Jump to content

Penumpang Tak Bermasker Mulai Dilarang Masuk dan Diusir dari KRL


fuufuu

Recommended Posts

KRL.thumb.jpg.fef2aa8eea46d1bba132ce1c0782d5ca.jpg

Seruan pemerintah agar warga tanpa terkecuali memakai masker saat di luar rumah, direspons PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) dengan mewajibkan penumpang KRL untuk memakai masker.

PT KCI, dalam siaran pers Minggu (5/4), akan mewajibkan penumpang mengenakan masker mulai 12 April. Namun, ternyata praktiknya sudah diwajibkan mulai hari ini.

Pembaca kumparan, Asmawi, mengatakan petugas di KRL dan stasiun pada sore tadi mulai menyuarakan agar penumpang wajib memakai masker. Jika tidak, maka tidak boleh masuk ke dalam gerbong.

"Per hari ini harus pakai masker," ucap Asmawi yang saban hari naik KRL dari Tanah Abang arah Parung Panjang, Selasa (7/4).

Tidak hanya di tiap stasiun, tapi juga di dalam gerbong petugas dari PT KCI maupun security berkeliling untuk memastikan penumpang bermasker, sekaligus mengingatkan soal jaga jarak (physical distancing).

2075996227_KRL-masker.thumb.jpg.8bb8eb4259d20310229f7495c98e4c9f.jpg

"Di dalam gerbong, security sama pihak KCI muter-muter pakai TOA. Dari minggu kemarin sudah banyak juga sih yang pakai masker, cuma masih ada beberapa orang saja yang cuek," tuturnya.

Mereka yang ketahuan tak pakai masker saat kereta akan jalan, terpaksa dikeluarkan dari dalam gerbong.

"Dikeluarin. Tadi ada 2 orang yang enggak pakai masker enggak boleh masuk," tuturnya.

"Sekarang benar-benar wajib dan petugas juga di mana-mana mengimbau terus," pungkasnya.

Sebelumnya, selain KRL, PT MRT, TransJakarta, dan LRT Jakarta juga telah mengeluarkan instruksi penumpang wajib memakai masker. Kebijakan yang diambil atas instruksi Gubernur DKI Anies Baswedan itu akan berlaku per 12 April. 

 

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By news
      Apakah masker efektif cegah virus corona? Apakah sudah ada vaksinnya? Bagaimana tingkat kematiannya dibandingkan SARS dan MERS? Bagaimana pencegahannya? Kami menjawab semua pertanyaan itu. Courtesy: Reuters & AFP
       
    • By Aladin
      Saat ini berwisata ke berbagai kota di indonesia memang lebih mudah dijangkau dengan menggunakan pesawat terbang. selain menghemat waktu, juga bisa menghemat biaya. coba bayangkan kalau kalian akan berwisata ke medan menggunakan mobil pribadi dari jakarta, maka ini sangat tidak efektif dan efisien. dengan menggunakan pesawat terbang, kalian tidak akan kecapean di perjalanan sehingga waktu liburan bisa dimanfaatkan secara maksimal. untuk kalian yang sering menggunakan pesawat terbang mungkin sudah terbiasa. tapi tahukah kalian dimana tempat duduk yang paling aman di pesawat terbang?
      Penelitian Time yang dilansir oleh Fox News membeberkan tempat duduk yang paling aman di pesawat terbang. pada penelitiannya, peneliti Time memperoleh angka yang mengejutkan pada 17 kecelakaan pesawat terbang yang terjadi di tahun 1980. mereka juga telah melakukan analisa dari seluruh bagian pesawat dan posisi barisan tempat duduk penumpang.

      Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, di bagian belakang pesawat adalah yang bagian yang paling aman, dan juga dapat dengan mudah untuk pindah ke kursi tengah. ditambahkan pula bahwa Penumpang pada bagian ini memiliki tingkat kematian 28 persen dalam kecelakaan dibanding dengan tempat duduk di bagian lainnya. para peneliti juga menemukan fakta yang tak kalah mengejutkan yaitu kursi yang berada dekat sayap memiliki tingkat kematian paling tertinggi, sama dengan mereka yang duduk di antara lorong mempunyai angka terburuk 44 persen.
      Dari keseluruhan penelitian, orang di bagian belakang ketiga pesawat memiliki tingkat kematian 32 persen, lebih baik dari mereka yang berada di bagian tengah (30 persen) dan bagian depan ketiga (38 persen). Hasil yang sama juga ditemukan ketika Popular Mechanics menganalisis setiap kecelakaan komersial yang terjadi dari tahun 1971 hingga 2007.
    • By qbonk

      Seorang penumpang Go-Jek bernama Mita Supardi menuding perusahaan ojek berbasis aplikasi itu ingkar atas janji jaminan asuransi untuk pengemudi dan penumpang. 

      Cerita berawal pada pertengahan September lalu. Kala itu, Jumat malam (25/9/2015), Mita menumpangi Go-Jek di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Tak dinyana, Go-Jek yang ditumpangi Mita tertabrak mobil. 
      "Saya dan pengemudi Go-Jek beserta motornya terpental ke arah kanan," ia bercerita lewat blog personalnya, sebagaimana dikutipKompasTekno, Selasa (24/11/2015).
      Alhasil Mita harus dioperasi karena tiga jari kaki kanannya patah. Berharap menerima asuransi, ia mengirim klaim rumah sakit ke pihak Go-Jek. Namun, kata Mita, hingga dua bulan berselang Go-Jek tak juga merespons sesuai yang diharapkan.
      Ia pun berkicau lewat akun Twitter @carimichan. "@gojekindonesia responsnya cuma 'Hi dan mohon maaf'. Kasusnya kecelakaan, loh. Dan kaki saya patah. Jadi, ini bukan sekadar keluhan," kata dia.
      Kasus Mita jadi viral. Netizen Twitter turut prihatin dengan kecelakaan yang dialami Mita. Beberapa ikut protes ke akun @gojekindonesia.
      "Sudah dua bulan saya stop memakai @gojekindonesia karena manajemen pelayanan pelanggan yang buruk. Kasus @carimichan ini jadi ketok palunya," kata akun @keinesasih.
      "Dan setelah baca TL @carimichan barusan, sepertinya memang @gojekindonesia tidak hanya parah secara aplikasi. huft," kata akun @dwikaputri.
      Tanggapan Go-Jek
      VP Marketing Go-Jek Indonesia Pingkan Irwin membantah tudingan Mita. Menurut dia, tim Go-Jek sudah merespons klaim asuransi Mita segera setelah klaim itu dilaporkan.
      Sesuai ketentuan yang dijanjikan, Go-Jek bekerja sama dengan jasa asuransi Allianz untuk memberikan asuransi kecelakaan bagi penumpang hingga Rp 5 juta.
      Hal tersebut, kata Pingkan, sudah dijelaskan ke Mita. "Namun beliau masih belum bisa menerimanya," ujarnya.
      Pingkan juga berkilah bahwa kecelakaan yang menimpa Mita bukan kesalahan supir Go-Jek, melainkan kendaraan yang menabrak.
      Mita, menurut Pingkan, sudah mengakui hal itu dan sudah pula menerima asuransi dari pihak yang bersalah.
      Pun begitu, Pingkan mengatakan Go-Jek tak bakal lepas tangan. "Kami sebisa mungkin menyediakan fasilitas asuransi kecelakaan bersama Allianz. Prosedurnya pun sudah ada," kata dia.
      Saat ditanya apakah asuransi senilai maksimal Rp 5 juta sudah diterima Mita atau belum, Pingkan tak mengiyakan. "Menurut laporan terakhir yang saya terima, yang bersangkutan belum mau menerima," kata dia.
      KompasTekno telah menghubungi Mita melalui e-mail untuk penjelasan lebih lanjut. Hingga saat berita ini diturunkan, belum ada balasan dari pihak yang bersangkutan.
    • By ahmad_zoki
      Hacker berhasil membobol sistem komputer canggih di bandara Chopin yang digunakan untuk mengeluarkan rencana penerbangan.

      Sekitar 1.400 penumpang pesawat maskapai Polandia, LOT, terlantar saat hacker berhasil meretas sistem komputer bandara Chopin di Kota Warsawa. Peretasan juga menyebabkan beberapa penerbangan dibatalkan.
      peretas membobol sistem komputer yang digunakan untuk mengeluarkan rencana penerbangan pada Minggu sore (21/6). Komputer baru bisa diperbaiki setelah lima jam, ribuan penumpang terkena dampaknya.
      Sekitar 10 penerbangan oleh maskapai nasional dan internasional di bandara tersebut dibatalkan, dan sekitar 12 penerbangan tertunda, seperti disampaikan oleh juru bicara bandara Adrian Kubicki.
      LOT mulai menerbangkan para penumpang pada Minggu malam. Beberapa di antara penumpang terpaksa diberikan fasilitas menginap di hotel karena penerbangan mereka terlambat semalaman.
      Kubicki mengatakan, peretasan tidak menyebabkan gangguan pada keselamatan penerbangan. Pendaratan pesawat di Warsawa juga berlangsung aman. Tidak ada bandara lain yang terdampak.
      Namun, ujar dia, hacker mampu menembus sistem jaringan bandara yang canggih. Bukan tidak mungkin bandara lain akan jadi sasaran selanjutnya.
      "Kami menggunakan sistem komputer canggih, jadi kemungkinan ancaman ini berpotensi terjadi untuk industri lainnya," kata Kubicki.
      Peretasan masih terus diselidiki oleh aparat.
    • By qbonk
      Saat melakukan perjalanan jauh mayoritas orang memang lebih memilih menggunakan fasilitas transportasi umum. Ini dinilai lebih hemat dan juga tidak membuat tubuh terasa lelah. Salah satu transportasi yang ramai dicari terutama bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah adalah bus. Bus dianggap murah dan juga cukup nyaman.
       
      Bus-bus malam seringkali jarang memberikan kesempatan bagi para muslim untuk melaksanakan sholat subuh. Padahal sholat merupakan ibadah yang wajib bagi para muslim. Bus-bus malam ini biasanya hanya berhenti di tempat peristirahatan saat tengah malam untuk makan dan beristirahat sejenak. Namun berbeda dengan P.O alias perusahaan otobus yang satu ini.
       
      Perusahaan yang bernama P.O Haryanto ini memberikan peraturan yang sangat ketat bagi para karyawannya untuk selalu memberikan kesempatan bagi para penumpangnya untuk melaksanakan sholat 5 waktu terutama sholat subuh. Jika melanggar 1 crew tidak akan mendapatkan gaji untuk 1 kali perjalanan PP. :wew
       

       
      Salah seorang user twitter yakni @yuniarto8686 pun mengunggah foto sebuah banner besar yang bertuliskan peraturan dari PO tersebut. Ia lalu memention ustadz Yusuf Mansyur dan meminta pendapat beliau. Ustadz pun merespon dengan menambahkan pendapat beliau bahwa mengutamakan sholat berarti mengutamakan Allah. Berbagai komentar positif pun hadir dan mendukung gerakan tersebut. Wah, salut ya Ladies. Bagaimana pendapat ente tentang ini?
×
×
  • Create New...