Jump to content
bbayuu1998

7 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Recommended Posts

Membeli rumah adalah rencana yang menjanjikan untuk masa depan, namun bagi sebagian orang butuh waktu yang tidak singkat untuk menyesuaikan budget yang dimiliki dengan mimpi untuk memiliki hunian tetap tersebut. Kalian punya opsi untuk Sewa Apartemen Bulanan.

Di sisi lain, menyewa apartemen dapat menjadi pertimbangan yang tepat untuk rencana jangka pendek sembari mengumpulkan pundi-pundi tabungan rumah impian. Sementara mayoritas pemilik apartemen atau biasa disebut landlord  menyewakan gedungnya secara tahunan kepada penyewa, beberapa juga ternyata ada yang menyediakan opsi Sewa Apartemen secara Bulanan. Karena dengan bulanan, kebutuhan yang lainnya juga bisa teratasi.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memilih Sewa Apartemen Bulanan

Tidak dapat dipungkiri, menyewa hunian secara bulanan dapat menjadi pilihan bagi penyewa yang membutuhkan tempat tinggal tetapi tidak ingin berkomitmen dalam jangka panjang. Namun tentu saja, setiap pilihan selalu ada keuntungan dan kekurangannya. Jika anda merasa sesuai dengan opsi tersebut, pelajarilah beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum menyewa apartemen secara bulanan berikut :

Fleksibel

Alasan paling umum bagi penyewa apartemen bulanan adalah agar mereka memiliki kebebasan yang lebih tidak terikat untuk berpindah ke tempat baru, tentu hal ini berbeda dengan sewa tahunan yang mengikat mereka untuk berkomitmen menyelesaikan sewa hingga hitungan satu tahun selesai. Pun mereka tidak perlu memikirkan tentang denda apabila terpaksa harus melanggar perjanjian sewa yang belum berakhir.

Bebas mencoba satu hunian ke hunian yang lain

Bagi pendatang yang pindah ke wilayah baru dan butuh waktu untuk menemukan lingkungan yang cocok, seperti yang biasanya dialami oleh mahasiswa dan pekerja yang baru mendapat pekerjaan di luar kota, sewa apartemen bulanan menjadi kesempatan untuk mengenal kota yang hendak ditinggali. Penyewa juga bisa menyesuaikan budget serta fasilitas seperti apa yang mereka inginkan sementara mencoba hunian-hunian baru.

Rumah singgah sementara

Bagi penyewa jenis ini, terkadang mereka adalah yang sudah memiliki hunian namun  harus pindah dari rumah mereka sementara karena perlu melakuka renovasi besar-besaran di tempat tinggal permanen mereka. Para penyewa ini membutuhkan tempat tinggal pengganti hanya untuk selama beberapa minggu atau bulan.

Kesepakatan sewa dengan landlord lebih sederhana

Tidak seperti sewa secara tahunan, sewa apartemen secara bulanan membutuhkan proses menuju kesepakatan yang lebih cepat. Hal tersebut tentu berkaitan erat dengan jangka waktu sewa yang singkat. Biasanya, jika penyewa merasa tidak cocok dengan hunian yang saat ini ia singgahi, ia bisa langsung memberitahu landlord 30 hari sebelum memilih untuk mencari tempat baru.

Jarang ditemukan

Tidak banyak landlord yang bersedia menyediakan sewa apartemen secara bulanan. Banyak pekerjaan yang harus dilakukan setiap ada penyewa yang pindah, mulai dari mengiklankan huniannya, hingga merenovasi apabila ada kerusakan untuk persiapan penghuni baru. Selain itu, juga karena sewa bulanan lebih berisiko bagi pihak landlord karena penyewa hanya memiliki waktu 1 bulan untuk mengkonfirmasi bahwa mereka ingin menemukan hunian baru. Landlord biasanya memang lebih memilih menyewakan apartemen secara tahunan untuk memastikan mereka tidak perlu susah-susah mencari penyewa baru lagi.

Biaya sewa yang lebih tinggi

Karena alasan pada poin sebelumnya dimana jarang ditemui sewa apartemen bulanan, seringkali landlord memberi harga yang lebih tinggi untuk sewa bulanan daripada tahunan. Biaya sewa yang lebih tinggi ini juga membantu mengimbangi biaya kekosongan saat landlord tidak dapat menemukan penyewa baru dengan segera ketika penyewa saat ini menghentikan sewa.

Biaya sewa tidak stabil

Fleksibilitas selain cenderung menguntungkan di pihak penyewa, juga berlaku untuk landlord. Karena penyewa dan pemilik apartemen sama-sama tidak terikat kontrak dalam jangka panjang, maka bukan hal yang bertentangan jika landlord menaikkan harga sewa.

Biasanya landlord hanya perlu memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada penyewa tentang kenaikan harga sewa yang diinginkan. Jika penyewa menyetujui kenaikan biaya tersebut, maka akan diperoleh kesepakatan baru. Namun jika penyewa menolak kebijakan tersebut, landlord berhak mencari penyewa baru sebagai pengganti.

Demikian adalah beberapa hal yang dapat menjadi pertimbangan sebelum memilih sewa apartemen thamrin residence bulanan. Semua pilihan kembali kepada bagaimana kebutuhan penyewa. Yang terpenting adalah selalu perhatikan secara teliti persyaratan yang disampaikan di dokumen perjanjian sewa agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...