Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
PusatInformasi

Obat Asam Lambung Bisa Picu Kanker Dan Ditarik BPOM

Recommended Posts

Ranitidine.thumb.jpg.da9dfab6844dc08de1b50143cdcc0bf4.jpg

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memerintahkan penarikan obat asam lambung mengandung ranitidin. Sesuai edaran BPOM, obat ini tercemar N-Nitrosodimethylamine (NDMA) yang dikaitkan dengan risiko kanker.

"Berdasarkan nilai ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan, Badan POM memerintahkan kepada Industri Farmasi pemegang izin edar produk tersebut untuk melakukan penghentian produksi dan distribusi serta melakukan penarikan kembali (recall) seluruh bets produk dari peredaran (terlampir)," tulis BPOM dalam penjelasan resminya dikutip dari detikcom, Senin (7/10).

Nilai ambang batas cemaran NDMA yang diperbolehkan adalah 96 ng/hari (acceptable daily intake). Bahan ini bersifat karsinogenik (bisa memicu kanker) jika dikonsumsi di atas ambang batas secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Hasil uji yang dilakukan BPOM terhadap sejumlah sampel menunjukkan, sebagian mengandung cemaran NDMA dengan jumlah melebihi batas yang diperbolehkan. Pengujian dan kajian risiko terhadap seluruh produk masih akan dilanjutkan.

BPOM mengimbau pasien yang masih mengonsumsi ranitidin disarankan untuk menghubungi dokter atau apoteker.

Berikut daftar obat mengandung ranitidin yang ditarik dari pasaran sesuai lampiran BPOM:

PERINTAH PENARIKAN:

1. Ranitidine Cairan Injeksi 25 mg/mL
- Nomor bets produk beredar:
95486 160 s/d 190
06486 001 s/d 008
16486 001 s/d 051
26486 001 s/d 018
- Pemegang izin edar:
PT Phapros Tbk

PENARIKAN SUKARELA:

1. Zantac Cairan Injeksi 25 mg/mL
- Nomor bets produk beredar:
GP4Y, JG9Y, XF6E
- Pemegang izin edar:
PT Glaxo Wellcome Indonesia

2. Rinadin Sirup 75 mg/5mL
- Nomor bets produk beredar:
0400518001
0400718001
0400818001
- Pemegang izin edar:
PT Global Multi Pharmalab

