Jump to content
eka

Tradisi Perayaan Natal di Berbagai Negara

Recommended Posts

christmasss.thumb.jpg.a648f8dec3d15421ab54adf08ccb20ad.jpg

Banyak tradisi Natal yang mungkin cukup aneh di beberapa belahan dunia. Biasanya kita menghias pohon natal, menyembunyikan hadiah di kaus kaki dan juga menceritakan kisah Santa Clause. Namun ternyata di beberapa belahan dunia mempunyai budaya atau mitos yang tidak biasa dilakukan saat perayaan Natal. Penasaran?

Yuk intip keunikan Natal di negara tetangga berikut.

Natal di India

Di India, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara, melainkan pohon mangga atau pisang. Pada umumnya, umat Nasrani akan mendekorasi rumah mereka dengan daun mangga, dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.

Natal di Yunani

Sinterklas adalah sosok penting di Yunani sebagai pelindung para pelaut. Berbeda dengan negara lain, di Yunani, pohon Natal bukanlah simbol Natal yang umum. Adalah mangkok dan salib kayu yang menjadi benda penting pada momen Natal. Di tengahnya, terdapat daun kemangi yang dicelupkan ke dalam mangkuk dan berisi sedikit air agar daun tetap segar. Setiap pagi, sang ibu akan memerciki seluruh ruangan rumah dengan menggunakan daun kemangi, dan tradisi ini dilakukan untuk menjauhkan benda-benda dan roh jahat dari rumah mereka.

Natal di Italia

Sungguh mengejutkan bahwa di Italia, pohon Natal dari cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum digunakan. Yang Ada adalah sebuah piramid yang terbuat dari kayu dan dihias penuh dengan buah-buahan.

Natal di Australia

Bila di negara lain Natal berarti bermain salju, bagi anak-anak di Australia, Natal berarti bermain di bawah sinar matahari, surfing dan berbelanja.

Tentu saja, karena di Australia justru Natal datang saat musim panas tiba. Namun, hal tersebut tak lantas mematahkan semangat umat Nasrani di sana. Karena mereka juga tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan hiasan lainnya.

Natal di Iran

Di negara ini, umat Nasrani mulai berpuasa dan tidak makan daging sejak 1 Desember. Mereka menyebutnya puasa kecil, puasa besar adalah 6 minggu menjelang Paskah.

Kemudian, pada tanggal 25 Desember setelah merayakan Natal di gereja, pada umumnya setiap keluarga akan menggelar pesta dan menyediakan menu ayam yang disebut harasa. Tak ada tukar menukar kado yang menjadi tradisi di negara lain, namun anak-anak selalu mendapat kado dari orang tuanya.

Natal di Jepang

Di Jepang, tradisi tukar menukar kado memang sudah biasa dilakukan, sehingga pada momen ini hampir semua orang ikut serta dalam tukar menukar kado. Hampir seperti di negara barat, di Jepang umat Nasrani akan menghias rumah dengan mistletoe dan pohon Natal.

Uniknya, pada malam tahun baru, seluruh anggota keluarga diwajibkan memakai pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Kemudian mereka akan berbaris dipimpin oleh sang ayah mengelilingi rumah. Ritual ini dipercaya sebagai ritual untuk mengusir setan. Kemudian sang ayah akan melempar setiap sudut ruangan dengan kacang kering agar tidak ada roh jahat yang mau tinggal.

Di Jepang juga saat musim Natal berarti satu hal, yaitu ayam goreng KFC. Unggas termasuk binatang langka di Jepang. Oleh karena itu di tahun 1970-an KFC mulai melihat kesempatan untuk memulai tradisi Natal dengan mengiklankan ayam KFC menjadi bagian penting dalam musim liburan di Jepang. Sekarang orang Jepang rela mengantri hingga sebulan sebelum perayaan Natal untuk menikmati lezatnya KFC

Natal di China

Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dari kertas. Mereka juga akan menghias pohon Natal dengan rantai dari kertas, bunga dari kertas dan lentera kertas.

Puncak dari perayaan Natal dilakukan di tahun baru, di mana setiap anak-anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing keluarga.

Natal di Irak

Di malam Natal, keluarga Nasrani di Irak akan berkumpul bergandengan tangan sambil menyalakan lilin. Mereka kemudian membacakan cerita tentang kelahiran Tuhan Yesus. Setelah selesai membaca cerita, mereka akan membakar duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis sampai menjadi abu, maka keberuntungan akan datang di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas abu sebanyak tiga kali sambil membuat permintaan.

Natal di Brazil

Hampir sama meriahnya dengan negara lain, di Brazil akan digelar pesta keluarga dengan menghidangkan menu-menu istimewa seperti hidangan babi, kalkun, nasi berwarna, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian saat ayam berkokok, digelar misa di gereja.

Tepat pada tanggal 25 Desember, umat Nasrani pada umumnya berkumpul di siang hari untuk pergi ke pantai atau sekedar berkumpul saja. Dekorasi bunga-bunga segar hampir terlihat di sudut kota. Kembang api dan pohon-pohon Natal besar berhiaskan lampu-lampu indah dapat dilihat di sepanjang langit Brazil.

Natal di Betlehem

Lantas bagaimana dengan Natal di Betlehem? Di sana, perayaan Natal dilakukan dengan meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan bendera dan dekorasi Natal. Pada malam Natal, para turis dan penduduk akan berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan berupa opera dan arak-arakan.

Di setiap pintu rumah, keluarga nasrani akan memberi tanda silang di setiap pintunya. Serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By DragonJebol
      Ketika malam natal tiba sepertinya memang lebih nikmat jika dihabiskan bersama keluarga tak jarang ketika malam natal akan ada sebuah tradisi yang dilakukan nah kamu mau tahu tradisi seperti apa yang sering dilakukan ketika malam natal jika ingin tahu simak 5 Tradisi Yang Dilakukan di Malam Natal berikut ini.
      1. Berbagi
      Perayaan Natal identik dengan saling bertukar hadiah antar keluarga. Adanya momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengajarkan anak agar mau berbagi pada mereka yang membutuhkan. Misalnya, ketika malam Natal tiba, ajak keluarga berkunjung ke panti asuhan atau tetangga yang kurang mampu untuk membagikan makanan dan sedekah lainnya.
      2. Kado
      Anak paling sulit menahan diri untuk tidak membuka kado Natal mereka sebelum hari Natal tiba. Maka dari itu, Anda bisa mengizinkan mereka untuk membuka satu kado saja di malam Natal. Kemudian sisanya baru boleh dibuka besok. Tradisi ini sekaligus mengajarkan anak agar mau bersabar.
      3. Gereja
      Saat tengah malam, ajak keluarga untuk pergi ke gereja. Suasana Natal di gereja pasti terasa lebih kental daripada Anda hanya menghabiskan malam di rumah. Selain itu, pasti banyak gereja yang menawarkan pelayanan saat Natal tengah malam.
      4. Prediksi
      Beberapa negara memiliki tradisi lucu di malam Natal, yaitu memprediksi peruntungan tahun depan. Misalnya orang Slovakia yang membuang Loksa (roti, air dan biji-bijian) ke langit-langit rumah. Jika Loksa menempel, konon panen akan berlimpah tahun depan.
      Sementara itu, wanita lajang di Republik Ceko yang penasaran apakah mereka akan menikah tahun depan atau tidak akan berdiri membelakangi pintu. Mereka kemudian melempar sepatu melewati atas bahunya. Jika ujung sepatu menunjuk ke arah pintu, artinya wanita itu pasti akan menikah tahun depan.
      5. Sarapan
      Keesokan harinya, menyiapkan sarapan ketika Natal adalah tradisi yang juga bisa Anda lakukan bersama keluarga. Undang seluruh anggota keluarga untuk membantu Anda memasak atau mempersiapkan meja makan, kemudian nikmati sarapan di hari Natal bersama dengan menyenangkan.
      Nah itulah beberapa tradisi yang biasa dilakukan ketika malam natal.
    • By Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • By suatmiko_sutioso
      Membayangkan sebuah negara pasti smeua berfikir bahwa negara adalah suatu tempat yang sangat luas yang memiliki budaya khas. Tapi tahukan Good Readers, ternyata ada negara yang sangat kecil yang luasnya mungkin hanya sebesar kota kabupaten saja bahkan lebih kecil. Kita bisa berjelajah ke setiap sudut kotanya hanya satu hari saja. Sudah terbayangkan sekecil apa?
      1. Vatican

      Uritan pertama diduduki oleh negara super kecil dengan luas 0,44 km persegi atau 44 hektar saja yang dihuni 842 jiwa. Kepala negaranya seorang Paus yang dipilih untuk seumur hidup, sedangkan para gubernur yang mengurus keperluan sehari-hari. Dulu, Vatican menyewa tentara bayaran Swiss, namun kini merekrut Garda Swiss sesuai persetujuan dengan Swiss dengan persyaratan masuk yakni laki-laki warganegara Swiss beragama Katolik.
      Ekonomi Vatican tidak sama dengan negara lainnya, dimana kegiatannya ditunjang dari aktivitas non-komersial seperti sumbangan umat Katolik diseluruh dunia, penjualan prangko, koin, souvenir, dan salib. Selain itu dikenakannya iuran masuk museum dan perpustakaan.
      2. Monako 

      Urutan kedua diduduki oleh Monako. Luas negara ini hanya 2,02 km persegi saja. Monako memiliki perbatasan darat 4,4 km, garis pantai 4,1 km, dan lebar yang bervariasi antara 1,7 km – 349 m. Titi tertingginya 161 m di bawah permukaan laut yakni jalur Chermin des Revoires di lereng gunung Agel.
      Monako tidak memiliki angkatan laut dan udara karena pertahanan bangsa disediakan oleh Perancis. Walau demikian, Monako memiliki kepolisian terbesar di dunia dengan 515 petugas untuk 35.000 orang.
      Negara kecil bukan menjadi hambatan, Monako memiliki roda ekonomi yang baik, perputaran uangnya terbesar dari sektor pariwisata. Monako memiliki dermaga yang luas untuk pelabuhan kapal pesiar. Konsep ekonominya monopoli diberbagai sektor. Walau demikian, standar hidupnya tinggi.
      3. Liberland

      Urutan ketiga diduduki oleh negara terbaru di benua Eropa yaitu Liberland dengan luas 7 km persegi. Negara ini diapit oleh Kroasia dan Serbia. Negara ini berdiri karena daerah Gornja Siga tidak diklaim oleh kedua negara tersebut yang tengah rusuh sengketa batas wilayah saat itu.
      Negara yang diproklamirkan pada 13 April 2015 ini tidak memiliki bangunan, hanya pepohonan dan ladang. Sesuai undang-undangnya, siapapun dapat menjadi warga negaranya kecuali yang memiliki masa lalu dengan kelompok tertentu seperti Nazi, Komunis, dan kelompok lainnya yang memiliki catatan kejahatan.
      4. Nauru

      Negara ini memiliki luas 21 km persegi yang merupakan negara republik terkecil di dunia. Nauru tidak memiliki ibu kota resmi, namun kota terbesarnya Yaren sehingga sering disebut ibu kotanya. Penduduknya kedua paling sedikit di dunia setelah Vatican yakni 9.378 jiwa.
      Sepanjang awal abad 20, Nauru terkenal dengan pertambangan fospatnya dan menjadi pendapatan utamanya. Karena kerusakan alam akibat pertambangan, Nauru menjadi pusat pencucian uang. Tahun 2005-2006, Nauru menjadi negara yang terisolasi dari dunia luar karena satu-satunya maskapai penerbangan menuju Nauru berhenti beroperasi melayani perjalanan ke Nauru. Sampai tahun 2008, Nauru mendapat bantuan dari Australia, dan Australia berhak mendirikan pusat penahanan. Namun kini dengan bantuan dana dari Republik Tiongkok, adanya maskapai yang beroperasi.
    • By BincangEdukasi

      Selama ini, masyarakat mengidentikkan makanan Prancis dengan hidangan mewah foie gras yang disajikan dengan bahan-bahan yang cukup sulit dilafalkan. Anda menyangka demikian juga?
      Meski dikenal gemar menyantap sajian spesial, ternyata masyarakat Prancis punya selera yang mirip dengan masyarakat Amerika Serikat.
      Menurut sebuah studi terbaru, hampir 75 persen restoran di Prancis menyediakan hamburger dalam menu mereka dan 80 persen mengatakan burgernya termasuk yang paling banyak dipesan.
      "Burger mania (di Prancis) tak terhentikan,” ujar Bernard Boutboul, direktur Gira Conseil, firma konsultan kuliner di balik penelitian tersebut
      Penjualan burger di Prancis meningkat signifikan, didorong berkembangnya waralaba burger, seperti Shake Shack dan Five Guys. Pendapatan jaringan restoran burger lebih dari US$70 miliar atau setara Rp915 triliun pada 2013.
      Tahun lalu, di Prancis, orang makan 1,19 miliar tangkup burger, atau rata-rata 16 burger per orang per tahun. Angka itu naik 11 persen dalam setahun. 
      Burger jadi demikian populer hingga bisa-bisa menggantikan menu makan siang andalan Prancis, "jambon beurre" (baguette, butter, dan ham). Penjualan sandwich klasik turun jadi 1,23 miliar tangkup pada 2015.
      “Jika terus begini, maka dalam dua tahun penjualan jambon-beurre dan burger akan bersaing ketat,” kata Boutboul.
      Bukan hanya restoran mewah yang menuai keuntungan dari obsesi burger Prancis. Negara tersebut adalah pasar terbesar McDonald's di luar AS dan salah satu negara di dunia yang jaringannya membukukan peningkatan pendapatan tahun lalu. 
      Boutboul mengatakan restoran cepat saji McDonald’s, Burger King, dan jaringan restoran Prancis, Quick, melaporkan sepertiga penjualan adalah dari burger, di negara itu.
      Burger tersebut, ujar Boutboul sudah melesat “dari fast food dasar ke restoran berbintang Michelin. Bukan lagi iseng-iseng, melainkan sudah jadi jalan hidup. Burger tak lagi hidangan yang salah tempat di restoran mewah.”
      Namun demikian jalan Prancis masih panjang jika ingin mengalahkan konsumsi burger masyarakat Negeri Paman Sam.
      Pada 2014, restoran Amerika Serikat menjual lebih 9 miliar tangkup burger. Artinya, rata-rata orang Amerika melahap lebih 28 burger pada tahun itu. 
    • By jeruk_purut
      Gambaran kemiskinan disuatu negara dapat dilihat dari pendapatan perkapita masyarakatnya dan gambaran setelah kematiannya (Hantu), berikut perbandingannya :
      1.Eropa & Amerika : Drakula
      Spesifikasi
      - Jas hitam dan setelannya, berdasi dan berpenampilan rapih dan elegan,
      - Tempat tinggal kastil megah atau rumah mewah
      - Bermobil mewah
      - Berpendidikan tinggi
      (Lihat Film Twilight)
      2.China : Vampir
      Spesifikasi
      - Memakai pakaian adat bangsawan China lengkap dengan songkok hitam,
      - Tinggal di kuil atau kastil mewah
      - Memakai perhiasan berupa kalung atau cincin giok
      3. Timur Tengah (AraB) : Jin
      Spesifikasi
      - Memakai pakaian bangsawan arab lengkap dengan sepatu khas timur tengahnya
      - Memakai anting dan perhiasan dari emas
      - Tinggal didalam lampu minyak yang terbuat dari emas dan berhias permata
      4. Indonesia : Kuntilanak
      Spesifikasi
      - Baju daster putih polos tanpa motif
      - Rambut panjang tidak terurus, kantung mata yang hitam legam dan wajah yang pucat pasih
      - Tinggal di pohon2, kadang digudang tidak terpakai
      - Profesi penjual jamu gendong, terkadang sampai menjadi PSK.
      Pocong
      Spesifikasi
      - Muka jelek, tidak terawat
      - Pakaian kain kafan yang kumel karna tidak pernah dicuci
      - Tempat tinggal pemakaman umum atau dilorong – lorong yang gelap
      Bandingkan dan renungkan kawan, betapa miskinnya negri kita, sampai hantunya saja masih miris keadaannya..
×
×
  • Create New...