Jump to content
peter_hutomo

Aturan IMEI Bikin Ponsel Curian Jadi Gak Berharga

Recommended Posts

1619632913_handphoneimei.thumb.jpg.0dd38bf809dc64b646450688d93a07cf.jpg

Pemerintah melalui tiga kementerian telah menekan aturan validasi International Mobile Equipment Identity (IMEI) yang akan memblokir ponsel black market (BM) di Indonesia. Tak hanya soal itu, bagi kalian yang kehilangan ponsel atau dicuri, bisa memanfaatkan regulasi ini.

Seperti yang tertera pada Peraturan Menteri (Permen) Kominfo nomor 11 tahun 2019 tentang Pengendalian Alat Dan/Atau Perangkat Telekomunikasi yang Tersambung ke Jaringan Bergerak Seluler Melalui Identifikasi International Mobile Equipment Identity, tepatnya di dua ayat pada pasal 9.

Begini bunyi pasal tersebut:

Quote

(1) Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada pengelola Sistem Pengelolaan IMEI Nasional melalui Penyelenggara agar IMEI Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang dilaporkan hilang dan/atau dicuri untuk dimasukkan ke dalam Daftar Hitam.

(2) Dalam hal Alat dan/atau Perangkat Telekomunikasi yang dilaporkan hilang dan/atau dicuri telah ditemukan kembali, maka Pengguna dapat mengajukan permohonan kepada pengelola Sistem Pengelolaan IMEI Nasional melalui Penyelenggara untuk mengeluarkan IMEI dari Daftar Hitam.

Penyelenggara yang dimaksud di atas adalah penyelenggara jaringan bergerak seluler atau operator seluler, seperti Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, Hutchison Tri Indonesia, maupun Smartfren.

Dengan demikian, masyarakat yang mengalami kejadian seperti kehilangan maupun dicuri, maka kalian bisa mengajukan permintaan ke operator seluler yang bersangkutan, seperti yang tercantum di Pasal 10 yang bunyinya:

Quote

Customer Care Penyelenggara wajib memberikan layanan kepada Pengguna yang melaporkan kehilangan atau kecurian perangkat telepon seluler, komputer genggam, atau komputer tablet.

Adapun perangkat yang telah hilang atau dicuri tersebut, maka operator akan melakukan pembatasan akses jaringan. Itu artinya, ponsel tersebut hanya sekedar ponsel yang tidak bisa terhubung dengan jaringan telekomunikasi layaknya perangkat pada umumnya. Ibaratnya, ponsel ini menjadi benda tak berguna untuk komunikasi, atau suka diistilahkan 'batu bata'.

Seperti diketahui, tiga kementerian yang dimaksud berperan aktif dalam aturan IMEI itu adalah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan Kementerian Perdagangan (Kemendag). Melalui regulasi ini, pemerintah berupaya keras memerangi peredaran ponsel BM yang dinilai merugikan negara selama ini.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • Guest News
      By Guest News
      Pameran dagang ponsel terbesar di dunia, Mobile World Congress, berlangsung di Barcelona, Spanyol pada akhir Februari. Hampir semua produsen ponsel dunia, kecuali Apple, memanfaatkan ajang ini untuk memperkenalkan produk terbaru mereka.
       
    • By c0d1ng
      Semua berawal ketika industri smartphone mulai menanjak, Meizu dengan cepat merespons peluang yang ada. Perusahaan ini resmi memasuki bisnis smartphone pada 2007 di China, disusul kemunculan smartphone pertamanya di 2009 dengan sebutan M8. Ponsel ini juga menjadi yang pertama menyodorkan teknologi layar sentuh.
      Inovasi Meizu kemudian berlanjut di M9 sebagai ponsel pertama di China yang mengusung teknologi layar retina. Sementara penerusnya yang dinamai MX didaulat sebagai ponsel pertama yang menggunakan prosesor dual core.
      Di MX2, Meizu mulai fokus pada sisi desain yang menjadikan ponsel ini sebagai salah satu yang tertipis. Sedangkan di MX3 desainnya semakin disempurnakan lagi karena mampu menyodorkan desain yang lebih tipis lagi.
      Meizu mengklaim pengembangan MX3 dilakukan dengan sangat serius. Tercatat ada sebanyak 31 model yang dibuat Meizu demi menemui desain optimal di MX3. Pasalnya selain tampil elegan, Meizu juga ingin MX3 bisa nyaman digenggam hanya dengan satu tangan.
      Di era teknologi pemindai sidik jari sedang naik daun, Meizu lagi-lagi menempatkan posisinya sebagai ponsel yang pertama menyodorkan teknologi tersebut di China lewat MX4 Pro. Inovasi tak berhenti di situ karena kemudian di Pro5, Meizu masuk dalam jajaran seribu ponsel pertama di dunia yang membenamkan teknologi pemindai sidik jari di bagian depan ponsel. Sebagai penerus Pro5, sekarang Meizu memiliki Pro6 Plus yang dibekali segudang teknologi yang lebih baik lagi.
      Inovasi-inovasi tersebut berhasil membuat Meizu menarik perhatian  konsumen. Usaha Meizu juga tak sia-sia karena kini brand ponsel ini telah berhasil menempati peringkat lima besar di China.
      Di Indonesia sendiri, saat ini smartphone bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi kebutuhan primer di masyarakat. Smartphone saat ini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi tetapi juga difungsikan sebagai alat untuk menunjang pekerjaan atau kegiatan seseorang. Melihat peluang ini, Meizu hadir di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan segudang inovasinya. Meizu pun memantapkan eksistensinya di Indonesia sebagai principle.
      Kehadiran Meizu di Indonesia menawarkan sesuatu yang berbeda dari brand lain. Tak hanya menonjolkan inovasi produk, keseriusan dan komitmen Meizu juga dapat dilihat dari berbagai service center yang telah tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Brand ponsel asal China ini meyakini, selain berbekal inovasi, pelayanan yang baik dan berkualitas juga membuat Meizu mendapatkan tempat di hati konsumennya.
    • By dugelo
      Random access memory (RAM) adalah salah satu komponen penting dalam smartphone yang akan menunjang performa. Untuk itu, RAM menjadi salah satu poin penting sebelum membeli sebuah smartphone.
      Kekuatan RAM yang besar dapat menunjang kinerja sebuah smartphone dengan signifikan. Ini beberapa smartphone RAM 3 GB dengan banderol Rp2 jutaan ndral, barangkali bisa jadi referensi.
      Infinix Zero 3

      Dari sisi jeroan, ponsel ini mengusung chipset Helio x10 Octa-core 2.1 GHz dengan RAM 3 GB. Dengan baterai berkapasitas 3.030 mAh, Infinix Zero 3 dibanderol Rp2,59 juta.
      Flash Plus 2

      Ponsel yang dirilis pada Juni 2016 ini menggunakan chipset Helio P10 Quad-core 1.8 GHz yang berpasangan dengan RAM 3 GB. Didukung baterai 3.000 mAh, ponsel ini dibanderol Rp2,19 juta.
      Vivo V3

      Ponsel berbanderol Rp2,8 juta ini menggunakan Snapdragon 616 Quad-core 1.5 GHz yang dipasangkan degan RAM 3 GB. Ponsel ini juga didukung baterai 2.500 mAh.
      Lenovo K5 Plus

      Ponsel yang dirilis pada Juli 2016 ini mengusung baterai Snapdragon 616 Quad-core 1.5 GHz dengan RAM 3 GB. Selain itu, terdapat dukungan baterai 2.750 mAh dan kamera belakang 13 MP. Ponsel ini dibanderol Rp2,4 juta.
      Xiaomi Redmi Note 4

      Dengan dukungan baterai 4.100 mAh, smartphone ini dibanderol Rp2,6 juta. Untuk urusan chipset, ponsel ini menggunakan Helio X20 Deca-core 2.11 GHz berpasangan dengan RAM 3 GB.
    • Guest News
      By Guest News
      Emas banyak dipakai dalam industri elektronik, khususnya dalam ponsel pintar atau smartphone, karena sifatnya yang tahan karat dan penghantar listrik. Meningkatnya jumlah ponsel bekas mendorong pabrik mencari cara mengambil kembali logam mulia itu.
       
    • By mendingan
      Galaxy Note 7 sempat menyandang status sebagai salah satu smartphone terbaik. Namun, gara-gara Galaxy Note 7, Samsung tampaknya kehilangan kepercayaan konsumen. Ia pun kini harus mengembalikan reputasi itu untuk kebaikan di masa mendatang.
      Sebuah survei terbaru yang dilakukan setelah laporan ponsel terbakar yang memaksa Samsung mengeluarkan recall global, menemukan bahwa sepertiga dari responden mengatakan, mereka tidak akan membeli ponsel Samsung lagi.

      Menurut survei, 40 persen pengguna Samsung saat ini mengatakan bahwa mereka tidak akan pernah membeli ponsel lain bermerek Samsung. Jumlah ini naik dari sebelumnya hanya 34 persen pelanggan Samsung yang mengatakan tidak akan membeli ponsel lain bermerek Samsung pada September, sebelum unit pengganti mulai meledak.
      Sebanyak 40 persen responden dalam survei terbaru mengaku tidak akan membeli ponsel lain yang dibuat Samsung. Kemudian, 8 persen mengatakan, mereka akan membeli salah satu ponsel Pixel baru Google. Sebanyak 70 persen mengatakan, mereka akan tetap dengan ponsel yang didukung Android, sementara 30 persen mengatakan, mereka berencana untuk melompat ke iOS dengan membeli iPhone.
      Pada survei 23 September, dilakukan setelah recall pertama, 77 persen dari 1.000 pelanggan Samsung yang disurvei mengatakan, mereka berencana setia kepada perusahaan karena mereka tidak ingin belajar bagaimana ponsel baru bekerja.
      Ponsel ini pertama kali dirilis pada Agustus, namun cacat pada ponsel ini menyebabkan beberapa unit meledak dan harus di-recall. Unit baru yang lebih aman ternyata juga mengalami hal serupa. Setelah menghentikan sementara penjualan untuk jangka waktu singkat guna melakukan penyelidikan, Samsung malah memutuskan tidak mengeluarkan recall kedua, tetapi malah membantalkan penjualan telefon tersebut.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy