Jump to content

Trik Agar Camilan Lebih Menyehatkan


Recommended Posts

camilan.thumb.jpg.1d6a069814b8731db0c7e3aa1b416416.jpg

Konsumsi camilan alias ngemil tidak layak Anda salahkan sepenuhnya atas kenaikan berat badan. Justru dengan camilan yang tepat, kebutuhan gizi, kalori terpenuhi sehingga Anda tetap bisa beraktivitas dengan energi dan konsentrasi penuh.

Sebaiknya jaga agar konsumsi camilan tidak mengganggu konsumsi makan utama. Kemudian jaga pula jenis camilan yang dikonsumsi. Sangat baik jika Anda membuat sendiri camilan untuk dikonsumsi di rumah. Dengan trik sederhana, camilan buatan sendiri bakal lebih menyehatkan dan dikonsumsi tanpa rasa bersalah.

1. Ganti mentega dengan puree alpukat

Saat membuat kue, coba ganti butter atau mentega dengan puree alpukat atau alpukat tumbuk. Menurut Samantha Cassetty, ahli gizi, trik ini akan mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan sekaligus meningkatkan serat dan kandungan nutrisi termasuk pasokan vitamin K, E, folat, dan kalium.

Di samping itu, penggunaan alpukat akan menggantikan lemak jenuh yang kurang sehat dengan lemak tak jenuh yang sehat. Disarankan untuk menggunakan puree alpukat setara dengan kebutuhan mentega.

Namun jika Anda khawatir dengan semburat warna hijau pada kue, coba gunakan untuk kue-kue berwarna gelap.

2. Selipkan chickpea

Meski terdengar aneh, chickpea atau kacang Arab begitu fleksibel ditambahkan pada kue-kue kering atau kukis. Rasanya juga cenderung tawar sehingga tidak banyak merusak rasa asli pangan.

"Kacang Arab memberikan asupan protein dan serat, juga beberapa nutrisi termasuk magnesium, zinc, zat besi dan folat," jelas Cassetty, seperti dikutip Real Simple.

3. Gunakan chia seed atau flaxseed daripada telur

Resep-resep vegan umumnya sama sekali tidak menggunakan telur. Telur akan diganti dengan flaxseed atau chia seed. Meski Anda bukan kaum vegan, tak ada salahnya trik ini dicoba.

Seperti dilansir Eat This, Not That!, untuk membuat telur vegan, kombinasikan satu sendok makan chia seed atau flaxseed dan tiga sendok makan air. Biarkan biji terendam selama 10-15 menit hingga memiliki konsistensi seperti telur. Biji-bijian ini merupakan superfood yang membantu pencernaan dan mengandung omega 3.

4. Mengurangi takaran gula

Anda tidak harus tunduk 100 persen pada apapun yang tertulis dalam resep. Kadang resep kue atau camilan mewajibkan takaran gula sekian sendok. Di sini Anda bisa mengurangi takarannya agar asupan gula lebih terkontrol.

Untuk memberikan rasa manis, Anda bisa menggunakan pemanis alami seperti madu, sirup maple, gula kelapa atau kurma. Meski deret bahan ini merupakan pemanis alami, tetap perhatikan jumlah yang akan dipakai.

5. Sedikit modifikasi pada buah

Cassetty mengatakan dirinya tidak pernah menggunakan potongan buah polos begitu saja untuk cake atau kue. Justru berikan sedikit modifikasi agar buah 'naik level'.

"Satu cara favorit saya adalah membuat potongan apel yang ditumis bersama kayu manis lalu diberi topping walnut. Opsi lainnya, memanaskan buah beku selama 30 detik hingga berair dan lalu diaduk dengan satu sendok teh chia seed. Biarkan campuran ini selama 30 menit hingga jadi gel. Lalu berikan topping granola rendah gula," ujarnya.

6. Maniskan dengan pisang

Menyelipkan pisang adalah salah satu cara terbaik untuk memberikan rasa manis daripada menambahkan gula. Untuk rasa super manis, gunakan pisang yang sudah benar-benar matang.

Pisang kaya akan glukosa alami yang mudah dicerna dan memberikan energi tanpa lonjakan gula darah yang parah. Pisang bisa Anda gunakan untuk mengganti sebagian tepung terigu untuk membuat kue.

7. Tambahkan rempah-rempah

Tak ada salahnya menggunakan rempah-rempah untuk campuran kue atau camilan lain. Apalagi rempah bisa Anda jadikan trik untuk alternatif pangan dengan campuran gula. Kayu manis atau pala untuk muffin atau cake pisang bisa menggantikan sebagian gula tambahan yang tidak perlu.

8. Kacang-kacangan untuk tekstur

Selama ini kacang-kacangan disarankan untuk dijadikan camilan. Kadang tak harus dikonsumsi begitu saja, kacang-kacangan bisa Anda jadikan pengganti tepung untuk membuat kue.

Tak perlu seluruh tepung Anda ganti, tetap gunakan sebagian tepung dan sebagian kacang-kacangan seperti kacang Arab atau kacang hitam. Selain tambahan nutrisi, kacang akan memberikan tekstur tanpa mengubah rasa kue.

9. Ganti minyak atau lemak dengan Greek yoghurt

Lemak tetap baik untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Untuk camilan-camilan dengan bahan minyak atau lemak, coba ganti dengan Greek yoghurt atau yoghurt Yunani.

Yoghurt akan memberikan hidrasi pada pangan, fleksibel untuk hidangan manis maupun gurih juga memiliki kandungan probiotik, kalsium dan protein.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Males
      Camilan sehat teman begadang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kamu tidak perlu mencemaskan naiknya berat badan. Jika makanan yang kamu konsumsi pada malam hari tidak rendah kalori, bisa saja hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kamu lebih gemuk. 
      Hal ini terjadi karena pada malam hari metabolisme tubuh melambat, dan jika kamu makan makanan berat akan menambah kalori dalam tubuh. Sedangkan rasa lapar yang kamu alami di malam hari ini sudah tidak tertahankan. Jika kamu menahan lapar dan memutuskan untuk lanjut tidur, hal ini bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak.
      Camilan sehat yang rendah kalori bisa menjadi solusi makanan untuk malam hari. Dengan mengonsumsi camilan sehat ini, kamu tidak perlu takut lagi dengan naiknya berat badan ataupun tidur tidak nyenyak gara-gara rasa lapar.
      Pisang
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari pertama adalah pisang. Jika kamu ingin makan berat tapi takut gemuk maka pisang bisa menjadi solusinya. Satu buah pisang bisa membuatmu merasa langsung kenyang seketika dan membuat tidurmu lebih berkualitas.
      Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat saat saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Kandungan inilah yang dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri juga memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.
      Oatmeal
      Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi salah satu camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari. Oatmeal menjadi pilihan yang banyak dikonsumsi pelaku diet saat lapar. Hal ini disebabkan karena, oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks.
      Cukup dengan menambahkan beberapa potongan buah segar dan sedikit madu, dijamin lapar malam hari akan terselesaikan dan bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menambahkan yogurt tanpa lemak.
      Yoghurt Rendah Lemak dan Buah-buahan
      Camilan sehat teman begadang selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak dan buah-buahan. Jika menginginkan sedikit makanan penutup sebelum tidur, kamu bisa menyantap semangkuk yogurt rendah lemak sebagai gantinya. Agar lebih nikmat, cukup tambahkan potongan buah dingin yang segar.
      Salah satu buah yang paling aman dikonsumsi pada malam hari adalah buah ceri. Hal ini karena melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kamu. Jam internal adalah ritme pola harian, seperti waktu bangun dan waktu tidur, yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Penelitian menyebutkan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam.
      Edamame
      Edamame juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang yang aman. Kacang ini merupakan kudapan yang aman dikonsumsi pada malam hari tanpa harus khawatir berat badan kamu melonjak. Edamame yang sudah matang bahkan tidak perlu dimasak. Edamame kaya akan protein dan mengandung triptofan yang membantu otak membuat melatonin.
      Keju
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah keju. Makanan kaya kalsium dan memiliki banyak lemak baik ini lebih enak dikonsumsi dengan makanan yang juga memiliki banyak serat.
      Memakan satu bungkus keju dipercaya akan membuatmu cepat kenyang dan mengantuk sehingga mengurangi hasratmu untuk menyantap makanan lainnya. Tenang, satu bungkus keju hanya mengandung 80 kalori.
      Namun, bukan berarti kamu bisa makan keju secara berlebihan. Kamu harus memperhatikan label nutrisinya, sebaiknya tidak lebih dari 150 kalori.
      Popcorn Tanpa Rasa
      Popcorn tanpa rasa juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang. Pastikan popcorn yang kamu konsumsi di malam hari tidak ditambahkan garam atau perasa lainnya agar tetap aman dan sehat.
      Makanan yang terbuat dari jagung ini baik untuk dikonsumsi karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat. Bahkan, popcorn juga mengandung antioksidan dan termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun sebagai makanan alternatif untuk diet.
      Semangkuk Sereal
      Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah semangkuk sereal dan susu. Banyak orang yang menyangka sereal hanya cocok untuk sarapan. Namun, ternyata sereal juga cocok dijadijan santapan malam, terutama sereal gandum atau jagung yang sehat.
      Memilih sereal merupakan pilihan tepat sebagai camilan malam karena memiliki serat yang baik untuk kesehatan. Menikmati sereal bisa ditambah dengan susu dingin atau hangat yang menjadikan komposisi sempurna yang penuh dengan protein. Tetapi, hindari memakan sereal dengan tambahan gula.
      Selain itu, selai kacang yang alami, dan ubi juga bisa menjadi camilan sehat yang aman dikonsumsi pada malam hari. Kamu bisa memilih makanan tersebut tergantung kondisi kesehatan dan yang mana yang paling kamu sukai.
    • By dugelo
      Jangan Gunakan Internet
      Cara paling gampang adalah jangan gunakan internet. Tapi cara ini juga paling sulit dilakukan. Pasalnya setiap orang di dunia modern pasti memiliki perangkat yang selalu terhubung ke internet, baik itu komputer, smartphone, tablet atau peralatan rumah tangga sehari-hari.
      Cek Koneksi Internet
      Alternativnya, cek semua peralatan yang terkoneksi ke internet. Banyak peralatan di rumah, tanpa sepengetahuan kita terus melakukan pertukaran data dengan pabrik pembuatnya. Atau yang lebih jahat, ada komponen yang sengaja dipasang untuk mengirim data. Cek lewat Shodan.io, perangkat mana yang terhubung dengan internet dan bagaimana cara melindunginya.
      Gunakan Password
      Dengan menggunakan password atau teknik sandi lainnya, pengguna internet bisa mengatur arus data yang mereka unduh atau unggah. Biasanya fitur pada perangkat pintar memiliki opsi untuk pengaturan keamanan transfer data. Dengan memasang opsi ini, Anda yang mengatur transfer data, dan bukan perangkat yang kita miliki.
      Pakai Jejaring Aman
      Di negara maju memiliki jaringan WiFi di rumah sudah merupakan hal lazim. Disarankan lindungi WLAN dengan password dan sandi yang cukup aman. Jika menggunakan WiFi terbuka atau Hotspot, usahakan menggunakan jejaring yang memasang fitur keamanan.
      Update Teratur
      Bukan hanya keamanan jaringan internet, juga sistem operasi perangkat yang Anda miliki harus aman. Produsen yang peduli, selalu melakukan update software yang mereka pasang di perangkatnya secara teratur. Menurut Vault-7 peretas CIA diketahui menyerang celah keamanan pada sistem operasi Apple yang tidak diupdate.
      Tutup Kamera dan Mikrofon
      Perangkat canggih yang Anda miliki biasanya dipasangi fitur kamera dan mikrofon untuk komunikasi digital. Jika Anda tidak mau kehidupan probadi dimata-matai, tutup kamera dan mikrofon itu dengan lakban. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg juga melakukan tindakan pengaman ini. Mottonya: perusahaan sehebat dan seaman Facebook saja, merasa was-was dengan serangan peretas sekelas Vault-7.
      Unduh App Aman
      App adalah alat bantu utama pada smartphone. Pastikan Anda mengunduh app yang aman yang tidak menghimpun dan mengirim data dari perangkat Anda ke pihak ketiga. Walau cukup banyak aplikasi yang aman, peretas juga lebih pintar, dengan mencoba menyadap informasi saat ditulis, sebelum disandi oleh app aman. as/yf(dari berbagai sumber)
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • By ahmadyamadi_skom
      Beberapa hari terakhir, tak hanya Hujan deras yang menyebabkan banjir melanda berbagai wilayah Indonesia. Terpaan angin kencang juga kerap merepotkan. Untuk pengendara sepeda motor, ini adalah salah satu musuh selain banjir. Tak jarang biker dibuat oleng saking kuatnya angin yang bergerak sebelum Hujan.
      Berikut beberapa trik agar angin kencang tak merobohkan Anda:
      Sebelumnya, perkirakan kecepatan angin. Jika terlalu kencang dan bobot Anda plus sepeda motor tak kuasa menahan, lebih baik minggir dan mencari tempat untuk berhenti sejenak. Langkah ini dinilai lebih bijak karena terpaan angin yang terlalu kuat akan dengan mudah menerbangkan mobil sekali pun. Perhatikan arah angin dengan melihat objek yang bergerak di sekitar. Jika angin berhembus dari sisi depan atau belakang Anda, kemungkinan terhempas lebih sedikit, meski tetap harus waspada dan menjaga keseimbangan. Jika angin menerpa dari sisi samping, tekan setang lebih berat ke arah datangnya angin. Misalnya, angin datang dari kiri, tekan setang sedikit ke kiri untuk melakukan ”perlawanan”. Tekanan bergantung pada kekuatan angin, semakin angin berhembus kencang, seharusnya semakin kuat tekanan yang diberikan ke setang. Gunakan kaki dan berat badan untuk menjaga sepeda motor tetap dalam posisi tegak. Usahakan tubuh bagian atas tetap rileks, yang diyakini membantu jaga keseimbangan jika sewaktu-waktu terdapat guncangan. Usahakan posisi tubuh lebih rendah untuk mengurangi penampang yang diterpa angin.
    • By c0d1ng
      Sebagai aplikasi chatting yang banyak digunakan di dunia, WhatsApp tak henti-hentinya memberikan inovasi demi kenyamanan pengguna. Setelah sebelumnya WhatsApp mendukung format tulisan Bold dan Italic, sekarang kamu bisa loh mengubah jenis tulisan di WhatsApp.
      Mungkin kamu lebih penasaran dengan fitur video call di WhatsApp. Tapi sembari menunggu fitur video call ii hadir, yuk cobain cara mengubah jenis tulisan di WhatsApp!
      Cara Mengubah Jenis Font WhatsApp

      Selain bisa chatting gratis tanpa harus terganggu iklan dan layanan berbayar, WhatsApp populer karena dibekali fitur yang lengkap. Mulai dari berkirim pesan, emoji, pesan suara, panggilan suara, hingga berbagi file bisa lewat WhatsApp. Dan sekarang kamu bisa menambahkan variasi font saat chat WhatsApp.
      Mengubah Jenis Font Saat Chat di WhatsApp
      Seru kan kalo bisa chatting pake huruf yang berbeda? Misal tulisan normal untuk perwakilan nada bicara normal, dan tulisan yang lain sebagai perwakilan saat nada bicara sedikit kesal. Mau tau caranya?
      Selain huruf bawaan sistem smartphone, kamu bisa menggunakan huruf FixedSys di WhatsApp.

      Gak perlu pake aplikasi aneh-aneh, kamu cukup tambahkan tiga buah tanda (`), tanpa tanda kurung, di setiap awal dan akhir chat yang kamu kirim.

      Kamu bisa dengan mudah menemukan tanda itu di semua keyboard smartphone Android pada bagian tombol simbol. Pada iPhone, kamu harus menggunakan keyboard pihak ketiga.

      Nantinya setiap chat yang kamu awali dan akhiri dengan 3 tanda tadi akan berubah hurufnya menjadi FixedSys.

      Mudah kan? Hanya dengan gitu saja kamu bisa mengubah huruf chat di WhatsApp menjadi lebih menarik. Bisa banget loh dipake buat pamer ke teman-teman kamu. Selamat mencoba.
×
×
  • Create New...