Jump to content

PARAH! Harga Telur Ayam Sentuh Rp 16 Ribu per Kg


Recommended Posts

telor.thumb.jpg.a38fc776fb39e88cf77310471b4e6823.jpg

Harga telur ayam mengalami penurunan yang cukup signifikan dalam beberapa hari terakhir. Tercatat, harga telur di ayam di tingkat peternak secara nasional di angka Rp 16 ribu-Rp 17 ribu per kilogram (kg). Padahal biasanya harga telur ayam berada di kisaran Rp 24 ribu hingga Rp 25 ribu per kg. 

Ketua Umum Asosiasi Peternak Layer Nasional Ki Musbar Mesdi mengungkapkan, penurunan harga telur ini bahkan sudah di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah di angka sebesar Rp 19 ribu - Rp 21 ribu per kg.

Seperti Diketahui, Harga Eceran Tertinggi tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 7 Tahun 2020 tentang Harga Acuan Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan Penjualan di Tingkat Konsumen.

"Artinya saat ini kita rugi Rp 3.000 per kilogram. Dengan harga antara Rp 16 ribu sampai Rp 17 ribu ini jauh di bawah HET," jelas Musbar, kamis (28/1/2021).

Ia menjelaskan, faktor penyebab turunnya harga telur ayam karena berbagai pemberlakuan kebijakan pembatasan sosial yang dilakukan secara estafet selama pandemi Covid-19 berlangsung. Sehingga membuat pergerakan konsumen menjadi terbatas dan kemampuan daya beli masyarakat tak kunjung pulih.

"Seperti sekarang nih, ada PPKM di perpanjang mulai 26 Januari hingga 8 Februari, setelah sebelumnya PSBB. Ini otomatis ibu-ibu jadi terbatas ke pasar dan membuat daya beli juga terus tertekan," pungkas dia.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By berita_semua
      Pemerintah menargetkan harga daging di pasaran mencapai Rp80 Ribu Per Kg selama bulan Ramadan. Untuk mencapai target ini, sejumlah operasi pasar pun ramai dilakukan.
      Namun, jelang Lebaran, harga daging justru terus mengalami kenaikan. Kenaikan tertinggi terjadi di Aceh yang mencapai Rp160 ribu per kg.

