Jump to content
BincangEdukasi

Cara Biar Mudah Beradaptasi Jika Tinggal di Luar Negeri

Recommended Posts

Pertama kali merantau jauh hingga ke luar negeri, memang membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi. Apalagi jika negara yang kita tinggali sangat berbeda kondisinya dengan negara asal kita, Indonesia. Mulai dati bahasa, kebiasaan, musim, dan lain-lain.

louis-lo-275893-unsplash.thumb.jpg.8062d9eabb3edb72bb8a442e05cdbab3.jpg

Nah, simak yuk beberapa cara agar kamu mudah beradaptasi saat tinggal di luar negeri untuk pertama kali.

1. Pelajari bahasa di negara tempat kamu tinggal

Bahasa, merupakan cara kita dalam berkomunikasi. Saat tinggal di negara lain, maka kamu perlu mempelajari bahasanya. Agar kamu tidak salah dalam menyampaikan maksud. Dan juga agar kamu mudah dalam mencari teman baru. Apalagi sekarang zaman sudah canggih, kamu juga bisa belajar bahasa dari beragam aplikasi yang ada di handphone.

2. Pelajari rute transportasi umum

Melakukan aktivitas sehari-hari di negara baru, juga membutuhkan informasi dan akses menggunakan transportasi umum. Seperti bus, kereta api maupun sepeda milik umum. Pelajari juga hal ini agar memudahkan gerakmu menuju ke tempat tujuan.

3. Jangan segan bergabung dengan komunitas setempat

Kebanyakan dari kita saat ke luar negeri akan mencari komunitas asal Indonesia, bukan? Tentu hal ini tidak ada salahnya. Namun, agar kamu semakin memperlancar penggunaan bahasamu sekaligus menambah teman baru, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas setempat yang sesuai minat dan bakatmu. Udah coba?

4. Biasakan bertanya agar kamu tak tersesat

Sebagian orang ragu untuk bertanya saat ia tidak tahu. Ada baiknya kamu jangan malu untuk bertanya ya! Usahakan tidak terulang lagi kejadian orang yang tersesat karena malu bertanya.

5. Waspadai orang asing atau orang yang baru dikenal

Berhati-hatilah dengan orang yang baru kamu kenal. Bukan bermaksud mencurigai, tapi ini juga demi keselamatanmu. keep safety, guys!

Agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, cobalah beberapa cara di atas agar memudahkanmu beradaptasi nantinya. Semoga segera betah di negara tempatmu tinggal ya!

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By qbonk
       

      Singapura masih menjadi tempat paling mahal di dunia, sementara Hong Kong telah naik tujuh tingkat ke posisi kedua bersama dengan Zurich, menurut survei biaya hidup seluruh dunia lembaga ekonomi Economist Intelligence Unit (EIU) yang dirilis Kamis (10/3).
      Singapura memiliki skor tertinggi 116, sementara Zurich dan Hong Kong mendapatkan 114 di peringkat kedua, laporan terbaru EIU menunjukkan. Di tempat bersama kedelapan, Seoul membuat trinitas kota-kota Asia di antara 10 kota yang paling mahal di dunia.
      Kenaikan ini berlatar belakang volatilitas global, dengan penurunan harga minyak dan komoditas serta devaluasi mata uang serta ketidakpastian geopolitik memainkan bagian, kata laporan itu.
      "Dalam hampir 17 tahun survei ini berjalan, saya tidak dapat mengingat kembali satu tahun sebagai volatil seperti 2015," komentar Jon Copestake, editor survei.
      "Penurunan harga komoditas telah menciptakan tekanan deflasi di beberapa negara, tetapi di pihak lain, pelemahan mata uang yang disebabkan oleh penurunan ini telah menyebabkan spiral inflasi."
      Hanya delapan kota dari 133 yang disurvei telah melihat posisi peringkat mereka tetap tidak berubah dalam 12 bulan terakhir. Kota-kota Tiongkok telah menjadi relatif lebih mahal terhadap rekan-rekan mereka.
      Shanghai sekarang mahal seperti Tokyo, yang kota paling mahal di dunia untuk sebagian besar dari dua dekade terakhir. Meskipun terjadi penurunan drastis di banyak lokasi zona euro, Paris tetap kota kelima paling mahal di dunia.
      Dolar AS yang telah mencapai tertinggi 10-tahun, mendorong biaya hidup di seluruh Amerika Serikat dibandingkan dengan lokasi lain, terutama negara-negara Amerika Latin yang sedang sakit. New York sekarang di antara 10 kota paling mahal di dunia untuk pertama kalinya sejak 2002.
      Sementara itu, kota-kota di Asia Selatan terus menawarkan nilai terbaik untuk uang. Kota-kota di India dan Pakistan menyumbang lima kota dari 10 kota termurah di dunia.
      Mereka bergabung di peringkat terakhir dengan Lusaka, ibukota Zambia, yang telah melihat mata uangnya berada di belakang harga tembaga yang lemah dan sekarang dapat mengklaim menjadi kota termurah di dunia, dengan biaya hidup duapertiga lebih murah daripada Singapura.
    • By fuufuu

      Donor ginjal bukan menjadi suatu yang menghambat kehidupan dan aktivitas mereka yang hidup dengan satu ginjal. Maka, jangan khawatir bila ingin mendonorkan ginjal Anda dengan sukarela.
      Ketua Umum Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) dr Dharmeizar, SpPD, K-GH menunjukkan, fakta seseorang yang punya satu ginjal masih kuat bertahan hidup dan berkualitas. Begitu juga dengan fungsi ginjalnya tetap normal.
      "Meski punya satu ginjal, manusia masih bisa kerja, cari uang, dan bisa punya anak. Dalam observasi selama 40 tahun, kehidupan mereka tetap normal," katanya saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, kemarin.
      Hal ini, tambah dr Dharmeizar, perlu disosialisasikan kepada orang yang sehat bila ingin mendonorkan ginjal kepada keluarga yang membutuhkan. Calon pendonor masih sering mengalami ketakutan, karena khawatir mendapat risiko yang bakal dihadapi.
      "Pernah saya dapat pasien 17 tahun untuk meminta donor ginjal dari keluarganya, akhirnya dapat tantenya. Seiring waktu, tantenya hidupnya tetap sehat dan punya anak lagi. Artinya baik pria dan wanita jadi pendonor ginjal, mereka masih bisa punya anak," tutupnya.
    • By eka

      Kamu mungkin tidak sadar saat melakukan beberapa hal, bukan dalam artian kamu pingsan, hanya saja beberapa hal yang kamu bisa saja terjadi karena secara alami kamu melakukannya, bukan karena kamu memerintah diri sendiri atau merencanakannya.
      Ada banyak hal dalam hidup ternyata sangat mengejutkan dan hal-hal kecil yang sering kamu lakukan ternyata juga bisa menunjukkan kepribadian aslimu seperti apa. Seperti beberapa hal sepele berikut ini.
      Suka bangun pagi
      Orang yang suka bangun pagi biasanya jadi kebiasaan orang sukses. Mereka yang selalu bangun pagi biasanya adalah orang yang bersemangat, punya kemauan tinggi dan bisa mengendalikan diri dengan baik.
      Suka menggosip
      Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kamu yang suka menggosip cenderung punya rasa khawatir atau kecemasan yang tinggi karena faktor rasa iri, bosan, atau butuh perhatian. Kebiasaan menggosip juga erat hubungannya dengan keinginan orang tersebut jadi pusat perhatian dan lebih menonjol dalam suatu kelompok.
      Penyuka makanan manis
      Orang yang suka makanan manis, menurut sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka juga merupakan orang yang ramah, suka tersenyum dan baik hati. Penyuka makanan manis biasanya juga ringan tangan, suka membantu sesama dan biasanya mudah setuju dengan sebuah keputusan.
      Suka traveling
      Semua orang suka liburan, suka piknik. Tapi ada beberapa orang yang sering melakukan traveling, dan jika kamu seperti ini, sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka cenderung memiliki pemikiran yang terbuka, kreatif, cerdas dan (biasanya) punya banyak uang.
      Banyak orang datang padamu
      Jika kamu termasuk orang yang tak butuh banyak waktu mengumpulkan teman-temanmu dalam satu tempat, kamu kemungkinan adalah orang yang kharismatik. Kamu dihormati, membuat mereka nyaman berada di sekitarmu dan disukai banyak orang sehingga dengan sendirinya mereka datang padamu.
      Kamu tidak tegas
      Hal ini sendiri sudah jadi karakter, tapi sebuah penelitian mendukung alasan mengapa orang bisa jadi seseorang yang tegas atau tidak tegas. Orang yang mudah ragu dan tidak tegas biasanya memikirkan banyak faktor sebelum memutuskan suatu hal. Sebaliknya, orang tegas biasanya melihat untung rugi yang mungkin ia dapat, sehingga ia bisa lebih mantap dan cepat memutuskan sesuatu.
      Kamu mungkin tidak menyadarinya bahwa kamu sudah bersikap atau melakukan hal seperti enam hal di atas karena kamu melakukannya secara alami, tapi justru itulah yang bisa mengungkap kepribadian kamu yang sebenarnya.
    • By safitri_bianka

      Percaya nggak, kalau ada sebuah tes yang bisa memprediksi berapa lama seseorang bisa hidup hanya dari air liur? Ya, para peneliti dari Universitas Birmingham yang mengembangkan tes air liur untuk memprediksi berapa lama usia hidup seseorang. Mereka menemukan bahwa kadar antibodi tertentu dapat digunakan untuk melihat apakah seseorang memiliki usia hidup lebih lama atau tidak.
      Para peneliti telah mengambil sampel air liur pada 639 orang dewasa pada tahun 1995. Kemudian keberadaan mereka dilacak dan diamati lebih dari 19 tahun. Hasilnya, peneliti menemukan kadar antibodi yang dapat dihitung dari tes air liur, yaitu sekretori Imunoglobulin A (IgA).
      Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal PLOS One ini menunjukkan bahwa orang-orang yang memiliki kadar IgA rendah memiliki usia hidup yang lebih pendek atau dekat dengan kematian.
      Antibodi disekresikan oleh sel-sel darah putih dan digunakan oleh tubuh untuk melawan infeksi. Menurut peneliti, mengukur kadar antibodi ini lebih baik dibanding dengan mengambil sampel darah. Tes air liur (IgA) dipandang lebih mudah dan tanpa rasa sakit karena tidak perlu menyuntik kulit seseorang untuk mendapatkan sampel seperti saat tes darah. Selain itu, tes air liur juga bisa digunakan untuk cek kesehatan seseorang secara menyeluruh sebagai bagian dari general check-up.
      Dokter Anna Phillips dari Universitas Birmingham menjelaskan, ada berbagai faktor yang memengaruhi kadar antibodi yang bisa diukur dari air liur seseorang. Mulai dari usia, penyakit, stres, pola makan, olahraga, alkohol, hingga merokok.
      Tes air liur semakin banyak digunakan oleh para ilmuwan untuk memprediksi tingkat kesehatan manusia. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir tes air liur diklaim dapat memprediksi apakah seseorang berisiko menjadi gay atau tidak, Alzheimer, dan kemungkinan terkena berbagai jenis kanker.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy