Jump to content
DragonJebol

5 Tradisi Yang Dilakukan di Malam Natal

Recommended Posts

christmas.thumb.jpg.477e061397e4c4d8babb0b1232267d25.jpg

Ketika malam natal tiba sepertinya memang lebih nikmat jika dihabiskan bersama keluarga tak jarang ketika malam natal akan ada sebuah tradisi yang dilakukan nah kamu mau tahu tradisi seperti apa yang sering dilakukan ketika malam natal jika ingin tahu simak 5 Tradisi Yang Dilakukan di Malam Natal berikut ini.

1. Berbagi

Perayaan Natal identik dengan saling bertukar hadiah antar keluarga. Adanya momen tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang tua untuk mengajarkan anak agar mau berbagi pada mereka yang membutuhkan. Misalnya, ketika malam Natal tiba, ajak keluarga berkunjung ke panti asuhan atau tetangga yang kurang mampu untuk membagikan makanan dan sedekah lainnya.

2. Kado

Anak paling sulit menahan diri untuk tidak membuka kado Natal mereka sebelum hari Natal tiba. Maka dari itu, Anda bisa mengizinkan mereka untuk membuka satu kado saja di malam Natal. Kemudian sisanya baru boleh dibuka besok. Tradisi ini sekaligus mengajarkan anak agar mau bersabar.

3. Gereja

Saat tengah malam, ajak keluarga untuk pergi ke gereja. Suasana Natal di gereja pasti terasa lebih kental daripada Anda hanya menghabiskan malam di rumah. Selain itu, pasti banyak gereja yang menawarkan pelayanan saat Natal tengah malam.

4. Prediksi

Beberapa negara memiliki tradisi lucu di malam Natal, yaitu memprediksi peruntungan tahun depan. Misalnya orang Slovakia yang membuang Loksa (roti, air dan biji-bijian) ke langit-langit rumah. Jika Loksa menempel, konon panen akan berlimpah tahun depan.

Sementara itu, wanita lajang di Republik Ceko yang penasaran apakah mereka akan menikah tahun depan atau tidak akan berdiri membelakangi pintu. Mereka kemudian melempar sepatu melewati atas bahunya. Jika ujung sepatu menunjuk ke arah pintu, artinya wanita itu pasti akan menikah tahun depan.

5. Sarapan

Keesokan harinya, menyiapkan sarapan ketika Natal adalah tradisi yang juga bisa Anda lakukan bersama keluarga. Undang seluruh anggota keluarga untuk membantu Anda memasak atau mempersiapkan meja makan, kemudian nikmati sarapan di hari Natal bersama dengan menyenangkan.

Nah itulah beberapa tradisi yang biasa dilakukan ketika malam natal.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By eka
      Banyak tradisi Natal yang mungkin cukup aneh di beberapa belahan dunia. Biasanya kita menghias pohon natal, menyembunyikan hadiah di kaus kaki dan juga menceritakan kisah Santa Clause. Namun ternyata di beberapa belahan dunia mempunyai budaya atau mitos yang tidak biasa dilakukan saat perayaan Natal. Penasaran?
      Yuk intip keunikan Natal di negara tetangga berikut.
      Natal di India
      Di India, pohon Natal tidak terbuat dari pohon cemara, melainkan pohon mangga atau pisang. Pada umumnya, umat Nasrani akan mendekorasi rumah mereka dengan daun mangga, dan lampu minyak yang diletakkan di atap rumah atau di atas tembok.
      Natal di Yunani
      Sinterklas adalah sosok penting di Yunani sebagai pelindung para pelaut. Berbeda dengan negara lain, di Yunani, pohon Natal bukanlah simbol Natal yang umum. Adalah mangkok dan salib kayu yang menjadi benda penting pada momen Natal. Di tengahnya, terdapat daun kemangi yang dicelupkan ke dalam mangkuk dan berisi sedikit air agar daun tetap segar. Setiap pagi, sang ibu akan memerciki seluruh ruangan rumah dengan menggunakan daun kemangi, dan tradisi ini dilakukan untuk menjauhkan benda-benda dan roh jahat dari rumah mereka.
      Natal di Italia
      Sungguh mengejutkan bahwa di Italia, pohon Natal dari cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum digunakan. Yang Ada adalah sebuah piramid yang terbuat dari kayu dan dihias penuh dengan buah-buahan.
      Natal di Australia
      Bila di negara lain Natal berarti bermain salju, bagi anak-anak di Australia, Natal berarti bermain di bawah sinar matahari, surfing dan berbelanja.
      Tentu saja, karena di Australia justru Natal datang saat musim panas tiba. Namun, hal tersebut tak lantas mematahkan semangat umat Nasrani di sana. Karena mereka juga tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan hiasan lainnya.
      Natal di Iran
      Di negara ini, umat Nasrani mulai berpuasa dan tidak makan daging sejak 1 Desember. Mereka menyebutnya puasa kecil, puasa besar adalah 6 minggu menjelang Paskah.
      Kemudian, pada tanggal 25 Desember setelah merayakan Natal di gereja, pada umumnya setiap keluarga akan menggelar pesta dan menyediakan menu ayam yang disebut harasa. Tak ada tukar menukar kado yang menjadi tradisi di negara lain, namun anak-anak selalu mendapat kado dari orang tuanya.
      Natal di Jepang
      Di Jepang, tradisi tukar menukar kado memang sudah biasa dilakukan, sehingga pada momen ini hampir semua orang ikut serta dalam tukar menukar kado. Hampir seperti di negara barat, di Jepang umat Nasrani akan menghias rumah dengan mistletoe dan pohon Natal.
      Uniknya, pada malam tahun baru, seluruh anggota keluarga diwajibkan memakai pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Kemudian mereka akan berbaris dipimpin oleh sang ayah mengelilingi rumah. Ritual ini dipercaya sebagai ritual untuk mengusir setan. Kemudian sang ayah akan melempar setiap sudut ruangan dengan kacang kering agar tidak ada roh jahat yang mau tinggal.
      Di Jepang juga saat musim Natal berarti satu hal, yaitu ayam goreng KFC. Unggas termasuk binatang langka di Jepang. Oleh karena itu di tahun 1970-an KFC mulai melihat kesempatan untuk memulai tradisi Natal dengan mengiklankan ayam KFC menjadi bagian penting dalam musim liburan di Jepang. Sekarang orang Jepang rela mengantri hingga sebulan sebelum perayaan Natal untuk menikmati lezatnya KFC
      Natal di China
      Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dari kertas. Mereka juga akan menghias pohon Natal dengan rantai dari kertas, bunga dari kertas dan lentera kertas.
      Puncak dari perayaan Natal dilakukan di tahun baru, di mana setiap anak-anak akan menerima hadiah baju baru, makan makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruangan utama rumah masing-masing keluarga.
      Natal di Irak
      Di malam Natal, keluarga Nasrani di Irak akan berkumpul bergandengan tangan sambil menyalakan lilin. Mereka kemudian membacakan cerita tentang kelahiran Tuhan Yesus. Setelah selesai membaca cerita, mereka akan membakar duri dari semak-semak. Bila duri terbakar habis sampai menjadi abu, maka keberuntungan akan datang di tahun baru. Saat api sudah mati, setiap orang akan melompat di atas abu sebanyak tiga kali sambil membuat permintaan.
      Natal di Brazil
      Hampir sama meriahnya dengan negara lain, di Brazil akan digelar pesta keluarga dengan menghidangkan menu-menu istimewa seperti hidangan babi, kalkun, nasi berwarna, sayur-sayuran dan buah-buahan. Kemudian saat ayam berkokok, digelar misa di gereja.
      Tepat pada tanggal 25 Desember, umat Nasrani pada umumnya berkumpul di siang hari untuk pergi ke pantai atau sekedar berkumpul saja. Dekorasi bunga-bunga segar hampir terlihat di sudut kota. Kembang api dan pohon-pohon Natal besar berhiaskan lampu-lampu indah dapat dilihat di sepanjang langit Brazil.
      Natal di Betlehem
      Lantas bagaimana dengan Natal di Betlehem? Di sana, perayaan Natal dilakukan dengan meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan bendera dan dekorasi Natal. Pada malam Natal, para turis dan penduduk akan berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan berupa opera dan arak-arakan.
      Di setiap pintu rumah, keluarga nasrani akan memberi tanda silang di setiap pintunya. Serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun.
    • By Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • By Aladin

      Seorang netizen bernama akun Facebook PuputTyy menuliskan kritikannya pada Wali Kota Bandung, Jawa Barat, Ridwan Kamil. Dalam Kritikan itu, dia protes pada Pak Ridwan mengunjungi gereja-gereja di Bandung saat Natal 2015. Dia ingin Pak Ridwan mencontoh tokoh yang disukainya, yakni Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Erdogan dikenal sebagai seorang muslim garis keras dan kerap dituding bakal memberlakukan syariat Islam di Turki. Padahal Turki menganut faham sekularisme. Meski natal tak dilarang untuk dirayakan di Turki, namun Erdogan tak menggubris undangan-undangan natal dari warganya.
      Nah, ceritanya si PuputTyy ini kecewa karena Pak Ridwan malah 'sowan' ke gereja-gereja dan mengucapkan selamat Natal pada umat Kristen. "Semoga Pak Wali bisa kaya Erdogan. Ngajinya pinter, membela Islam. Toleransi boleh, jangan ikut-ikutan masuk gereja lah pak", demikian PuputTty menuliskan. Di luar dugaan, ternyata Ridwan Kamil membalas postingan gadis itu. Jawabannya yang cerdas kayaknya bakal bikin banyak orang yang intoleransi jadi malu abis, termasuk si PuputTty. Seperti apa jawaban Pak Ridwan? Simak nih, ndral!

      Jawaban Ridwan Kamil saat ada netizen yang mengkritiknya 'sowan' ke gereja-gereja saat Natal 2015 | Via: facebook.com
    • Guest News
      By Guest News
      Rut NAstiti mengajak Anda untuk menyaksikan kemeriahan hiasan Natal di Brooklyn, New York dalam VOA Trending Topic Natal ini
       
    • By kotawa
      Hari Natal yang jatuh setiap  tanggal 25 Desember  ini menjadi moment paling spesial bagi seluruh umat Kristiani di dunia terutama di Indonesia. Bahkan untuk negara Indonesia sendiri ini diketahui pada perayaan Natal tiba, ada beberapa tradisi yang dikatakan pasti ada dan pasti ditayangkan setiap Natal tiba.
      Beberapa tradisi di Indonesia yang pasti ada setiap Natal ini menjadikan perayaan natal semakin meriah. Semua tempat di hiasi dengan pernak – pernik Natal yang begitu unik dan menarik. Apalagi perayaan Natal ini dekat juga dengan perayaan tahun baru.

      Apakah kamu penasaran seperti apa tradisi di Indonesia yang pasti ada setiap natal tiba. Dan seperti yang dilansir dari lintas.me , inilah dia 7 tradisi di Indonesia yang pasti ada setiap natal
      1. Pohon Natal
      Pohon Natal ini menjadi tradisi di Indonesia  yang pasti ada setiap natal tiba. Bahkan pohon natal ini menjadi simbol utama bagi umat kristiani yang sedang merayakan natal. Tidak lupa pohon natalnya mereka hias dengan pernak – pernik natal yang begitu meriah dengan kerlap kerlip lampu yang membuatnya tampak mewah.
      2. Kado Natal
      Kado Natal ini sudah menjadi tradisi yang ada di Indonesia setiap hari natal tiba. Kado natal ini sebagai simbol penghargaan yang nantinya mereka akan saling tukar menukar kado untuk anak – anak yang selama setahun ini berprilaku terpuji dan selalu berbuat baik.
      3. Gereja Penuh
      Karena umat Kristiani di Indonesia ingin menjadi moment Natal satu tahun sekali ini lebih berati sehingga seluruh umat Kristiani datang memnuhi geraja untuk beribadah.
      4. Libur Natal
      Hari Natal di bulan Desember ini menjadi salah satu hari libur yang paling dinantikan . Walaupun tanggal merah hanya sehari pas tanggal 25 saja, banyak pegawai , pelajar yang ingin berlibur panjang di bulan desember ini untuk memperingati hari Natal sekaligus tahun baru.
      5. Budaya Mudik
      Bagi mereka yang jauh dari sanak keluarga, pada hari Natal ini bayak dari mereka yang pulang ke kampung halaman untuk merayakan Natal bersama keluarga tercintanya. Sehingga budaya mudik di hari Natal ini sudah menjadi tradisi di Indonesia yang selalu ada pada saat Natal tiba.
      6. Aji Mumpung
      Hari Natal menjadi salah satu alasan bagi para pegawai untuk bisa izin cuti lebih lama. Sehingga ini menjadi tradisi aji mumpung untuk alasan mereka bisa beristirahat lebih lama.
      7. Film Natal yang diulang – ulang
      Salah satu tradisi di Indonesia yang pasti ada setiap natal yakni tayangan film natal yang selalu di ulang – ulang. Tayangan anak kecil yang di tinggal orangtuanya di hari natal ini salah satunya. Jika dilihat nyatanya peran anak kecil di tayangan tersebut kini sudah tidak kecil lagi alias sudah dewasa.
×
×
  • Create New...