Jump to content
PusatInformasi

Efek Samping Terlalu Banyak Makan Bayam

Recommended Posts

bayam.thumb.jpg.78f0049d71bc9d1d7cded9a340c071d0.jpg

Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan dapat berbahaya bagi kesehatan, bahkan makanan seperti bayam sekalipun. Bayam yang dikenal sebagai makanan sehat pun dapat memberikan efek samping ketika dikonsumsi berlebihan.

Bayam merupakan sumber zat besi, serat dan mineral lainnya. Namun, terlalu banyak makan bayam dapat memengaruhi kesehatan Anda dengan beberapa cara. Kepala Ahli Gizi, Fortis Hospital Anandapur, Mita Shukla, menjelaskan mengapa Anda tidak harus terlalu banyak mengonsumsi bayam:

Perut kembung

Bayam merupakan sumber serat yang baik dan membantu proses pencernaan, meskipun dibutuhkan waktu untuk diserap dalam tubuh. Jika Anda baru saja menambahkan bayam ke diet harian, maka metabolisme berjalan dengan lambat, sehingga bisa menyebabkan perut kembung.

Diare

Terlalu banyak mengonsumsi asupan serat dapat mengganggu sistem pencernaan Anda. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi bayam yang tinggi serat, maka bisa menyebabkan diare. Gabungkan konsumsi bayam dengan protein dan nutrisi lain untuk menyeimbangkan kadar serat.

Batu ginjal

Kandungan asam oksalat pada bayam cukup tinggi. Purin dari bayam bisa diserap dalam tubuh untuk membentuk asam urat. Asam urat ini dapat menyebabkan pengendapan kalsium dalam ginjal menyebabkan batu ginjal.

Asam urat

Selain batu ginjal, ada masalah lain yang muncul ketika terlalu banyak dan sering mengonsumsi bayam. Peningkatan jumlah asam urat yang disebabkan karena bayam juga dapat menyebabkan nyeri sendi, radang sendi dan asam urat.

Kekurangan mineral

Asam oksalat yang tinggi pada bayam dapat mengikat kalsium dan zat besi dalam tubuh. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya penyerapan mineral-mineral tersebut.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By PusatInformasi
      Ada ungkapan yang bilang kalau "segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik". Yup, ungkapan ini memang benar adanya, dan juga berlaku untuk beberapa makanan yang jika dinikmati secara berlebihan justru akan berpengaruh buruk bagi tubuh dan bikin tubuh agak sempoyongan! Mau tahu apa saja makanan yang bisa bikin kamu serasa melayang? Simak daftarnya berikut ini! 
      1. Durian

      Meskipun memiliki kulit dan aroma yang sangat tajam, daging buah durian terkenal lembut dan sangat nikmat. Ini dia yang selalu sukses bikin para penikmatnya lupa diri saat menikmatinya. Jika kamu salah satu penikmat buah durian, ada baiknya mulai saat ini untuk membatasi diri saat menikmatinya, ya! Hal ini karena buah durian mengandung senyawa alkohol ethanol dan methanol yang tidak stabil, dan jika kita mengonsumsinya secara berlebihan akan menimbulkan efek kembung atau begah pada lambung yang disertai dengan mual-mual. 
      2. Sayur Bayam

      Tidak hanya zat besi dan vitamin K, sayur bayam juga mengandung vitamin A dan C. Namun, perlu diperhatikan cara mengonsumsinya, ya! Usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur bayam segera setelah dimasak, karena jika sayur bayam ini dipanaskan bisa mengoksidasi kandungan zat besi di dalamnya yang akan mengubahnya menjadi racun. Hindari juga untuk mengonsumsi sayur bayam yang sudah dihidangkan selama lebih dari 5 jam. Selain itu, perhatikan juga cara penyimpanannya. Terlalu lama menyimpan sayur bayam di dalam kulkas ternyata dapat meningkatkan kandungan nitrit di dalamnya, dan jika bereaksi dengan zat besi pada sel darah merah bisa menyebabkan hemoglobin tidak dapat mengikat oksigen. Hmm, ternyata bahaya juga, ya! 
      3. Buah Pala

      Hampir sama efeknya dengan narkoba, ternyata penggunaan buah pala dalam jumlah yang banyak juga dapat membuat seseorang muntah-muntah atau diare karena tingginya asupan myristicin yang masuk dalam tubuh. Parahnya lagi, dalam tempo beberapa jam saja seseorang dapat mengalami halusinasi dan mabuk layaknya mengonsumsi narkoba yang bisa berlangsung selama berhari-hari. So, hati-hati, ya!   
      4. Buah Nangka

      Buat kamu yang memiliki maag, sebaiknya mengurangi atau bahkan menghindari konsumsi buah nangka jika perlu. Hal ini karena buah nangka mengandung toksin atau racun yang berbahaya, terutama bagi penderita maag.  
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy