Jump to content

Langkah Memulai Bisnis Sepatu Online, Penuhi Kebutuhan Konsumen


Recommended Posts

kisah-yukka-harlanda-pengusaha-brodo-brand-local-rasa-internasional.jpg.4b07aa14caf4e408870508dd023bf537.jpg

KP - Penuhi kebutuhan konsumen dengan bisnis sepatu online. Sepatu sangat penting untuk aktivitas sehari-hari baik pria maupun wanita. Sepatu adalah produk fungsional yang melindungi kulit kaki Anda dari kerusakan sinar ultraviolet (UV). 

Namun, kini sepatu juga sudah menjadi bagian dari rangkaian item fashion penting yang bisa menunjang penampilan seseorang dan membuatnya tampil lebih menarik. Ada lebih banyak jenis, model dan bentuk sepatu yang bisa dipadankan dengan pakaian agar terlihat serasi saat mengikuti kegiatan tertentu.

Tentunya bagi yang suka tampil dalam fashion dan gaya modern pasti akan selalu mengikuti trend alas kaki yang terus berkembang dan selalu berubah. Beberapa orang bahkan memperlakukan sepatu sebagai barang koleksi. 

Oleh karena itu, seiring dengan tumbuhnya minat masyarakat, wajar jika sepatu menjadi salah satu produk yang paling diminati di pasaran. Fenomena ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang untuk membangun bisnis sepatu online Anda sendiri.

Langkah Memulai Bisnis Sepatu Online

1. Tentukan Jenis Sepatu

Sebelum memulai bisnis sepatu online, Anda harus menentukan dulu jenis sepatu yang ingin Anda jual. Jenis sepatu ada bermacam-macam, antara lain sepatu olahraga, loafers, boots, high heels, skate, dll.

Anda harus menentukan jenis sepatu yang ingin Anda jual agar bisnis Anda lebih terkonsentrasi. Namun, Anda juga dapat menjual lebih banyak jenis sepatu untuk menjangkau beberapa target pasar atau kelompok konsumen sekaligus.

Dengan menentukan jenis sepatu ini juga bisa menjadi peluang untuk menentukan siapa target pasar yang harus Anda targetkan. Dengan cara ini pemasaran toko online Anda dapat dilakukan dengan benar. 

Setelah menentukan jenis sepatu dan target pasarnya, akan lebih mudah bagi Anda untuk memilih media sosial dan pasar mana yang akan digunakan untuk memasarkan produk dari toko online Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan kegiatan promosi apa saja yang harus dilakukan agar bisnis sepatu online Anda bisa berjalan efektif di masa depan.

2. Mencari Pemasok Sepatu

Anda perlu memiliki model produk untuk mulai berjualan. Bagi pemula yang belum bisa membuat produk sendiri, tentunya harus mencari satu atau lebih supplier untuk menyediakan sepatu untuk toko online Anda.

Anda dapat menemukan banyak pemasok sepatu di daerah tersebut atau dengan mencari berbagai platform online. Namun, carilah pemasok yang menurut Anda cocok. Di antara sekian banyak pilihan pemasok, Anda harus membandingkan beberapa hal terlebih dahulu.

Mulai dari kualitas produk, diskon, harga, yang didapat saat pembelian dalam jumlah tertentu, cara pemesanan, cara pembayaran, sistem pengiriman, dan sistem pengembalian untuk produk cacat.

3. Menentukan Harga

Tujuan utama berbisnis tentu saja untuk menghasilkan uang. Karena itu, Anda harus bisa menentukan harga jual sepatu secara pasti. 

Untuk menetapkan harga, Anda juga harus mempertimbangkan semua biaya operasional. Misalnya biaya pembelian sepatu, ongkos kirim dan biaya pemakaian internet. Hitung dengan cermat agar bisnis Anda tidak gagal.

4. Foto Sepatu dengan Jelas dan Menarik

Foto produk adalah salah satu aspek terpenting yang harus diperhatikan saat berjualan online. Hal ini dikarenakan tampilan visual suatu produk dapat menjadi pertimbangan utama konsumen dalam menentukan apakah akan membeli suatu produk. 

Karenanya, Anda harus menyiapkan foto dari beberapa sudut berbeda untuk memperlihatkan tampilan sepatu dari depan, samping, dan bawah sepatu. Tambahkan juga foto yang memperlihatkan detail bahan sepatu, tali, sol, dan sol dalam. Jika produk memiliki beberapa warna, Anda perlu memotret setiap sepatu secara terpisah.

5. Membuka Toko Online Sepatu

Agar bisa memasarkan dan mempromosikan sepatu yang ingin Anda jual, Anda harus membuat toko online. Salah satu cara termudah bagi kebanyakan pengusaha pemula adalah dengan membuat akun toko online di media sosial Instagram. 

Ini karena membuat akun bisnis di platform itu gratis, dan Instagram memiliki banyak pengguna aktif. Berdasarkan laporan Kompas.com, hingga November 2019, jumlah pengguna aktif Instagram bulanan di Indonesia telah melebihi 61 juta.

6. Memasukkan Foto Beserta Deskripsi

Langkah selanjutnya adalah memasukkan stok foto masing-masing pasang sepatu yang sudah Anda siapkan sebelumnya di toko online. Kemudian, jangan lupa untuk memberikan deskripsi lengkap mengenai informasi produk untuk memudahkan calon konsumen berbelanja secara online.

Cantumkan keterangan setiap ukuran sepatu yang tersedia, seperti panjang dan lebar sol dalam, sehingga pembeli bisa mencocokkan bentuk kaki mereka. Dengan menuliskan metrik ini, Anda tidak perlu berulang kali menjawab pertanyaan tentang calon pelanggan.

Anda juga perlu menambahkan informasi penting tentang bahan sepatu, seperti bahan kulit, kanvas, karet, denim atau bahan lainnya. Ini juga termasuk jenis sepatu, seperti sepatu olahraga, high heels, loafers atau sepatu futsal.

Termasuk deskripsi berbagai warna dan corak sepatu. Jangan lupa untuk menjelaskan apakah sepatu tersebut baru atau bekas (seperti itu). Jika Anda menjual sepatu favorit atau bekas, mohon tambahkan informasi tentang kondisi tertentu, terutama bagian sepatu yang cacat.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...