Jump to content
Males

Diduga Salah Input, PPP Kehilangan Ribuan Suara di Sleman

Recommended Posts

Logo_PPP_svg.thumb.png.247cbd0d98ce90ae1fb2f5db0ef69a36.png

Proses rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sleman pada Selasa (7/5/2019) malam diwarnai protes dari kubu Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Hal tersebut dikarenakan perolehan suara PPP berkurang sebanyak 1.508 suara yang diduga karena kesalahan input.

"Awalnya kami menerima laporan dari saksi di Kecamatan Depok, di plano tertulis 2.929, namun saat dihitung, kami kehilangan 1.508 suara," kata Ketua DPC PPP Sleman, HM Nasikhin, Selasa (7/5/2019) malam di Aula Bappeda Sleman.

Ia menduga, kehilangan tersebut dikarenakan salah input. Ia pun langsung mengajukan keberatan dan meminta kepada KPU untuk melakukan penghitungan ulang.

“Angka seribu itu cukup besar, meskipun kami di dapil 4 (dapil yang kehilangan suara) tidak mendapatkan kursi, dan biar jelas semuanya, kami minta diulang penghitungan plano semuanya, buka bersama disaksikan semua partai," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Sleman, Trapsi Haryadi mengakui memang ada perbedaan angka perolehan suara PPP untuk surat suara DPRD Kabupaten di Kecamatan Depok.

"Kami mencoba untuk menelusuri dan kami persilakan ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) untuk memberi keterangan yang jelas dan terbuka di sidang, ada angka yang berbeda. Satu angkapun yang berbeda itu harus diklarifikasi, PPK yang melakukan proses input dari bawah sampai kecamatan," ucapnya.

Rapat pleno di KPU Sleman pada Selasa (7/5/2019) akhirnya diskors dan akan dilanjutkan kembali pada Rabu (8/5/2019) sekitar pukul 13.00 WIB. Sekadar informasi KPU Sleman telah menyelesaikan rekapitulasi di 16 kecamatan. Masih tersisa satu kecamatan, yakni Kecamatan Depok.

Gimana menurutmu ndral?

