Jump to content

Perhatikan 5 Hal Berikut untuk Masa Pensiun Tenang


purwa_weheb

Recommended Posts

  • Premium Account

pensiun.thumb.jpg.3075d0a1ba56762b70f279004fa3076f.jpg

Perencanaan pensiun bukanlah sesuatu yang dapat dirancang dalam waktu yang singkat. Diperlukan waktu bertahun-tahun untuk sepenuhnya mempersiapkan masa pensiun, baik secara mental maupun finansial.

Memiliki peta jalan yang jelas untuk diikuti akan sangat membantu, terutama jika Anda tidak memiliki anak yang mungkin dapat membantu dalam merencanakan keuangan di tahun-tahun berikutnya.

Jika hendak memasuki masa pensiun sendirian atau bersama pasangan dan tidak memiliki anak, berikut beberapa langkah penting yang harus diambil untuk mempersiapkan masa pensiun sekarang, melansir dari laman The balance, Selasa (23/3/2021).

1. Tetapkan Surat Kuasa

Pemberian kuasa dapat memastikan bahwa keuangan dikelola sesuai dengan keinginan Anda jika tidak dapat membuat keputusan atas nama sendiri. Orang yang memegang surat kuasa memiliki wewenang untuk mengelola keuangan tersebut saat Anda sudah tidak mampu.

Saat memilih surat kuasa, pilih seseorang yang dipercayai sepenuhnya untuk mengutamakan kepentingan terbaik Anda. Misalnya, pasangan.Ttetapi jika belum menikah, Anda dapat membuat kepercayaan yang dapat dibatalkan dan menunjuk bank sebagai wali amanat.

Wali kemudian akan menangani semuanya mulai dari membayar tagihan hingga mengajukan klaim asuransi hingga memelihara atau menjual rumah ketika Anda tidak dapat menangani tugas-tugas ini.

Jika membangun kepercayaan, pertimbangkan untuk menamai wali pengganti. Orang ini dapat mengambil alih tugas wali jika orang yang disebutkan diawal tidak lagi dapat menangani tanggung jawabnya.

2. Buatlah keinginan

Sangat penting bagi orang-orang tanpa keluarga dekat untuk merinci keinginan mereka terkait kepemilikan properti, pemakaman, dan bahkan perwalian hewan peliharaan. Di situlah kemauan dan wasiat terakhir masuk.

Saat menyusun surat wasiat, luangkan waktu untuk mempelajari aturan pembuatan surat wasiat di negara Anda. Misalnya, beberapa negara mengizinkan surat wasiat ditulis tangan sementara yang lain tidak.

Ingat juga bahwa Anda harus meminta orang yang dipercaya untuk melaksanakan keinginan akhir sebagai pelaksana surat wasiat.

3. Sebutkan Proksi Medis

Proksi medis adalah seseorang yang memiliki kewenangan hukum untuk membuat keputusan tentang perawatan kesehatan ketika Anda dianggap tidak mampu. Ini termasuk apakah akan memindahkan dari rumah ke fasilitas perawatan. Jadi, pilihlah dengan hati-hati.

Pasangan serumah adalah pilihan yang jelas. Sebaiknya Anda memiliki proksi cadangan jika hidup lebih lama dari yang utama. Jika tidak memiliki anak, mintalah kerabat tepercaya atau teman untuk mengisi peran sekunder.

4. Rencanakan Perawatan Jangka Panjang

Fasilitas perawatan jangka panjang bisa menjadi sangat mahal jika membutuhkan perawatan di masa pensiun. Dimunginkan memenuhi syarat untuk membantu membayar perawatan jangka panjang tetapi Anda juga akan diminta untuk membelanjakan aset terlebih dahulu.

Pertimbangkan biaya perawatan jangka panjang dengan hati-hati saat menghitung berapa banyak yang perlu ditabung untuk masa pensiun.

Jika belum cukup menabung untuk menutupi pengeluaran semacam itu, Anda mungkin ingin mendapatkan asuransi perawatan jangka panjang untuk diri sendiri dan pasangan jika sudah menikah. Asuransi perawatan jangka panjang dapat membantu sedikit banyak biaya perawatan kesehatan.

5. Perampingan

Jika tinggal di rumah yang lebih besar, pertimbangkan apakah Anda masih membutuhkan banyak ruang di masa pensiun, terutama jika itu hanya untuk diri sendiri.

Selain itu, pikirkan tentang biaya hidup di lokasi saat ini dan bandingkan biaya hidup di tempat lainnya. Mungkin bisa aja akan lebih masuk akal untuk kota lain, atau menukar rumah besar dengan rumah sederhana sebagai ukuran pemotongan biaya untuk masa pensiun.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By posrahasia2015

      Terjawab sudah teka-teki terkait masa depan Valentino Rossi di ajang MotoGP. The Doctor –julukan Rossi– mengonfirmasi akan pensiun dari arena lomba balap motor paling prestisius bersama Tim Movistar Yamaha.
      Kepastian itu disampaikan rider berusia 36 tahun di sela-sela peluncuran motor YZR-M1 yang akan digunakan pada MotoGP 2016. Namun belum diketahui, kapan juara dunia tujuh kali kelas utama itu akan memutuskan pensiun dari ingar bingar yang membesarkan namanya tersebut.
      Terkait kontrak, masa bakti Rossi bersama Yamaha sejatinya akan habis pada akhir 2016. Namun, bukan tak mungkin, Rossi akan memperpanjang kontrak satu atau dua tahun lagi bersama tim berlogo Garpu Tala itu.
      “Saya ingin tetap membalap setelah menyelesaikan musim 2016. Yang pasti, saya akan mengakhiri karier di Yamaha,” jelas Rossi seperti mengutip dari BBC Sport, Selasa (19/1/2016).
      MotoGP 2016 sendiri mulai digelar pada 20 Maret. Sirkuit Losail, Qatar, menjadi arena pertama yang akan dijajal rider-rider berkelas dunia tersebut.
    • Guest News
      By Guest News
      Setelah dua dekade bermain untuk Los Angeles Lakers di liga NBA, pemain legendaris Kobe Bryant mengumumkan akan pensiun di akhir musim ini.
       
×
×
  • Create New...