Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
fhajar

Restoran Bawah Laut Terbesar di Dunia

Recommended Posts

under.thumb.jpg.c65a614ab5343d46f39c0bcd0c1ccc5f.jpg

Restoran "Under” berada lima meter di bawah permukaan laut Spangereid di selatan Norwegia.

Kata "Under” dalam bahasa Norwegia juga berarti "keajaiban”.Restoranini baru diluncurkan Rabu (20/3) lalu, dengan dihadiri keluarga serta teman-teman dari pemiliknya. Baru di bulan April restoran ini akan dibuka untuk umum. Sebagai restoran bawah laut terbesar di dunia, "Under” dapat menampung hingga 100 tamu.

Salah satu pemiliknya, Gaute Ubostad, optimis dengan konsep restoran. "Restoran kami akan mendatangkan turis dari seluruh dunia. Itulah tujuan kami,” katanya.

180926161220-snohetta-under2016226-os-n3-super-tease.thumb.jpg.6b73ae19a46469a4ca6ba763425080e3.jpg

Bagunan restoran dibuat menyerupai batu besar yang muncul dari dalam laut. Restoran "Under" tingginya 34 meter dan sengaja didesain menyatu dengan lingkungan laut. Permukaan betonnya sengaja dibuat kasar dengan maksud sebagai terumbu karang buatan bagi rumput laut dan limpet.

Kantor arsitektur asal Norwegia, Snoehetta, yang mewujudkan karya ini. Mereka juga dikenal dengan karya arsitekturnya untuk Museum 11 September di New York dan gedung opera di Oslo.

Europe-undersea-restaurant-norway-866x487.jpg.980d722bc78e81dadc28d5c450347966.jpg

Restoran dilengkapi dengan jendela-jendela yang besar. Sambil menyantap hidangan, pengunjung dimanjakan dengan pemandangan bawah laut. Kepiting, lobster, ikan hiu kecil atau dogfish, ikan pollack dan ikan kod adalah beberapa ikan yang biasanya akan terlihat diantara rumput laut. Sang arsitek, Kjetil Traedal Thorsen mengatakan: "Jendela besar bukan dimaksudkan sebagai akuarium, melainkan untuk melihat hal yang sesungguhnya.”

Anjing laut tidak akan ditemukan dalam pandangan sebab kehadirannya justru membuat takut ikan-ikan yang lebih kecil.

Under_2019_2016226_OS_N227.thumb.jpg.9a911a67f023f36e07c2c457086371c0.jpg

Pencahayaan buatan akan digunakan untuk menuntun ikan-ikan ke mangsanya yang berada di dekat jendela. "Salah satu tujuan kami adalah kepuasan tamu untuk bisa merasakan pengalaman unik di dalam laut," lanjut Ubostad.

Hidangan laut tentunya ada di daftar menu, juga daging burung laut dan domba sebagai menu santap malam.

Nicolai Ellitsgaard Pedersen didaulat sebagai koki utama. Dia pernah bekerja di restoran "Maltid” di Kristiansand dan di Henne Kirkeby Kro, sebuah restoran Michelin di Denmark.

Sudah 7000 orang memesan tempat di restoran itu untuk menu "Under”, yang diperkirakan akan dihargai sampai 376 Euro atau sekitar enam juta Rupiah. Ubostad berharap per tahunnya restoran akan kedatangan sekitar dua belas ribu orang. Hal ini juga baik bagi bisnis perhotelan di sekitar restoran.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By dugelo
      Sebuah postingan dari selebgram Anya Geraldine bikin miris. Lagi snorkeling saat liburan, ia malah angkat bintang laut untuk foto. Padahal itu nggak boleh!
      Selebgram Anya Geraldine sedang asyik liburan bersama kekasihnya. Seperti yang diintip detikTravel dari akun Instagramnya, Rabu (16/5/2018) ia mengangkat bintang laut biru untuk berfoto bersama.
      Ternyata, mengangkat biota laut dari air nggak boleh lho traveler. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dr Ir Diah Permata Msc.
      "Itu yang diangkat jenis bintang laut biru Linckia laevigata yang memang banyak dijumpai di area terumbu yang dangkal," ungkap Diah.
      Diah mengatakan bahwa tindakan mengangkat binatang dan tumbuhan laut adalah hal yang dilarang.
      "Semua binatang laut atau tumbuhan laut yang sebaiknya tidak diangkat-angkat," ujar Diah.
      Walaupun mampu untuk bertahan, namun tindakan ini dapat membuat si bintang laut terganggu. 
      "Meski tidak termasuk binatang yang dilindungi namun mengangkat-angkat seperti itu artinya membuat stress si bintang. Ini tentunya berdampak buruk untuk binatangnya," jelas Diah.
      Dari pengamatan Prof Yamaguchi dari Universitas of Hawaii at Manoa, eksposur terhadap udara yang berlebihan dapat menyebabkan kematian pada bintang laut. Duh, kasian ya...
      "Ya mungkin tidak sekali diangkat langsung mati. Tapi berkali-kali diangkat maka akan menimbulkan stress berlebihan karena terekspos udara. Dari kondisi tersebut kematian bisa terjadi," tambah Diah.
      Foto yang diposting oleh Anya Geraldine bisa menularkan kebiasaan yang salah. Hal ini akan dianggap wajar dan diikuti oleh traveler lainnya. 
      Traveler yang mau melakukan aktivitas liburan di laut sebaiknya mencari tahu beberapa hal yang dilarang di laut. Mengangkat bintang laut ke luar air salah satunya ya!
    • By paimin
      Tanggal 21 April ditetapkan sebagai Hari Kartini sejak 2 Mei 1964 silam, lewat Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang dikeluarkan oleh Presiden Soekarno. 21 April memang merupakan hari lahir Raden Adjeng Kartini atau dikenal juga sebagai Raden Ayu Kartini.
      Hari Kartini menjadi momen tepat untuk mengingat kembali perjuangan Kartini sebagai sosok pahlawan emansipasi wanita, dan menjadikannya cambuk untuk para kaum hawa di negeri ini agar terus gigih mengejar cita-cita dan melanjutkan perjuangan Kartini.
      Sebagai salah satu bentuk perayaan Hari Kartini, berbagai restoran dan pelaku bisnis kuliner di Tanah Air pun turut menawarkan ragam penawaran menarik di tanggal 21 April 2018. Berikut ini di antaranya, seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.
       
      Holland Bakery
      Toko roti ini menawarkan diskon sebesar 21 persen untuk seluruh produk di seluruh toko pada tanggal 21 April 2018. Bagi Anda yang berulang tahun di tanggal 21 April juga bisa mendapatkan hadiah langsung, lho.
       
      Dapur Cokelat
      Nah, penggemar cokelat juga tampaknya bakal dimanjakan banget nih di Hari Kartini nanti. Khusus wanita Indonesia akan mendapatkan potongan harga 21 persen untuk semua jenis cake di Dapur Cokelat. Wanita yang berulang tahun di tanggal 21 April juga bisa mendapat voucher senilai Rp100 ribu dengan melakukan pembelian minimal Rp100 ribu.
       
      KFC
      Restoran cepat saji Amerika Serikat ini juga tak mau ketinggalan menawarkan promo spesial di Hari Kartini tahun ini. Promo itu berupa setiap pembelian 3 potong ayam akan mendapatkan gratis 1 potong ayam dan 2 puding atau sup.
      Promo berlaku 17-19 April 2018, untuk makan di tempat dan take away. Penawaran menarik ini juga tidak berlaku di store bandara, layanan Home Delivery, Drive Thru dan Catering. Maksimal pembelian 2 paket dalam 1 transaksi.
       
      HokBen
      Promo ini juga ditawarkan dalam rangka ulang tahun ke-33 HokBen. Penawaran tersebut adalah Bento Special Price, hanya Rp33 ribu per paket, dengan minimal pembelian 2 paket.
      Berlaku khusus dine in di semua store HokBen kecuali bandara, pada 17-18 April 2018 untuk umum dan 19-21 untuk pemegang kartu debit atau kredit bank Mandiri.
       
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/4-restoran-yang-beri-promo-khusus-hari-kartini-2Kum




    • By berita_semua
      Saat ini di Indonesia telah mulai banyak restoran yang menerapkan sistem layanan All You Can Eat, terutama di kota besar seperti Jakarta, Medan dan Surabaya. Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke restoran All You Can Eat, artikel ini bisa jadi referensi sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke restoran  All You Can Eat. Selamat membaca.
      Pengertian All You Can Eat
      All you can eat adalah sistem penjualan menu di restoran dimana konsumen hanya membayar 1 kali untuk dapat menikmati semua menu yang tersedia dengan konsep prasmanan atau buffet dengan batasan waktu tertentu.
      Secara harfiah, All You Can Eat berarti semua bisa Anda makan.
      Harga Menu dalam layanan All You Can Eat
      Harga yang dipatok dalam sistem layanan All You Can Eat relatif lebih mahal dari sistem reguler. Hal ini mirip dengan sistem Flat Rate dimana pihak restoran menerapkan strategi subsidi silang. Pengunjung atau konsumen akan membayar harga yang terbilang mahal, tapi konsumen juga bisa memakan hidangan apapun yang tersaji di meja buffet sepuasnya atau semampu mereka memakannya.
      Di beberapa restoran tertentu, ada yang memberikan potongan harga atau diskon hingga 50 % untuk pengunjung anak-anak usia antara 4 sampai dengan 12 tahun.
      Menu Minuman All You Can Eat
      Beberapa restoran tidak memasukkan minuman dalam layanan All You Can Eat. Ini berarti, Anda harus membeli minuman karena yang serba sepuasnya hanya makanan. Terkadang sebotol air mineral (yang kita anggap paling murah) justru bisa tiga kali lipat lebih mahal dari segelas jus buah. Ada juga restoran yang menyediakan minuman untuk promo All You Can Eat, tapi pilihannya sangat terbatas . Anda bisa mengambil bergelas-gelas air putih, teh, kopi, atau lemonade. Tapi tetap harus membayar untuk pemesanan Jus Jeruk, Aneka Kopi dan sejenisnya.

      Apa ada batasan tertentu dalam sistem All You Can Eat?
      Ada dua hal yang akan membatasi Anda untuk terus makan dalam sistem All You Can Eat, yaitu :
      Kemampuan perut Anda menerima asupan makanan
      Kita bebas memakan makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat selagi perut kita masih mampu menerima asupan makanan. Jam berlaku All You Can Eat yang telah ditentukan oleh restoran.
      Contohnya, jika Anda membayar sebesar Rp. 200.000,- selama 1 jam, artinya selama 1 jam tersebut Anda boleh makan atau minum apa saja yang tersaji di meja buffet All You Can Eat, Setelah 1 jam selesai, maka Anda tidak lagi diperbolehkan makan atau minum. Batasan waktu terlama dalam layanan All You Can Eat adalah 3 jam. Hal yang dilarang dalam sistem All You Can Eat
      Meski Anda diberikan kebebasan untuk memilih aneka makanan yang tersaji dan diperbolehkan untuk makan sepuasnya, namun Anda juga dilarang untuk :
      Membawa pulang makanan
      Anda dilarang untuk membungkus makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat untuk dibawa pulang. Jika Anda sampai tergoda untuk menyembunyikan makanan atau kue-kue lucu ke dalam tas atau kantung pakaian untuk dibawa pulang, Anda akan kena denda jika ketahuan. Menyisakan makanan yang telah Anda ambil.
      Di beberapa restoran all you can eat, Anda akan terkena charge atau biaya tambahan jika Anda kedapatan tidak menghabiskan makanan yang telah Anda ambil. Ada yang menghitungnya per gram ada juga yang menghitungnya per butir (khusus Nasi), dan biayanya yang dikenakan tidak tanggung-tanggung, ada yang sampai mengenakan charge atau biaya hingga Rp. 200.000,-/gram atau Rp. 50.000,- /butir Nasi yang tersisa. Charge ini harus Anda bayar saat akan  keluar restoran. Peringatan tentang hal ini biasanya ditulis dengan huruf kecil di buku menu.
      Sebutan populer untuk sistem All You Can Eat
      AUCE adalah sebutan yang sering digunakan orang untuk sistem layanan All You Can Eat. Hal ini lebih karena memilih penyebutan yang simple atau pendek.

      Restoran mana saja yang menerapkan sistem All You Can Eat?
      Berikut 10 restoran yang menerapkan sistem All You Can Eat :
      Shabu AUCE Bamboo Dimsum Hanamasa The Gallery Restaurant Satoo Kimchi Grandma Ikan Bakar Seribu Pulau The Buffet Gomawo Litle Sheep Shabu-shabu Tips saat makan dengan sistem All You Can Eat
      Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat  makan dengan sistem layanan All You Can Eat :
      Pilih menu All You Can Eat yang memiliki banyak pilihan. Gak seru kan kalau kita makan dengan sistem All You Can Eat tapi varian menu nya hanya sedikit?. Kosongkan perut. Jika perut kita gak begitu lapar, maka All You Can Eat bukanlah pilihan yang bagus, tepatnya tidak efisien karena kita membayar mahal tapi hanya sedikit saja yang bisa kita makan karena sudah kenyang. Mulailah dengan memakan salad, karena rasanya ringan dan tidak mengenyangkan Makan makanan pembuka (appetizer) dari yang dingin ke yang hangat Makanlah makanan laut (seafood) terlebih dahulu, lalu makan daging yang hangat. Ambil makanan dalam porsi sedikit-sedikit agar tidak bersisa. Sangat banyak makanan yang tersaji di meja buffet All You Can Eat, jadi jangan ambil 1 jenis menu makanan dalam jumlah yang banyak.
    • By BincangEdukasi
      Di dunia ini, perempuan atau betina ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami kuda laut.
      Kuda laut mengalami hal yang sangat tidak umum di dunia binatang untuk hamil dan melahirkan. Para ahli bahkan tidak memiliki penjelasan mengapa kuda laut melalui pengalaman tersebut meski mereka berteori itu adalah cara kuda laut membantu anak mereka bertahan hidup.
      Meski kuda laut jantan yang mengandung, jangan salah bahwa mereka merupakan hermafrodit atau berkelamin ganda. Pejantan tetap membutuhkan telur yang disuntikkan ke kantong pejantan oleh betina ketika mereka kawin.
      Kantong pejantan tersebut adalah organ yang sangat kompleks yang mampu mengatur suhu, aliran darat, serta salinitas air untuk telur ketika mereka menetas, sehingga bayi-bayi mereka siap dilahirkan di laut.  
      Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur. Jadi ketika pejantan hamil, para betina memproduksi sel telur. Hal tersebut dilakukan agar ketika pejantan melahirkan, mereka siap disuntik telur lagi dan bisa hamil. Ini menghemat waktu dan energi para betina.
      Menurut para ahli, ini adalah acara kuda laut untuk membagi beban. Membuat telur adalah hal yang membutuhkan banyak energi sehingga para betina perlu berkonsentrasi penuh. Sementara itu, para jantan mampu menyediakan “rumah” untuk bayi mereka.
      Menariknya, rumah tersebut bisa dihuni lebih dari seribu bayi pada saat yang sama. Namun, hanya sekira lima dari mereka yang bertahan hidup hingga dewasa. Bayi-bayi tersebut sangat kecil dan tak bisa memakan plankton yang sama dengan orangtua mereka sehingga pilihan mereka sangat sedikit. Saking kecilnya, mereka juga terbawa arus laut dan terpelanting terkena batu.
    • By BincangEdukasi
      Pernah dengar restoran makan sepuasnya? Mungkin beberapa diantara anda masih belum pernah makan bahkan belum pernah mendengar apa itu restoran all you can eat. All You Can Eat sendiri maksudnya adalah anda bayar sekali (misal : 100.000) maka anda dapat makan apapun yanng ada di dalam restoran itu. Beberapa restoran hanya menerapkan sistem all you can eat-nya pada jam-jam tertentu (Biasanya sebelum jam makan siang). Nah, lantas bagaimana sistemnya? Secara umum, restoran dengan sistem all you can eat, menggunakan bats waktu dalam prakteknya. Contoh : anda membayar sebesar Rp. 100.000 selama 1 jam artinya selama 1 jam tersebut anda boleh makan ataupun minum. Setelah 1 jam selesai, maka anda tidak diperbolehkan makan lagi.
      Wow, kalau gitu enak dong kita bisa comot sana-sini. Eits, tunggu dulu! Di restoran all you can eat anda akan terkena charge tambahan apabila anda kedapatan tidak menghabiskan makanan anda! Ada yang menghitungnya per gram ada juga yang menghitungnya per butir (Khusus nasi), dan biayanya nggak nanggung - nanggung lho bisa 200.000/gram! atau 50.000/butir nasi! Gila ya? Makannya anda harus benar-benar bisa memperkirakan 'kapasitas' perut anda kalau tidak anda bisa bangkrut.
      Beberapa restoran yang menerapkan sistem ini adalah Hanamasa, Jamoo, Fu Yuan, dll. Di beberapa restoran, mereka akan mengenakan charge tambahan untuk beberapa menu di restorannya (Biasanya makanan eksklusif).
      Bagaimana mensiasati agar anda tidak merugi saat makan di restoran seperti ini? Berikut tipsnya agar anda tidak kekenyangan dan bisa makan sebanyak-banyaknya.
      Mulailah dengan salad, karena rasanya ringan dan tidak mengenyangkan Makan makanan pembuka dari yang dingin ke yang hangat Makan hidangan pembuka dari makanan laut dulu, lalu makan daging yang hangat. Ambil dalam porsi sedikit-sedikit mengingat banyaknya menu yang ada.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy