Jump to content

Trump Tawarkan Stimulus Lebih Besar, Menguatkan Harga Emas


Recommended Posts

  • Premium Account

emas.thumb.jpg.d326c677dc18e019f3cbcfa91c4c649f.jpg

Harga emas naik tipis pada penutupan perdagangan Kamis (Jumat pagi waktu Jakarta), usai Presiden AS Donald Trump membangkitkan kembali harapan akan adanya paket stimulus bagi warga AS untuk menggadapi dampak pandemi Covid-19.

Rencananya, tambahan stimulus tersebut bisa diberikan sebelum gelaran pemilihan presiden AS yang berlangsung pada 3 November nanti.

Namun, penguatan harga emas ini sedikit tertahan karena adanya kenaikan nilai tukar dolar AS terhadap beberapa mata uang utama dunia lain.

Harga emas di pasar spot naik 0,3 persen menjadi USD 1.906,15 per ounce. Sedangkan harga emas berjangka AS ditutup naik 0,1 persen menjadi USD 1.908,90 per ounce.

Trump mengatakan dia setuju atau memberikan tandatangan jika ada kenaikan plafon stimulus penanganan dampak COvid-19 dari usulan semula sebesar USD 1,8 triliun.

"Fokusnya adalah pada harapan baru pembicaraan stimulus karena Presiden AS terus mendorong untuk menyelesaikan kesepakatan dan emas mengabaikan kekuatan dolar AS," kata analis ED&F Man Capital Markets, Edward Meir.

"Namun memang kekuatan dolar AS tidak bisa diabaikan. Penguatan dolar AS tetap akan membuat kenaikan harga emas kemungkinan akan terbatas." tambah dia.

Dolar AS menahan kenaikan terhadap saingannya, didukung oleh pernyataan Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin pada hari Rabu bahwa kesepakatan stimulus akan sulit dicapai sebelum pemilihan.

Pengangguran

 

Lebih lanjut mendukung harga emas, klaim pengangguran mingguan AS secara tak terduga naik minggu lalu.

“Jumlah pengangguran menunjukkan bahwa kami belum keluar dari masalah. kami masih memiliki banyak rintangan yang harus dihadapi yang menunjukkan kemungkinan lebih banyak intervensi pemerintah melalui stimulus dan menekan suku bunga,” kata kepala investasi Sica Wealth Management, Jeffrey Sica.

Emas yang dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, penurunan nilai mata uang, dan ketidakpastian, telah naik 25 persen tahun ini. Kenaikan tersebut didorong oleh stimulus global besar-besaran untuk melindungi ekonomi dari kemerosotan yang disebabkan pandemi Covid-19.

Link to post
Share on other sites
  • 3 weeks later...

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Brenda_Christie
      Terlahir dengan nama Donald John Trump, di Queens, New York 14 Juni 1946, calon presiden Amerika Serikat usungan Partai Republik ini akan menjadi presiden AS tertua dalam sejarah jika terpilih. Pernah merintis karier di industri hiburan, Trump dianggap sosok yang kontroversial dan terlalu banyak mencari sensasi. Faktanya, dia terhitung pengusaha yang sukses, lulusan akademi militer dan memiliki nilai akademik tinggi selama menimba ilmu di bangku pendidikan.
      Donald Trump adalah anak keempat dari lima bersaudara buah hati pasangan Frederick C dan Mary MacLeod Trump. Sedari kecil, pendiri Trump Organization tersebut tumbuh sebagai anak yang bersemangat, penuh percaya diri, tegas dan cenderung angkuh. Untuk menyalurkan semua kepribadian baik dan meredam sifat buruknya, orangtua Donald mengirimnya ke Akademi Militer New York. Kala itu, Donald berumur 13 tahun. Di akademi inilah dia belajar untuk bersikap lebih patuh dan hidup disiplin.
      Donald muda tak mengecewakan ayah-ibunya. Dia mendapat penilaian yang luar biasa baik dari akademinya, baik dari segi pelatihan fisik maupun kecerdasan. Bahkan, dia juga mendapat acungan jempol dalam hal bersosialisasi.
      Prestasi Akademis
      Melihat perawakannya sekarang yang begitu tambun, orang tidak akan menyangka bahwa Donald remaja adalah bintang dalam setiap kejuaraan atletik di sekolah dan kampusnya. Ia antara lain pernah meraih penghargaan saat aktif bermain futbol dan baseball pada 1962, serta sepak bola pada 1963. Pada 1964, Donald Trumpditunjuk sebagai kapten tim baseball-nya. Oleh karena prestasinya, pelatih baseball yang terkenal pada masa itu, Ted Tobias menganugerahinya Coach’s Award pada tahun yang sama.
      Dari segi kepemimpinan, setelah dipromosikan sebagai Kapten Perwira S-4, bersama seniornya dia membentuk kelompok sendiri yang beranggotakan perwira-perwira. Dia juga belajar rendah hati dan kemandirian dengan menjadi pekerja paruh waktu di akademi militernya.
      Pendidikan tingginya kemudian berlanjut di Fordham University selama dua tahun. Sebelum akhirnya memutuskan pindah ke Wharton School of Finance di University of Pennsylvania.
      Pebisnis sekaligus Aktor
      Sejak muda, Donald tertarik pada dunia perfilman. Dia sempat ingin jadi aktor, tetapi pindah haluan jadi pebisnis mengikuti jejak ayahnya. Pikirnya kala itu, industri keuangan jauh lebih menarik dan menguntungkan.
      Meski begitu, impian untuk tampil di layar kaca tak pernah benar-benar surut. Setelah sukses mengambil alih beberapa perusahaan keluarga dan menjadi juragan pengembang real estate yang terkemuka, baru pada 2004 dia mulai melebarkan sayap ke panggung hiburan.
      Penampilannya dalam dunia pertelevisian antara lain bisa dilihat pada film Home Alone bermain jadi cameo, produser sekaligus pembawa acara utama serial reality show The Apprentice di saluran televisi NBC. Ketegasannya dalam memecat para peserta kemudian menjadikannya semakin terkenal. Jargon ‘Anda dipecat’ yang sering dilontarkannya dalam acara tersebut hingga saat ini sering dijadikan ejekan oleh lawan politiknya. Mereka meyakini Trump yang asli juga suka memecat karyawan seperti dalam acara tersebut.
      Percaya tidak percaya, Trump juga pernah muncul di acara gulat WWE. Keterlibatannya dalam acara tersebut karena gedungnya, Trump Plaza di Atlantic City, New Jersey, disewa untuk menampilkan pertandingan aktor-aktor berbadan kekar itu. Satu kemunculannya yang paling dikenang terjadi pada 2007, dia menantang pemilik WWE, Vince McMahon untuk adu pemain. Hasilnya, Vince bersama Umaga kalah; dan sesuai perjanjian, Trump dan pemain pilihannya, Bobby Lashley berhak mencukur habis rambut miliarder WWE itu.
      Video pertarungan miliarder, Donald Trump dan Vince McMahon
       
      Sebagai pebisnis, karier Trump tidak berjalan mulus. Meskipun terbilang sukses dalam beberapa proyek, seperti Grand Hyatt di Manhattan, dia juga pernah mengalami kebangkrutan. Salah satu bisnisnya yang ditutup lantaran hutang menggunung ialah kasino terbesarnya, Trump Taj Mahal di New Jersey.
      “Melewati masa-masa sulit adalah hal yang menakjubkan. Setiap orang harus merasakannya, minimal sekali,” pesannya.

      Riwayat Politik Trump
      Kantong gembung, popularitas tercapai, pernikahan berlangsung sebanyak tiga kali, anak sudah lima, Donald yang lebih mapan ini selanjutnya menancapkan kuku ke dunia politik pada 2012. Kehadiran Trump sering dikatakan para pengamat politik dan industri hiburan sebagai pembawa rona tersendiri dalam ingar bingar elit pemerintahan.
      Tercatat, pria berdarah Skotlandia ini pernah berganti partai politik (parpol) hingga lima kali. Republik adalah parpol pertama baginya pada 1987. Namun pada 1999, dia pindah ke Partai Independen. Pada 2000, Trump pernah ingin naik jadi presiden melalui Partai Reformasi. Lalu pada Agutus 2001, dia banting setir ke Demokrat. Sampai delapan tahun kemudian, dia melompat kembali ke Republik. Sempat kecewa dengan parpol, dia memutuskan tidak andil dalam parpol mana pun. Namun akhirnya, dia nyapres juga tahun ini dengan menunggangi Republik.
      Asmara dan Keluarga
      Bicara asmara, Trump menikah tiga kali. Istri pertamanya, Ivana Zelníčková adalah seorang model kelahiran Republik Ceko. Pernikahan yang bertahan selama 14 tahun tersebut menghasilkan tiga orang anak, antara lain Donald Trump Junior (38), Ivanka Trump(34), dan Eric Trump (32).
      Dua tahun bercerai dari Ivana, Trump menikah lagi dengan seorang aktris cantik AS Marla Ann Maples. Pernikahannya tersebut hanya bertahan enam tahun. Dari pernikahan tersebut, ia dikaruniai seorang putri bernama Tiffany Trump (22).
      Istri ketiga, yang digadang-gadang akan menjadi ibu negara selanjutnya itu, Melania Knauss dinikahi Trump pada 2005. Putra bungsu mereka, yakni Barron Trump lahir setahun kemudian. Oleh karena usianya yang masih sangat muda, dia dijauhkan dari ingar-bingar media massa.
      Secara keseluruhan, Trump telah membangun keluarga besar yang terdiri dari lima orang anak dan delapan orang cucu. Meski begitu, keluarganya tampak begitu harmonis dan saling mendukung satu sama lain. Hal itu tercermin saat dia resmi dinominasikan sebagai capres Republik dan selama kampanye kepresidenannya.
      Biodata singkat
      Nama Lengkap: Donald John Trump Nama Panggilan: Donald Trump Tempat, Tanggal Lahir: New York, 14 Juni 1946 Nama Istri: 1. Ivana Marie Zelnickova (1977-1991) ; 2. Maria Maples (1993-1999); 3. Melania Knauss (2005-sekarang) Nama Anak: 1. Donald Trump Jr; 2. Ivanka Trump; 3. Eric Trump; 4. Tiffany Trump; 5. Barron Trump Jenjang Pendidikan: Akademi Militer New York, Fordham University dan University of Pennsylvania Jenjang Karier: Pebisnis, Aktor dan Politisi Penghargaan: Coach’s Award (Baseball, 1964).
    • By ginseng
      Pemerintah menargetkan PT Freeport Indonesia membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian mineral (smeter) dalam lima tahun ke depan. Setelah diterbitkannya Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).
      Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mengatakan,‎ dalam dokumen IUPK telah disepakati, Freeport Indonesia akan membangun smelter dalam jangka waktu lima tahun setelah IUPK terbit.
      "Sejak 5 tahun IUPK diperpanjang‎," kata Jonan
      Jonan menuturkan, jika pembangunan smelter tidak dilakukan dalam 5 tahun ke depan, akan ada sanksi yang siap dijatuhkan untuk perusahaan patungan PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum dan Freeport McMorant tersebut yaitu larangan ekspor.
      ‎"Ya dibaca sendiri, pasti ada, enggak boleh ekspor," tutur dia. 
      Menurut Jonan, masa operasi Freeport Indonesia sudah diperpanjang seiring dengan ter‎bitnya IUPK. Dengan masa perpanjangan 2X10 tahun.  "Kemarin langsung itu (perpanjangan bersamaan IUPK,. Dia bisa mengajukan sekarang," ujar dia.
      RI Kuasai Seluruh Aset Freeport di Papua

      Sebelumnya, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) kini resmi mengambil alih 51,23 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) setelah mengeluarkan dana sebesar USD 3,85 miliar. Adapun PT Inalum menandai pembelian saham PTFI dengan menerbitkan obligasi global (global bond) senilai USD 4 miliar guna memperoleh separuh kepemilikan tambang emas terbesar di dunia.
      Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (UI) Rhenald Kasali menuturkan, negara rela berutang dalam jumlah besar dengan mengeluarkan global bond agar nantinya bisa ikut memiliki aset PTFI.
      "Karena yang kita mau kuasai bukan cuman buminya, tapi teknologinya, modal-modalnya, jaringan pemasarannya, cara menambang skala besar, maka kita minta mereka divestasi. Itulah makanya kita harus jadikan anak perusahaan BUMN kita yang sehat," jelasnya lewat keterangan tertulis, Senin 25 Desember 2018.
      Seperti diketahui, proses divestasi saham Freeport sebesar 51 persen ini juga ditandai dengan terbitnya Izin Usaha Pertambangan Khusus Operasi Produksi (IUPK) sebagai pengganti Kontrak Karya (KK), sehingga PTFI mengantongi izin perpanjangan masa operasi 2x10 tahun sampai 2041.
      Adapun berdasarkan perjanjian KK antara Pemerintah RI dengan Freeport McMoran generasi kedua yang diteken pada 1997, PTFI diberikan hak untuk mengeksplorasi Tambang Grasberg di Bumi Papua hingga 2021.
      Pasca-kontrak habis dan tidak diperpanjang, maka seluruh kekayaan PT Freeport Indonesia yang terdapat di wilayah proyek wajib ditawarkan untuk dijual kepada Pemerintah RI dengan harga atau nilai pasar tak lebih rendah dari book value (nilai buku), yang ditaksir mencapai USD 6 miliar.
      Rhenald Kasali melanjutkan, Freeport McMoran selaku induk usaha PTFI merupakan perusahaan yang menguasai teknologi tingkat tinggi dengan research and development dalam bidang pertambangan yang luar biasa. "Untuk eksploit tambangnya, butuh alat-alat berat yang tak pernah kita lihat di Pulau Jawa sekalipun," sebutnya.
      "Kendaraan untuk membawa pegawainya ke area tambang pun harus yang ber-CC tinggi, 3.000-5.000 CC. Juga harus antipeluru, karena sering didor penembak liar. Atau pakai heli Puma yang harganya triliunan rupiah," dia menambahkan.
      Dengan memiliki separuh saham Freeport fase kedua, sambungnya, pemerintah juga memastikan negara punya hak terhadap tambang bawah tanah yang memiliki cadangan untuk usaha hingga 40-50 tahun ke depan.
      "Tapi untuk masuk ke terowongan itu kita harus naik ke puncak yang tinggi dulu dengan kendaraan ber-CC tinggi tadi, menanjak sekitar 45 derajat selama dua jam dari bawah dan perlu teknologi yang mahal. Apa ini akan ditinggal oleh Freeport kalau KK tahun 2021-nya berakhir?" ujar dia.
      "PT-nya, which is di dalamnya ada aset-aset, mesin-mesin, skilled worker, jaringan bisnis, dan lain-lain akan mereka angkat. Punya mereka kan? Mengangkatnya tidak sulit. Wong itu global company yang punya tambang di mancanegara," tandas dia.
    • Guest News
      By Guest News
      Donald Trump will mark his first month in office Monday, a presidential debut unlike any other in recent history. Trump has proclaimed his presidency an early success in bringing change to Washington, even as he lashes out at what he describes as a "dishonest press" that he says is "out of control." VOA national correspondent Jim Malone has more from Washington.
       
    • By berita_semua
      Pengadilan banding AS, 9th U.S. Circuit Court of Appeals, memutuskan dengan suara bulat untuk memperkuat penangguhan sementara kebijakan pembatasan imigran Presiden Donald Trump,
      Keputusan pengadilan dikeluarkan setelah gugatan keberatan diajukan oleh negara bagian Washington dan Minnesota. Mahkamah Agung AS mungkin akan menentukan akhir dari gugatan tersebut.
      Menanggapi keputusan pengadilan itu, Trump memberi pernyataan melalui akun Twitterpribadinya dengan menulis "Sampai jumpa di pengadilan. Keamanan Bangsa  Kita Menjadi Taruhan!" Sementara Departemen Kehakiman menyatakan saat ini sedang meninjau dan mempertimbangkan keputusan tersebut.
      Pada 27 Januari lalu, Trump mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang warga dari Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, dan Yaman untuk melakukan perjalanan ke AS selama 90 hari.
      AS juga menghentikan penerimaan pengungsi selama 120 hari dan tanpa batas bagi pengungsi Suriah. Kemudian Hakim Distrik AS, James Robart, menangguhkan perintah eksekutif Trump Jumat (3/2) lalu.
      Sidang yang dilakukan 9th U.S. Circuit Court of Appeals pada Selasa (7/2) tidak bertujuan untuk menyelesaikan gugatan. Sidang dilakukan untuk menentukan apakah larangan perjalanan Trump harus ditangguhkan selama proses litigasi.
      Dua dari tiga hakim panel merupakan hakim yang ditunjuk oleh mantan Presiden AS dari Partai Demokrat, Jimmy Carter dan Barack Obama. Satu hakim lainnya ditunjuk oleh mantan Presiden AS dari Partai Republik, George W. Bush.
      Pemerintah AS bisa meminta hakim 9th U.S. Circuit Court of Appeals untuk meninjau putusan atau langsung mengajukan banding ke Mahkamah Agung.
      Ketiga hakim panel mengatakan, gugatan Washington dan Minnesota menunjukkan larangan perjalanan Trump dapat menimbulkan kekacauan. Dalam keputusannya, hakim mengakui adanya kepentingan publik untuk meningkatkan keamanan nasional, tetapi pemerintah AS tidak memberikan bukti yang membenarkan larangan perjalanan terhadap tujuh negara mayoritas Muslim.
    • Guest News
      By Guest News
      Elon Musk, Kepala SolarCity dan CEO Tesla Motors, berbicara di KTT Energi SolarCity di Manhattan, New York.
      Beberapa eksekutif Silicon Valley memberikan sumbangan kepada upaya-upaya hukum untuk mendukung para imigran yang menghadapi pelarangan.
      Silicon Valley mengambil tempat di depan pada akhir pekan dalam perlawanan korporat terhadap larangan imigrasi Presiden AS Donald Trump, dengan mendanai gugatan hukum, mengkritik rencana tersebut, dan membantu para pegawai yang terimbas perintah eksekutif Trump itu.
      Dalam sebuah industri yang telah lama bergantung pada imigran dan merayakan kontribusi mereka, serta mendukung aktivisme liberal seperti hak-hak gay, pada awalnya tidak banyak konsensus mengenai bagaimana merespon langkah Trump hari Jumat (27/1).
      Namun, meski sebagian besar di dalam industri teknologi tidak secara langsung mengkritik presiden baru dari Partai Republik itu, mereka melangkah lebih jauh dibandingkan para mitranya di sektor lain, yang sebagian besar tutup mulut selama akhir pekan. Sebagian besar dari bank-bank besar AS dan perusahaan otomotif, misalnya, menolak berkomentar saat ditanya Reuters.
      Trump memerintahkan larangan sementara terhadap orang-orang yang datang dari tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim dan penangguhan 120 hari terhadap pemukiman pengungsi. Aksi ini memicu protes global, dan menimbulkan kebinungan dan kemarahan setelah para imigran, pengungsi dan pengunjung dilarang naik pesawat dan terlunta-lunta di bandar-bandar udara.
      Perusahaan-perusahaan besar seperti Apple Inc, Google dan Microsoft Corp menawarkan bantuan hukum pada para pegawai yang terimbas perintah eksekutif itu, menurut surat-surat yang dikirim kepada staf. Beberapa eksekutif Silicon Valley memberikan sumbangan kepada upaya-upaya hukum untuk mendukung para imigran yang menghadapi pelarangan.
      CEO Tesla Elon Musk dan direktur Uber Travis Kalanick mengatakan di Twitter bahwa mereka akan membawa keprihatinan industri mengenai imigrasi ke dewan penasihat bisnis Trump, dimana mereka menjadi anggotanya.
      Kalanick telah menghadapi kecaman di media sosial karena setuju menjadi bagian kelompok penasihat tersebut. Dalam tulisan di halaman Facebooknya hari Minggu, Kalanick menyebut larangan imigrasi itu "keliru dan tidak adil" dan mengatakan bahwa Uber akan menyediakan dana US$3 juta untuk membantu para pengemudi dengan masalah-masalah imigrasi.
      Di antara yang terimbas larangan tersebut adalah Khash Sajadi, warga Iran keturunan Inggris yang merupakan kepala eksekutif perusahan teknologi Cloud 66 di San Francisco, yang terjebak di London. Seperti banyak pekerja teknologi lainnya, ia memegang visa H1B, yang memungkinkan warga-warga negara asing dengan keahlian khusus untuk bekerja di perusahaan-perusahaan AS.
      Sajadi mengatakan ia berharap perusahaan-perusahaan teknologi besar seperti Google dan Facebook akan mengambil tindakan hukum untuk melindungi para pegawai yang terdampak. Hal itu dapat membantu membuat preseden untuk orang-orang dengan situasi sama, namun ada di perusahaan lebih kecil.
      "Pada akhirnya, hanya berbicara saja tidak akan mengubah sesuatu" jika mereka tidak kaya dan tidak tinggal di pesisir Timur atau Barat [tempat perusahaan-perusahaan teknologi besar berada], ujarnya.
      Protes 'Tech Against Trump'
      Respon dari perusahaan-perusahaan teknologi telah "sekuat mungkin," ujar Eric Talley, profesor hukum korporasi dari Fakultas Hukum Universitas Columbia.
      "Salah satu aspek sulit dari reaksi terhadap pemerintahan Trump dalam dua minggu pertamanya adalah mencoba menyeimbangkan keinginan mengekspresikan keprihatinan yang sah dengan konsekuensi berdiri terlalu jauh dari orang-orang lain," ujarnya.
      Industri teknologi juga memiliki isu-isu lain yang mungkin menempatkan mereka di pihak yang berlawanan dengan Trump, termasuk kebijakan perdagangan dan keamanan dunia maya.
      Presiden Mountain View, inkubator perusahaan rintisan Y Combinator di California, Sam Altman, menulis dalam tulisan blog yang dibaca banyak orang, mendesak para pemimpin sektor teknologi untuk bersatu melawan larangan imigrasi itu. Ia mengatakan ia telah berbicara dengan beragam orang mengenai pengorganisasian tapi tetap tidak yakin tindakan apa yang paling baik.
      "Jujur saja kami belum tahu," ujarnya. "Kami sedang membahasnya dengan kelompok-kelompok legal dan teknologi, tapi hal ini belum pernah terjadi sebelumnya dan saya kira tidak ada yang memiliki buku panduannya."
      Pada perusahaan transportasi Lyft, para pendirinya John Zimmer dan Logan Green, menjanjikan dalam blog perusahaan akan mendonasikan satu juga dolar dalam empat tahun ke depan untuk Serikat Kemerdekaan Sipil Amerika (ACLU), yang memenangkan gugatan melawan sebagian perintah eksekutif Trump pada Sabtu malam.
      Eksekutif lain, seperti Stewart Butterfield dari Slack dan kedua mitra Union Square Ventures, Albert Wenger dan Fred Wilson berjanji akan menyamai kontribusi untuk ACLU.
      Michael Dearing, pendiri perusahaan permodalan Harrison Metal, membentuk upaya yang disebut Project ELLIS -- singkatan dari Entrepreneurs' Liberty Link in Silicon Valley -- untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan dan perusahaan-perusahaan teknologi yang lebih kecil dengan isu-isu imigrasi. "ELLIS" juga merupakan referensi untuk Pulau Ellis di New York, tempat jutaan imigran tiba.
      Dalam kurang dari sehari, kelompok ini telah menangani dua kasus, ujarnya.
      Dave McClure, mitra pendiri 500 Startups dan pengkritik yang vokal terhadap Trump, mengatakan perusahaan investasinya akan segera membuka dana pertama di Timur Tengah dan akan menggeser perhatian untuk mendukung para wirausaha di negara-negara asal mereka, jika membawa mereka ke Amerika Serikat mustahil.
      Para pegawai rendahan telah mendesak para eksekutif untuk bertindak lebih jauh pada akhir pekan.
      Tak lama setelah mengetahui perintah Trump, Brad Taylor, insinyur berusia 37 tahun yang bekerja di perusahaan analisis web Optimizely, mulai mengorganisir "Tech Against Trump," sebuah demonstrasi yang dijadwalkan berlangsung pada 14 Maret.
      Selain berdemonstrasi di Palo Alto, California, para penyelenggara acara ini mendesak para pegawai industri teknologi di perusahaan-perusahaan yang diam saja terhadap Trump untuk keluar dari kantor mereka.
      Taylor mengatakan ia terharu dengan pernyataan-pernyataan para pemimpin teknologi selama akhir pekan namun ia ingin melihat industri ini maju lebih jauh.
      "Tujuannya bukan untuk melawan industri teknologi, namun untuk mendesak mereka agar ada di pihak yang benar dalam sejarah," ujarnya.
×
×
  • Create New...