Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
duniagelap

Kalau mau mati, lakukan kebiasaan ini.

Recommended Posts

Kematian memang merupakan suatu hal yang tidak bisa diprediksi kapan datangnya. Namun beberapa kebiasaan atau perilaku tidak sehat yang Anda lakukan setiap hari mampu berujung pada penyakit berbahaya yang mengakibatkan kematian. Terkadang kebiasaan tersebut bahkan tidak Anda sadari mampu menyebabkan kematian mendadak.

1. Tidur dengan ponsel berada di dekat Anda

kebiasaan_1.thumb.jpg.f03ea634dec1c77105

Sekitar 8 dari 10 manusia pasti akan selalu meletakkan ponsel di dekat mereka saat tidur. Alasannya, agar Anda langsung terjaga saat ada sms, telpon, atau email penting yang masuk. Sudah banyak penelitian kesehatan yang mengatakan bahwa kebiasaan ini membahayakan kesehatan Anda. Salah satu alasannya adalah eksposur cahaya biru atau blue light akan mengganggu kerja otak Anda yang kemudian akan menekan sekresi hormon melatonin dari tubuh yang akan selalu membuat Anda waspada. Sehingga sudah bisa ditebak bahwa kualitas tidur Anda akan terganggu.

2. Jadwal menstruasi yang tidak teratur

kebiasaan_2.thumb.jpg.d9daf88f5b24e94497

Kebanyakan wanita seringkali mengabaikan jadwal menstruasi mereka yang tidak teratur. Stres atau mendekati masa menopause kebanyakan menjadi alasan kenapa hal ini terjadi. Walaupun begitu jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera periksakan hal tersebut pada ginekolog Anda sebab menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda awal dari berbagai penyakit berbahaya seperti infeksi, kanker, atau gangguan pada rahim Anda.

3. Sering duduk

kebiasaan_3.thumb.jpg.4f64e53ae13438a96d

Pernahkah Anda menghitung berapa waktu yang Anda habiskan untuk duduk dalam sehari? Bisa jadi lebih dari 10 jam sehari. Para ahli kesehatan memperingatkan jika Anda sering duduk terutama dalam posisi yang tidak sehat maka akan mengakibatkan Anda mengalami sakit punggung yang bisa berujung pada munculnya berbagai macam penyakit berbahaya lainnya. Solusinya, segera perbaiki postur saat Anda duduk dan seimbangkan dengan aktivitas lainnya yang sehat.

4. Jarang memakai sun block

kebiasaan_4.thumb.jpg.b30316c0d2e26550b6

Sebagian besar orang seringkali lupa atau mengoleskan sun block di kulit mereka. Padahal Indonesia termasuk negara dengan paparan sinar matahari yang cukup tinggi. Tahukah Anda bahwa kebiasaan ini mampu membuat Anda memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker kulit terutama di daerah kelapa, leher, dan tangan Anda. Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk mengoleskan sun block setiap kali Anda beraktivitas di luar ruangan atau melindungi kulit Anda dengan mengenakan payung, scarf, atau jaket.

Itulah beberapa kebiasaan sehari-hari yang membuat Anda berada dalam risiko besar bahaya kesehatan. Semoga informasi sehat ini bermanfaat!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By qbonk
      Belimbing adalah buah tropis yang memiliki rasa menyegarkan. Dibalik rasa dan bentuknya yang unik, ternyata banyak manfaat buah belimbing yang bisa didapatkan tubuh. Apa saja khasiat buah belimbing yang bisa diperoleh?
      Berikut adalah beberapa manfaat belimbing yang harus Anda tahu, antara lain:
      Anfi-inflamasi
      Manfaat buah belimbing yang pertama adalah mengurangi risiko terkena peradangan dari radikal bebas. Hal ini karena belimbing mengandung zat antioksidan flavonoid. Selain itu, khasiat buah belimbing lainnya adalah kemampuannya untuk membantu proses pengeluaran racun dalam tubuh berkat kandungan vitamin C nya.
      Alhasil, Anda pun akan lebih baik dalam melawan peradangan yang bisa memengaruhi kesehatan pembuluh darah, tulang, atau bahkan di tingkat sel dan jaringan tubuh.
      2. Sehat untuk jantung
      Manfaat buah belimbing yang tidak disangka adalah kemampuannya menjaga kesehatan jantung. Kandungan kalium dan natrium pada belimbing dipercaya membantu menjaga tekanan darah tetap normal.
      Selain itu, fungsi otot tubuh layaknya otot pada jantung juga akan didukung oleh kandungan natrium dan juga magnesium. Alhasil, jantung akan semakin terjaga kesehatannya.
      3. Anti-kanker
      Karena kandungan antioksidan yang tinggi, manfaat belimbing yang bisa didapatkan tubuh adalah melawan berbagai  macam radikal bebas dan zat karsinogenik pada tubuh. Rutin mengonsumsi belimbing juga diyakini akan menurunkan risiko terkena kanker usus besar dengan signifikan.
      4. Kesehatan kulit
      Tidak hanya mampu mengeluarkan racun, kandungan antioksidan pada belimbing juga dipercaya bisa berimbas pada kulit. Efek positifnya, kulit menjadi lebih sehat, lebih lembap dan mencegah munculnya jerawat hingga keriput.
      5. Membantu produksi ASI
      Bagi ibu yang kesulitan memberikan ASI pada anaknya, tak ada salahnya untuk mengonsumsi buah belimbing. Manfaat buah belimbing ternyata dapat membantu ibu memproduksi ASI setelah melalui proses persalinan. Sejumlah gizi baik yang ada di dalam belimbing di antaranya: kalori, karbohidrat, mineral, kalsium dan zat besi.
      6. Menurunkan kolesterol
      Manfaat belimbing yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang didiagnosis memiliki kadar kolesterol dalam tubuh tinggi. Khasiat belimbing ini dipercaya dapat menjadi efek penurun kolesterol, karena bisa meningkatkan pembuangan kolesterol, asam empedu dan lipid melalui kotoran. Selain itu, serat pada buah belimbing membantu menurunkan kadar kolesterol total dalam tubuh.
      7. Menjaga kadar gula darah
      Kandungan serat dengan jumlah tinggi dalam buah belimbing membantu penyerapan glukosa dan memperlambat difusi glukosa ke dalam aliran darah. Hal ini membantu mengendalikan kadar glukosa dalam darah.
      Perlu diketahui, makanan tinggi indeks glikemik (GI) seperti nasi putih dan roti, jika dikonsumsi akan mudah menyebabkan gula darah dan kadar insulin melonjak tinggi bagi penderita diabetes. Dengan makan buah belimbing, kandungan insulin dan gula darah akan lebih lambat diserap ke dalam aliran darah.
      8. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
      Mengonsumsi buah belimbing baik dalam bentuk jus atau smoothie bisa membantu menghilangkan lemak melalui kotoran, dengan demikian hal ini menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
      9. Mengatasi maag
      Khasiat buah belimbing lainnya bisa digunakan untuk meringankan masalah perut seperti maag. Selain itu, ekstrak daun dan buah belimbing diketahui memiliki sifat anti-ulkus karena mengandung terpenoid, flavonoid dan lendir.
      Kandungan lendir dalam buah belimbing menyediakan lapisan pada mukosa gastrointestinal, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis (kondisi ketika lapisan lambung mengalami iritasi).
      Sementara itu, kandungan serat pada buah belimbing dapat merangsang gerak peristaltik tubuh dan dapat mencegah terkena asam lambung. Manfaat belimbing lanjutannya adalah  melancarkan masalah pencernaan seperti mencegah sembelit.
      10. Membantu penurunan berat badan
      Bagi Anda yang sedang menjalankan program penurunan berat badan, sepertinya Anda harus memasukan belimbing dalam daftar asupan yang harus dikonsumsi. Satu buah belimbing berukuran sedang terdapat 9 gram karbohidrat dan 3 gram serat makanan.
      Setelah Anda melihat banyaknya kandungan nutrisi dan manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh, Anda juga harus tahu bahwa ada kandungan dalam buah belimbing yang harus diwaspadai yaitu kandungan asam oksalat dan karamboxin. Penderita gagal ginjal kronis harus membatasi mengonsumsi buah belimbing.
    • By Tania
      Pasien penderita penyakit komplikasi yang lama terbaring di rumah sakit tak jarang membuat harapan untuk kembali sembuh kian tipis. Tak jarang dokter tak mampu berbuat banyak, lantaran kondisi pasien yang sudah di penghujung kematian.
      Dalam kondisi ini, Google mengembangkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) untuk memprediksi waktu kematian seseorang.
      Algoritme Google membaca 175.639 poin data dari seorang pasien pengidap kanker payudara stadium lanjut. Penyakit ini membuat cairan memenuhi paru-paru dan organ vital lainnya sehingga dokter memperkirakan ia hanya memiliki peluang hidup sebesar 9,3 persen.
      Sebaliknya, algoritme Google justru memperkirakan harapan hidup sedikit lebih besar. Dari data yang diperoleh, Google memperkirakan peluang kematian perempuan itu mencapai 19,9 persen. Meski beberapa hari kemudian pasien dinyatakan meninggal dunia.
      Belajar dari kasus tersebut, Google mengembangkan alat untuk memperkirakan peluang hidup pasien, termasuk berapa lama ia harus dirawat di rumah sakit, hingga kemungkinan pasien perlu dirawat kembali, dan waktu meninggal yang mungkin terjadi dalam waktu dekat.
      Kecerdasan buatan ini mengolah semua informasi dan menghasilkan prediksi, jauh lebih cepat dan akurat dari teknik-teknik yang telah ada sebelumnya. Algoritme Google bahkan menunjukkan data mana yang akan berujung pada penarikan konklusi.
      Nigam Shah, profesor dari Stanford University sekaligus salah satu penulis dalam riset ini menyebut metode yang ada sekarang menghabiskan 80 persen waktu untuk membuat data laik saji. Sementara pendekatan yang digunakan Google justru menghindari hal tersebut.
      Kemampuan Google dalam menyaring data, termasuk catatan yang terkubur dalam dokumen dan grafik lama tak dipungkiri membuat rumah sakit, dokter dan penyedia layanan kesehatan kagum. Mengingat sejauh ini lembaga kesehatan telah berupaya bertahun-tahun untuk menggunakan rekam jejak kesehatan dan data pasien untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa.
      Jeff Dean, kepala bagian kecerdasan buatan Google kepada Bloomberg mengatakan tahap berikutnya yang akan ditempu yakni mengintegrasikan sistem yang memprediksi gejala penyakit ke klinik-klinik. Ia menyebut tingkat akurasi prediksi penyakit diharapkan bisa menjadi harapan dan alarm.
      "Mereka memahami masalah apa yang perlu segera dicarikan solusinya. Sejauh mereka (Google) telah melakukan cukup eksperimen kecil untuk mengetahui hasil yang berbeda-beda dari setiap pengujian," ungkap Jeff.
      Ia berharap kecerdasan buatan ini mampu mengarahkan para dokter kepada pengobatan tertentu dan membantu mendiagnosa penyakit pasien dengan lebih tepat.
    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy