan belatung rupanya meleset jauh. Justru penampakan burger ini lebih mengerikan dari yang mereka bayangkan. Ini penampakannya!
      Penampakan kotak kayu tempat mereka menyimpan burger sejak tahun 1995. Mereka menutup kotak kayu dengan sangat rapat saat menyimpan burger pertamakalinya.

      Saat kotak kayu dibuka pada tahun 2015 (20 tahun kemudian), bentuk burger tersebut masih sama persis dengan burger yang mereka beli di tahun 1995! Mengejutkan!

      Dilihat dari sudut manapun, burger ini masih tampak segar dan seperti baru dibeli tadi pagi!

      Bahkan masih banyak orang yang mau melahapnya jika melihat bentuk fisik burger, yang jelas tanpa mereka tahu bahwa burger ini sudah berumur sama dengan orang dewasa.

      Apa yang akan terjadi jika burger ini dilahap dan masuk ke perut manusia? Membayangkannya saja sudah membuat perut mulas. Hmmm..

      So, masih mau makan burger Mc D setelah melihat ini?

×
×
  • Create New...