Jump to content

Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan


Recommended Posts

2.png.fd0d2d5649b3392e5b16a25d11acb844.png

KP - Di era Internet, secara umum dropship adalah model bisnis yang populer. Jenis  bisnis ini melibatkan pihak (pengirim langsung) yang menjalin hubungan dengan pembeli barang dan produsen.

Secara sekilas, peran pengirim sangat mirip dengan reseller. Dia menjual barang dari pemasok ke pembeli. Reseller dapat menentukan harga jual dari pemasok. Perbedaan harga merupakan keuntungan bagi dropshipper.

Apa itu Dropship, Menurut Para Ahli?

Dropship menurut Paper, dropship adalah model bisnis dimana pihak ketiga bekerja sama dengan pemilik toko untuk menjual produknya. Namun, distributor tidak berhak menetapkan harga karena pemilik produk akan mengirimkan barang. Dengan kata lain, dropshiper hanyalah perantara.

Dropship menurut Akseleran, dropship adalah sistem transaksi dimana penjual bertindak sebagai pemasok dan pembeli bertindak sebagai distributor. Namun dalam metode bisnis ini, pembeli tidak perlu membeli produk terlebih dahulu untuk didistribusikan. Bagi mereka yang ingin memulai bisnis tetapi memiliki modal kecil, bisnis ini adalah solusi yang tepat.

Dropship menurut Dosen pendidikan, dropship adalah metode perdagangan atau jual beli secara online, di mana penjual tidak menyimpan atau ikut serta dalam proses pengiriman barang.

Namun, ini sangat berbeda dengan cara distributor melakukan bisnis reseller. Perusahaan pengiriman tidak perlu mengirimkan barang-barang tersebut ke alamat pembeli satu per satu.

Model bisnis dropship mengharuskan pemasok barang untuk mengirimkan barang ke pembeli atas nama dropshipper. Selain itu, dropship adalah penjual pertama produk tersebut. Dan dropship hanya mempromosikan produk yang dimiliki pemasok.

Daftar Ide Bisnis Dropship yang Menguntungkan

Saat Anda ingin memulai dropship, memilih poin penting agak sulit. Tapi ini seharusnya tidak menjadi masalah. Berikut beberapa ide untuk dropship dan beberapa pertimbangan mengapa Anda perlu memilih salah satunya.

1. Kosmetik dan Perawatan Kulit

 Banyak wanita yang rela menginvestasikan uang untuk membeli kosmetik dan perawatan kulit terlihat lebih cantik. 

Jika Anda memang dekat dengan segmen pasar wanita, maka yang terbaik adalah memposisikannya sebagai bisnis dropship. 

2. Makanan Sehat

Gaya hidup sehat umumnya populer di kalangan keluarga muda. Saat metabolisme mereka melemah, mereka dengan sadar memilih produk yang sehat untuk dikonsumsi.

Harga produk kesehatan tidak mahal. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Identitas calon konsumen adalah keluarga, yang berarti memiliki daya beli yang lebih tinggi dibandingkan segmen pasar lainnya. Oleh karena itu, Anda bebas membidik calon pelanggan dan mendapatkan lebih banyak keuntungan.

3. Pakaian dan Aksesoris

Pakaian, jam tangan, tas dan juga aksesoris lainnya adalah konsep bisnis strategis lainnya. Selain itu, dengan rentang yang begitu luas, Anda harus menargetkan pelanggan tertentu. Misalnya, kepada target wanita berusia antara 30 dan 40 tahun. 

Pelanggan sasaran mana yang Anda inginkan bergantung pada Anda. Selain itu, apabila Anda dapat memberikan saran, yang terbaik yaitu menyesuaikannya sendiri. Apabila Anda masih muda, coba menjual produk ke "teman" seusia Anda.

Jika Anda pekerja kantoran, coba menjual produk yang sesuai dengan Anda. Dengan berpikir seperti ini akan mempermudah dalam memprediksi tren dan memahami psikologi pembeli.

4. Accesories Gadget

Gadget adalah filosofi bisnis strategis dropship. Dengan penggunaan khusus dan bahan tertentu, banyak mereka memilih dalam membeli aksesori secara online dibanding di toko.

Mengenai ide bisnis ini, Anda harus pintar-pintar dalam mencari produk yang menarik. Selain itu, penting juga untuk memastikan adanya mekanisme pengembalian yang jelas. Karena produk seperti headphone, mouse, ataupun flash drive mudah rusak.

5. Perlengkapan Rumah Tangga

Barang-barang rumah tangga seperti peralatan makan yang sangat bagus, dekorasi rumah, dan juga peralatan memasak. Dikarenakan produk semacam itu terkadang diproduksi secara massal, Anda harus berhati-hati ketika mencari pemasok dengan harga rendah.

Terkadang orang tidak terlalu peduli dengan merek, Anda dapat memulai bisnis dropship untuk membangun merek. Ini sangat berbeda dengan industri pakaian dan kecantikan.

6. Produk Bayi

Produk bayi cukup banyak permintaan akan produk tersebut tidak akan pernah mati. Di tahun 2020 saja, nilai omzet produk ini mencapai 88,1 triliun, dan diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya.

7. Furniture

Furniture mungkin merupakan produk lain yang dapat memberikan peluang bagi bisnis dropship Anda. Pada 2019, bisnis furniture online menyumbang sekitar 16,9% dari transaksi e-commerce Indonesia. Bukankah itu tinggi?

Tentunya Anda perlu memanfaatkan kesempatan ini. Apalagi mengingat Indonesia memiliki berbagai jenis furniture berkualitas tinggi. Anda bahkan bisa memulai bisnis dropshipping furniture di luar negeri.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...