Jump to content

Apple Khawatir Rahasia Bocor ke Perusahaan China


DragonJebol

Recommended Posts

  • Premium Account

apple.thumb.jpg.d0b4fa108613a0f9606aab9da5b42932.jpg

Apple meminta pengadilan federal AS untuk terus memantau dua mantan karyawannya yang berasal dari China karena tuduhan mencuri rahasia dagang Apple. Apple "sangat khawatir" karena keduanya dapat melarikan diri ke China sebelum menyelesaikan pengadilan mereka, seperti dikutip Macrumors.

Menurut Reuters, jaksa mengatakan bahwa Xiaolang Zhang dan Jizhong Chen harus dipantau lokasinya karena mereka berisiko melarikan diri. Zhang didakwa atas pencurian rahasia dagang pada Juli 2018 setelah dia mencoba mencuri data tentang proyek mobil yang dimiliki Apple.

Sebelum ditangkap, Zhang bekerja sebagai tim komputer Apple. Ia merancang dan menguji papan sirkuit untuk menganalisis data sensor pada Apple Car.

Zhang memiliki "akses luas ke database internal yang aman dan rahasia". Setelah Zhang mengumumkan rencananya untuk meninggalkan Apple dan berpindah ke XMotors yang berbasis di China, Apple melakukan penyelidikan karena perilaku Zhang yang mencurigakan.

Tepat sebelum pergi, Zhang mengakses konten sensitif yang mencakup prototipe, persyaratan daya, persyaratan tegangan rendah, sistem baterai, dan hal lainnya yang bersifat rahasia. Kemudian, Zhang ditangkap di bandara pada Juli 2018 saat berusaha pergi ke China.

Dalam insiden lain, Apple menangkap Jizhong Chen, karyawan Apple. Jizhong Chen diketahui mengambil foto "di ruang kerja yang sensitif". Setelah melakukan penyelidikan, pejabat keamanan Apple menemukan bahwa komputer pribadi Chen berisi "ribuan" file yang terkait dengan Apple Car, termasuk buku petunjuk, skema, foto, dan diagram.

Sebelum ditangkap, Chen sempat melamar untuk suatu posisi di perusahaan kendaraan yang berbasis di China. Chen ditangkap karena pencurian rahasia dagang Apple. Ia tertangkap tepat satu hari sebelum ia terbang ke China.

Baru-baru ini juga ditemukan bahwa Chen mempunyai file rahasia dari program rudal Patriot milik Raytheon, perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya.

Kedua pria tersebut dipantau secara elektronik setelah dibebaskan dengan jaminan sebelum persidangan mereka. Sekarang Zhang dan Chen berusaha untuk menghentikan pemantauan yang dilakukan terhadap mereka.

Pengacara Zhang dan Chen mengatakan, sejauh ini mereka tidak melanggar aturan pra-persidangan dan belum terbukti bahwa mereka benar-benar memberikan kekayaan intelektual Apple kepada pihak ketiga.

Pengacara juga mengatakan, Zhang dan Chen berhak pergi ke China untuk mengunjungi kerabat mereka, tetapi bukan untuk menghindari tuntutan. Zhang dan Chen sama-sama akan menghadapi hukuman penjara selama beberapa tahun dan denda yang besar jika memang terbukti bersalah.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By VOAIndonesia
      Mustang Panda adalah sebuah kelompok peretas Tiongkok yang dicurigai berusaha menyusup ke dalam sistem komputer pemerintah Indonesia pada bulan lalu.
      Pelanggaran yang dilaporkan ini, yang telah dibantah oleh pihak Indonesia sendiri, sesuai dengan pola kampanye mata-mata di dunia maya yang baru-baru ini dilakukan oleh China.
      Seorang pakar mengatakan dalam satu tahun terakhir ini, serangan-serangan seperti ini semakin sering terjadi, dan dilakukan dengan tujuan untuk mencari data intelijen terkait isu sosial, ekonomi, dan politik dari negara-negara Asia dan negara-negara lain di seluruh dunia.
      “Ada pelonjakan,” kata Ben Read, direktur analisis mata-mata dunia maya di Mandiant, sebuah perusahaan keamanan dunia maya, dalam wawancara dengan VOA.
      "Operasi siber yang dilancarkan oleh China ini merupakan kampanye yang cukup luas dan tidak dibatasi sama sekali,” tambahnya.
      Selama bertahun-tahun China dianggap sebagai musuh utama Amerika Serikat dalam dunia dunia maya.
      Negara tersebut dianggap memiliki tim-tim yang terkoordinir baik di dalam maupun di luar pemerintahan yang dapat melakukan kampanye memata-matai di dunia maya yang “berskala besar dan tidak membeda-bedakan,” demikian kata Josephine Wolff, seorang profesor kebijakan keamanan siber di Tufts University.
      Peretasan pada tahun 2014-2015 terhadap Kantor Manajemen Personalia Pemerintah Federal OPM Amerika di mana catatan personil 22 juta pekerja federal terancam terganggu merupakan contoh dari “penggalian besar-besaran” yang dilakukan oleh China, kata Wolff.
      Setelah ada persetujuan keamanan dunia maya antara Presiden Obama dan Presiden Xi Jinping pada tahun 2015 lalu, menurut para pakar, serangan dari China telah berkurang, paling tidak terhadap dunia Barat. (jm/em)
    • By congek
      Memiliki usaha adalah hal yang wajar dan umum terjadi. Hanya saja yang harus dijadikan pedoman adalah berkomitmen pada prinsip usaha atau bisnis yang telah ditetapkan.
      Menjadi unik dan berbeda itulah yang dicari pemula sebelum memulai usaha bisnisnya. Namun, tidak jarang juga yang melakukan plagiasi agar dapat sama-sama mendapatkan keuntungan.
      Dalam setiap inovasi yang diciptakan, tidak akan terlepas dari namanya keretakan atau ketidaksempurnaan, tetapi bagaimana seorang pengusaha dapat tetap terus berkembang agar bisnis yang dijalankan dapat berjalan sukses.
      Ketika seseorang dapat memiliki pengalaman yang kaya, menarik, dan daya tarik yang kuat, justru akan menarik pelanggan/audiens yang lebih luas untuk menciptakan gaya bisnis baru.
      Tidak dapat disanggah bahwa pandemi COVID-19 mengubah cara dan sistem kerja yang telah berlaku selama ini.
      Peluang yang dapat dilihat adalah bagaimana bisnis yang dijalankan dapat berdampak bagi orang-orang meskipun berada di tengah situasi seperti ini.
      Keunikan dalam berbisnis dapat menjadi kunci utama agar memiliki usaha yang berbeda, unik, dan otentik dibandingkan usaha-usaha lainnya.
      Ada 3 cara yang dapat diterapkan jika Anda ingin punya bisnis yang otentik dan sukses.
      1. Jangan Pisahkan Bisnis dan Kesenangan
      Jangan memisahkan bisnis Anda dengan kesenangan/hobi yang dimiliki. Suatu saat hobi Anda akan dapat sangat membantu dalam menjalin relasi dengan klien.
      Perbedaan antara pekerjaan dan hobi bukan menjadi penghalang untuk mengembangkan bisnis. Maksud dari pernyataan di atas adalah ketika klien Anda memiliki hobi atau kesenangan yang sama, akan lebih mudah menjalin relasi dengan minat yang sama.
      Kemungkinan lainnya, klien Anda dapat merasa kenyamanan saat berbisnis dengan Anda. Ketika ada kesamaan-kesamaan tertentu yang secara tidak langsung, dapat membuat perusahaan Anda lebih mudah untuk dikenal orang.
      2. Bukan Mencapai Kesempurnaan
      Memiliki kesempurnaan dalam bisnis menjadi hal yang umum untuk diinginkan pengusaha. Seringkali dalam berbisnis, demi menuju kesempurnaan, Anda justru menjadi faktor utama yang mengacaukan segala pekerjaan.
      Berbuat salah adalah wajar karena semua manusia melakukan hal tersebut. Sebaliknya, klien Anda juga tidak mengharapkan Anda harus melulu menjadi sempurna. Mereka mengharapkan yang terbaik yang bisa Anda lakukan.
      Justru ketika terjadi sebuah kesalahan, jadikan itu sebagai motivasi dan perbaikan untuk ke depannya agar bisnis Anda bisa lebih berhati-hati dalam melakukan atau memutuskan sesuatu.
      Namin, jika Anda adalah tipe orang yang profesional, hindarilah hal-hal seperti ini. Perilaku dan tindakan yang diperbuat akan memberikan tekanan tidak hanya pada diri sendiri, tetapi pada orang lain.
      Lepaskan apa yang menjadi kekurangan, jangan terlalu berusaha keras untuk menutupinya. 
      3. Gunakan Cerita Anda
      Menggunakan kisah dan pengalaman pribadi untuk menarik perhatian orang lain merupakan salah satu langkah yang tepat. Namun, bercerita untuk mengharapkan orang lain melihat diri Anda sebagai orang baik adalah hal yang salah.
      Itu bukan cerita, melainkan kebohongan dan rekayasa semata untuk menarik perhatian.
      Ceritakanlah kenyataan yang sesungguhnya. Terkadang ada beberapa orang yang ingin mendengar jatuh bangun kisah usaha Anda hingga akhirnya dapat berkembang sampai ke tahap ini. 
      Cerita-cerita ini akan menjadi motivasi secara tidak langsung. Perlu dipastikan untuk melihat situasi terlebih dahulu sebelum berinteraksi dengan mereka, misalnya dengan bertanya pada diri sendiri, “Apakah cerita yang bagus, sempurna, atau cerita perjuangan?”, “Dimana Anda memosisikan diri saat bercerita?”.
      Anda tidak hanya harus menceritakan kisah Anda sendiri. Pelanggan juga dapat memiliki cerita, seperti halnya karyawan Anda. Temukan cara untuk menenunnya menjadi kisah-kisah menarik tersebut.
    • By sunshine_
      Menghasilkan bisnis baru dengan menumbuhkan basis pelanggan Anda adalah penting untuk kesuksesan bisnis Anda. Namun, terkadang bisa sangat menantang.
       
      Berikut adalah beberapa tip praktis untuk membantu Anda mengembangkan basis pelanggan Anda.
      1. Kenali pelanggan Anda
      Pahami kebutuhan pelanggan Anda dan kembangkan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan tersebut. Anda dapat memperoleh wawasan tentang pelanggan Anda dengan mempersonalisasi layanan Anda dan mendorong mereka untuk memberi Anda umpan balik.
      2. Tawarkan layanan pelanggan yang luar biasa
      Pastikan layanan pelanggan Anda luar biasa dan bekerja lebih keras saat Anda bisa. Pelanggan Anda tidak hanya akan mengingat layanan hebat, mereka juga akan cenderung merujuk orang lain kepada Anda.
      3. Memelihara pelanggan yang sudah ada dan mencari peluang baru
      Memiliki strategi untuk memelihara pelanggan yang sudah ada, seperti tetap berhubungan dengan mereka melalui buletin elektronik atau memberi tahu mereka tentang acara promosi sebelumnya.
       
      Pada saat yang sama, cari peluang untuk mendapatkan lebih banyak pekerjaan dan membangun basis pelanggan Anda. Pastikan Anda menemukan keseimbangan yang tepat antara memelihara pelanggan dan menemukan pelanggan baru.
       
      Jika Anda memiliki atau menjalankan bisnis Aborigin, Anda juga dapat mempromosikan bisnis Anda dengan memanfaatkan daftar gratis di Direktori Bisnis Aborigin Australia Barat (ABDWA). Semakin banyak organisasi Pemerintah Negara Bagian dan swasta yang ingin bekerja sama dengan bisnis Aborigin dan menggunakan direktori untuk mencari pemasok yang relevan.
       
      4. Gunakan media sosial
      Media sosial adalah alat yang ampuh untuk mempromosikan bisnis Anda kepada pelanggan potensial dan mendapatkan wawasan berharga melalui 'mendengarkan sosial'. Melalui social listening, Anda dapat mengetahui apa yang pelanggan katakan tentang Anda, mendapatkan wawasan tentang perilaku mereka, mengidentifikasi kata kunci dan tren yang menarik bagi target pasar Anda dan dengan demikian meningkatkan layanan pelanggan Anda. Media sosial dapat membantu Anda membangun profil bisnis dan menarik pelanggan baru.
       
      5. Menghadiri acara networking
      Investasikan waktu untuk membangun jaringan Anda – bukan apa yang Anda ketahui tetapi siapa yang Anda kenal.
       
      Jaringan memungkinkan Anda untuk membangun hubungan dengan orang lain dan mendorong mereka untuk merujuk pelanggan kepada Anda dari mulut ke mulut. Mungkin anda bisa datang dengan beberapa souvenir custom seperti mug gelas, tas custom promosi, ataupun topi promosi agar lebih mudah diingat. 
       
      6. Tuan rumah acara
      Menyelenggarakan acara Anda sendiri bisa menjadi cara yang bagus untuk mengenal pelanggan Anda dan membangun hubungan. Undang beberapa pelanggan terbaik Anda dan dorong mereka untuk membawa teman-teman mereka.
       
      7. Berikan kembali ke komunitas Anda
      Membangun kesadaran merek di komunitas lokal Anda adalah cara yang bagus untuk menarik bisnis baru. Pertimbangkan untuk mensponsori atau berpartisipasi dalam acara komunitas untuk meningkatkan profil bisnis Anda.
       
      8. Ukur apa yang berhasil dan perbaiki pendekatan Anda saat Anda pergi
      Anda harus memantau dari mana pelanggan Anda berasal untuk mengukur apakah kegiatan pemasaran Anda berhasil atau tidak. Jangan takut untuk bereksperimen. Perbaiki pendekatan Anda jika ada sesuatu yang tidak berhasil dan fokuskan lebih banyak waktu pada aktivitas yang mencapai hasil terbaik. Gunakan bantuan aplikasi POS, untuk mengatur manajemen pelanggan, stock, dan sebagainya sehingga bisa digunakan sebagai salah satu strategi kedepannya. 
    • By iiee
      "Berubah itu berisiko, tapi tidak mau berubah itu lebih berisiko."
      Demikianlah kalimat yang dilontarkan oleh Bayu, pengusaha ternak kambing dan domba asal Sleman, DI Yogyakarta. Peternakan yang tepatnya berdiri di Kecamatan Moyudan itu bernama 78 Farm.
      Peternakan yang telah berdiri lama itu berhasil mengucurkan harta kekayaan ke dalam kantongnya sebanyak lebih dari ratusan juta rupiah. Bayu tak menyebutkan nominal pastinya.
      Namun, jika melihat kisah hidupnya, perkiraan pendapatan dan harta kekayaannya boleh jadi benar. Pasalnya, jauh sebelum sesukses sekarang, Bayu mesti menghadapi jalan terjal dan berbatu.
      Kalimat yang dilontarkan Bayu di awal tadi benar-benar merepresentasikan perubahan hidup dirinya. Jauh sebelum jadi pengusaha ternak, Bayu merupakan pekerja biasa di sebuah distro atau toko baju di Jakarta.
      Ia merantau ke Ibukota lantaran keuangan masa mudanya yang tak menemukan angin segar di tanah kelahiran. Selama hampir 12 tahun Bayu bekerja di toko baju tersebut guna bertahan hidup.
      Tentu saja, meski bekerja di wilayah Jakarta, gaji Bayu tidaklah seberapa. Menjadi seorang karyawan sebuah distro jelas tak cukup untuk membiayai mimpi besarnya. Kecuali Bayu hanya berniat bertahan hidup, barangkali cukup.
      Buktinya, ia tak hanya mampu membiayai kebutuhannya sendiri, melainkan juga kebutuhan hidup keluarganya, anak dan istri. Namun, suatu ketika sang istri mengajak Bayu pulang kampung dan meninggalkan Ibukota.
      Mulanya Bayu menolak lantaran usahanya sedang aman dan merasa mencari uang di Jakarta amatlah mudah. Selama tiga tahun, Bayu dan istri terus membicarakan soal pulang kampung dan meninggalkan bisnisnya di Jakarta.
      Bukan tanpa alasan sang istri meminta Bayu untuk pulang. Ia merasa rutinitas di Ibukota sangatlah padat sehingga membuat dirinya sukses. Apalagi jenis pekerjaan Bayu bukanlah jenis pekerjaan yang kenal waktu.
      Setelah bertahun-tahun berdebat, akhirnya Bayu luluh dan menuruti permintaan sang istri untuk pulang ke Yogyakarta. Sesampainya di Kota Istimewa, Bayu jelas bingung bagaimana ia akan bertahan hidup dan menghidupi keluarganya.
      Meski demikian, Jogja bukanlah kota asing Bayu. Ia lahir dan menjalani masa kecil di kota pariwisata itu. Bayu ingat, jauh sebelum memutuskan merantau ke Jakarta, dirinya pernah punya cita-cita membangun usaha ternak.
      Akhirnya, bermodalkan tabungan selama bertahun-tahun kerja, Bayu membangun sebuah peternakan. Sayangnya, ia membangun peternakan tersebut dengan penuh ambisi dan tanpa perhitungan.
      Ia membiayai segala ongkos produksi peternakannya dengan jor-joran tanpa hitung untung dan rugi. Tak terasa, bukannya mendapatkan untung, Bayu justru mendulang kerugian hingga Rp 200 juta.
      Awalnya ia merasa jatuh. Namun, berkat lingkaran pertemanannya yang sehat, Bayu berhasil kembali bangkit. Kerugian sebanyak Rp 200 juta tersebut berhasil kembali hanya dalam satu tahun.
      Saat ini, ia total telah punya ribuan ekor kambing dan domba yang terbagi ke dalam 13 jenis, mulai dari perahan, indukan, hingga pedaging. Peternakan 78 Farm juga berhasil menguasai pasar nasional.
    • By peter_hutomo
      Berbagai raksasa streaming video Tiongkok menghapus seluruh arsip mereka terkait artis Vicky Zhao.
      Artis yang terkenal di tahun 1990-an karena drama Putri Huan Zhu ini dihapus jejaknya dari internet karena perintah dari National Radio and Television Administration (NRTA), regulator hiburan yang dikelola pemerintah Tiongkok.
      Mengutip Fortune, Kamis (2/9/2021), sejauh ini belum diketahui apa latar belakang penghapusan seluruh jejak Vicky Zhao dari internet.
      Kendati demikian, pihak berwenang terus melancarkan tindakan keras terhadap berbagai hal terkait dengan Vicky Zhao, mulai dari raksasa teknologi hingga fan club artis tersebut.
      Penghapusan seluruh konten film dan serial TV artis bernama asli Zhao Wei ini sudah dilakukan oleh platform streaming Tencent Video hingga iQiYi. Keduanya adalah platform streaming terbesar di Tiongkok.
      Tidak cuma itu, platform streaming juga menghapus konten yang di dalamnya terdapat nama Vicky Zhao sebagai sutradara atau produser. Situs jejaring sosial Weibo pun sama, ikut menghapus seluruh page tentang Vicky Zhao.
      Diduga Karena Dekat dengan Alibaba
      Menurut Global Times, NRTA idak memberitahu perusahaan streaming kenapa Vicky Zhao jadi sasaran penghapusan. Namun, kementerian hanya menginstruksikan platform untuk segera menghapus konten dan karya Vicky Zhao.
      Pengguna internet Tiongkok pun berspekulasi mengenai alasan pemerintah meminta jejak Vicky Zhao dihapus. Menurut mereka, sejarah transaksi bisnis kontroversial Vicky Zhao dan hubungan dekatnya dengan Alibaba jadi alasan.
      Punya Saham di Alibaba Pictures
      Sekadar informasi, Vicky Zhao menikah dengan investor asal Singapura Huang Youlong. Pada 2014, pasangan ini membeli saham Alibaba Pictures dengan nilai USD 400 juta. Keduanya jadi pemegang saham terbesar kedua perusahaan produksi ini.
      Namun pada 2017, regulator Tiongkok menjatuhkan larangan perdagangan saham selama lima tahun, setelah sekelompok investor menggugat Zhao dan suami, karena memberi informasi menyesatkan menjelang pengambilalihan perusahaan.
      Desas desus lain yang beredar menyebut, penangkapan Vicky Zhao terkait dengan kejatuhan Sekretaris Partai Hangzhou, Zhou Jianyong, yang ditahan karena tuduhan korupsi. Hangzhou adalah kantor pusat Alibaba.
      "Budaya selebritas Tiongkok memiliki hubungan yang sangat dekat dengan komunitas bisnis," kata Profesor Akademi Film Hong Kong Baptist, Kenny Ng.
      Artis Fan Bingbing juga Dihapus dari Internet

      Ia menyebut, seringkali terjadi banyak transaksi diam-diam antara selebritas, bisnis, dan pejabat pemerintah.
      Ini bukan pertama kalinya pemerintah Tiongkok menghapus jejak selebritas di sana. Sebelumnya pada 2018, Fan Bingbing, artis berbayaran paling mahal di Tiongkok juga menghilang dari publik.
      Juli 2018, laman media sosial Fan Bingbing menghilang. Para paparazzi juga tidak bisa menemukannya di mana pun. Sampai-sampai keluarga dan teman baiknya tidak bisa memberi informasi mengenai keberadaan artis yang bermain di beberapa film Hollywood itu.
      Rupanya, Fan muncul kembali pada Oktober 2018. Selama menghilang, ternyata dia ditahan sementara oleh pihak berwenang yang menyelidikinya karena penggelapan pajak.
×
×
  • Create New...