Jump to content
malsilestari

Ini Dia Prosedur Klaim Asuransi Kendaraan yang Benar dan Cepat

Recommended Posts

spacer.png

Di era modern seperti saat ini, kendaraan sudah seperti menjadi kebutuhan wajib bagi sebagian orang. Selain dapat mendukung aktifitas, kendaraan juga akan membuat waktu menjadi lebih efektif terutama untuk Anda yang selalu dikejar waktu karena pekerjaan. Sudah menjadi hal umum, bahwa seseorang akan bereaksi marah ketika kendaraan misalnya mobil yang sedang di gunakan terserempet akibat kecelakaan yang tidak disengaja. Padahal, jika Anda memiliki asuransi life Indonesia dan telah mendaftarkan kendaraan untuk mengikuti program asuransi, maka semua kerugian akan terproteksi sepenuhnya.

Semua jenis kendaraan pada umumnya dapat diberikan perlindungan dengan mengikuti program asuransi, terlebih lagi untuk yang harga jualnya terbilang tinggi, maka mengikuti program ini adalah hal yang penting dan harus segera didaftarkan. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi insiden di kemudian hari, maka Anda cukup melakukan klaim ganti rugi, sehingga semua kerusakan dan kerugian akan diganti seperti semula tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya prosedur klaim asuransi kendaraan terbilang mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah dengan mengikuti semua aturan dan ketentuan yang ditetapkan, maka semua tahap klaim akan berjalan lancar sesuai keinginan. Untuk itu, berikut penjelasan yang lebih detail untuk Anda ketahui, antara lain :

  1. Langkah awal yang harus Anda lakukan pada saat mengalami kecelakaan adalah dengan mengambil foto pada bagian kendaraan yang rusak akibat insiden. Foto ini nantinya akan digunakan untuk bukti pada saat klaim asuransi.
  2. Umumnya setiap polis asuransi akan memberikan syarat dokumen tambahan seperti identitas diri yang sah dan diakui serta surat ijin berkendara.
  3. Setiap asuransi life Indonesia sudah pasti memiliki atau menjalin kerjasama dengan bengkel yang ada di wilayah Anda. Pastikan Anda memilih bengkel yang termasuk dalam daftar tersebut dan katakan bahwa Anda akan melakukan klaim asuransi sehingga pihak bengkel akan mengkonfirmasi langsung pada pihak asuransi.
  4. Berikutnya Anda akan di berikan sebuah dokumen berisi pertanyaan yang harus dilengkapi, usahakan untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan jujur dan teliti, serta jangan sampai ada yang terlewat.

Data yang Anda berikan pada pihak asuransi maupun bengkel rekanan yang akan membantu mengembalikan kondisi kendaraan seperti semua akan sangat mempengaruhi pada proses penerimaan klaim asuransi. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan semua formulir dan data sudah sesuai dengan permintaan, maka tinggal menunggu jam kerja antara 2-3 hari untuk mendapatkan persetujuan.

Waktu servis kendaraan pasca terjadi kecelakaan biasanya akan bergantung pada kondisi kerusakan yang terjadi pada kendaraan Anda, misalnya jika parah dan harus mendatangkan sparepart dari luar negeri, maka biasanya akan membutuhkan waktu yang lebih lama. Tidak ada salahnya jika Anda bertanya kapan waktu pasti kendaraan bisa di ambil setelah proses servis sudah dimulai.

Itulah ulasan mengenai asuransi life Indonesia mengenai cara klaim program asuransi kendaraan yang benar dan cepat. Anda dapat menjadikannya referensi jika di kemudian hari mengalami insiden pada kendaraan Anda, namun, pastikan bahwa sebelumnya Anda telah terdaftar sebagai nasabah asuransi terlebih dahulu. Salah satu perusahaan asuransi terkemuka yang terpercaya dan dipilih oleh masyarakat sampai saat ini adalah Allianz Life Indonesia karena telah terbukti memiliki layanan berkelas dan selalu mengutamakan kepuasan nasabah. Sehingga tunggu apalagi, segera daftarkan kendaraan Anda untuk mengikuti program asuransi Allianz.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...