Jump to content
  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Memang tidaklah mudah menjaga kesehatan gigianak,apalagi  kalau si anak suka jajanan yang manis-manis,dan kebanyakan seorang anak itu sangat susah jika disuruh untuk menyikat gigi nya. Tapi sebagai seorang ibu, kita tetap harus menjaga kesehatan gigi anak dan hal itu tidak boleh dianggap remeh, kenapa?
      Karena kesehatan gigi anak sewaktu kecil mempengaruhi kesehatan giginya setelah dewasa nanti.selain itu rusak nya gigi anak bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan nya, mengalami sakit gigi dan karena sakit pada gigi itu maka akan membuat si anak tidak nafsu makan. Menurut penelitian ahli gigi, buruk nya kesehatan gigi anak bisa mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.
      Lantas, apa yang harus kita lakukan sebagai seorang ibu? kita harus mengenalkan sejak dini kepada anak betapa penting nya merawat gigi. Jika si anak belum mempunyai gigi yang banyak,maka kita bisa membersihkan gigi nya tersebut menggunakan kain kasa yg lembab. Dan hal itu akan membuat si anak merekam dalam otak nya, bahwa menjaga kebersihan gigi itu sangat penting.dan jika gigi anak sudah banyak, kita bisa mengajari nya menggosok gigi.
      Ada beberapa kiat dalam mengajarkan anak agar mau menyikat gigi nya.
      Sediakan si anak sikat gigi yang bentuk nya lucu, dan sediakan odol anak yang beraroma buah buahan dan tidak pedas. Ajak mereka sikat gigi bersama-sama dengan kita, sambil mengajari si anak cara menggosok gigi yang benar. Setelah si anak menggosok gigi nya,berikan pujian kepada si anak agar mereka merasa dihargai. Sekali-kali berceritalah,, berikan cerita-cerita anak tentang penting nya menjaga kesehatan gigi dan apa akibat nya jika tidak mau menggosok gigi atau tontonkan si anak dgn video tentang pentingnya menjaga gigi, hal itu benar-benar sangat berkesan di hati anak. Bawalah anak-anak anda ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali agar kesehatan gigi anak selalu terjaga dan terkontrol.
    • By BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • By rani
      Pagi hari seharusnya tubuh menjadi lebih segar karena sudah tidur delapan jam. Tapi masih ada saja orang yang sering melakukan kesalahan fatal dan harus dihindari.
      Berikut adalah empat kebiasaan buruk yang harus dihindari pagi hari. Simak yuk ulasannya!
      Tidak minum air putih setelah bangun tidur
      Anda harus memiliki cukup cairan saat bangun pagi. Agar semua racun dalam tubuh Anda menghilang. Tidak hanya itu, Anda juga tampak berenergi saat menjalani aktivitas di mana saja. Sebaliknya, jika tidak minum air putih, tubuh akan terasa lemas dan tidak semangat bekerja.
      Olahraga dengan perut kosong
      Setidaknya isi perut dulu sebelum berolahraga. Ya, meski Anda berniat untuk membakar kalori, tetap saja butuh energi maksimal untuk beraktivitas di pagi hari.
      Sarapan berlebihan
      Kebiasaan seseorang sering kali mengambil menu sarapan berlebihan. Apalagi kalau orang Indonesia makan nasi atau gorengan di pagi hari. Atau bahkan mereka makam roti tawar dengan selai. Makanan ini mengandung tinggi kalori yang dapat menyebabkan penumpukan.
      Bangun kesiangan
      Karena begadang di malam hari, akibatnya bangun kesiangan. Anda seharusnya menghindari kebiasaan ini karena tidak baik untuk kesehatan. Usahakan tidur tepat waktu dan tinggalkan semua aktivitas Anda di malam hari meski pekerjaan masih banyak.
    • Guest News
      By Guest News
      Ada belasan juta warga AS yang menderita alergi makanan yang biasanya was-was bila mereka memesan makanan di restoran. Sekarang tidak lagi bagi penderita intoleransi gluten, dengan adanya teknologi mudah dibawa kemana-mana yang bisa mendeteksi gluten.
       
    • By BincangEdukasi
      Anda mungkin bisa bertahan hidup tanpa makan dalam beberapa hari, tapi jika tanpa air, Anda mungkin akan lebih sulit bertahan hidup.
      Air merupakan bagian penting dalam tubuh kita. Sekitar 70 persen tubuh kita terdiri atas air. Air ada pada darah, otot, dan tulang yang bertanggung jawab menjaga metabolisme. Penting bagi kita menjaga asupan air setiap hari.
      Tubuh setidaknya membutuhkan delapan gelas air dalam sehari. Kekurangan air memberi dampak buruk bagi kesehatan. Dikutip dari Solopos.com, inilah yang terjadi pada tubuh ketika Anda kekurangan air:
      Sembelit
      Kekurangan air membuat feses keras dan Anda akan mengalami sembelit. Agar buang air besar teratur, tubuh membutuhkan air yang cukup.
      Maag
      Ketika tubuh kekurangan air, ada pembentukan muktosa dalam lambung juga berkurang. Hal ini akan mempengaruhi pencernaan dan mengarah pada sakit maag.
      Nyeri Sendi
      Sekitar 80 persen tulang rawan dalam sendi terdiri dari air. Ketika tubuh tidak cukup air maka akan menyebabkan peradangan dan nyeri sendi.
      Tekanan Darah Rendah
      Darah mengandung unsur air. Jadi ketika tubuh kekurangan air akan mengarah ke penurunan tingkat tekanan dalam darah.
      Gerakan Jantung Tak Normal
      Ketika tubuh kekurangan air, terjadi pengurangan garam, gula dan mineral dalam tubuh. Hal ini menyebabkan irama jantung yang abnormal.
      Kelelahan dan Pusing
      Ketika tubuh kurang air, jaringan dan sel dalam tubuh juga tidak mendapatkan cukup air. Keadaan itu membuat enzim gagal menghasilkan energi yang cukup. Hal ini menyebabkan orang merasa pusing dan lelah.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy