Jump to content
PusatInformasi

4 Manfaat Tanaman dalam Ruangan

Recommended Posts

2013039275_tanamandalamrumah.thumb.jpg.1cac0ee58d8b95f8e63fc522065b3958.jpg

Apa di antara teman-teman ada yang memelihara tanaman di dalam rumah?

Memelihara tanaman di dalam ruangan di rumah ternyata punya banyak manfaat, lo!

Beberapa di antara manfaat memelihara tanaman di dalam rumah adalah menjaga sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan kemampuan belajar, lo. Apalagi manfaat lainnya, ya?

Yuk, cari tahu apa saja manfaat memelihara tanaman dalam rumah!

1. Memperbaiki Kualitas Udara

Pasti yang satu ini teman-teman sudah tahu, bukan?

Polutan bisa masuk ke dalam rumah dan sulit keluar, begitu juga bakteri, kuman, hingga virus yang dibawa dari luar rumah.

Selain rajin membuka jendela ruangan, tanaman di dalam ruangan juga baik untuk meningkatkan kualitas udara.

Senyawa yang dikeluarkan tanaman membantu melawan polutan di udara, sehingga udara lebih aman dan sehat untuk kita bernapas.

2. Baik untuk Kesehatan Mental

Ternyata, tanaman  di dalam rumah bisa membantu menjaga kesehatan mental.

Menurut peneliti dari Inggris, orang-orang yang tinggal di sekitar alam merasa lebih bahagia dibandingkan yang tidak.

Nah, meskipun teman-teman tinggal di tempat yang tidak banyak tanaman di luar ruangan, melihat tanaman hijau di dalam rumah juga bisa membantu.

Kemudian, memelihara tanaman di dalam rumah bisa membuat penghuni rumah merasakan suasana alam di luar rumah.

Tanaman yang diam cenderung membuat penghuni rumah tenang dan tidak terburu-buru.

Tanaman juga melepaskan oksigen dan mengambil karbon dioksida, sehingga udara dalam rumah jadi lebih baik bagi kita.

Adanya lebih banyak oksigen artinya membuat tubuh bekerja lebih baik, termasuk otak. Otak melepaskan jenis-jenis hormon yang tepat sehingga membantu menjaga kesehatan mental.

Tumbuhan berbunga yang beraroma wangi juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Karena aroma bunga bisa membuat kita lebih rileks dan merasa senang.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem imun kita juga bisa meningkat dengan memelihara tanaman di dalam rumah.

Ini berhubungan dengan kesehatan mental, teman-teman. Jika kita lebih rileks dan memiliki kualitas tidur yang baik, ini akan bermanfaat pada sistem imun.

Kemudian, tanaman juga mengeluarkan beberapa senyawa ke udara, termasuk senyawa phytoncide.

Senyawa yang keluar dari  tanaman itu bisa membantu mengurangi stress. Ketika seseorang berkurang perasaan stresnya, maka inni bisa membantu meningkatkan sistem imun tubuhnya.

Di rumah sakit, teman-teman mungkin pernah melihat banyak tumbuhan di luar ruangan dan ada tanaman dalam ruangan pasien di sisi tempat tidurnya. Ini membantu mempercepat proses penyembuhan pasien.

4. Meningkatkan Kemampuan Belajar

Tanaman juga membantu meningkatkan kemampuan belajar, karena adanya tanaman di rumah juga bisa meningkatkan fokus dan pikiran yang jernih.

Sehingga, kita jadi lebih mudah fokus saat mengerjakan tugas, teman-teman.

Manfaat lebih mudah mempelajari sesuatu ini baik untuk anak-anak, juga orang dewasa.

Tanaman membuat kita lebih tenang, sehingga tidak merasa khawatir. Ini meningkatkan fokus dan kemampuan untuk mempelajari sesuatu.

Menurut beberapa penelitian, perhatian seseorang meningkat 70 persen karena adanya tanaman dalam ruangan. Semakin meningkatnya perhatian seseorang, ia akan semakin mudah mengingat pelajaran.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By rani
      Sarapan merupakan satu kegiatan penting yang sering diremehkan. Kebanyakan orang menganggap sarapan tidak penting dan langsung memulai aktivitas harian. Biasanya mereka akan makan setelah sampai di tempat tujuan atau menunggu hingga makan siang.
      Padahal sejatinya sarapan sangat penting bagi tubuh untuk beraktivitas selama sehari penuh. Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk sarapan? Melansir darilifehack.org waktu yang tepat untuk sarapan ialah satu jam setelah terbangun dari tidur. Jika Anda melakukan sarapan pada waktu tersebut Anda akan mendapatkan tiga keuntungan berikut.
      1. Gula darah dan insulin jadi teratur dan memacu metabolisme tubuh

      Ketika Andasarapan satu jam setelah bangun tidur, kadar gula darah dan insulin Anda akan teratur. Selain itu sarapan pada waktu tersebut juga sangat baik untuk memacu kembali metabolisme tubuh yang melambat akibat tertidur. Itu berarti sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.
      2. Anda akan cenderung memakanan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi

      Ketika Anda melewatkan sarapan, sama saja Anda akan membiarkan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi masuk ke dalam tubuh Anda. Mengapa demikian? Ketika Anda sarapan, makanan yang dikonsumsi akan lebih sehat dan akan menahan rasa lapar lebih lama. Sedangkan jika Anda tidak sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan memakan makanan yang kurang sehat.
      3. Bisa meningkatkan suasana hati

      Menurut beberapa penelitian, ketika Anda sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa meningkatkan suasana hati karena memberikan nutrisi pada otak. Hal tersebut juga akan mencegah Anda merasa lelah dan mudah marah sepanjang hari.
      Membiasakan diri untuk sarapan satu jam setelah bangun memang akan terasa sukar. Tapi jika Anda melakukan rutinitas ini tubuh Anda akan lebih bugar, enerjik, dan menyegarkan pikiran.
    • By kotawa
      Apakah kamu termasuk "penyanyi kamar mandi"? Atau pastilah kamu sering menjumpai orang-orang terdekatmu bernyanyi di kamar mandi? Bagi yang sering melakukannya, menyenangkan lho. 

      Selain membuat hati merasa senang, ternyata kamu juga nggak rugi lho sering bernyanyi di kamar mandi. Karena dilansir brilio.net dari lifehack, ternyata menyanyi di kamar mandi juga memiliki banyak manfaat. 
      Apa saja? Berikut 5 manfaat menyanyi di kamar mandi yang harus kamu tahu: 
      1. Mengurangi stres.
      Bernyanyi di kamar mandi dapat membantu menurunkan tingkat stres. Sambil menyanyi kamu bisa sekaligus latihan paru-paru, yang berarti kamu menghirup lebih banyak oksigen berulang kali. Ini sama halnya dengan mengoksidasi darah yang berguna untuk mengurangi tingkat stres. 
      2. Meningkatkan memori.
      Bernyanyi bukan sekadar mencari kesenangan, melainkan juga bisa jadi aktivitas otak. Saat kamu menyanyi, otak kamu pasti akan mengingat lirik maupun nada. Bernyanyi di kamar mandi sangat bagus untuk menjaga otak tetap bekerja, meski tengah melakukan kegiatan yang sederhana. 
      3. Menurunkan tekanan darah.
      Menyanyi di kamar mandi membantu pelepasan hormon stres, yaitu kortisol. Hormon ini dikenal sebagai hormon yang dapat meningkatkan tekan darah, gula darah dan dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh.
      4. Meningkatkan sistem imun.
      Saat bernyanyi kemungkinan bisa membantu mengoksidasi darah. Hal ini juga bermanfaat secara langsung pada sistem imun. Oksidasi yang baik pun berpengaruh terhadap sistem kekebalan tubuh menjadi lebih efisien. 
      5. Menambah rasa percaya diri.
      Bernyanyi memberikan kesempatan untuk memperkuat kesehatan, merangsang otak, mengaktifkan imajinasi. Selain itu, pernahkah kamu merasa bahwa suaramu sangat bagus saat bernyanyi di kamar mandi? Hal ini disebabkan karena ruang sempit kamar mandi dapat memberikan efek "magis" yang membuat seakan-akan suaramu mirip penyanyi terkenal. 
      Jadi jika kamu bernyanyi saat mandi pagi, kamu bisa mendapatkan semangat ekstra dan menambah rasa percaya diri.
    • By orang_gila

      Vitamin C atau asam askorbat sangat penting untuk banyak fungsi dasar tubuh, untuk kesehatan kulit, tulang dan gigi. Kekurangan vitamin C yang parah dapat mengakibatkan penyakit kudis, penyakit yang dapat menyebabkan anemia berat, perdarahan kulit dan bahkan kematian; hal ini karena vitamin C ini sangat diperlukan tubuh untuk dapat menyerap zat besi dari makanan. Jika Anda menderita kekurangan vitamin C, dokter mungkin akan merekomendasikan suplemen, baik dalam bentuk pil atau suntikan. Disisi lain suntik vitamin C juga kadang dilakukan untuk kosmetika, karena mungkin karena diyakini asam askorbat atau vitamin C diperlukan untuk perumusan kolagen dan perbaikan jaringan sebagai zat yang bersifat antioksidan. Baca juga :Manfaat Vitamin E untuk Kesehatan, Kulit, dan Rambut
      Manfaat suntik vitamin C dan efek sampingnya
      Manfaat
      Suntik vitamin C akan sangat bermanfaat dan direkpmendasikan dokter, jika Anda memiliki kekurangan vitamin C yang parah. Hal ini karena : Suntikan intramuskular akan bertindak lebih cepat dari pil karena masuk ke dalam tubuh lebih cepat. Dengan cara suntik, maka pasien dapat menerima dosis vitamin C yang lebih besar sekaligus. .Hal ini mungkin hanya akan dilakukan jika Anda perlu untuk kasus kekurangan vitamin C yang serius, dimana yang akan sulit dalam bentuk pil. Efek samping
      Beberapa efek samping mungkin terkait dengan kelebihan, karena tubuh akan menerima dosis penuh vitamin c jika melalui suntik. Walaupun efek samping mungkin tak menghawatirkan, namun jika dirasa menyusahkan sebaiknya konsultasikan ke dokter. Pemberian vitamin C melalui injeksi, efek samping yang mungkin adalah pusing bahkan pingsan. Dan jika kelebihan, efek yang bisa timbul termasuk : diare, kemerahan pada kulit, sakit kepala, mual atau muntah, dan kram perut. Karena vitamin C suntik adalah intramuskular, maka hal ini dapat meninggalkan rasa sakit pada otot  selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah injeksi. Tidak diketahui apakah suntik vitamin C dapat menyebabkan kerusakan pada janin ketika diberikan pada wanita hamil. Suntik vitamin C harus diberikan kepada wanita hamil hanya jika memang jelas diperlukan Harus diperhatian jika diberikan kepada wanita yang sedang menyusui.
    • By Aladin

      Pengunjung mengantre untuk melihat dan mencium aroma bunga bangkai di taman botani Mount Lofty, Australia.
      Bunga setinggi 2 meter, yang terkenal karena aromanya disebut mirip daging busuk, mekar di Australia.
      Taman botani Mount Lofty di Australia Selatan telah merawat Amorphophallus titanum, lebih dikenal dengan nama Bunga Bangkai, selama 10 tahun.
      Kurator hortikultura di taman botani, Matt Coulter, mengungkap bahwa benih tanaman tersebut didatangkan dari Sumatra.
      Sekitar dua pekan lalu, bunga Amorphophallus mulai tumbuh, dan akhirnya mekar pada Senin (28/12).
      Coulter mengatakan aroma bunga "yang mirip ikan busuk" itu sangat kuat.
      "Ketika saya membuka pintu pagi ini, baunya hampir membuat saya pingsan, tajam sekali," ujarnya.

      Umur bunga bangkai hanya 48 jam, setelah itu dia akan layu.
      Namun Coulter mengaku sangat senang bunga itu mekar untuk pertama kali. Ia telah merawatnya selama delapan tahun.
      "Ini fantastis. Tak pernah terpikir bunga ini akan mekar," katanya.
      "Karena bunga ini datang dari Sumatra, kami menjaganya tetap hangat di musim dingin dan sejuk di musim panas, serta mempertahankan kelembapan agar tetap tinggi.
      Bunga bangkai tidak dapat melakukan pembuahan sendiri. Aromanya menarik jenis lebah dan kumbang yang hidup di bangkai hewan.
      Di alam, serangga tersebut akan membawa serbuk sari ke tanaman bunga bangkai yang lain.
      Pengunjung telah antri untuk melihat - dan mencium - bunga bangkai sejak taman botani Mount Lofty buka pada hari Senin.
      Mereka mendapatkan kesempatan langka, karena bunga itu akan layu dalam 48 jam.
    • By Aladin
      Di balik gemerlap kota-kota seperti Tokyo, ada sisi berbeda di Jepang: tempat bagi air terjun yang tersembunyi, burung-burung langka, dan monyet salju.
      Kami meminta Anda untuk mengirimkan foto alam liar di Jepang: untuk melangkah melampaui gedung-gedung pencakar langit, teknologi, dan pertunjukan kabuki, ke dalam alam bebas.
      Ini adalah 12 foto paling indah yang kami terima sejauh ini.
       
×
×
  • Create New...