Jump to content

Camilan Sehat yang Rendah Kalori Cocok Buat Begadang


Recommended Posts

popcorn.thumb.jpg.40c65ebaea8dc54ba9712d53f0c35eab.jpg

Camilan sehat teman begadang memiliki kandungan kalori yang rendah, sehingga kamu tidak perlu mencemaskan naiknya berat badan. Jika makanan yang kamu konsumsi pada malam hari tidak rendah kalori, bisa saja hal tersebut dapat menyebabkan tubuh kamu lebih gemuk. 

Hal ini terjadi karena pada malam hari metabolisme tubuh melambat, dan jika kamu makan makanan berat akan menambah kalori dalam tubuh. Sedangkan rasa lapar yang kamu alami di malam hari ini sudah tidak tertahankan. Jika kamu menahan lapar dan memutuskan untuk lanjut tidur, hal ini bisa membuat tidur menjadi tidak nyenyak.

Camilan sehat yang rendah kalori bisa menjadi solusi makanan untuk malam hari. Dengan mengonsumsi camilan sehat ini, kamu tidak perlu takut lagi dengan naiknya berat badan ataupun tidur tidak nyenyak gara-gara rasa lapar.

Pisang

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari pertama adalah pisang. Jika kamu ingin makan berat tapi takut gemuk maka pisang bisa menjadi solusinya. Satu buah pisang bisa membuatmu merasa langsung kenyang seketika dan membuat tidurmu lebih berkualitas.

Selain bisa menjadi camilan sehat di malam hari, pisang juga bisa menjadi penyelamat saat saat melewatkan makan malam, sebab pisang mengenyangkan dan mengandung magnesium dan potassium. Kandungan inilah yang dapat membantu kamu untuk tidur nyenyak. Potassium sendiri juga memiliki fungsi untuk kesehatan kardiovaskular dan kognitif.

Oatmeal

Selain itu, oatmeal juga bisa menjadi salah satu camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari. Oatmeal menjadi pilihan yang banyak dikonsumsi pelaku diet saat lapar. Hal ini disebabkan karena, oatmeal dapat memproduksi hormon serotonin, dan hormon ini dipercaya mampu menstimulasi produksi melatonin. Dikutip dari Livestrong, oatmeal mengandung protein dan karbohidrat kompleks.

Cukup dengan menambahkan beberapa potongan buah segar dan sedikit madu, dijamin lapar malam hari akan terselesaikan dan bisa tidur nyenyak. Selain itu, jika kamu ingin menambah asupan protein lebih banyak, kamu bisa menambahkan yogurt tanpa lemak.

Yoghurt Rendah Lemak dan Buah-buahan

Camilan sehat teman begadang selanjutnya adalah yoghurt rendah lemak dan buah-buahan. Jika menginginkan sedikit makanan penutup sebelum tidur, kamu bisa menyantap semangkuk yogurt rendah lemak sebagai gantinya. Agar lebih nikmat, cukup tambahkan potongan buah dingin yang segar.

Salah satu buah yang paling aman dikonsumsi pada malam hari adalah buah ceri. Hal ini karena melatonin yang ditemukan pada ceri dapat membantu mengendalikan jam internal pada tubuh kamu. Jam internal adalah ritme pola harian, seperti waktu bangun dan waktu tidur, yang dibentuk dan terkonsep pada otak. Penelitian menyebutkan bahwa ada perubahan pada durasi dan kualitas tidur pada penderita insomnia kronis dengan meminum jus ceri asam.

Edamame

Edamame juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang yang aman. Kacang ini merupakan kudapan yang aman dikonsumsi pada malam hari tanpa harus khawatir berat badan kamu melonjak. Edamame yang sudah matang bahkan tidak perlu dimasak. Edamame kaya akan protein dan mengandung triptofan yang membantu otak membuat melatonin.

Keju

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah keju. Makanan kaya kalsium dan memiliki banyak lemak baik ini lebih enak dikonsumsi dengan makanan yang juga memiliki banyak serat.

Memakan satu bungkus keju dipercaya akan membuatmu cepat kenyang dan mengantuk sehingga mengurangi hasratmu untuk menyantap makanan lainnya. Tenang, satu bungkus keju hanya mengandung 80 kalori.

Namun, bukan berarti kamu bisa makan keju secara berlebihan. Kamu harus memperhatikan label nutrisinya, sebaiknya tidak lebih dari 150 kalori.

Popcorn Tanpa Rasa

Popcorn tanpa rasa juga bisa dijadikan camilan sehat teman begadang. Pastikan popcorn yang kamu konsumsi di malam hari tidak ditambahkan garam atau perasa lainnya agar tetap aman dan sehat.

Makanan yang terbuat dari jagung ini baik untuk dikonsumsi karena popcorn termasuk makanan yang rendah kalori dan lemak, serta tinggi serat. Bahkan, popcorn juga mengandung antioksidan dan termasuk ke dalam makanan gandum utuh. Kamu bisa mengonsumsinya sekitar satu mangkuk dengan sedikit taburan minyak zaitun sebagai makanan alternatif untuk diet.

Semangkuk Sereal

Camilan sehat teman begadang yang aman dikonsumsi malam hari selanjutnya adalah semangkuk sereal dan susu. Banyak orang yang menyangka sereal hanya cocok untuk sarapan. Namun, ternyata sereal juga cocok dijadijan santapan malam, terutama sereal gandum atau jagung yang sehat.

Memilih sereal merupakan pilihan tepat sebagai camilan malam karena memiliki serat yang baik untuk kesehatan. Menikmati sereal bisa ditambah dengan susu dingin atau hangat yang menjadikan komposisi sempurna yang penuh dengan protein. Tetapi, hindari memakan sereal dengan tambahan gula.

Selain itu, selai kacang yang alami, dan ubi juga bisa menjadi camilan sehat yang aman dikonsumsi pada malam hari. Kamu bisa memilih makanan tersebut tergantung kondisi kesehatan dan yang mana yang paling kamu sukai.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By MariaAngeline
      Pernahkah kamu merasa lebih mudah berpikir ketika malam hari? Bisa jadi kamu adalah sosok yang cerdas. Menurut Psychology Today, orang-orang cerdas biasanya lebih memilih menjadi nokturnal (aktif di malam hari) daripada orang dengan yang punya IQ normal. Dalam sebuah studi yang melibatkan anak-anak muda, menunjukkan bahwa individu yang cerdas terbukti pergi tidur lebih larut pada hari-hari biasa.
      Dalam sebuah studi dari Study Magazine, Satoshi Kanazawa, seorang psikolog di London School of Economics And Political Science, melaporkan bahwa IQ rata-rata dan pola tidur memiliki hubungan erat. Korelasi ini membuktikan orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk terjaga di malam hari adalah individu yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata.
      Kebanyakan orang pada umumnya akan memiliki pola tidur yang teratur dan mudah, sementara orang yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata akan lebih banyak mengalami gangguan tidur sehingga memilih untuk tetap terjaga pada malam hari. Malam hari masih dimanfaatkan untuk mengerjakan sesuatu, menulis misalnya.
      Para nokturnal biasanya menangkap informasi pada siang hari dan memprosesnya pada malam hari. Namun, ada beberapa hal yang mungkin masih menjadi perdebatan tentang kurangnya tidur bisa memicu gangguan kesehatan. Namun bukan berarti kita tak boleh begadang. Karena selalu ada sisi positif mengapa para nokturnal adalah orang-orang cerdas.
      1. Karena pada siang hari rasanya pikiranmu tak bisa dengan fokus untuk mengerjakan sesuatu.
      Siang hari, pikiranmu mungkin bisa kemana-mana seiring imajinasi berjalan. Bahkan siang hari adalah waktu paling kreatif yang bisa kamu dapatkan. Namun ketika malam hari, sisi paling menarik dari dirimu mulai muncul. Malam hari adalah waktu bagimu untuk mengeluarkan seluruh kemampuan diri dan mengizinkan dirimu sendiri untuk melepaskan 'masker' yang sepanjang hari menutupimu.
      2. Rutinitas tak berlaku dalam kamusmu. Bagimu, hidup harus dinikmati bagai air mengalir.
      Begadang akan selalu menjadi rutinitas harian. Tak peduli apakah kamu punya jam kerja 9 to 5, kamu akan tetap terjaga hingga larut malam. Dan itu menjadikanmu pribadi yang sedikit pemberontak dan mampu menentang tradisi yang ada. Dalam surat kabar akademik, “Why The Night Owl Is More Intelligent,” yang diterbitkan dalam jurnal Psychology And Individual Differences, dengan jelas menjelaskan asumsi bahwa dalam beberapa waktu ini, orang-orang cenderung bekerja pada siang hari dan tidur pada malam hari. Dan rasanya bukan lagi kejutan bahwa orang yang suka terjaga hingga larut malam, adalah sosok yang mampu memperluas pemikiran mereka, bukan hanya diam karena orang-orang menyuruhnya untuk tidur karena sudah larut malam.
      3. Para nokturnal biasanya open-minded.
      Hal-hal yang terjadi di malam hari tentu saja tak bisa kamu dapatkan saat siang hari. Malam hari adalah saatnya kamu membuka pikiran dan para penyair menulis puisi, para musisi menciptakan lagu, dan seniman menemukan karya agung mereka.
      Mereka yang mau terjaga hingga larut malam, adalah orang-orang yang menemukan banyak hal ketika sebagian besar orang terlelap. Mereka yang mau tetap terjaga adalah orang-orang yang mau mencoba batas mereka dan menjelajahi kegelapan untuk membawa lebih cahaya pada siang hari.
      4. Mereka juga sosok yang proaktif.
      Pepatah mengatakan, The early bird may get the worm, but the night owl gets the whole jar. Ketika morning person mungkin mendapatkan kesempatan untuk melihat cacing keluar dari lubangnya di pagi hari, para nokturnal telah melihat para cacing masuk ke dalam lubang mereka sebelum pagi menjelang.
      Bangun pagi adalah hal yang positif dan proaktif, namun tetap terjaga hingga larut malam juga tak kalah pentingnya. Karena mereka yang tidur larut malam (bahkan pagi) berada beberapa langkah lebih depan daripada mereka yang bangun pagi. Ada beberapa hal yang hanya bisa dijelajahi pada malam hari dan tak akan didapatkan oleh mereka yang bangun pagi, yaitu ide-ide segar.
    • By paramaster
      'How to Pass Snacks to the Rear seat of a Fighter Jet' adalah judul video yang memperlihatkan bagaimana pilot pesawat tempur di tengah-tengah sebuah penerbangan sedang memberikan sebungkus 'Snickers' pada navigtornya.
       
      Sang pilot pun hanya dengan mengandalkan kekuatan gravitasi tanpa bersusah payah untuk memberikannya.
       
      Karena video tersebut diunggah secara tidak jelas, video tersebut sempat dianggap oleh beberapa pihak sebagai iklan buatan 'Snickers'. Meski begitu, aksi mereka telah banyak menyita perhatian para netizen.
       

    • By Roijuliop
      Pegawai kantoran termasuk orang yang jarang bergerak aktif. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan duduk dan bekerja di meja kerja mereka. Hal ini sebenarnya kurang baik, khususnya untuk mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badannya. Selain berisiko terkena obesitas, kebiasaan semacam ini juga juga bisa memicu berbagai macam penyakit.
       

       
      Selain jarang bergerak aktif, banyak pekerja kantoran yang tidak mengonsumsi makanan yang sehat atau berolahraga selepas bekerja, bahkan saat libur di akhir pekan. Hal ini mungkin karena kesibukan mereka yang membuat mereka tidak memiliki cukup waktu untuk meninggalkan pekerjaan walaupun hanya sebentar.
       
      Waktu mereka seakan tersita semua hanya untuk bekerja dan terus bekerja. Hampir tidak ada waktu yang tersisa untuk hanya sekedar membeli atau memasak makanan sehat, apalagi untuk rutin berolahraga. Padahal jika terus begini, tidak hanya berat badan yang tidak bisa terkontrol, kesehatan juga bisa terganggu.
       
      Sebenarnya jika bisa mengatur kalori yang masuk dan keluar tubuh, obesitas dan gangguan kesehatan bisa dihindari. Mengeluarkan kalori berlebih juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Berikut adalah beberapa tips berguna yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa bekerja sekaligus membakar kalori berlebih.
       
      Berhenti bekerja setiap beberapa jam dan lakukan peregangan sejenak, cukup 3 sampai 5 menit.
      Ketika membuang kertas atau berkas yang tidak terpakai lakukanlah dengan berdiri dan berjalan menuju ke lokasi tempat sampah.
       
      Jika Anda membawa kendaraan, parkirlah di lokasi yang agak jauh dari lokasi Anda bekerja sehingga Anda bisa berjalan kaki sejenak sebelum mulai aktivitas pekerjaan di kantor.
       
      Pilih tangga untuk naik dan turun ketimbang naik lift.
      Ketika makan siang jangan menyuruh office boy untuk membeli makanan untuk Anda. Jalanlah sendiri ke kantin atau tempat makan ketika makan siang.
       
      Hindari menggunakan telepon, mengirim email atau chat ketika Anda ingin berkomunikasi dengan teman kantor. Berjalanlah ke meja mereka dan berkomunikasi langsung.
       
      Memang belum ada angka yang pasti berapa kalori yang bisa Anda bakar dengan melakukan aktivitas-aktivitas di atas. Namun jika diilustrasikan, aktiitas berjalan 10.000 kalori akan membakar 400 sampai 600 kalori. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika Anda rutin melakukan aktivitas-aktivitas di atas maka bisa membantu membakar kalori berlebih di dalam tubuh Anda. Ayo mulai sekarang membiasakan hidup sehat agar tubuh tetap sehat dan bisa beraktivitas dengan semangat setiap harinya.
       
      FunFact: Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Occupational and Environmental Medicine menyatakan bahwa stress dan tingkat kesibukan yang tinggi ternyata selain berkaitan dengan meningkatnya resiko penyakit jantung, depresi, kelelahan, juga berkaitan dengan meningkatnya kegemukan
    • By kotawa
      Amerika mengalami kerugian sebesar 4,5 Triliun Rupiah selama Piala dunia Brazil 2014. Angka ini mucul dengan perhitungan karena karyawan banyak yang mangkir kerja dan nonton pertandingan saat di kantor. Di Indonesia belum ada yang menghitung kerugian tersebut tetapi kasus orang mangkir kerja karena begadang banyak disebabkan karena daya tahan tubuhnya drop.
       
      Dan saat ini Piala dunia masih berlangsung, tinggal menyisakan partai-partai puncak. Tentunya kamu juga nggak ingin ketinggalan satu pun pertandingannya bukan? Artinya, kamu harus begadang lagi sampai partai final nanti.
       
      Masalahnya kamu tetap harus bekerja di di esok harinya dan pekerjaan menuntut kamu buat selalu bugar dan konsentrasi. Tidak ada dispensasi buat datang telat karena anda kelelahan begadang ataupun melakukan kesalahan karena kurang konsentrasi. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiasati situasi ini adalah mengatur pola tidur dan asupan makanan kita sehingga bisa membuat daya tahan tubuh nggak turun dan tetap konsentrasi.
       
      Begadang yang mengakibatkan kurang tidur nggak hanya akan mengganggu aktivitas kamu, tapi lebih jauh juga memberikan risiko dan dampak tersendiri di kesehatan tubuh. Menurut The National Sleep Foundation, orang dewasa sebaiknya mendapatkan tidur antara 7 hingga 9 jam dalam satu hari dan angka ini dapat berubah sesuai dengan usia.
       
      The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa meningkatnya angka kecelakaan juga berhubungan dengan kurangnya tidur. Pada tahun 2011, Centers for Disease Control menemukan bahwa sebanyak 70 juta orang dewasa menderita gangguan tidur termasuk insomnia, narcolepsy, sleep apnea dan restless leg syndrome.
       
      Tidur sangat berpengaruh terhadap kelangsungan tubuh kita oleh karena itu tidur merupakan hal yang sangat penting. Nah, beberapa hal yang dapat terjadi bila kita kurang tidur adalah:
       
      Mengurangi Imunitas Tubuh
      Penelitian yang dilakukan di JAMA Internal Medicine yang melakukan penelitian terhadap 300 orang yang terkena virus flu menemukan bahwa orang yang tidur kurang dari 7,5 jam memiliki risiko buat terkena flu.
       
      Menurunnya Tingkat Konsentrasi
      Sebuah lembaga riset di Australia pernah mencatat di sebuah peristiwa kontes The Rocking Chair Marathon, di Australia, yakni rekor seseorang nggak tidur yakni 18 hari, 21 jam dan 40 menit. Sang pemegang rekor dunia dicatat mengalami gejala halusinasi, paranoid, pandangan mengabur, kemampuan bicara melantur, ingatan memudar dan kemampuan konsentrasi menghilang.
       
      Tak ubahnya kita yang mengalami penurunan jam tidur, akibat begadang bisa mengakibatkan menurunnya kemampuan otak. Bahkan lebih jauh, hal ini dikhawatirkan dapat merusak kesempurnaan performa kinerja di kantor dan mengancam karir kamu.
       
      Memang dijadwal kita yang cukup sibuk sulit buat menentukan waktu buat tidur bahkan terkadang sulit banget buat tidur 7 – 9 jam dalam sehari, oleh karena itu bila memang kamu kurang tidur jaga daya tahan tubuh kamu dengan konsumsi makanan bergizi serta olahraga.
       
      Guna mengimbangi kendala tubuh yang ada akibat begadang, ada baiknya kamu mencuri asupan makanan yang memiliki kaya kandungan Peptida. Dimana kandungan ini merupakan zat aktif yang dapat membantu daya tahan tubuh kamu. Peptida bekerja dengan memberikan fungsi peningkatan kognitif otak. Tentunya hal ini dapat membantu fokus dan stamina dalam keseharian berkantor.
       
      Asam amino yang terkandung dalam peptida tersebut dibutuhkan buat mensitesis cerebral neurotransmitter. Makin banyak neurotransmitter terbentuk, kebugaran otak akan semakin terjaga sehingga nggak mudah kehilangan konsentrasi.
       
      Jadi kalau kita melakukan begadang tanpa diimbangi dengan pola tidur yang benar dan makan yang bergizi, akan berdampak di performa tubuh kita, sehingga daya tahan tubuh mudah turun dan berakibat konsentrasi kerja berkurang yang semakin membuat kita banyak melakukan kesalahan.
       
      Kesalahan-kesalahan yang timbul disebabin karena kita kurang konsentrasi, padahal kemampuan konsentrasi merupakan penunjang pekerjaan sehari-hari. Jangan sampai begadang membawa dampak kita tampak bodoh di hadapan orang lain terutama atasan kamu. Begadanglah dengan bijak!
    • By BincangEdukasi
      Nonton bola memang seru apa lagi yang di tonton merupakan sebuah club sepak bola yang kita idolakan, meski harus begadang tidak tidur pada jam malam demi club kebanggaan bukan hal yang besar, padahal tidur malam merupakan waktu yang penting untuk mengistirahatkan tubuh.

      Banyak hal yang akan terjadi bila kita kurang tidur pada jam malam hari salah satu pasti akan terasa sangat ngantuk pada siang harinya dan bias menggangu aktivitas kita pada siang hari tersebut. bahkan ada yang lebih parah lagi bisa menyebabkan beberapa gangguan pada kesehatan gara-gara sering begadang, seperti halnya berikut ini akibat sering begadang di malam hari.

      Daya Tahan Tubuh Melemah
      Pada malam hari, merupakan bagian untuk mengistirahatkan anggota-anggota tubuh yang telah banyak melakukan pekerjaannya, karena Sistem kekebalan tubuh Anda memerlukan jumlah tidur yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik, sehingga tampa kita sadari tubuh akan menjadi cepat cape karena Akibat Sering Begadang bahkan Sel pembunuh alami (natural killer cell atau sel NK) mengalami depresi selama periode kurang tidur, menurut sebuah penelitian ‘FASEB Journal‘, yang telah dipublikasikan resmi oleh Federation of American Societies for Experimental Biology.

      Obesitas
      Penelitian lain juga membuktikan kalau kurang tidur mempengaruhi nafsu dan pola makan seseorang. Hal ini ada kaitannya dengan hormon. Karena jika tubuh tidak cukup beristirahat, hormon yang berhubungan dengan nafsu makan jumlahnya meningkat drastis. Sehingga pola makan yang tidak terkontrol akhirnya memicu obesitas.

      Memicu Stroke
      Meskipun Kita tidak punya faktor tertentu, seperti obesitas atau sejarah keluarga, risiko stroke dapat meningkat Akibat Sering Begadang, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu. Setidaknya orang dewasa yang tidur malam kurang dari enam jam sehari memiliki risiko stroke empat kali lipat lebih tinggi dari penyebab stroke lainnya.

      Daya Ingat Berkurang
      Otak yang memerlukan energi lebih besar dari anggota tubuh lainnya ketika berpikir, sangat mudah membuat tubuh jadi lelah, biasanya seseorang pun menjadi kurang fokus dan mudah lupa akibat sering begadang, bahkan bisa hilang sepenuhnya karena Proses penyimpanan memori yang terjadi ketika tidur akan terganggu jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan istirahatnya setiap hari.

      Serangan Jantung
      Bukan cuma stroke, Akibat Sering Begadang atau kurang tidur pun membahayakan kesehatan jantung seseorang. Sebab tidur terlalu sebentar membuat tubuh memproduksi hormon dan kimia yang mampu memicu penyakit jantung, demikian menurut penelitian pada tahun 2011 silam. Setidaknya, seseorang harus tidur lebih dari enam jam sehari untuk memangkas risiko penyakit jantung.

      Demikian, Akibat Sering Begadang yang penulis bisa sampaikan, masih banyak lagi hal-hal yang bisa merusak tubuh Akibat Sering Begadang, jangan biyarkan Insomnia dan lain sebagainya tidak di atasi dengan cepat, usahkan selalu menjaga tidur anda lebih dari enam jam, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca sekalian.
×
×
  • Create New...