3. Indoran Cairan Injeksi 25 mh/mL
- Nomor bets produk beredar
BF 12I008
- Pemegang izin edar:
PT Indofarma

4. Ranitidine Cairan Injeksi 25 mg/mL
- Nomor bets produk beredar:
BF17I 009 s/d 021
- Pemegang izin edar:
PT Indofarma

Pihak PT Phapros Tbk telah melakukan penjelasan ihwal penarikan obat Ranitidine, bisa di simak penjelasannya di sini. (Updated Pukul 18.15/Senin (7/10) 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By MariaAngeline
      Panas dalam dapat menyerang siapa saja, dari bayi sampai orang lanjut usia. Banyak faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya panas dalam. Faktor tersebut antara lain yaitu karena tubuh kekurangan cairan, penurunan daya tahan tubuh, konsumsi makanan yang pedas dan banyak mengandung lemak, kekurangan serat, ketidakstabilan hormon dalam tubuh, faktor cuaca yang panas, stres, atau akibat adanya proses peradangan. Gejala yang dialami oleh orang yang mengalami panas dalam antara lain yaitu timbulnya sariawan, bibir pecah-pecah, bau mulut tak sedap, tenggorokan kering atau terasa sakit, rasa tidak nyaman di perut (mual, kembung), susah buang air besar, dan terjadinya peningkatan suhu tubuh.
      Untuk mengobati panas dalam, Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita. Ketika panas dalam muncul, disarankan sebaiknya jangan langsung mengkonsumsi obat-obatan kimia karena belum tentu akibat suatu penyakit. Anda dapat mengatasinya terlebih dahulu dengan cara berikut ini dengan tujuan untuk menyeimbangan nutrisi, cairan, elektrolit, dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh Anda. Berbagai cara mengobati panas dalam secara alami yaitu sebagai berikut:
      Air kelapa muda
      Air kelapa muda dikenal memiliki kandungan elektrolit tinggi yang efektif untuk menyembuhkan panas dalam. Selain itu minum air kelapa muda juga dapat mengatasi dehidrasi. Sehingga dengan mengkonsumsi air kelapa muda tubuh Anda akan merasa segar dan menetralkan suhu tubuh, serta menyeimbangkan cairan elektrolit. Cara mengobati panas dalam menggunakan air kelapa muda yaitu dengan mengambil air yang terkandung di dalam kelapa yang masih muda, dengan atau tanpa daging kelapanya. Anda dapat mencampurkan madu untuk menambah khasiatnya.
      Lemon dan madu
      Lemon merupakan buah yang memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C sangat penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh serta untuk mengatasi panas dalam. Selain itu konsumsi lemon juga dapat memberikan rasa segar di dalam tubuh. Ditambah lagi dengan khasiat madu yang berfungsi untuk mencegah dari serangan penyakit. Cara mengobati panas dalam menggunakan lemon dan madu yaitu siapkan satu buah lemon, lalu diperas untuk diambil airnya dan masukkan ke dalam 1 gelas air matang. Tambahkan 6 sendok makan madu murni dan aduk hingga rata. Konsumsi secara teratur 2 kali dalam sehari maka panas dalam yang Anda derita akan segera sembuh.
      Kacang hijau
      Kacang hijau merupakan jenis kacang-kacangan yang dikenal memiliki kandungan serat cukup tinggi. Dengan kandungan serat ini maka dapat berkhasiat meredakan panas dalam sekaligus melancarkan pencernaan. Selain itu dengan konsumsi kacang hijau juga dapat memperbaiki sistem imunitas dalam tubuh Anda. Cara mengobati panas dalam dengan kacang hijau yaitu dengan menyiapkan 2 genggam kacang hijau dan masukkan ke dalam 3 gelas air. Lalu rebus sampai airnya tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring untuk diambil airnya dan minumlah secara rutin air rebusan kacang hijau tersebut untuk menyembuhkan panas dalam.
      Cincau
      Cara mengobati panas dalam yang berikutnya yaitu dengan mengkonsumsi cincau. Cincau merupakan bahan yang terbuat dari tumbuhan yang diolah secara alami yang biasa digunakan sebagai campuran minuman untuk menciptakan efek yang menyegarkan. Selain menyegarkan dan menghilangkan dahaga, konsumsi cincau ternyata juga dapat meredakan panas dalam. Cara mengkonsumsinya Anda dapat mencampurkan cincau ke dalam minuman seperti biasanya, tetapi tidak usah menggunakan es. Sebab dengan konsumsi es justru dapat memicu radang sehingga panas dalam yang Anda alami justru semakin parah.
      Kencur
      Kencur yang merupakan salah satu jenis bumbu dapur ini merupakan tanaman herbal yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan termasuk untuk mengobati panas dalam. Kandungan mineral alaminya dapat berkhasiat untuk menurunkan panas di dalam tubuh. Cara mengobati panas dalam menggunakan kencur yaitu siapkan 2 ruas kencur seukuran ibu jari, dicuci sampai bersih, dikupas, kemudian diparut. Setelah diparut lalu diperas untuk diambil airnya. Campurkan perasan air kencur tersebut ke dalam setengah gelas air hangat. Konsumsilah ramuan ini secara teratur 2 kali dalam sehari.
      Yogurt
      Yogurt merupakan susu yang sudah difermentasi dengan bantuan bakteri baik. Komsumsi yogurt sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya untu menjaga saluran pencernaan dengan menambah bakteri baik atau disebut sebagai probiotik sehingga dapat melawan bakteri jahat. Dengan minum yogurt juga berkhasiat untuk mengobati panas dalam.
      Blewah
      Blewah merupakan sejenis buah yang sering digunakan sebagai campuran minuman. Buah ini dikenal mempunyai khasiat untuk megobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain sebagai antihipertensi, blewah ternyata juga berkhasiat untuk meredakan panas dalam dan untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan serat. Cara mengobati panas dalam menggunakan blewah yaitu dengan menyiapkan buah blewah, belah menjadi dua bagian. Kemudian kerok bagian dalam/dagingnya dan campurkan ke dalam minuman, tambahkan madu atau gula secukupnya sebagai pemanis, lalu minum secara teratur untuk menyembuhkan panas dalam yang Anda alami.
      Stroberi
      Cara mengobati panas dalam juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi buah stroberi. Buah ini mempunyai kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh antara lain yaitu kalsium, magnesium, zat besi, asam folat, sodium, potasium, seng, beta karoten, vitamin A, B, dan C. Kandungan vitamin C dalam buah stroberi cukup tinggi sehingga sangat baik untuk meredakan panas dalam.
      Semoga bermanfaat Ngobaser!
       
    • By panji_ukbar

      Gejala tonsiltis atau amandel sangat umum dialami anak-anak. Terkadang, rasa panik pun tiba di saat masalah itu kambuh.
      Kalau sudah begitu, berusahalah untuk tenang dan cerdas membuat ramuan hangat untuk si buah hati. Ada tiga bahan alami berikut ini yang ampuh mengobati amandel pada anak sejak dulu.
      Daun mint
      Kandungan mentol yang ada di dalam daun mint sangat ampuh mengobati amandel pada anak-anak. Daun ini dapat menenangkan membran tenggorokan yang meradang, sekaligus mencegah kambuhnya amandel yang begitu menyakitkan. Caranya kunyah daun mint segar atau Anda juga dapat merebusnya hingga mendidih, lalu minum selagi hangat.
      Kemangi
      Rasa nyeri di kala amandel kambuh pasti membuat buah hati rewel. Moms, harus jeli untuk membuat ramuan ampuh dari daun kemangi. Rebus daun kemangi dengan air hingga mendidih, lalu tambahkan jus lemon secukupnya. Minum tiga kali sehari, sampai rasa nyeri itu tiada.
      Jus lemon
      Buah lemon kaya vitamin C, juga memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Ini sangat efektif untuk mengatasi gejala tonsiltis pada anak, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya.
      Seduh jus lemon dan madu ke dalam secangkir air hangat. Kemudian, minum larutan sehat ini sebanyak dua kali sehari.
    • By qbonk

      Batu ginjal dapat menyebabkan rasa sakit yang luar biasa, termasuk saat buang air kecil. Untuk mengatasi masalah batu ginjal, Anda bisa mengandalkan cuka.
      Cuka adalah salah satu pengobatan terbaik untuk mengobati batu ginjal secara efektif. Selain itu, sifat asam dari cuka juga membantu menghambat jaringan pembentuk batu.
      Ada beberapa cara untuk menggunakan cuka sebagai pengobatan batu ginjal. Berikut beberapa cara pengobatan batu ginjal menggunakan cuka.
      Cuka dan air
      Ini adalah salah satu metode terbaik untuk mengobati batu ginjal. Tambahkan 2 sendok cuka untuk 8 ons air. Minum ramuan ini satu kali sehari untuk menyingkirkan batu ginjal. Seiring dengan melakukan cara ini, minumlah banyak air untuk mengeluarkan racun dari tubuh.
      Cuka, air dan baking soda
      Bila dicampur dengan baking soda, maka cuka akan bekerja sangat baik untuk mengobati batu ginjal. Karena, efek alkalizing baking soda juga menghilangkan asam dari tubuh. Tambahkan 2 sendok cuka dan setengah sendok baking soda ke dalam segelas air. Kemudian, minumlah ramuan ini tiga kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.
      Cuka dan madu
      Sifat anti-bakteri dan anti-jamur madu efektif dalam mengobati batu ginjal. Campurkan 1 sendok cuka dengan 2 sendok madu, kemudian minumlah ramuan ini.
      Cuka, minyak zaitun, jus lemon dan air
      Sifat asam dari lemon mengurangi tingkat keasaman dalam air seni. Hal ini pada akhirnya mencegah pembentukan batu dan bakteri di ginjal. Campurkan minyak zaitun dan jus lemon dalam takaran yang sama serta tambahkan 1 sendok cuka ke segelas air. Minumlah ramuan ini untuk mencegah batu ginjal.
      Cuka, minyak kelapa dan air
      Kelapa tidak hanya baik untuk kulit dan rambut, tetapi juga bermanfaat mengobati batu ginjal. Tambahkan 2 sendok cuka dan minyak kelapa ke segelas air. Minumlah ramuan ini secara teratur untuk melarutkan batu ginjal.
      Cuka, madu, dan baking soda
      Campur 1 sendok cuka dan madu, serta setengah sendok baking soda ke segelas air. Kemudian, aduk sampai larut dan minumlah ramuan ini untuk menyingkirkan batu ginjal secara teratur sehari sekali.
    • Guest News
      By Guest News
      Sementara Badan Kesehatan Dunia WHO berencana memulai uji klinis bagi vaksin baru, para ilmuwan di Afrika Selatan mengumumkan terobosan penting yakni uji coba obat ampuh yang bisa menyembuhkan malaria dengan sekali dosis.
      VOA Indonesia: http://www.voaindonesia.com
      Ngobas: http://ngobas.com
    • By reksi34
      Rasa sakit yang ditimbulkan infeksi ataupun iritasi pada tenggorokan biasanya membuat Anda malas untuk makan karena rasa sakit saat menelan. Namun jika Anda terus menerus seperti itu selama beberapa hari, maka tubuh Anda akan kekurangan gizi yang dibutuhkan dan kemungkinan daya tahan tubuh akan menurun. Seseorang dengan daya tahan tubuh yang lemah akan lebih mudah terkena berbagai penyakit. Oleh karena itu Anda harus segera mengobati radang tenggorokan.
       
      Saat mengalami radang tenggorokan, sebaiknya Anda tetap berusaha untuk mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi. Anda pun dapat mencoba mengobati radang tenggorokan dengan berbagai pengobatan alami. Berikut beberapa tips pengobatan alami untuk mengobati radang tenggorokan:
       
      Minyak zaitun
       
      Meminum minyak zaitun kurang lebih satu sendok makan setiap 4 jam sekali. Minyak zaitun mengandung mineral dan zat gizi yang dapat membantu menambah asupan gizi agar daya tahan tubuh Anda tidak lemah. Selain itu Anda dapat memakan bubur yang terbuat dari nasi atau oat dan beri campuran telur.
       
      Lidah buaya
       
      Konsumsi campuran daging lidah buaya yang sudah di blender, perasan jeruk lemon dan madu. Gunakan kurang lebih 90 gram daging lidah buaya, setengah bagian jeruk lemon dan madu secukupnya kemudian panaskan hingga mendidih. Sebaiknya Anda meminum campuran ini sebanyak tiga kali dalam sehari secara rutin.
       
      Daun sambiloto dan daun sirih
       
      Gunakan air rebusan daun sambiloto dan daun sirih untuk berkumur. Rebus daun sambiloto dan daun sirih yang sudah dicuci bersih menggunakan dua gelas air, masing-masing 5 lembar daun. Didihkan hingga mendidih dan tersisa satu gelas, kemudian berkumurlah setiap beberapa jam sekali menggunakan air rebusan tersebut.
       
      Air garam
       
      Berkumurlah menggunakan air garam yang hangat. Anda cukup melarutkan setengah sendok makan garam ke dalam 150 ml air hangat, kemudian menggunakan air tersebut untuk berkumur. Anda dapat berkumur menggunakan larutan air garam sebanyak satu sampai dua kali setiap hari.
       
      Jahe atau madu
       
      Mencampurkan jahe atau madu dengan secangkir teh hangat akan memberikan rasa nyaman tersendiri pada tenggorokan Anda yang sedang infeksi atau iritasi. Madu dikenal memiliki kemampuan anti-bakterial yang membantu mempercepat proses pengobatan. Sedangkan jahe mampu membantu pembunuhan bakteri jahat dalam tubuh. Anda dapat menambah irisan jahe pada secangkir teh hangat.
       
      Itulah beberapa obat alami radang tenggorokan. Proses penyembuhan dan pengobatan radang tenggorokan akan lebih cepat jika Anda memperbanyak konsumsi air putih, mendapatkan waktu yang cukup untuk isitrahat dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy