Jump to content

Temukan 6 Manfaat dari 6 Cara Manajemen Waktu Paling Efektif Ini


Recommended Posts

1659037789_manajemenwaktu.thumb.jpg.b67d5a9f77099bb98a03605a8e7cde61.jpg

KP - Manajemen waktu, atau pengelolaan waktu adalah proses penyelenggaraan dan perencanaan cara membagi waktu Anda antara kegiatan tertentu. Manajemen waktu yang baik memungkinkan Anda untuk bekerja lebih cerdas dan tidak lebih sulit. Anda pun dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, bahkan ketika waktu yang ketat dan tekanan tinggi. Langsung saja kita simak apa saja manfaat dan tips pengelolaan waktu yang tepat!

Manfaat Hidup dari Manajemen Waktu
1. Stres Berkurang
Mengelola waktu dengan tepat akan langsung mengurangi tingkat stres Anda. Tenggat waktu yang menjadi lebih sedikit. Anda juga tidak usah terburu-buru dari tugas ke tugas dan dari tempat ke tempat lain.

2. Lebih Banyak Waktu Luang
Jika Anda dapat melakukan pengelolaan waktu Anda dengan baik, waktu luang pun menjadi lebih banyak.

3. Lebih Banyak Peluang
Mengatur dan mengelola waktu dengan baik dapat menghasilkan lebih banyak peluang. Burung awal selalu memiliki lebih banyak pilihan.

4. Meningkatkan Reputasi Anda
Reputasi manajemen waktu Anda akan mengunggulkan Anda. Di tempat kerja dan dalam hidup Anda akan dikenal sebagai orang yang dapat diandalkan. Tidak ada yang akan mempertanyakan apakah Anda akan muncul, melakukan apa yang Anda katakan atau Anda akan lakukan, atau memenuhi tenggat waktu tugas.

5. Mengurangi Usaha Ekstra
Kesalahpahaman pada umumnya adalah bahwa pengelolaan waktu membutuhkan upaya ekstra. Sebaliknya, pengelolaan waktu yang tepat membuat hidup Anda lebih mudah. Hal-hal membutuhkan lebih sedikit usaha, apakah itu mempersiapkan hal untuk perjalanan itu atau menyelesaikan proyek kerja.

6. Lebih Banyak Waktu yang Tersisa untuk Hal Penting
Mengelola waktu Anda adalah mengalokasikan waktu Anda untuk hal yang memang penting dan berdampak paling besar dalam hidup, pengelolaan waktu memungkinkan Anda untuk menghabiskan waktu Anda pada hal-hal yang paling penting bagi Anda.

Cara Manajemen Waktu
1. Buat tujuan pengelolaan waktu.
Ingat, fokus pengelolaan waktu sebenarnya adalah untuk mengubah perilaku Anda, bukan mengubah waktu. Ini adalah tips utama yang ampuh. Tempat yang baik untuk memulai adalah dengan menghilangkan penyia-nyian dalam waktu pribadi Anda. Selama satu minggu, misalnya tetapkan, tujuan bahwa Anda tidak akan menerima panggilan telepon pribadi atau menanggapi pesan teks yang tidak berkaitan dengan pekerjaan saat Anda bekerja.

2. Menerapkan rencana pengelolaan waktu.
Tujuannya adalah untuk mengubah perilaku Anda dari waktu ke waktu untuk mencapai tujuan umum apapun yang telah Anda terapkan untuk diri Anda sendiri. Seperti meningkatkan produktivitas Anda atau mengurangi stres Anda. Jadi Anda tidak hanya menetapkan tujuan spesifik Anda tetapi melacak mereka dari waktu ke waktu untuk melihat apakah Anda menyelesaikannya dengan baik atau tidak.

3. Tetapkan rutinitas dan tetap berpegang pada mereka sebanyak mungkin.
Meskipun krisis akan muncul, Anda akan jauh lebih produktif jika Anda dapat mengikuti rutinitas di sebagian besar waktu. Bagi kebanyakan orang, membuat dan mengikuti rutinitas memungkinkan mereka langsung turun ke tugas hari itu daripada menunda menyelesaikannya.

4. Rencanakan ke depan.
Salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan adalah bangun tanpa rencana untuk hari itu. Alih-alih berfokus pada apa yang perlu dilakukan, Anda berkeliaran tanpa tujuan dan mengurus hal-hal yang lebih sepele.
Itu sebabnya Anda harus selalu merencanakan ke depan menggunakan salah satu opsi ini;

  • Malam sebelumnya. Sebelum Anda meninggalkan pekerjaan untuk hari itu, habiskan 15 menit terakhir mengatur kantor Anda dan buat daftar item terpenting yang Anda harus kerjakan untuk besok.
  • Hal pertama di pagi hari. Selama rutinitas pagi, menuliskan 3 atau 4 hal yang paling mendesak dan penting yang perlu ditangani hari ini dan bekerja pada hal tersebut ketika Anda paling produktif.

5. Berhentilah menjadi sempurna.
Ketika Anda seorang perfeksionis, semua hal tidak akan pernah cukup baik. Itu berarti Anda akan terus kembali ke tugas yang sama berulang-ulang. Seberapa produktif menurut Anda hari Anda akan menjadi sebagai hasilnya? Semua malah akan menjadi lambat dan tidak produktif. Jadi, berhentilah menjadi sempurna. Lakukanlah yang terbaik yang Anda bisa dan lanjutkan.

6. Jangan menyerah.
Tentu saja melakukan pengelolaan waktu tidaklah mudah, mungkin saja akan gagal di awal mencoba. Namun tenang saja, ikuti saja dengan tepat tips pengelolaan waktu. Resapi dan pahami juga manfaat dari pengelolaan waktu. Dengan itu pasti Anda akan lebih termotivasi untuk mencoba dan tidak menyerah. Dan keberhasilan akan datang dengan usaha Anda.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...