Jump to content

Manfaat dan Risiko Masturbasi


Recommended Posts

masturbasi.thumb.jpg.33f6d41f0af214792cf17550180abd52.jpg

Masturbasi sebenarnya merupakan aktivitas seksual yang umum dan aman untuk dilakukan. Masturbasi bahkan bisa memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Di sisi lain, aktivitas ini kerap dikaitkan dengan gangguan produksi sperma hingga gangguan kejiwaan. Benarkah demikian?

Masturbasi atau onani adalah tindakan memberikan rangsangan seksual pada diri sendiri dengan cara menyentuh, meraba, atau memijat organ kelamin. Tujuannya adalah untuk mencapai orgasme atau klimaks, layaknya berhubungan intim dengan pasangan.

Pria biasanya melakukan masturbasi dengan menyentuh dan memijat penisnya, sedangkan wanita melakukan masturbasi dengan menyentuh dan memainkan area sensitif, seperti klitoris, vagina, dan puting payudara.

Berbagai riset menyebutkan bahwa sekitar 70–90% pria dan wanita pernah melakukan masturbasi dan sekitar 25% rutin melakukannya setiap minggu. Hal ini menunjukkan bahwa masturbasi merupakan aktivitas seksual yang umum dilakukan.

Manfaat Masturbasi bagi Kesehatan

Walau penelitian mengenai manfaat masturbasi bagi kesehatan masih sangat terbatas, tetapi aktivitas seksual ini terbukti mampu membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari melakukan masturbasi, antara lain:

1. Meredakan stres dan memperbaiki suasana hati

Orgasme melalui masturbasi atau berhubungan intim bisa menjadi salah satu cara untuk melepas stres. Saat mencapai orgasme, tubuh akan melepaskan hormon dopamin dan endorfin yang bisa menimbulkan perasaan senang, nyaman, dan rileks.

2. Mengurangi nyeri

Selain mengatasi stres dan memperbaiki suasana hati, masturbasi juga bisa bermanfaat untuk mengurangi nyeri. Ketika mencapai orgasme, tubuh akan menghasilkan hormon serotonin, dopamin, dan endorfin.

Selain bisa menimbulkan rasa tenang dan nyaman, hormon tersebut juga bisa meredakan rasa nyeri.

3. Memperbaiki kualitas tidur

Keluhan susah tidur atau insomnia bisa disebabkan oleh banyak hal, termasuk stres dan rasa cemas berlebihan.

Apabila merasa susah tidur, Anda bisa mencoba masturbasi guna mencapai orgasme. Ketika mencapai klimaks, tubuh akan merasa lebih nyaman dan tenang, sehingga Anda lebih mudah tertidur.

4. Meningkatkan gairah seksual

Tak hanya bisa dilakukan sebagai cara mencapai orgasme secara mandiri, masturbasi juga bisa dilakukan debagai salah satu teknik foreplay. Dengan melakukan masturbasi, Anda dan pasangan bisa merasa lebih bergairah saat berhubungan intim.

Tak hanya itu, masturbasi juga bisa dilakukan bersama pasangan ketika Anda atau pasangan sedang bosan dengan seks penetrasi.

5. Mengatasi ejakulasi dini

Pria yang mengalami keluhan ejakulasi dini bisa mencoba lebih sering masturbasi untuk mengatasi keluhan tersebut.

Saat sedang melakukan masturbasi, cobalah cara stop-squeeze, yaitu dengan menahan ejakulasi saat akan mencapai orgasme. Coba rangsang penis dan tahan saat akan ejakulasi. Ulangi hingga 3–4 kali.

Pada kasus tertentu, masturbasi juga bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah seksual, seperti disfungsi seksual. Selain itu, masturbasi pun bisa dicoba sebagai salah satu cara mendapatkan orgasme bagi wanita.

6. Menurunkan risiko terjadinya kanker prostat

Ada riset yang menyebutkan bahwa ejakulasi secara rutin, baik melalui masturbasi atau hubungan seks, bisa menurunkan risiko terjadinya kanker prostat.

Riset tersebut menyebutkan bahwa pria yang rutin ejakulasi setidaknya 21 kali dalam 1 bulan berisiko lebih rendah untuk terkena kanker prostat.

Meski bermanfaat, masturbasi tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering karena bisa membuat Anda mengalami kecanduan masturbasi.

7. Meredakan keluhan saat hamil

Perubahan hormon selama kehamilan menyebabkan beberapa wanita hamil merasakan gairah seksual yang meningkat, tetapi takut atau tidak nyaman untuk berhubungan intim dengan pasangannya.

Oleh karena itu, masturbasi saat hamil dapat bisa menjadi alternatif aman untuk melepaskan ketegangan seksual selama kehamilan.

Aktivitas seksual ini juga dapat meringankan gejala kehamilan, seperti nyeri punggung bawah. Meski demikian, selama dan beberapa saat setelah orgasme, sebagian wanita hamil umumnya akan merasakan kram ringan.

Risiko Masturbasi yang Perlu Diketahui

Walau dapat memberikan beberapa manfaat, masturbasi juga bisa berisiko, terutama jika dilakukan terlalu sering, kasar, atau dengan cara yang salah. Berikut ini adalah beberapa risiko masturbasi yang penting Anda ketahui:

Luka pada organ intim

Pada pria, masturbasi yang dilakukan terlalu sering atau kencang bisa menyebabkan penis mengalami cedera atau terluka. Sedangkan pada wanita, masturbasi terlalu sering atau kasar bisa menyebabkan vagina atau klitoris terluka, bengkak, dan iritasi.

Penularan penyakit menular seksual

Meski tergolong aman, masturbasi tetap berisiko menimbulkan dampak negatif, termasuk risiko terkena penyakit menular seksual. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang melakukan masturbasi setelah ia menyentuh kelamin, air mani, atau cairan vagina dari penderita penyakit tersebut.

Selain itu, penyakit menular seksual juga bisa menular melalui pemakaian sex toys, seperti vibrator atau dildo, yang digunakan bergantian dengan orang lain.

Kecanduan masturbasi

Masturbasi yang dilakukan sesekali untuk melepas hasrat seksual adalah hal yang normal dilakukan. Namun, masturbasi terkadang bisa menimbulkan ketergantungan atau adiksi.

Seseorang bisa dikatakan mengalami kecanduan masturbasi bila kesulitan atau bahkan tidak bisa berhenti melakukannya setiap hari dan terlalu banyak menghabiskan waktu untuk masturbasi hingga mengganggu aktivitas dan interaksi dengan orang lain.

Selain itu, terlalu sering melakukan aktivitas masturbasi juga dapat menimbulkan masalah lain, seperti sulit mencapai orgasme saat berhubungan intim.

Tips agar Masturbasi Tetap Aman dan Sehat

  • Agar tetap nyaman dan aman saat masturbasi, Anda disarankan untuk mengikuti beberapa tips berikut ini:
  • Cuci tangan sebelum menyentuh organ intim dan setelah orgasme.
  • Gunakan pelumas sesuai kebutuhan, misalnya untuk kondisi vagina kering atau penis yang kurang sensitif.
  • Coba gunakan sex toys saat masturbasi, tapi pastikan alat yang digunakan bersih dan tidak digunakan bergantian dengan orang lain.

Masturbasi adalah aktivitas seksual yang normal dan alami untuk dilakukan. Selain bisa membuat Anda mencapai orgasme saat sedang jauh dari pasangan, aktivitas ini juga bisa membuat hubungan intim Anda dan pasangan semakin bergairah.

Namun, Anda perlu waspada bila masturbasi membuat Anda sulit mencapai orgasme saat berhubungan intim dengan pasangan, menimbulkan kecanduan, atau merasakan keluhan tertentu setelah masturbasi, seperti nyeri atau perdarahan di organ intim.