      Menanggapi hal ini, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia Sandiaga Uno mengungkapkan, kenaikan harga daging ini merupakan bukti ketidakefektifan operasi pasar yang dilakukan.
      Meskipun sempat mengapresiasi kerja keras pemerintah, Sandiaga menilai banyak yang perlu dibenahi untuk menjaga stabilitas daging sapi.
      "Kalau dilihat dari operasi pasar memang, kita lihat stabilisasi dari segi daging yang tipe daging beku. Tapi kalau daging segar belum tercapai harga yang diinginkan," kata Sandiaga saat ditemui di rumah dinas Saleh Husin, Jakarta, Rabu (6/7/2016).
      "Saya mengapresiasi langkah pemerintah, tapi terakhir malah seminggu sebelum lebaran harganya makin melambung, dan ini menunjukkan bahwa operasi pasar hanya di permukaan saja," jelasnya.
      Sandiaga pun menilai rantai pasok menjadi penyebab utama dari kenaikan harga daging sapi segar sepanjang bulan Ramadan. Untuk itu, pemerintah diharapkan dapat memangkas rantai pasok distribusi jauh-jauh hari sebelum Lebaran.
      "Yang harus diselesaikan itu adalah akar permasalahan, yaitu penyederhanaan rantai distribusi dan mengamankan pasokan," imbuhnya.
    • By BincangEdukasi
      Beberapa orang tidak menyukai kuning telur karena alasan tekstur dan rasa. Padahal kuning telur sangat padat nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk lemak dan protein yang sangat dibutuhkan tubuh untuk beragam fungsi dan manfaat.
      Berikut adalah beberapa fakta nutrisi kuning telur yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir dari Zeenews, Kamis (12/5/2016).
      Sumber vitamin A dan B
      Kandungan vitamin A dan B yang sangat baik di dalam kuning telur akan bermanfaat untuk kulit dan energi.
      Kolin untuk otak
      Kuning telur juga mengandung kolin, nutrisi esensial untuk kesehatan otak, otot, dan ini penting untuk kehamilan.
      Lemak jenuh sehat
      Kadar lemak jenuh dalam kuning telur baik untuk produksi hormon dab penyerapan vitamin dan mineral yang larut dalam lemak.
      Antioksidan sebanding apel
      Seluruh bagian isi telur memiliki kandungan antioksidan yang sebanding dengan saru buah apel.
      Sumber protein
      Baik kuning maupun putih telur adalah sumber protein makanan, meskipun kandungan protein dalam putih telur sedikit lebih banyak.
    • By BincangEdukasi
      Tak hanya baik untuk sarapan saja, tetapi telur rebus juga baik sebagai teman makan siang. Telur mengandung protein, mineral, dan juga vitamin B12.
      Selain membuat berenergi, telur bisa membantu diet lho. Kulik manfaat ketika mengonsumsi telur rebus di siang hari:
      Rendah kalori
      Telur rebus hanya mengandung 78 kalori. Hanya dengan makan dua telur saja di siang hari, sudah membantu mengisi perut kosong Anda.
      Menjaga Metabolisme
      Telur dipercaya sebagai makanan yang baik untuk menjaga metabolisme. Tubuh membutuhkan energi ekstra yang terdapat dalam telur. Jadi, mengonsumsi telur juga mendukung diet seseorang.
      Menunjang Kesehatan Mata
      Telur mengandung dua jenis antioksidan, yaitu lutein dan zeaxathin. Keduanya berperan untuk merawat kesehatan mata dari dalam tubuh.
      Suplemen yang Baik
      Telur merupakan suplemen yang baik untuk tubuh seseorang. Jika Anda termasuk orang yang gila fitnes, telur bisa menjagi teman baik Anda.
    • By kotawa
      Mungkin banyak yang sudah tahu jika selama ini putih telurlah yang seringkali digunakan sebagai masker perawatan wajah. Namun, ternyata kuning telur juga bisa dimanfaatkan sebagai masker wajah. Karena diketahui jika kuning ternyata memiliki lebih banyak lemak dan nutrisi yang baik untuk kulit.
      Selain mengandung lemak, kuning telur juga mengandung berbagai vitamin dan protein seperti vitamin A, B6, B12, D, E, K, folat, kalsium, magnesium, besi, potasium, sodium dan selenium.
      Dan berikut adalah manfaat masker kuning telur dan bagaimana cara membuatnya: 
      1. Melembabkan kulit
      Manfaat pertama dari masker kuning telur adalah untuk melembabkan kulit. Kuning telur dapat melembutkan dan melembabkan kulit. Kuning telur juga akan tetap aman dipakai untuk kulit sensitif.
      2. Mengatasi kulit kering dan berminyak
      Jika Anda memiliki masalah kulit kering dan berminyak, Anda bisa menggunakan masker kuning telur untuk mengatasinya. Kuning telur dapat mengatasi masalah kulit kering. Caranya oleskan kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan ritual ini 2 kali dalam seminggu.
      3. Menghilangkan jerawat
      Jerawat adalah masalah kulit yang menjengkelkan, bukan berarti masalah jerawat tidak dapat diatasi. Anda bisa mengatasi masalah jerawat menggunakan masker kuning telur. 
      4. Memperlambat penuaan
      Kuning telur mengandung nutrisi penting yang dapat memperlambat penuaan. Kuning telur juga digunakan sebagai bahan kosmetik anti-aging yang bemanfaat untuk mengatasi masalah penuaan. Gunakan masker kuning telur 2 kali dalam seminggu.
      Cara membuat masker kuning telur:
      Caranya, pisahkan terlebih dulu kuning telur dan putihnya. Ambil kuning telur dan kocok hingga halus, untuk hasil maksimal Anda bisa mencampurkannya dengan bahan-bahan alami lainnya seperti yougurt, susu, lemon dan lain sebagainya. Oleskan masker kuning telur pada kulit wajah dan leher, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
    • By rani
      Telur merupakan sumber protein yang kaya dan sangat bisa menyehatkan tubuh. Salah satu cara paling mudah memasak telur adalah dengan menggorengnya jadi telur mata sapi. Sayangnya banyak yang tidak berhasil membuat telur mata sapi dengan bulat sempurna. Well, kali ini kamu tak perlu galau lagi Ladies. Vemale akan coba menghadirkan step by step membuat telur mata sapi yang bulat dan sempurna seperti yang telah dilansir oleh icreativeideas.com. Check it out.
      Siapkan:
      telur bawang bombay besar minyak goreng pisau teflon garam Cara Membuat:

      Potong bawang bombay jadi 2 dan ambil bagian tengahnya. Ambil lingkaran sebagai cetakan telur. Panaskan teflon dan beri sedikit minyak. Letakkan bawang bombay di tengah wajan. Pecahkan telur dan masak. Biarkan selama beberapa menit tanpa membalik telur. Tambahkan garam. Masak sampai matang, angkat dan sajikan. Voila, telur mata sapi yang super cantik sempurna pun bisa kamu nikmati ndralwati. Super mudah dan praktis bukan?
×
×
  • Create New...