Jump to content

Ketahui Manfaat Menggunakan Humidifier Bagi Kesehatan


Recommended Posts

2.png.a15bb5c53b6af284b0a320f9dd0a7f06.png

KP - Humidifier adalah salah satu alat yang dapat membantu menjaga kelembaban udara dalam ruangan. Belakangan, sudah banyak hunian yang menggunakan humidifier. Sebab mereka menyadari pentingnya menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Udara yang memiliki kelembapan di atas 43 derajat dapat mematikan virus flu, serta mengontrol masalah kulit kering. Tak sekadar itu, masih terdapat beberapa manfaat menggunakan humidifier lainnya yang baik bagi kesehatan. Apa saja itu? Kita simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Menggunakan Humidifier Bagi Kesehatan

1. Dapat Mengurangi Risiko Terkena Infeksi

Seperti yang Anda ketahui, Humidifier dapat membuat udara di dalam rumah menjadi lebih lembab. Sehingga menggunakan humidifier, khususnya di malam hari dapat mengurangi risiko tubuh terserang penyakit. Sebab, bakteri / virus sumber penyakit tidak dapat bergerak bebas jika berada di ruangan lembab. 

2. Menjaga Kelembaban Kulit dan Bibir

Manfaat menggunakan humidifier lainnya adalah mengatasi masalah bibir pecah-pecah. Tahukah Anda? AC di rumah yang terus menyala dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan kehilangan elastisitasnya. Selain itu juga membuat bibir pecah-pecah. Oleh karena itu, jika Anda menggunakan humidifier, masalah kulit kering atau bibir pecah-pecah pun dapat diminimalisir. 

3. Mencegah Iritasi Mata

Udara kering dapat membuat debu atau partikel asing menjadi lebih cepat bertebaran. Salah satu manfaat menggunakan humidifier adalah menghalau penyebaran partikel debu yang dapat mengiritasi mata. Sehingga mata pun bebas iritasi. 

4. Membantu Meredakan Flu dan Batuk

Sakit flu dan batuk akan bertambah parah apabila Anda sedang berada di daerah dengan udara yang kering. Nah, manfaat menggunakan humidifier di rumah juga berguna untuk meredakan flu dan batuk. Uap yang keluar dari humidifier dapat mengurangi rasa gatal di hidung dan tenggorokan. 

5. Dapat Membantu Kebiasaan Mendengkur ketika Tidur

Jika Anda termasuk orang yang sering mendengkur di kala tidur sebaiknya mulai berpikir untuk memiliki humidifier di rumah. Sebab udara yang lembab dapat mengurangi sumbatan di dalam hidung, sehingga dapat melegakan saluran napas. 

 

Tips Agar Humidifier Dapat Bekerja Maksimal

Setelah mengetahui beberapa manfaat humidifier bagi kesehatan, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar alat dapat bekerja maksimal. Antara lain:

  • Memasang alat pengukur kelembaban udara, agar dapat mengontrol apakah humidifier masih berfungsi atau tidak. Udara ideal yang baik harus memiliki kelembapan antara 30-40%.
  • Menggunakan air yang matang
  • Selalu memastikan bagian terluar alat dalam keadaan kering dan tidak ada air yang menetes keluar
  • Bersihkan alat secara rutin agar bakteri dan lumut tidak berkembang
  • Simpan alat di tempat yang kering. 

Saat ini, sudah banyak merek humidifier dengan harga bervariatif yang bisa dipilih. Anda tinggal menyesuaikan dengan bujet kantong saja.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...