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By BincangEdukasi
      Beberapa bulan terakhir, ada tren penjual tahu bulat yang berkeliling menggunakan mobil bak terbuka dan khas dengan rekaman suara dalam menjajakannya.
      "Tahu bulat, digoreng dadakan, lima ratusan, gurih gurih nyoi...," begitu terdengar saat mobil tahu bulat ini melintas.
      Penasaran, suara siapakah yang mengisinya? Saat ditanyakan kepada penjualnya, mereka mengatakan bahwa suara yang diputar berulang-ulang ini ternyata merupakan rekaman suara pemiliknya.
      "Itu bos saya yang ngerekam suaranya di kontrakan," kata seorang penjual tahu bulat, Ade, di Bogor, Sabtu (16/5/2016).
      Ade mengatakan, rekaman suara tersebut sudah dipakai sejak tahu bulat berkembang di daerah Cianjur.
      Ia menceritakan, tahu bulat ini awalnya berkembang di daerah Cianjur dan Sukabumi selama hampir dua tahun.
      Lalu, karena sudah tidak begitu ramai lagi, akhirnya para pedagang ini pindah ke wilayah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya.
      Sistem penjualan tahu bulat ini terbilang sistematis. Para penjual tahu bulat ini tergabung dalam grup-grup. Grup terdiri atas tujuh mobil pedagang tahu bulat.
      Para pedagang ini datang dari daerah Cianjur dan Serang. Di Bogor, para pedagang dari satu grup berkumpul di satu kontrakan di wilayah Jambu Dua.
      "Nah, kalau rekaman suaranya sama, berarti itu dari satu grup," ujar Ade.
      Para pengelola menyediakan bahan utama berupa tahu bulat yang didatangkan dari wilayah Cianjur dan Tasikmalaya.
      Lalu, untuk mobil, para pengelola menyewakannya kepada para pedagang dengan biaya Rp 100.000, sudah lengkap dengan tempat penggorengan dan atap terpal.
      "Sehari paling harus keluar uang Rp 50.000 untuk bensin. Minyak goreng dan bumbu sekitar Rp 90.000. Belum lagi untuk uang makan dua kali sehari, minimal 20.000 harus ada," katanya.
      Setiap satu butir tahu bulat yang terjual, ia harus menyetor kepada pengelola sebesar Rp 250.
      Dalam sehari, ia bisa mengantongi laba bersih sekitar Rp 100.000.
      "Lumayan di Bogor kalau jualan. Dibanding di Cianjur, paling kita cuma bisa dapat Rp 30.000 saja sehari," kata Ade, yang berasal dari Cianjur ini.
    • By Series_maju
      Saya ajak Anda kembali ke skandal Pemilu 2004 dan Pemilu 2009, pernah ada informasi tentang rekayasa penghitungan suara Pemilu. Diungkapkan oleh Ir Indro Tjahjono, seorang aktivis gerakan kritis mahasiswa tahun 1978, seangkatan dengan Dr Rizal Ramli dan Ir Heri Akhmadi.
      Indro Tjahjono mengungkapkan bahwa KPU telah melakukan kecurangan untuk memenangkan SBY. Dalam dua Pemilihan Presiden, baik di tahun 2004 maupun tahun 2009, melalui manipulasi sistem Informasi Teknologi (IT)
      Dalam Pemilu dan Pilpres 2004, semua PC di KPU yang digunakan untuk penghitungan suara, telah diset-up dengan program khusus di malam hari. Ketika tidak ada orang di KPU, malam-malam ada yang datang. Semua PC diisi program untuk memenangkan SBY dan mendongkrak suara Partai Demokrat.
      Rekayasa dalam Pemilu dan Pilpres 2009, lebih maju selangkah. Semua unit PC milik KPU lebih dulu telah diset-up dengan program tertentu. Rekayasa dan kecurangan IT pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2009 menurut Indro, memang lebih complicated dan rumit.
      Berlapis lapis skenario firewall dan keamanannya telah diterapkan sehingga hampir mustahil untuk ditembus. Pada 2009, tidak cukup dicurangi dari sisi IT, tetapi juga dilakukan rekaya manual. salah satunya dari DPT (Daftar Pemilih Tetap)
      Rekayasa manual dicocokkan untuk pengontrolan suara dari sisi IT, agar jangan sampai hitungan IT melonjak, tetapi manualnya tidak cocok. Informasi ini belum terkonfirmasi kebenarannya karena Antasari yang hendak masuk mengusutnya telah dikriminalisasi
      Benang merah telah mulai terlihat jelas dan Anas telah memberi petunjuk jelas bahwa semua itu bermuara pada Monas, tepatnya seberang Monas. Sorotan terhadap Presiden SBY belakangan ini, mengingatkan saya pada kegencaran sorotan yang ditujukan kepada Presiden Soeharto.
      Tidak banyak yang tahu bahwa kemunculan SBY lebih banyak ditopang oleh sejumlah ‘kecelakaan’ politik di masa kepresidenan Abdurrahman Wahid. Dan masa kepresidenan Megawati Soekarnoputeri, yang menciptakan kesan sebagai korban penganiayaan politik berturut-turut oleh dua presiden.
      Dasar rakyat Indonesia lebih banyak yang melow sehingga SBY yang terkesan teraniaya otomatis mendapat simpati rakyat. Jika ditelusuri lagi maka simpati rakyat kepada SBY terlihat sejak tahun 2001 sewaktu ramai dekrit presiden Gus Dur.
      SBY diberhentikan dengan hormat dari jabatan Menko Polsoskam 1 Juni 2001, dengan latar belakang tidak setuju terhadap rencana Dekrit Gus Dur.
      Sebabnya Abdurahman Wahid menganggapnya tak bisa diandalkan lagi sebagai Menko Polsoskam untuk menghadapi Jenderal Wiranto. Jenderal Wiranto sebelumnya menjadi Menko Polsoskam dan digantikan posisinya oleh SBY. SBY juga tidak berkutik di depan konspirasi partai-partai.
      Sebenarnya, Abdurrahman Wahid menawarkannya posisi Menteri Perhubungan yang saat itu dijabat Agum Gumelar atau Mendagri, tapi SBY menolak. Menteri yang dipastikan mengundurkan diri karena menolak Dekrit, adalah Sekretaris Kabinet Marzuki Darusman yang sebelumnya menjadi Jaksa Agung.
      Malam menjelang dekrit, Marzuki Darusman masih mencoba mencegah Abdurrahman Wahid, tetapi beliau tetap bersikeras akan melakukan dekrit. Marzuki langsung menyatakan mengundurkan diri dan Abdurahman Wahid menyatakan bisa memahami dan menerima pengunduran diri itu.
      Saat keluar dari ruang pertemuan dengan Presiden, Marzuki berpapasan dengan Agum Gumelar, ditanya, “Bagaimana?” Marzuki menjawab, “Saya cabut”! Agum akhirnya memilih sikap yang sama. seperti halnya dengan Susilo Bambang Yudhoyono, Agum juga melapor ke Wakil Presiden Megawati!
      Marzuki Darusman berbeda dengan kedua tokoh tersebut yang lapor ke Wapres Megawati, ia melewatkan acara lapor-melapor seperti itu. Karena tidak lapor, Marzuki kemudian tidak masuk kabinet baru Megawati Soekarnoputeri yang menggantikan Abdurrahman Wahid pasca impeachment
      Sementara Susilo Bambang Yudhoyono maupun Agum Gumelar kembali mendapat posisi di kabinet, tentunya karena merapat ke Megawati pasca dekrit. SBY ikut dicalonkan sebagai salah satu kandidat Wapres dalam Sidang Istimewa MPR 25 Juli 2001 untuk mengisi kekosongan.
      Posisi wapres kosong karena Megawati Soekarnoputeri naik menjadi Presiden RI pasca impeachment Tapi pilihan akhirnya mengerucut kepada dua nama, yakni Hamzah Haz (PPP) dan Akbar Tanjung (Golkar), akhirnya dimenangkan oleh Hamzah Haz
      Gagal menjadi Wapres, SBY dipilih Mega menjadi Menko Polkam 10 Agustus 2001. Hubungannya sebenarnya baik-baik saja dengan sang Presiden. Tetapi pihak ‘istana’, khususnya Taufiq Kiemas, mulai membaca bahwa SBY sedang mempersiapkan diri sebagai the next number one. Mulai muncul serangan, khususnya dari Taufiq Kiemas. SBY dianggap mulai mengabaikan tugas utamanya sebagai Menko Polkam.
      Ternyata kebiasaan mengeluh SBY sudah sejak lama, SBY mengeluh kepada para wartawan bahwa wewenang dirinya berkali-kali dilampaui. SBY juga mengeluh tidak diundang dalam rapat kabinet, dan tidak dilibatkan oleh Presiden dalam pengambilan keputusan di bidangnya.
      Taufiq Kiemas, menyebutnya sebagai seorang jenderal yang kekanak2-kanakan, mengeluh kepada wartawan, bukannya kepada Presiden sebagai atasannya . Pada 9 Maret 2001 ia mengirim surat kepada Presiden mempertanyakan hal kewenangannya sebagai Menko Polkam sekaligus meminta waktu bertemu Presiden.
      Llalu ia diundang untuk hadir dalam rapat kabinet oleh Presiden namun ia ‘membalas’ dengan tidak hadir. Dan malah 11 Maret 2001 mengirim surat pengunduran diri kepada Presiden Megawati Soekarnoputeri.
      Ucapan Taufiq Kiemas, maupun sikap Megawati sendiri, menyinggung rasa kehormatan keluarga termasuk Nyonya Sunarti Sri Hadijah, sang mertua. Istri Jenderal Sarwo Edhie Wibowo itu diketahui menjadi salah satu pendorong utama agar SBY maju bertarung dalam perebutan posisi number one.
      Perjalanan sejarah terpilihnya SBY membuktikan semua yang dihadapi Susilo Bambang Yudhoyono serba beraroma accident. Memang akhirnya kecelakaan-kecelakaan itulah yang membawanya ke kursi number one pada akhirnya.
      Sebagai number one ia tak begitu pandai memilih orang duduk dalam kabinetnya, mungkin karena ia terlalu meladeni situasi kompromistis. Masa kepresidenannya yang pertama, sedikit tertolong oleh the bad among the worst Muhammad Jusuf Kalla yang cukup gesit dan lincah.
      Tertolong oleh keberhasilan Jusuf Kalla ‘merebut’ Partai Golkar melalui Munas di Bali yang sedikit banyak dalam pengaruh iklim money politics. Dalam masa kepresidenannya yang kedua, SBY tertolong oleh kehadiran Sri Mulyani di posisi Menteri Keuangan. Meski pada saat yang sama terjadi sorotan kuat dalam kasus Bank Century dan skandal Mafia Pajak Bahasyim dan Gayus Tambunan.
    • By rani
      Korea utara memang kejam! Tidak berprikemanusiaan, ini loh yang diomongin wanita ini ternyata bikin terenyuh hati 
       
    • By meliana

      Suara aliran air itu menghasilkan efek menenangkan dan bisa bikin kita tetap tidur dengan tenang. Tapi ada suara yang bisa bikin kita terjaga atau terbangun tiba-tiba, seperti teriakan, alarm, atau dering telepon. Secara ilmiah, ini ada penjelasannya lho.
      Rupanya, respons kita terhadap suara itu diatur oleh otak yang mengintrepetasikan bunyi yang kita dengar saat kita bangun atau tertidur. Menurut ilmuwan, otak kita membagi suara-suara yang kita dengar ke dalam dua kategori: mengancam atau tidak mengancam.
      Suara-suara yang khas, seperti teriakan dan bunyi alarm, tak bisa diabaikan oleh otak kita. Sedangkan bunyi lain, seperti desauan angin atau desir ombak di pantai, bisa diabaikan.
      “Bunyi yang lambat, lembut, ini adalah suara yang dianggap bukan ancaman, sehingga bisa menenangkan,” kata Orfeu Buxton, seorang associate professor di Pennsylvania State University.
      “Ini seperti mengatakan: jangan kuatir, jangan kuatir, jangan kuatir,” ujar Buxton lagi, seperti dikutip Livescience.
      Sementara suara yang lebih kencang, bikin sulit tidur atau membangunkan kita dari mimpi yang indah.
      Tapi ini bukan soal volume suara lho ya. Melainkan apa karakter suara yang bisa memicu otak untuk mengaktifkan atau tidak sistem kewaspadaan diri dan membuat kita terbangun.
      Sebagai contoh, suara ombak, meskipun volume suaranya bervariasi, ada yang rendah ada juga yang tinggi, ternyata memiliki interval yang tenang. Lalu diikuti oleh kresendo, keriuhan suara ombak naik dan turun dalam intensitas yang mengalir lancar. Ini menghasilkan efek tenang dan kita bisa tidur dengan nyenyak.
      Ini berbeda dengan suara teriakan atau bunyi dering telepon, yang tiba-tiba memecah kesenyapan. Secara tiba-tiba mencapai volume yang tinggi. Kalau mendengar ini, siapa dari kalian yang tidak langsung terbangun?
    • By berita_semua
      Politik identik dengan kaum pria paruh baya yang berbadan agak gemuk dan berkepala botak. Citra ini terbentuk karena sebagian besar politisi adalah memenangkan pertarungan pemilu dengan segala cara. 
      Nah, rupanya itu hanya stigma belaka. Sekarang ini banyak muncul politisi perempuan bahkan yang mudi-mudi, selain pria muda. Citra perempuan muda ini selain pintar dan energik, juga seksi. Berikut ini 20 politisi seksi di seluruh panggung politik dunia, sebagaimanabrilio.net kutip dari situs reckontalk.
      1. Mara Carfagna_ITALIA

      Si seksi ini diam-diam adalah Menteri Kesetaraan Peluang, Italia. Meskipun dia dulu adalah model topless, gadis panggung dan presenter TV, Carfagna dikenal sebagai politisi yang sangat konservatif. Dia bahkan mengaku menjadi "antifeminis", dan mengutuk prostitusi dan bahkan berhasil menjadikan itu sebagai kriminalitas yang wajib dihukum.
      Publik Italia menyebutnya "Mara La Bella" (Si Cantik Mara). Tak pelak jika Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi terpikat dengannya.Bahkan pernah terdengar spekulasi bahwa ia mengatakan, "Jika saya sudah tidak menikah saya akan menikahinya segera".
      2. Alina Kabaeva_RUSIA

