Jump to content

Apa itu Point of Sale? Pemilik Usaha Harus Tahu


Recommended Posts

Mungkin beberapa dari kalian sudah pernah mendengar sistem POS atau Point of Sale. Nah, apa sih POS itu? Kalau dulu toko retail, restoran, atau kedai kopi menggunakan mesin kasir manual, di mana kalkulator, pencetak bukti pembelian, dan penyimpan uang. Nah, sistem POS menggantikan mesin kasir manual tersebut dengan aplikasi kasir yang bisa diakses dari HP atau PC.

Jadi, POS itu tempat pembeli melakukan transaksi seperti pembayaran. Dengan POS atau aplikasi kasir, tidak cuma bisa menginput menu, melakukan transaksi, mencetak bukti pembelian. Aplikasi kasir juga bisa akses data stok barang, laporan keuangan, sampai penghitungan laba usaha kalian.

Nggak cuma bisa memudahkan dengan fitur yang sudah disebutkan tadi, dengan menggunakan aplikasi kasir juga bisa meningkatkan keamanan transaksi. Jadi, nggak ada tuh namanya tertipu uang palsu atau selisih pembayaran.

Link to post
Share on other sites
  • 1 month later...

Point of sale atau point of purchase adalah waktu dan tempat penyelesaian transaksi retail. Pada titik penjualan, pedagang menghitung jumlah yang terhutang oleh pelanggan, menunjukkan jumlah tersebut, dapat menyiapkan faktur untuk pelanggan, dan menunjukkan opsi bagi pelanggan untuk melakukan pembayaran. Berarti penjelasan ini tidak benar?

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
×
×
  • Create New...