Jump to content

5 Cara Menguruskan Badan Secara Alami di Masa Pandemi


wheewhee

Recommended Posts

808141792_caramenguruskanbadan.jpg.0f2bd517d10a3e9d04e2f7a20eeac804.jpg

Kredit Pintar - Punya resolusi untuk menurunkan berat badan tapi nggak tahu gimana cara menguruskan badan? Well, masalah berat badan berlebih hingga obesitas memang jadi problem yang dialami banyak orang. Ditambah lagi, di masa pandemi seperti sekarang turut mendukung kenaikan berat badan karena kurang aktivitas fisik akibat terlalu sering dirumah aja yang bikin males olahraga.

Maka dari itu, kami buatkan artikel panduan cara menguruskan badan yang siapa tahu ada satu atau dua trik yang cocok dan berhasil untuk mengurangi berat badan. 

 

Tips Cara Menguruskan Badan dengan Mudah

Mempunyai tubuh yang ideal adalah dambaan banyak orang karena selain terlihat lebih menarik, tubuhmu juga jadi tambah sehat. Setidaknya ada 5 cara menguruskan badan yang bisa kamu terapkan dalam keseharian hingga body-goals punya tubuh langsing dan sehat tercapai. Berikut ulasannya.

1. Minum Air Putih Lebih Banyak

Tips menguruskan badan yang pertama, untuk mendapatkan body goals sesuai ekspektasi, perbanyaklah minum air putih. Berdasarkan hasil penelitian, minum air putih yang cukup dalam sehari sangat efektif untuk menurunkan berat badan serta meningkatkan kinerja metabolisme tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

Tips penerapan mudahnya, kamu bisa minum 2 gelas air putih 30 menit sebelum makan. Habit ini bila konsisten kamu lakukan, perut akan terasa mudah kenyang sehingga mencegah kebiasaan makan berlebih. Apakah kamu cocok dengan cara menguruskan badan pada panduan pertama ini? Bila cocok, silahkan diterapkan. Kalau belum cocok, silahkan dilanjut ke tips selanjutnya.

2. Konsumsi Hidangan atau Makanan Bernutrisi Tinggi

Salah satu cara menguruskan badan tentunya tak lain dan tak bukan adalah memberikan asupan makanan bernutrisi lengkap, bergizi, kaya akan vitamin, dan protein agar kebutuhan dan Kesehatan tubuh terjaga dengan baik.

Kamu bisa mengonsumsi makanan berserat tinggi seperti buah, sayur, biji-bijian dan makanan berprotein tinggi yang terdapat pada ikan, telur, daging serta jangan lupa batasi makanan yang terlalu banyak garam dan gula. Jangan lupa, porsi makannya dikurangi ya.

3. Biasakan Diri untuk Sarapan di Pagi Hari

Tips menurunkan berat badan ketiga cukup mudah dan nggak butuh extra effort lho, yup, kamu hanya tinggal membiasakan untuk sarapan di pagi hari. Konsisten sarapan terbukti bisa membantu suplai energi tubuh terpenuhi dengan baik sehingga kamu bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan maksimal.

4. Konsisten Berolahraga agar Berat Badan Turun Maksimal

Olahraga? Iya, meski males banget, anak jaman sekarang sering menggunakan istilah; “mager” selalu jadi dalih tameng nomor 1 untuk menunda untuk tidak berolahraga. Kalau begini terus, body goals langsing dan turun berat badan nggak akan tercapai.

Maka dari itu, yuk mulai konsisten olahraga biar lemak di perut, pinggang, kaki, dan bagian tubuh lainnya jadi makin ramping, ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan lho, misalnya saja sistem peredaran darah jadi makin lancar, mood yang semakin baik dan stabil, tidur jadi nyenyak serta bisa menurunkan berat badan. Yuk mulai olahraga dari sekarang.

5. Tidur Teratur dan Cukup Setiap Hari

Faktanya, bila seseorang jam tidurnya kurang, maka ia lebih mudah beresiko terkena obesitas karena biasanya saat begadang seringkali diselingi dengan aktivitas ngemil, auto naik berat badan deh jadinya.

Untuk itu, kamu harus mengubah kebiasaan tidurmu jadi lebih teratur dan tidur. Setidaknya kamu butuh 7-9 jam setiap harinya. Cara ini bisa dibilang adalah tips menguruskan tubuh secara alami. Kalau tidur teratur di malam hari, maka kamu bisa mengurangi ngemil atau makan berat pada dini hari.

Kalau kamu lebih suka pilih tips menguruskan badan nomor berapa?

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By sunfork
      Orang yang terinfeksi Covid-19 tidak semuanya akan menjadi sakit. Bisa saja, orang tersebut tidak mengalami gejala seperti umumnya pasien Covid-19 atau tidak merasakan sakit seperti orang tanpa gejala. Kalau ada anggota keluarga yang terkena virus Corona, jangan panik dulu. Kalian bisa melakukan beberapa hal berikut agar tetap bisa karantina mandiri. Pertama-tama, lakukan PCR test untuk seluruh keluarga agar bisa memastikan tidak ada anggota keluarga lain yang tertular. Nah, selanjutnya ikuti tips berikut ya!

      Ilustrasi orang menggunakan masker. [Michael Amadeus - Unsplash]
      Ruang Terpisah
      Berikan orang yang terpapar ruangan terpisah dari anggota keluarga lain selama 14 hari setelah dinyatakan positif. Usahakan ada di kamar yang punya ventilasi yang cukup, seperti jendela lebar yang bisa dibuka atau pintu. Agar udara yang ada di ruangan tersebut bisa berganti.
      Selain itu, upayakan juga ruangan itu memiliki kamar mandi sendiri yang hanya bisa diakses oleh orang yang terpapar tersebut. Kalau tidak memungkinkan, usahakan untuk menggunakan kamar mandi paling terakhir setelah anggota keluarga lain.
      Protokol Kesehatan di Rumah
      Meski berada di dalam rumah, usahakan untuk memakai masker, menjaga jarak, hindari kontak langsung, dan tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan mendesak seperti berobat. Pisahkan baju dan peralatan makan dari anggota keluarga lain, langsung cuci dengan sabun setelah dipakai. Bersihkan secara teratur permukaan benda yang sering disentuh, seperti gagang pintu, sakelar lampu, keran, dan lainnya.
      Beri Vitamin dan Makanan Bergizi
      Meski tidak merasakan sakit, orang yang terpapar Covid-19 tetap harus diberikan perhatian. Semangati mereka agar tidak down atau stres karena berada di dalam ruangan sendirian terus menerus. Sediakan juga hal-hal yang dibutuhkan, seperti hiburan atau makanan bergizi. Jangan lupa untuk rutin minum vitamin yang bisa meningkatkan imun tubuh.
      Konsultasi Dokter
      Anggota keluarga bisa membantu konsultasi dengan dokter secara online, jadi tidak perlu ada kontak langsung dan bisa dilakukan di rumah. Konsultasikan jika mengalami gejala-gejala yang membuat tidak nyaman.
      Nggak perlu khawatir atau sampai panik kalau ada anggota keluarga yang terkena Covid-19.
×
×
  • Create New...