Jump to content

Lebih Sehat! Ini Dia Cara Menjadi Morning Person


Recommended Posts

1228409481_4.Caramenjadimorningperson.jpg.6475fc367fbb1c0f2f9e9decebfbd9e8.jpg

KP - Kesulitan bangun di pagi hari diakibatkan oleh jam tidur yang terlalu malam dan berantakan, sehingga membuat badan menjadi lemas. Supaya kondisi tubuh tidak semakin memburuk, ubahlah diri anda menjadi morning person atau orang yang terbiasa bangun di pagi hari. Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak penjelasannya berikut ini!

Cara Menjadi Morning Person Beserta Manfaatnya
Banyak manfaat yang anda dapatkan jika menjadi morning person. Sebelum membicarakan manfaatnya, ikutilah cara-cara berikut agar anda tidak kesulitan untuk bangun pagi.

5 Cara menjadi morning person
Agar anda bisa menjadi seorang morning person, ubahlah kebiasaan-kebiasaan anda dengan mengikuti cara-cara di bawah ini.
1. Mengubah waktu tidur
Jika anda termasuk orang yang suka begadang, perbaiki kebiasaan buruk itu dengan mengubah waktu tidur menjadi lebih awal. Normalnya, waktu tidur orang dewasa sekitar 7 hingga 8 jam. Jam 10 malam merupakan waktu yang tepat untuk anda tertidur.
Memang sulit melakukan hal itu, tetapi jika anda niat menjalankannya, anda akan terbiasa dengan perubahan tersebut. Mulailah tidur 20 menit lebih awal dari kebiasaan yang Anda lakukan secara rutin, seiring berjalannya waktu tubuhmu akan terbiasa dengan hal tersebut.

2. Memaksimalkan cahaya matahari yang masuk ke kamar
Cahaya matahari yang masuk ke kamar dapat membantu jam internal di dalam tubuh yang mengatur ritme sirkadian, jam ini bersifat sensitif terhadap cahaya.
Cahaya matahari di waktu terbenam, dapat melepaskan hormon melatonin pada tubuh untuk memicu tidur cepat. Sedangkan cahaya matahari ketika terbit membuat waktu bangun lebih cepat.
Perlu diingat bahwa ketika ingin tidur, jauhkanlah perangkat elektronik seperti ponsel atau laptop, karena perangkat elektronik memancarkan cahaya biru yang dapat merusak siklus tidur bahkan berpengaruh pada kesehatan.

3. Menyesuaikan jam makan dengan jam tidur
Cara menjadi morning person berikutnya yaitu memperhatikan jadwal makan malam agar tidak terlalu dekat dengan waktu tidur, misalnya makan malam sebelum pukul 7 atau 3 jam sebelum tidur. Pastikan anda tidak mengonsumsi kafein, alkohol, dan makan yang berlebihan, sebab ketiga hal itu membuat tidur anda terganggu.

4. Melakukan olahraga kecil setelah bangun
Cara menjadi morning person selanjutnya adalah melakukan olahraga setelah bangun tidur. Dengan berolahraga pagi, tubuh menjadi lebih segar dan pastinya menambah energi untuk beraktivitas. Tidak hanya itu, berolahraga di pagi hari dapat menghindari anda dari stress dan cemas, menurunkan tekanan darah, serta membuat tidur anda di malam hari jadi lebih nyenyak. Supaya lebih sehat, lakukanlah olahraga di tempat yang mendapatkan banyak paparan sinar matahari.

5. Mengonsumsi makanan yang sehat
Selain berguna untuk tubuh, makan makanan yang sehat juga berpengaruh terhadap kualitas tidur kita. Memakan makanan karbohidrat yang berlebih di pagi hari justru membuat kualitas tidur anda menurun. Maka dari itu, perbanyaklah zat protein dalam porsi makanan anda, sebab protein berguna untuk meningkatkan kadar dopamin yang dapat menyegarkan tubuh.

4 Manfaat Menjadi Morning Person
Dari kebiasaan-kebiasaan yang sudah dijelaskan, akan ada banyak manfaat yang anda dapatkan jika sudah terbiasa bangun di pagi hari, diantaranya:
1. Menjaga kesehatan mental
Kualitas tidur yang baik sangat berpengaruh dengan kesehatan mental lho. Menurut penelitian, orang yang suka begadang lebih rentan terkena depresi. Walaupun kebiasaan bangun pagi tidak menghindarkan anda dari penyakit depresi, tetapi dengan mengubah pola tidur akan meminimalisir resiko tersebut.

2. Mengurangi risiko diabetes dan sindrom metabolik
Terhindar dari resiko diabetes merupakan manfaat menjadi morning person berikutnya. Justru mereka yang bangun siang sangat rentan dengan penyakit ini. Tidak hanya itu, menjadi morning person dapat menghindarkan anda dari sindrom metabolik.

3. Lebih produktif
Dengan bangun pagi anda jadi lebih mudah mengatur jadwal seperti, mandi, sarapan, menyiapkan pakaian, membaca berita, dan sebagainya. Jika kondisi tubuh dan pikiran anda fresh, tentunya anda akan menjalankan aktivitas dengan baik dan terus fokus.

4. Lebih bahagia
Manfaat menjadi morning person akan membuat anda lebih bahagia, dibanding mereka yang bangun siang. Berdasarkan penelitian, tidur terlalu malam bahkan hingga begadang akan membuat badan kita menjadi lebih lelah, karena kurangnya waktu untuk beristirahat.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...