      Alina adalah atlet senam paling terkenal di Rusia. Dia adalah pesenam paling sukses Rusia yang telah memenangkan 18 medali kejuaraan Dunia, 2 Medali Olimpiade, dan 25 medali Kejuaraan Eropa. Setelah pensiun dari Senam pada tahun 2007, Alina menjadi anggota parlemen Rusia yang mewakili partai proKremlin Rusia Bersatu.
      Awal tahun ini beredar kabar bahwa Perdana Menteri Rusia, Vladimir Putin kepincut dan bakal menikah dengan Alina. Namun, keduanya menepis rumor tersebut.
      3. Eva Kaili_YUNANI

      Mantan presenter televisi terpilih sebagai anggota parlemen Yunani pada tahun 2007. Statusnya sebagai anggota parlemen terpanas di Yunani sering membuat wanita-wanita lain iri dengannya.

      4. Joanna Mucha_POLANDIA

      Joanna Mucha telah mewakili Kota Lubin, Polandia di parlemen sejak 2007. Perempuan berambut pirang ini diam-diam telah merengkuh 'PhD' di bidang Ekonomi. Ia juga pernah kuliah di Universitas Katolik Lubin.
      5. Ruby Dhalla_KANADA

      Ruby Dhalla adalah politikus Kanada berusia 34 tahun keturunan India. Dia adalah anggota Partai Liberal, salah satu kekuatan politik Kanada. Dia telah lama berkecimpung di dunia politik untuk membuat perbedaan.
      Pada tahun 1984 ketika beberapa orang Sikh ditembak oleh tentara India di Golden Temple Punjab, Ruby yang masih berusia 10 tahun menulis surat kepada Perdana Menteri India, Indira Gandhi yang meminta untuk mengakhiri kekerasan. Gandhi secara pribadi menanggapi surat itu dan dibacakan pada konferensi pers berikutnya. Kasih sayangnya seseksi parasnya.
      6. Luciana Leyn_PERU

      Luciana Leyn adalah anggota parlemen termuda dalam sejarah Peru. Dia juga dinobatkan sebagai politisi paling cantik di dunia dalam sebuah polling online yang dilakukan oleh surat kabar Spanyol, 20 Minutos pada tahun 2009. Namun sayang, keluarganya telah terlibat dalam beberapa skandal korupsi besar yang belakangan juga dirinya santer disebut-sebut.
      7. Anna-Maria Galojan_ESTONIA

      Perempuan berdarah setengah Kaukasia (Armenia) ini merupakan kepala gerakan kecantikan Estonia. Ia juga terpilih sebagai salah satu orang paling penting di Estonia. Tapi sayang, dia dituduh menggelapkan dana yang kabarnya digunakan untuk pembelian produk kecantikan. 
      8. Orly Levy_ISRAEL
      Ibu tiga anak ini adalah anggota Knesset Israel (legislatif). Ia dikabarkan merupakan seorang perokok. Ia juga merupakan mantan model, barangkali ia lah perempuan terseksi di sayap kanan Israel.
      9. Yulia Tymoshenko_UKRAINA

      Yulia Tymoshenko Volodymyrivna telah dua kali menjadi Perdana Menteri Ukraina. Dia dengan mudah menjabat sebagai kepala negara tercantik di daerah sekitarnya, sebelum akhirnya kehilangan dukungan rakyat dan pemilu Maret 2010. Perempuan energik ini konon juga merupakan salah satu di antara politisi paling favorit Vladimir Putin.
      10. Vera Lischka_AUSTRIA

      Vera Lischka adalah mantan perenang gaya dada Austria yang pernah membela negara asalnya di Olimpiade di Atlanta, Georgia 1996. Dan pada Eropa SC Championships 1996, dia memenangkan gelar Eropa di renang 50 meter gaya dada.
      11. Sethrida Geagea_LEBANON

      Salah satu politisi paling populer di Lebanon, reputasinya tidak hanya diperoleh dari kecantikannya, tetapi juga perlawanannya dari dominasi Suriah. Suaminya, Samir Geagea, bebas dari penjara setelah 11 tahun terkurung pada tahun 2005. Ia merupakan salah satu kekuatan paling ampuh dalam panggung politik Kristen Lebanon.
      12. Carla Bruni_ITALIA

      Carla Bruni sekarang sudah berubah namanya menjadi Carla Bruni-Sarkozy setelah menikah dengan mantan presiden sekaligus pangeran Andorra, Nicolas Sarkozy. Dulunya ia adalah seorang penyanyi dan penulis lagu di Italia-Perancis. Ia juga seorang mantan model.
      13. Vanja Hadzovic_SERBIA

      Vanja Hadzovic adalah penasihat di Kementerian Luar Negeri Serbia yang penuh kontroversi. Wanita seksi 27 tahun kerap memamerkan kecantikan tubuhnya di tabloid Blic. Vanja Hodzovic seriang muncul dalam berita untuk semua alasan yang salah.
      14. Michela Vittoria-Brambilla_ITALIA

      Michela Vittoria Brambilla, disebut-sebut sebagai kemungkinan pengganti Perdana Menteri Italia. Seperti yang terlihat dari foto itu, dia terkenal dengan pakaian nya. Tentu saja perempuan berambut merah ini menarik banyak laki-laki Italia untuk memilihnya di pemilu.
      15. Cristina Fernandez de Kirchner_ARGENTINA
      Cristina Elisabet Fernández de Kirchner, atau dikenal juga dengan Cristina Kirchner, atau bahkan sering disebut dengan inisialnya CFK, adalah Presiden Argentina saat ini dan merupakan janda dari mantan presiden Nestor Kirchner.
      16. Ratu Rania_YORDANIA
      Ratu Yordania, Rania Al Abdullah, dianggap oleh banyak orang sebagai salah satu wanita paling berpengaruh di dunia. Dia telah mengabdikan sebagian besar waktunya untuk banyak masalah kemanusiaan dan terutama pendidikan. Ratu Rania juga telah meluncurkan saluran YouTube sendiri dengan visi untuk mengumpulkan pendapat kaum Timur Tengah dan pandangan dunia tentang orang Arab dan Muslim.
      17. Sabine Uitslag_BELANDA

      Sebagai salah seorang anggota pusat kajian hak Christen Democratisch Appel, Sabine Uitslag, sering mendominasi gelar "Sexiest Politikus" dari berbagai jajak pendapat di Belanda untuk beberapa waktu sampai sekarang.
      18. Julia Bonk_JERMAN

      Julia Bonk, berhasil melesat sampai ke parlemen lokal Saxony hanya ketika berusia 18 tahun, sekaligus mengukuhkan namanya sebagai anggota parlemen muda dalam sejarah Jerman.
      19. Sarah Palin_AMERIKA

      Sarah Palin saat ini sedang menjadi fenomena politik di Amerika Serikat. Empat tahun lalu dia adalah walikota sebuah kota kecil di Alaksa dan sekarang dia mungkin antusias untuk mengalahkan pesaingnya merebut kursi Kepresidenan. Dia adalah mantan atlit hoki tercantik dari kota kecil tersebut.
      20. Hina Rabbani Khar_PAKISTAN

      Hina Rabbani Khar adalah negarawan dan seorang ekonom yang menjabat Menteri Luar Negeri ke-26 Pakistan. Sepanjang 34 tahun umurnya, Hina Rabbani Khar memang digadang-gadang bakal menyilaukan politik Pakistan dengan kecantikan dan kecerdasannya.
      Hina Rabbani Khar menjadi wanita pertama yang menyajikan pidato anggaran di majelis nasional pada tahun 2009. Dari sana dia makin populer dan karirnya semakin meningkat.

About Ngobas

Ngobas is All-in-One website that can be use by everyone for free to find friends and exchange information. The name Ngobas is derived from the abbreviation, which is Ngomong Bebas Originally Sedap, meaning that it is appropriate to speak according to the ethics of socializing.

CEO’s Greeting

I realize that information and communication are the main things in life. Ngobas is the right platform for that. We will always be connected wherever we are and that is the purpose Ngobas was built.

- Samuel Berrit Olam

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy