Jump to content

4 Penyebab Lemak Menumpuk di Perut yang Harus Kalian Tahu


wheewhee

Recommended Posts

1286069222_PenyebabLemakMenumpukdiPerut.thumb.jpg.16ed66ca9d3c4c8ef13c0d40b4012fb2.jpg

KP - Saat orang melewati usia pertengahan, proporsi lemak terhadap berat badan cenderung meningkat, dan biasanya lebih banyak terjadi pada wanita daripada pria. Ekstra lemak cenderung memarkir dirinya sendiri di sekitar bagian tengah tubuh, dan membuat kita bertanya-tanya, apa penyebab lemak menumpuk di perut?
Apakah mungkin karena pola makan yang amburadul? Bisa jadi, tapi hal itu bukanlah penyebab satu-satunya. Ada beberapa penyebab lainnya yang perlu kalian tahu.
Pada suatu waktu, kita mungkin telah menerima perubahan ini sebagai fakta penuaan yang tak terhindarkan. Tapi sekarang kita telah mengetahui bahwa seiring dengan bertambahnya lingkar pinggang kita, risiko kesehatan yang fatal bisa meningkat juga.
Lemak perut, atau visceral, menjadi perhatian khusus karena merupakan pemain kunci dalam berbagai masalah kesehatan. Di sisi lain, lemak visceral terletak di luar jangkauan, jauh di dalam rongga perut, di mana ia menutupi ruang diantara organ-organ perut kita.
Agar bisa lebih paham mengenai pentingnya menjaga berat badan, mari kita simak apa penyebab lemak menumpuk di perut di bawah ini:

Penyebab Menumpuknya Lemak di Area Perut
1. Pola Makan yang Tidak Sehat
Diet rendah protein dan tinggi karbohidrat juga dapat mempengaruhi berat badan. Protein membantu seseorang merasa kenyang lebih lama, dan hal ini tentu penting untuk bisa menjaga dan mengatur berat badan.
Lemak trans, khususnya, dapat menyebabkan peradangan dan obesitas. Lemak ini dapat kalian temukan dengan mudah di makanan yang terkenal berlemak, seperti fast foods, ataupun makanan apapun yang dipanggang atau digoreng dengan minyak.
Nah, rekomendasi yang bisa kalian terapkan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengganti diet yang lebih sehat dengan biji-bijian utuh yang mengandung lemak yang lebih baik,
Membaca label makanan dapat membantu kalian menentukan apakah makanan yang mengandung lemak trans. Dengan begitu, kalian bisa menggantinya dengan yang lain agar menciptakan pola makan yang lebih sehat.

2. Terlalu Banyak Minum Alkohol
Penyebab lemak menumpuk di perut yang kedua adalah alkohol. Mengkonsumsinya secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, termasuk penyakit liver dan peradangan.
Riset mengenai konsumsi alkohol dan pengaruhnya pada obesitas telah diteliti dalam jurnal Current Obesity Reports, yang menunjukkan ada efek negatif minum yang berlebihan yakni menambahnya berat badan secara cepat.

3. Merasa Stress
Stress bisa datang kapan saja dan dimana saja. Seseorang bisa frustasi karena berbagai hal, apalagi pasangan hidup, dimana sulit sekali menemukan pasangan yang tepat.
Orang sering meraih makanan untuk merasa nyaman saat mereka merasa stress, yang mana menyebabkan kelebihan kalori di sekitar perut dan area tubuh lainnya.
Jadi, buatlah diri kalian bahagia, sebisa kalian. Lakukan hobi dikala senggang, dan gerakkan tubuh kalian untuk melakukan banyak hal yang lebih berguna.

4. Jarang Olahraga
Penyebab lemak menumpuk di perut yang terakhir adalah jarang olahraga. Jika seseorang mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibakar, berat badannya tentu akan bertambah.
Biasanya, seseorang yang doyan berdiam diri di rumah tanpa melakukan aktivitas lebih akan cenderung mengalami penimbunan lemak, terutama di area perut. Maka dari itu, rajinlah melakukan olahraga setiap akhir pekan untuk menjaga tubuh tetap fit.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...