Jump to content

Jangan Berlarut-Larut, Begini Cara Mengatasi Kesepian!


Recommended Posts

8.jpg.a56a13ad53c52e87b4e25963dcb73bcb.jpg

KP - Meski saat ini banyak sekali cara mengatasi kesepian dengan menggunakan teknologi, tetapi rasa sepi entah mengapa selalu terasa. Padahal, sudah scroll banyak sosial media dan hampir seharian atau berhenti bermain sosial media dan tidur seharian. Kesepian memang hal yang lumrah dan normal dirasakan oleh manusia. Akan tetapi, Jika berturut-turut dan tidak kunjung hilang, hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Faktor risiko dari rasa kesepian yang berkepanjangan ini pun bermacam-macam. Misalnya gangguan tidur, stres, melemahnya daya tahan tubuh, juga bisa meningkatkan tekanan darah. Tubuh pun bisa dengan mudah terserang berbagai macam penyakit. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang, rasa sepi akan bisa terus muncul. Lalu, bagaimana cara agar bisa mengatasi kesepian?

Tips Mengatasi Rasa Sepi
Sebelumnya, mari kita ketahui tips untuk cara mengatasi kesepian terlebih dahulu.

1. Jujur Pada Diri Sendiri
Meskipun merasa kesepian ini hal yang normal dan biasa terjadi pada manusia, tetapi masih banyak yang menyangkal ketika merasakannya. Hal ini pun karena secara naluri, manusia menghindari rasa sepi. Orang-orang yang menyangkal jika mereka merasa kesepian, biasanya akan membiarkan diri menonton televisi selama 24 jam, tidur seharian, membuka sosial media terus-menerus, dan lain sebagainya.

Walaupun cara-cara di atas bisa berhasil, tetapi biasanya hanya sementara. Setelah melakukan itu semua, mereka akan kembali merasakan kesepian. Jadi, cara mengatasi kesepian adalah dengan jujur kepada diri sendiri bahwa memang kita sedang kesepian. Dengan menerima keadaan diri sendiri, bisa menjadi salah satu cara agar bisa mengubah dampak negatif dari merasa kesepian menjadi hal yang lebih positif.

2. Membuat Rencana Untuk Melawan Rasa Sepi yang Muncul
Cara kedua adalah dengan membuat rencana untuk melawan rasa sepi yang muncul. Sebelum itu, pastikan kita mengetahui apa yang menyebabkan kita merasa kesepian. Misalnya saja ketika kita sedang tidak memiliki kegiatan apa pun, sedangkan orang-orang di sekitar kita sedang sibuk dengan aktivitasnya. Bisa juga ketika kita sedang merasa sedih dan terpuruk, sedangkan orang-orang di sekitar kita sedang berbahagia.

Setelah mengetahui penyebab rasa sepi yang kita rasakan, maka kita bisa langsung merencanakan apa yang harus kita lakukan. Bisa dimulai dengan hal yang sederhana seperti mengajak orang-orang terdekat mengobrol, entah itu ibu, ayah, kakak, adik, ataupun saudara yang lain.

Akan tetapi, apabila orang-orang terdekat tidak memungkinkan, maka bisa dilakukan bersama orang luar. Misalnya Anda mengikuti komunitas atau bertemu dengan orang yang benar-benar asing.

3. Merawat Hewan Peliharaan
Cara lainnya yaitu bisa dengan memelihara hewan. Sudah banyak penelitian yang menyatakan jika hewan bisa menjadi teman yang baik bagi manusia. Meskipun tidak bisa berbicara dan tidak bisa menanggapi ucapan manusia, tetapi manusia akan merasa tenang dan tetapi merasa ditemani ketika berbicara pada hewan.

Ada pula sebuah studi yang menyatakan jika dengan memelihara hewan peliharaan seperti anjing, bisa membuat manusia terhindar dari kematian dini. Hal ini sangat berlaku khususnya bagi orang yang tinggal sendiri.

Karena orang yang tinggal seorang diri, risiko merasakan kesepiannya lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tinggal bersama keluarga atau orang lain dan ini bisa mengakibatkan orang tersebut mengalami gangguan kesehatan.

Selain itu pula, sebuah studi juga menyebutkan bahwa hewan memang mempunyai keterampilan sosial yang lebih baik dan termasuk yang lebih aktif dalam kegiatan-kegiatan dalam masyarakat. Maka dari itu, memelihara hewan peliharaan menjadi salah satu cara mengatasi rasa sepi yang menyerang manusia. Tidak hanya anjing, kita bisa merawat hewan lain. Jika menyukai hewan yang lucu, imut, dan menggemaskan, kita bisa memelihara kucing atau hamster.

4. Berhenti Membuka Media Sosial
Meski terlihat menyenangkan dan menghibur, ternyata terlalu sering membuka media sosial justru bisa lebih membuat kita menjadi lebih merasa kesepian. Karena dengan media sosial, kita seperti sedang membangun sebuah hubungan dengan seseorang, padahal kenyataannya adalah yang sebaliknya.

Maka dari itu berhenti bermain media sosial atau lebih menghindarinya adalah salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa sepi.

Dalam sebuah buku psikologi sosial, bermain media sosial akan memunculkan hipersensitivitas, yaitu perasaan yang membuat manusia jadi merasa terasing di dunia nyata. Oleh karenanya, berhenti bermain media sosial adalah cara yang tepat untuk mengatasi rasa sepi.

Akan lebih baik jika bertatap muka dan bercakap-cakap secara langsung. Walaupun menggunakan video call, kita tetap perlu untuk bersentuhan secara fisik agar bisa merasa terhubung dengan orang lain.

Secanggih-canggihnya teknologi yang memudahkan kita untuk tetap bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh jaraknya dengan kita, tetap tidak bisa mengalahkan rasa jika bertemu secara langsung. Jadi, apabila kita memiliki orang-orang jaraknya masih bisa dijangkau, berhenti bermain media sosial dan temui mereka secara langsung!

5. Mencoba untuk Melakukan Meditasi
Apa itu meditasi? Bagi sebagian orang mungkin kata meditasi akan terdengar asing, yaitu sebuah aktivitas yang dilakukan untuk melatih kefokusan pikiran dan membuat pandangan kita menjadi lebih jernih untuk kondisi yang sekarang sedang kita rasakan termasuk juga merasa kesepian. Banyak pula orang yang sudah mengetahui apa itu meditasi, tetapi berpikir untuk melakukannya memerlukan sebuah tempat yang sepi diiringi musik yang khusus.

Padahal, tidak perlu seperti itu. Kita bisa melakukan meditasi di mana pun dan kapan pun. Ketika sedang menaiki bus, saat terjebak macet, ataupun saat sedang berjalan kaki. Yang perlu kita lakukan adalah merasa tenang dengan mengatur pernapasan selama 15 sampai 20 menit.

Jika ingin merasa lebih rileks, kita bisa melakukannya di rumah sambil duduk dengan tenang. Melakukan meditasi tidak memerlukan peralatan khusus jadi bisa langsung dilakukan.

Mengapa bisa menjadi salah satu cara yang manjur? Cara kerja dari meditasi ini yaitu dengan melepaskan hormon epinefrin atau hormon adrenalin dan juga norepinefrin yang menjadi penyebab dari aliran darah, tekanan, darah, serta detak jantung yang meningkat.

Namun, bisa juga menjadikan tekanan dan aliran darah menjadi normal. Selain itu, dengan bermeditasi, kita akan melatih untuk menyingkirkan pikiran-pikiran negatif, jadi kita akan merasa lebih tenang dari sebelumnya.

6. Melakukan Banyak Kegiatan
Daripada terus-menerus meratapi rasa kesepian yang melanda, cara terbaik adalah dengan melakukan banyak kegiatan. Apabila sedang tidak mempunyai kegiatan yang rutin bisa dilakukan, kita bisa mencari kegiatan baru yang berbeda dari yang bisa kita lakukan. Keluar dari zona nyaman, tidak semenakutkan yang ada dalam pikiran kita.

Misalnya saja, kita bisa mendaftar untuk mengikuti kegiatan volunteer. Saat ini banyak sekali komunitas yang memerlukan sukarelawan untuk membantu. Seperti menjadi guru di sekolah terbuka, terjun langsung membantu korban-korban bencana alam, bahkan saat ini bisa menjadi sukarelawan untuk membantu pasien yang terkena virus Covid. Dengan banyak kegiatan yang kita lakukan, maka rasa kesepian bisa teratasi dengan cepat.

Jika sedang merasa kesepian secara berkepanjangan, kita dapat melakukan salah satu cara mengatasi kesepian di atas atau bisa juga dengan melakukan semuanya. Selamat mencoba!

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...