Apabila masalah yang timbul karena masturbasi sudah mengganggu kehidupan Anda sehari-hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By PusatInformasi
      Apa di antara teman-teman ada yang memelihara tanaman di dalam rumah?
      Memelihara tanaman di dalam ruangan di rumah ternyata punya banyak manfaat, lo!
      Beberapa di antara manfaat memelihara tanaman di dalam rumah adalah menjaga sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan kemampuan belajar, lo. Apalagi manfaat lainnya, ya?
      Yuk, cari tahu apa saja manfaat memelihara tanaman dalam rumah!
      1. Memperbaiki Kualitas Udara
      Pasti yang satu ini teman-teman sudah tahu, bukan?
      Polutan bisa masuk ke dalam rumah dan sulit keluar, begitu juga bakteri, kuman, hingga virus yang dibawa dari luar rumah.
      Selain rajin membuka jendela ruangan, tanaman di dalam ruangan juga baik untuk meningkatkan kualitas udara.
      Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita bernapas.
      2. Baik untuk Kesehatan Mental
      Ternyata, tanaman  di dalam rumah bisa membantu menjaga kesehatan mental.
      Menurut peneliti dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak.
      Nah, meskipun teman-teman tinggal di tempat yang tidak banyak tanaman di luar ruangan, melihat tanaman hijau di dalam rumah juga bisa membantu.
      Kemudian, memelihara tanaman di dalam rumah bisa membuat penghuni rumah merasakan suasana alam di luar rumah.
      Tanaman yang diam cenderung membuat penghuni rumah tenang dan tidak terburu-buru.
      Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida, sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.
      Adanya lebih banyak oksigen artinya membuat tubuh bekerja lebih baik, termasuk otak. Otak melepaskan jenis-jenis hormon yang tepat sehingga membantu menjaga kesehatan mental.
      Tumbuhan berbunga yang beraroma wangi juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Karena aroma bunga bisa membuat kita lebih rileks dan merasa senang.
      3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
      Sistem imun kita juga bisa meningkat dengan memelihara tanaman di dalam rumah.
      Ini berhubungan dengan kesehatan mental, teman-teman. Jika kita lebih rileks dan memiliki kualitas tidur yang baik, ini akan bermanfaat pada sistem imun.
      Kemudian, tanaman juga mengeluarkan beberapa senyawa ke udara, termasuk senyawa phytoncide.
      Senyawa yang keluar dari  tanaman itu bisa membantu mengurangi stress. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka inni bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.
      Di rumah sakit, teman-teman mungkin pernah melihat banyak tumbuhan di luar ruangan dan ada tanaman dalam ruangan pasien di sisi tempat tidurnya. Ini membantu mempercepat proses penyembuhan pasien.
      4. Meningkatkan Kemampuan Belajar
      Tanaman juga membantu meningkatkan kemampuan belajar, karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih.
      Sehingga, kita jadi lebih mudah fokus saat mengerjakan tugas, teman-teman.
      Manfaat lebih mudah mempelajari sesuatu ini baik untuk anak-anak, juga orang dewasa.
      Tanaman membuat kita lebih tenang, sehingga tidak merasa khawatir. Ini meningkatkan fokus dan kemampuan untuk mempelajari sesuatu.
      Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam ruangan. Semakin meningkatnya perhatian seseorang, ia akan semakin mudah mengingat pelajaran.
    • By rani
      Sarapan merupakan satu kegiatan penting yang sering diremehkan. Kebanyakan orang menganggap sarapan tidak penting dan langsung memulai aktivitas harian. Biasanya mereka akan makan setelah sampai di tempat tujuan atau menunggu hingga makan siang.
      Padahal sejatinya sarapan sangat penting bagi tubuh untuk beraktivitas selama sehari penuh. Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk sarapan? Melansir darilifehack.org waktu yang tepat untuk sarapan ialah satu jam setelah terbangun dari tidur. Jika Anda melakukan sarapan pada waktu tersebut Anda akan mendapatkan tiga keuntungan berikut.
      1. Gula darah dan insulin jadi teratur dan memacu metabolisme tubuh

      Ketika Andasarapan satu jam setelah bangun tidur, kadar gula darah dan insulin Anda akan teratur. Selain itu sarapan pada waktu tersebut juga sangat baik untuk memacu kembali metabolisme tubuh yang melambat akibat tertidur. Itu berarti sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.
      2. Anda akan cenderung memakanan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi

      Ketika Anda melewatkan sarapan, sama saja Anda akan membiarkan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi masuk ke dalam tubuh Anda. Mengapa demikian? Ketika Anda sarapan, makanan yang dikonsumsi akan lebih sehat dan akan menahan rasa lapar lebih lama. Sedangkan jika Anda tidak sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan memakan makanan yang kurang sehat.
      3. Bisa meningkatkan suasana hati

      Menurut beberapa penelitian, ketika Anda sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa meningkatkan suasana hati karena memberikan nutrisi pada otak. Hal tersebut juga akan mencegah Anda merasa lelah dan mudah marah sepanjang hari.
      Membiasakan diri untuk sarapan satu jam setelah bangun memang akan terasa sukar. Tapi jika Anda melakukan rutinitas ini tubuh Anda akan lebih bugar, enerjik, dan menyegarkan pikiran.
    • By kotawa
      Apakah kamu termasuk "penyanyi kamar mandi"? Atau pastilah kamu sering menjumpai orang-orang terdekatmu bernyanyi di kamar mandi? Bagi yang sering melakukannya, menyenangkan lho. 

      Selain membuat hati merasa senang, ternyata kamu juga nggak rugi lho sering bernyanyi di kamar mandi. Karena dilansir brilio.net dari lifehack, ternyata menyanyi di kamar mandi juga memiliki banyak manfaat. 
      Apa saja? Berikut 5 manfaat menyanyi di kamar mandi yang harus kamu tahu: 
      1. Mengurangi stres.
      Bernyanyi di kamar mandi dapat membantu menurunkan tingkat stres. Sambil menyanyi kamu bisa sekaligus latihan paru-paru, yang berarti kamu menghirup lebih banyak oksigen berulang kali. Ini sama halnya dengan mengoksidasi darah yang berguna untuk mengurangi tingkat stres. 
      2. Meningkatkan memori.
      Bernyanyi bukan sekadar mencari kesenangan, melainkan juga bisa jadi aktivitas otak. Saat kamu menyanyi, otak kamu pasti akan mengingat lirik maupun nada. Bernyanyi di kamar mandi sangat bagus untuk menjaga otak tetap bekerja, meski tengah melakukan kegiatan yang sederhana. 
      3. Menurunkan tekanan darah.
      Menyanyi di kamar mandi membantu pelepasan hormon stres, yaitu kortisol. Hormon ini dikenal sebagai hormon yang dapat meningkatkan tekan darah, gula darah dan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.
      4. Meningkatkan sistem imun.
      Saat bernyanyi kemungkinan bisa membantu mengoksidasi darah. Hal ini juga bermanfaat secara langsung pada sistem imun. Oksidasi yang baik pun berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh menjadi lebih efisien. 
      5. Menambah rasa percaya diri.
      Bernyanyi memberikan kesempatan untuk memperkuat kesehatan, merangsang otak, mengaktifkan imajinasi. Selain itu, pernahkah kamu merasa bahwa suaramu sangat bagus saat bernyanyi di kamar mandi? Hal ini disebabkan karena ruang sempit kamar mandi dapat memberikan efek "magis" yang membuat seakan-akan suaramu mirip penyanyi terkenal. 
      Jadi jika kamu bernyanyi saat mandi pagi, kamu bisa mendapatkan semangat ekstra dan menambah rasa percaya diri.
    • By orang_gila

      Vitamin C atau asam askorbat sangat penting untuk banyak fungsi dasar tubuh, untuk kesehatan kulit, tulang dan gigi. Kekurangan vitamin C yang parah dapat mengakibatkan penyakit kudis, penyakit yang dapat menyebabkan anemia berat, perdarahan kulit dan bahkan kematian; hal ini karena vitamin C ini sangat diperlukan tubuh untuk dapat menyerap zat besi dari makanan. Jika Anda menderita kekurangan vitamin C, dokter mungkin akan merekomendasikan suplemen, baik dalam bentuk pil atau suntikan. Disisi lain suntik vitamin C juga kadang dilakukan untuk kosmetika, karena mungkin karena diyakini asam askorbat atau vitamin C diperlukan untuk perumusan kolagen dan perbaikan jaringan sebagai zat yang bersifat antioksidan. Baca juga :Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut
      Manfaat suntik vitamin C dan efek sampingnya
      Manfaat
      Suntik vitamin C akan sangat bermanfaat dan direkpmendasikan dokter, jika Anda memiliki kekurangan vitamin C yang parah. Hal ini karena : Suntikan intramuskular akan bertindak lebih cepat dari pil karena masuk ke dalam tubuh lebih cepat. Dengan cara suntik, maka pasien dapat menerima dosis vitamin C yang lebih besar sekaligus. .Hal ini mungkin hanya akan dilakukan jika Anda perlu untuk kasus kekurangan vitamin C yang serius, dimana yang akan sulit dalam bentuk pil. Efek samping
      Beberapa efek samping mungkin terkait dengan kelebihan, karena tubuh akan menerima dosis penuh vitamin c jika melalui suntik. Walaupun efek samping mungkin tak menghawatirkan, namun jika dirasa menyusahkan sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pemberian vitamin C melalui injeksi, efek samping yang mungkin adalah pusing bahkan pingsan. Dan jika kelebihan, efek yang bisa timbul termasuk : diare, kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual atau muntah, dan kram perut. Karena vitamin C suntik adalah intramuskular, maka hal ini dapat meninggalkan rasa sakit pada otot  selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah injeksi. Tidak diketahui apakah suntik vitamin C dapat menyebabkan kerusakan pada janin ketika diberikan pada wanita hamil. Suntik vitamin C harus diberikan kepada wanita hamil hanya jika memang jelas diperlukan Harus diperhatian jika diberikan kepada wanita yang sedang menyusui.
    • By davidbo

      Berjalan dengan kecepatan lambat bisa menjadi indikasi awal penyakit alzheimer. Di masa depan, kecepatan berjalan akan digunakan bersama dengan tes memori dan kriteria diagnostik lain untuk menilai risiko seseorang terkena demensia, kata para ilmuwan seperti dilaporkan oleh Independent.
      Sebuah studi menemukan hubungan antara kecepatan berjalan khas orang tua dan jumlah protein yang dibangun di otak dengan tanda-tanda awal demensia. Para ilmuwan mengatakan, kecepatan berjalan yang lambat pada orang-orang alzheimer mungkin berhubungan dengan perubahan dalam otak yang terjadi sebelum timbulnya penyakit.
      “Ada kemungkinan gangguan berjalan ringan merupakan masalah memori yang menandakan penyakit alzheimer, bahkan sebelum orang tersebut menunjukkan gejala klinis,” kata pemimpin penelitian Natalia del Campo dari Rumah Sakit Universitas Toulouse di Perancis.
      Studi yang diterbitkan dalam jurnal online Neurology ini menganalisis otak pada 128 manusia yang rata-rata berusia 76 tahun. Para peserta tidak memiliki demensia, tapi memiliki gejala gangguan memori. Hasil pemindaian medis menganalisis kadar protein amyloid, yakni prekursor (senyawsa pendahulu) alzheimer, yang secara signifikan berkorelasi dengan kecepatan berjalan rata-rata.
      Laura Phipps dari Pusat Penelitian Alzheimer Inggris berujar, “Ada banyak alasan kenapa kecepatan berjalan seseorang lambat, tapi penting untuk mengeksplorasi mengapa dan kapan perubahan itu terjadi pada penyakit seperti alzheimer dan bagaimana mereka dapat mengelolanya.”
      Louise Walker dari  Masyarakat Alzheimer berkata, “Riset menunjukkan bahwa orang-orang dengan penyakit alzheimer mengalami kesulitan berjalan, tapi masih belum jelas apakah itu disebabkan oleh kondisi itu sendiri atau faktor-faktor lain, terutama yang berkaitan dengan penuaan.”
      Menurutnya, penelitian jangka panjang masih diperlukan untuk menentukan apakah penumpukan protein amyloid, yang merupakan ciri penyakit alzheimer, berefek pada kecepatan berjalan yang lambat.
×
×
  • Create New...