Jump to content

Alasan Rebahan Saja Bisa Bikin Capek


Recommended Posts

  • Premium Account

rebahan.thumb.jpg.d6d3b6a12f66181f79074d4190d4b13a.jpg

Biasanya orang harus bangun pagi buta demi tidak terjebak kemacetan saat berangkat kerja. Kadang sepulang kerja pun masih ingin nongkrong bersama teman dan sahabat. Lelah jelas terasa. Namun di masa-masa karantina seperti sekarang, tidak melakukan apapun tetap saja bikin capek.

Dokter Diana Gall dari Doctor 4 U mengungkapkan suatu hal yang normal jika Anda merasakan lelah saat tak melakukan apapun.

"Saat Anda kurang aktivitas fisik, dan tubuh menghabiskan banyak waktu di posisi yang sama, bisa jadi duduk atau rebahan, kemampuan tubuh mengambil oksigen menurun dan Anda akan merasakan energi dan motivasi Anda drop," jelas Gall mengutip dari Metro.

Dia menggarisbawahi rasa lelah timbul karena tubuh kurang stimulasi gerak. Jika Anda tidak aktif bergerak, makin sedikit oksigen yang masuk ke darah kemudian meningkatkan rasa lelah.  

"Cara terbaik yang bisa Anda lakukan agar lebih berenergi, seperti meningkatkan kadar serotonin, adalah dengan melakukan aktivitas fisik sehari-hari," katanya.

Dia memberikan contoh dengan berjalan keluar ruangan, olahraga, jika Anda bekerja dengan laptop sebaiknya bekerja sambil berdiri. Kemudian jika biasanya Anda menonton televisi untuk mengisi waktu, coba untuk melakukan permainan yang mengasah otak, membaca atau menelepon teman.

"Ini memang bukan aktivitas fisik tapi aktivitas ini menuntut konsentrasi yang mana bisa menghilangkan rasa lelah," imbuhnya.

Selain aktivitas fisik, Anda pun perlu memastikan asupan makanan. Selama karantina, Gall mengingatkan untuk memenuhi kebutuhan sayur dan buah juga tak lupa air untuk menghidrasi tubuh.

Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By safitri_bianka

      Tanpa disadari, ada hal-hal sepele di rumah yang ternyata bisa membuat Anda mudah lelah. Simak daftarnya berikut ini, dilansir dari Good to Know.
      Dinding biru
      Sebuah studi dari Travelodge menunjukkan biru adalah warna yang mengurangi denyut jantung, menurunkan tekanan darah, membuat Anda merasa nyaman, bahkan mengantuk. Jadi, jika Anda ingin selalu merasa berenergi, pertimbangkan mengecat dinding dengan warna lain yang lebih cerah.
      Gadget
      Layar biru dari gawai alias gadget bisa mengurangi rasa kantuk sehingga membuat Anda menunda pola tidur alami. Mengakses gawai di malam hari bisa membuat Anda terjaga sepanjang malam dan menimbulkan kelelahan saat terbangun esok paginya. 
      Lilin beraroma
      Lilin beraroma, terutama lavender, bisa menenangkan dan membuat Anda selalu ingin tidur. Jika Anda menyukai lilin aroma di kamar Anda, beralihlah pada pilihan yang lebih segar, seperti jeruk atau mint.
      Kamar yang berantakan 
      Princeton University Neuroscience Institute menemukan bahwa kamar yang berantakan membuat Anda kurang fokus dan merasa lelah. Bersihkan kamar dan buang sampah secara berkala agar Anda bisa lebih berkonsentrasi.
      Alat olahraga
      Peralatan gym di rumah membuat Anda ingin selalu berlatih fisik sehingga mengganggu pola tidur dan membuat Anda merasa lelah serta tidak produktif. Para ahli di Mayo Clinic menyarankan Anda untuk menghindari menyimpan alat itu di rumah agar terhindar dari risiko kelelahan berlebih.
      Tirai tertutup
      Studi yang dilakukan para peneliti di University of Massachusetts menemukan, perasaan depresi, permusuhan, kemarahan, dan kecemasan lebih banyak terjadi di musim dingin daripada di musim panas. Diyakini, hal itu karena kurangnya paparan cahaya alami. Membuka tirai dan membiarkan cahaya masuk ke dalam ruangan akan membuat Anda merasa lebih cerah dan tidak mudah lelah. 
      Suhu
      Suhu yang lebih hangat saat tidur mungkin membuat Anda merasa nyaman. Namun, menurut pakar tidur Nick Littlehales, suhu ideal saat tidur adalah antara 16 dan 18 derajat Celsius.
    • By c0d1ng

      Seorang mahasiswi yang selama satu minggu hanya minum teh dilaporkan menjadi 'lamban' dan kelelahan. Para ahli kesehatan pun memperingatkan akan efek samping mengonsumsi kafein.
      Seperti dilaporkan oleh Independent, Jessica Cole, mahasiswi tahun ketiga jurusan psikologi Universitas Lincoln, membeli sekitar 1200 kantong Teh Yorkshire. Dia meminum sekitar 60 cangkir teh selama tujuh hari.
      Mahasiswi itu mengaku bahwa percobaan minum teh membuatnya mual dan merasa sangat kelelahan. Cole melakukan percobaan hanya beberapa hari setelah sebuah laporan menemukan, lebih dari sepertiga merusak kesehatan mereka karena terlalu banyak mengonsumsi kafein.
      “Saya merindukan air lebih dari segalanya, karena sudah seminggu saya tidak minum air,” kata Cole. Para ahli menyatakan peringatan atas potensi berbahaya meminum terlalu banyak kafein dalam bentuk teh, kopi, atau minuman ringan.
      Kelompok penelitian medis Mayo Clinic, yang pusat penelitian medis non-profit terbesar di dunia, memperingatkan agar orang dewasa tidak mengonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari. Studi oleh Mayo Clinic mengatakan, konsumsi kafein secara berlebihan dapat menyebabkan insomnia, gugup, gelisah, lekas marah, sakit perut, jantung berdetak kencang, dan tremor otot.
      European Food Safety Agency menemukan, kira-kira 30 persen penduduk Eropa minum minuman berkafein lebih dari batas sehari yang direkomendasikan.
    • By womanthings
      Anda sering merasa capek, dan mengantuk sepanjang hari? Namun, Anda tidak tahu apa yang terjadi dengan tubuh Anda. Berikut beberapa alasan, mengapa Anda sering merasa lelah sepanjang waktu.   Anda Kurang Tidur Jika Anda sudah tidur selama tujuh jam, namun masih merasa lelah dan mengantuk, Anda harus tidur cukup selama delapan jam. Cobalah untuk tidur satu jam lebih awal, selama seminggu, dan rasakan hasilnya. Tubuh Anda pasti akan lebih segar.   Anda Kekurangan Zat Besi Kekurangan zat besi pada tubuh akan menyebabkan kelelahan. Mungkin Anda kurang mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi seperti daging dan susu. Lakukan tes kesehatan, jika benar Anda kekurangan zat besi, maka Anda akan diberi suplemen penambah zat besi.   Dehidrasi Dehidrasi dapat membuat tubuh Anda mudah lelah. Pastikan Anda minum air yang cukup, untuk membantu fungsi tubuh Anda lebih baik. Saat Anda mengalami dehidrasi, jantung Anda akan bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga Anda mudah merasa capek.   Anda Kurang Nutrisi Jika Anda melakukan diet ketat, dan banyak makanan yang dipantang, maka tubuh Anda akan mudah kekurangan nutrisi, sehingga Anda mudah merasa letih.   Anda Memiliki Masalah Pada Kelenjar Tiroid Kelenjar tiroid yang terlalu aktif atau yang kurang berfungsi, akan menyebabkan masalah hormon, yang ditandai dengan kondisi tubuh yang sering mengalami kelelahan. Lakukan tes darah untuk mengetahui hal ini.   Anda Terlalu Banyak Bekerja Anda sering menghabiskan separuh hari Anda di kantor? Atau Anda sering melakukan lembur? Buatlah jadwal yang pasti, agar waktu istirahat Anda, tidak dipakai untuk bekerja.   Anda Sering Browsing Internet di Malam Hari Anda sering begadang di malam hari untuk browsing internet? Hal ini akan membuat Anda sulit tidur, dan mengalami kelelahan pada keesokan harinya. Matikan semua gadget dan perangkat elektronik Anda, satu jam sebelum Anda tidur.   Anda Mengidap Penyakit Coeliac Penyakit Coeliac adalah suatu kondisi medis, yang ditandai dengan kerusakan pada usus halus, yang mengakibatkan ketidakmampuan untuk mencerna nutrisi dari protein tertentu.   Diabetes Jika Anda merasa lelah sepanjang waktu, bisa jadi Anda memiliki penyakit diabetes.   Depresi Anda mungkin baru saja mengalami peristiwa besar dalam hidup Anda, yang membuat Anda sedih, seperti perceraian atau kehilangan orang yang Anda cintai.   Anda Mengkonsumsi Banyak Obat-Obatan Jika Anda mendapat banyak resep obat dari dokter, makan hal tersebut dapat mengacaukan waktu tidur Anda.   Anda Salah Mengkonsumsi Obat Tertentu Anda mungkin mengalami efek samping dari obat yang Anda konsumsi. Bicarakan dengan dokter Anda untuk meminta dosis yang lebih rendah, atau mengganti dengan obat lain yang lebih aman.   Anda Kurang Mendapatkan Udara Segar Jika Anda menghabiskan sebagian besar hari Anda di dalam ruangan, dan di dalam mobil, maka Anda akan mengalami kekurangan vitamin D. Cobalah berjalan-jalan sejenak saat makan siang, agar Anda lebih bersemangat.   Anda Kekurangan Vitamin B12 Vitamin B12 adalah nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan energi. Disamping itu juga membantu tubuh Anda untuk membuat sel-sel darah merah dan  bertanggung jawab untuk membantu fungsi neuron Anda.   Anda Sedang Hamil Merupakan hal yang wajar, jika Anda mengalami kelelahan sepanjang hari saat Anda sedang hamil.
    • By DragonJebol
      Tubuh merasa lelah diselingi dengan menguap kerap terjadi ketika Ente beraktivitas. Bisa jadi, rasa kantuk yang terjadi karena Ente nggak cukup tidur, kurang energi, atau bahkan mengidap penyakit, seperti anemia. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

      Berikut ini adalah 14 penyebab rasa lelah dan kiat-kiat dalam mengatasinya:

      1. Nggak Cukup Tidur
      Umumnya orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam sehari untuk tidur. Kalau Ente mengantuk berat saat beraktivitas, bisa jadi karena kualitas dan kuantitas tidur Ente menurun. Hati-hati, karena kurang tidur bisa berakibat buruk pada kesehatan dan konsentrasi Ente.

      Cara mengatasinya: buatlah prioritas waktu tidur dan jadwal teratur untuk tidur. Jauhkan laptop, ponsel, atau PDA ketika Ente tidur karena hal itu akan membantu mengurangi gangguan saat tidur.

      2. "Sleep Apnea"
      Beberapa orang berpikir bahwa mereka udah cukup tidur. Namun, tak pernah berpikir kalau mereka mengalami sleep apnea. Sleep apnea adalah gangguan tidur yang ditandai dengan kesulitas napas dan terjadi berulang-ulang. Mungkin Ente nggak menyadarinya, tetapi setiap kali muncul gangguan ini kualitas tidur akan menurun. Hal ini menyebabkan Ente tetap merasa kurang tidur meski udah menghabiskan waktu delapan jam untuk istirahat.

      Sleep apnea juga berkaitan dengan berbagai penyakit, seperti hipertensi, gangguan jantung, diabetes, dan stroke. Sleep apnea terjadi akibat penyempitan saluran napas selama tidur. Akibatnya, pasokan oksigen akan berulang kali terhenti sepanjang malam.

      Cara mengatasinya: kurangi berat badan bila ente kegemukkan, berhenti merokok, dan cobalah tidur menggunakan alat bantu yang disebut CPAP yang menjaga Ente tetap bernapas sepanjang malam.

      3. Kekurangan Energi
      Makan yang terlalu sedikit menyebabkan tubuh kelelahan, tetapi menyantap makanan yang salah juga dapat menjadi masalah. Diet seimbang membantu menjaga kadar gula darah Ente dalam rentang normal dan mencegah rasa lelah ketika gula darah Ente menurun.

      Cara mengatasinya: selalu sarapan setiap pagi dan mencoba menambahkan protein dan karbohidrat kompleks di setiap makanan. Misalnya, makan telur dengan roti gandum. Ente juga dapat mengonsumsi makanan selingan untuk menjaga energi sepanjang hari.

      4. Anemia
      Anemia merupakan penyebab utama kelelahan pada wanita. Mengeluarkan darah selama menstruasi dapat menyebabkan kekurangan zat besi. Sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

      Cara mengatasinya: anemia biasa disebabkan kurangnya zat besi. Ada baiknya Ente mengakali dengan minum suplemen zat besi dan makan makanan yang kaya zat besi, seperti daging, hati, kerang, kacang-kacangan, dan sereal yang diperkaya zat besi.

      5. Depresi
      Ente mungkin berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan. Jika Ente tetap merasa lelah dan murung selama lebih dari dua minggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

      Cara mengatasinya: depresi dapat diatasi melalui psikoterapi dan pengobatan secara medis.

      6. Hypothyroidism
      Tiroid adalah kelenjar kecil di pangkal leher Ente. Organ ini berfungsi mengendalikan metabolisme tubuh dan mengatur kecepatan tubuh mengubah makanan menjadi energi. Ketika kelenjar ini nggak berfungsi dengan baik dan fungsi-fungsi metabolisme dalam tubuh berjalan lambat, Ente mungkin merasa lemas dan bertambah gemuk.

      Cara mengatasinya: kalau tes darah menunjukkan hormon tiroid Ente sedang rendah, dokter akan meresepkan hormon sintetis untuk mengembalikan kinerja tubuh Ente.

      7. Kebanyakan Menenggak kafein
      Mengonsumsi kafein dalam dosis wajar dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi. Namun, terlalu banyak kafein dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah, dan kejang. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kafein terlalu banyak juga dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.

      Cara mengatasinya: secara bertahap kurangi konsumsi kopi, teh, cokelat, minuman ringan, dan setiap obat yang mengandung kafein. Menghentikan secara tiba-tiba dapat menyebabkan penarikan kafein dan kelelahan berlebihan.

      8. Infeksi Saluran Kemih
      Jika pernah mengalami infeksi saluran kemih (ISK), Ente mungkin mengalami rasa sakit seperti terbakar. Namun, infeksi ini tak selalu ditunjukkan dengan gejala tersebut. Dalam beberapa kasus, kelelahan mungkin satu-satunya tanda Ente terkena ISK. Ente dapat melakukan tes urine untuk memastikan ISK.

      Cara mengatasinya: periksa ke dokter. Obat-obat jenis antibiotik dapat diresepkan untuk mengatasi ISK dan kelelahan biasanya akan hilang setelah sekitar seminggu.

      9. Diabetes
      Penderita diabetes umumnya memiliki kadar gula darah tinggi, tetapi gula darah ini tetap berada dalam aliran darah dan nggak masuk ke dalam sel-sel sehingga nggak dapat diubah menjadi energi.

      Alhasil, tubuh bisa kehabisan energi meskipun Ente cuk up makan. Jika Ente sering mengalami kelelahan tanpa sebab, minta dokter Ente untuk melakukan tes diabetes.

      Cara mengatasinya: pengobatan diabetes dengan cara mengubah gaya hidup, seperti diet dan olahraga, terapi insulin dan obat-obatan dapat membantu tubuh dalam memproses gula.

      10. Dehidrasi
      Kelelahan bisa jadi tanda Ente terkena dehidrasi. Meskipun Ente bekerja di luar atau berkutat di atas meja, tubuh tetap membutuhkan air untuk bekerja dengan baik dan tetap tenang. Tanda-tanda orang dehidrasi ialah Ente mengalami kehausan.

      Cara mengatasinya: minumlah air sepanjang hari sehingga urine Ente bewarna terang. Minimal dua gelas air setiap satu jam atau mengonsumsi air lebih banyak sebelum melakukan aktivitas fisik yang udah direncanakan. Kemudian, lanjutkan latihan Ente lalu minumlah dua gelas lagi.

      11. Penyakit Jantung
      Ketika Ente merasa kelelahan akibat kegiatan rutin, seperti membersihkan rumah atau menyiangi halaman, bisa jadi itu pertanda jantung nggak bekerja dengan baik. Jika ternyata kegiatan sehari-hari yang mudah pun semakin sulit untuk dilakukan, segeralah berkonsultasi kepada dokter.

      Cara mengatasinya: mengubah gaya hidup, menjalani pengobatan, dan ikutilah prosedur dari terapi yang Ente jalankan untuk membuat jantung Ente pada kondisi lebih baik sekaligus mengembalikan energi Ente.

      12. Kerja "Shift"
      Bekerja malam atau melakukan kerja shift dapat mengganggu jam tidur Ente. Ente mungkin merasa lelah ketika harus terjaga. Dan, Ente mungkin mengalami kesulitan tidur di siang hari.

      Cara mengatasinya: batasi aktivitas pada siang hari ketika Ente perlu istirahat. Ciptakanlah suasana kamar tidur menjadi gelap, tenang, dan sejuk.

      13. Alergi Makanan
      Beberapa dokter percaya ketidaksadaran akan alergi pada jenis makanan tertentu dapat membuat Ente mengantuk. Jika intensitas kelelahan meningkat setelah makan, mungkin ente harus memerhatikan jenis makanan yang mungkin tak menyebabkan Ente gatal-gatal, tetapi cukup membuat Ente mengantuk.

      Cara mengatasinya: cobalah untuk berhenti menyantap salah satu jenis makanan untuk melihat apakah itu berkorelasi meningkatkan kelelahan pada diri Ente. Ente juga dapat meminta dokter untuk melakukan tes alergi makanan.

      14. Fibromyalgia dan CFS
      Jika kelelahan Ente berlangsung lebih dari enam bulan dan sangat parah sehingga Ente nggak dapat mengatur kegiatan sehari-hari, sindrom kelelahan kronis (chronic fatigue syndrome/CFS) atau fibromyalgia adalah suatu kemungkinan. Keduanya dapat memiliki berbagai gejala, salah satu yang utama adalah kelelahan.

      Cara mengatasinya: meski nggak ada penyembuhan cepat untuk CFS atau fibromyalgia, penderita justru mendapat keuntungan dari perubahan jadwal harian, yaitu belajar memperbaiki kebiasaan tidur menjadi lebih baik dan memulai program latihan yang ringan.

      Kiat Mengurangi Kelelahan

      Jika Ente merasa lelah, tetapi nggak ada h ubungannya dengan kondisi medis, mungkin salah satu solusinya adalah olahraga. Penelitian menunjukkan, orang dewasa sehat tetapi kerap merasa lelah bisa memperoleh tambahan energi signifikan dari program latihan sederhana.

      Dalam sebuah penelitian, peserta mengendarai sepeda statis selama 20 menit dengan kecepatan ringan. Melakukan jenis latihan ini selama tiga kali seminggu udah cukup untuk mengobati kelelahan.
      sumber:kompas
×
×
  • Create New...