Jump to content

Mengenal Gaya Hidup Frugal dan 4 Manfaatnya Untuk Kehidupan


wheewhee

Recommended Posts

frugal.jpg.299a57ab2b0187f75e77a033bc9ea4d1.jpg

KP - Mungkin Anda ingin pensiun dini, atau berkeliling dunia atau membeli rumah impian Anda. Mungkin Anda ingin bekerja lebih sedikit dan menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda. Kalau begitu, gaya hidup frugal, atau gaya hidup berkesadaran mungkin adalah jawabannya. Bukan berarti harus pelit loh, saat memerlukan uang melakukan pinjaman pun hal yang wajar. Namun dengan gaya hidup berkesadaran Anda dapat melakukannya dengan lebih cermat.

Apa Arti Gaya Hidup Frugal?
Gaya hidup berkesadaran adalah tindakan yang dengan sengaja menyimak dengan baik pengeluaran Anda. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan memprioritaskan pengeluaran uang untuk hal-hal yang penting dan mengurangi pengeluaran di bidang lain.

Manfaat Gaya Hidup Frugal
1. Anda akan belajar untuk menghargai apa yang Anda miliki
Anda akan menjadi bersyukur atas apa yang sudah Anda miliki dan belajar memanfaatkannya sebaik mungkin. Daripada membuang barang-barang lama, Anda akan belajar untuk mengubahnya dan tidak membiarkannya menjadi sia-sia.

2. Anda akan cenderung memilih pengalaman daripada objek
Daripada pergi ke mal dan membeli pakaian baru atau video game terbaru, Anda akan lebih terpacu untuk pergi mendaki, ke pantai atau bermain permainan papan dengan teman dan keluarga. Pengalaman-pengalaman ini memberikan kenangan dan kebahagiaan yang dapat bertahan seumur hidup. Sebaliknya, pakaian atau video game baru itu hanya akan memberikan kebahagiaan sementara.

3. Anda akan mulai merasakan hutang Anda berkurang
Beban hutang sering mengikat orang dengan pekerjaan dan lokasi yang mereka tidak sukai karena mereka merasa tidak punya pilihan lain. Setelah hutang Anda hilang, Anda akan memiliki kebebasan untuk memilih profesi dan lokasi yang membuat Anda bahagia.

4. Anda mungkin menemukan sukacita dalam membantu orang lain
Dengan mengurangi pengeluaran Anda sendiri dan menabung, Anda dapat memberikan lebih banyak kepada orang lain dan mendukung masalah sosial di sekitar Anda. Hal ini akan memberikan ketenangan jiwa dan pikiran positif pada diri Anda

Tips gaya hidup berkesadaran
1. Perhatikan pengeluaran Anda
Penting untuk mempraktikkan moderasi sehingga Anda memiliki kontrol atas keuangan Anda. Jika Anda menghabiskan semua pemasukan dengan tidak memakai akal sehat, Anda tidak mempraktekkan gaya hidup berkesadaran. Anda harus membuat anggaran setiap bulannya. Seperti merencanakan pembelian pakaian baru, dan pengeluaran di luar bagian dari anggaran pokok Anda. Ini adalah tips terpenting dalam gaya hidup berkesadaran dan harus dilakukan sedini mungkin.

2. Jual barang yang tidak Anda butuhkan
Sebagian besar dari kita bersalah karena memiliki barang-barang ekstra yang tergeletak di sekitar rumah. Apakah Anda telah mengumpulkan koleksi tas desainer yang terlalu besar, memiliki banyak barang yang telah ada sejak masa kecil Anda? Semua itu bisa berubah menjadi uang tunai dengan menjualnya online atau melakukan sebuah garage sale.

3. Beli barang secondhand
Anda dapat menghemat banyak uang dengan membeli barang-barang yang sudah digunakan sebelumnya. Bekas bukan berarti tidak berkualitas loh. Coba saja periksa di sekitar toko barang bekas lokal dan website online. Anda dapat menemukan barang yang Anda butuhkan dengan kualitas baik dan harga yang tak terduga murahnya.

4. Hentikan pembelian impuls
Ini adalah kendala umum saat ingin memulai gaya hidup berkesadaran. Pada zaman ramah internet seperti sekarang ini, Anda dapat menemukan dan membeli apa dengan satu sentuhan tombol. Dan setelahnya Anda akan tersadar bahwa Anda telah menghabiskan banyak uang untuk barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan. Jangan langsung membeli hal hanya karena benda itu terlihat menarik saat Anda melihatnya. Pikirkan dengan cermat, apa barang itu benar-benar Anda butuhkan?

Realitas Gaya Hidup Frugal
Gaya hidup berkesadaran tidak berarti Anda harus menjadi pelit dan sengsara. Menjalani gaya hidup berkesadaran hanyalah mengelola keuangan dan melakukan pembelian yang direncanakan dengan hati-hati. Penting untuk berhemat dengan cara yang sehat yang berasal dari pola pikir positif terhadap masalah uang.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...