Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Badai Tuan telah berlalu
      Salahkah 'ku menuntut mesra?
      Tiap pagi menjelang
      Kau di sampingku
      'Ku aman ada bersamamu
      • 0 replies
    • Ini Enak dan Tidak Enaknya Jadi Menteri
      Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada periode 2019-2024 dalam Pilpres 2019.

      Setelah pemilihan umum dan berbagai sidang yang menegangkan, kini perhatian masyarakat terfokus pada calon menteri baru dalam kabinet pemerintah 2019-2024.

      Masyarakat penasaran siapa saja menteri yang akan membantu Presiden dan Wakil Presiden terpilih di masa depan.
      • 0 replies
    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
anon

Valentine "Bukan Budaya Kita"

Recommended Posts

14 Februari yang di berbagai negara banyak dirayakan sebagai Hari Valentine, tagar yang banyak digunakan hari ini oleh netizen adalah #valentinebukanbudayakita. 

Cuitan terkait #valentinebukanbudayakita dengan cuitan berikut:

Todaymu.com menyebut inilah "The best of #SAPAMANTAN 
 #valentinebukanbudayakita" 

Lain lagi pendapat Imanuel_rangga: "#valentinebukanbudayakita, budaya kita korupsi"

Ada juga yang mempertanyakan apa kaitannya coklat dengan maksiat?

Sebaliknya ada juga netizen yang berusaha memberikan tanggapan serius.

Rifaldi Wirawan mengungkap dalam cuitannya, "Ini gak penting sumpah. Biarkanlah orang bebas menyisihkan satu hari untuk orang yang di sayang. Ini bukan tentang seks bebas. Karena kalau mau ngewe, tiap hari juga bisa. Ingat! Pada awalnya Maulid Nabi juga bukan budaya kita!"

Serupa Rifaldi Wirawan, Chusnul Chotimah dalam cuitannya mengungkap:

 

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Ngobas
      Penutupan pemerintah federal AS kemarin berdampak pada aktivitas sebagian instansi federal. Tapi aktivitas kantor Bea Cukai ternyata tak berpengaruh. Ini melegakan importir yang sempat mengkhawatirkan tersendatnya impor bunga menjelang Hari Valentine, dan juga eksportir di negara lain.
    • By Monica_Gunawan

      Valentine tinggal menghitung hari lagi! Bagi kamu yang merayakan hari kasih sayang ini, sudah menyiapkan sesuatu yang spesial untuk pasangan?
      Baik itu merupakan sebuah kado, maupun sebuah acara, yang pasti kamu sedang menyiapkan sesuatu yang spesial dan dapat membuat pasangan terkejut saat menerimanya bukan? Namun, apa kamu yakin, apa yang sedang kamu siapkan saat ini dapat membuat pasangan terkejut sekaligus senang?
      Terkejut sih, mungkin. Tetapi kalau merasa senang? Belum tentu, loh. Nggak menutup kemungkinan kalau pasanganmu mungkin akan merasa kecewa atau nggak suka dengan kejutan Valentine yang kamu berikan padanya. Kalau sampai mengalami hal buruk ini, bagaimana perasaanmu?
      Kemungkinan besar kamu juga akan ikut kecewa melihat pasangan nggak menyukai kejutan Valentine yang sudah kamu siapkan ini. Mungkin juga kamu akan merasa sedih, menangis, atau mungkin marah pada pasangan. Kamu bisa jadi sangat emosional ketika pasangan nggak suka dengan kejutan tersebut, dan bisa memicu terjadinya pertengkaran. Lebih jauh lagi, mungkin bisa membuat kamu dan pasangan berpisah.
      Yah, untuk menutup kemungkinan buruk tersebut, tentunya kamu perlu menyiapkan kejutan Valentine yang pasangan suka dan bisa ia terima. Jika kamu baru mau menyiapkan kejutan Valentine untuk pasangan, coba perhatikan hal-hal berikut ini.
      Sesuaikan Kejutan Valentine dengan Karakter Pasanganmu
      Kamu perlu mengenali karakter pasanganmu ketika akan membuatkan kejutan untuknya. Misalnya saja, pasanganmu adalah orang yang nggak suka dengan kejutan besar dan ramai. Kalau kamu membuatkan sebuah kejutan seperti itu, besar kemungkinan pasangan akan merasa terganggu dan nggak suka dengan kejutan yang kamu berikan. Akhirnya, ia jadi marah deh, sama kamu.
      Jadi, sesuaikan kejutan yang ingin kamu siapkan dengan karakter pasanganmu ya. Kalau pasanganmu bukanlah seseorang yang suka dengan kejutan, namun kamu tetap ingin memberikan sebuah hal yang istimewa untuknya, siapkan saja sebuah kejutan kecil nan sederhana untuk dirinya. Pasangan pasti akan terkejut, dan menyukainya.
      Berikan Sesuatu yang Ia Suka, Bukan yang Kamu Suka
      Karena kejutan ini untuk dirinya, tentunya siapkan sesuatu yang kemungkinan besar ia akan menyukainya dan menerimanya. Jika ingin memberikan pasangan sebuah kado, kamu perlu memberikannya sesuatu yang ia suka, bukan yang kamu suka. Yah, sesuatu yang kamu suka belum tentu menjadi kesukaannya kan?
      Pikirkan Cara Memberikan Kejutannya
      Saat ingin menyampaikan suatu kata cinta pada pasangan, tentu kamu juga memikirkan cara untuk menyampaikannya bukan? Kamu ingin agar kalimat yang telah terucap itu dapat menyentuh hatinya secara tepat, bukannya malah disalah-artikan oleh pasangan.
      Sama halnya dengan memberikan kejutan Valentine untuk pasangan. Pertimbangkan pula cara pemberiannya. Cara yang salah berpotensi membuat pasangan nggak mengerti dengan kejutanmu, bahkan nggak menyukai kejutan tersebut.
      Jangan Sampai Merugikan Orang-Orang di Sekitar
      Kalau kejutan Valentine yang kamu siapkan berhubungan dengan banyak orang, atau dilakukan di tempat yang ramai, usahakan jangan sampai membuat mereka terganggu ya? Sebab jika orang-orang yang ikut membantu menyiapkan kejutan ini terganggu, jika orang-orang yang berada di sau area dengan lokasi kejutanmu merasa risih, hal tersebut dapat menggagalkan kejutan Valentine-mu pada pasangan.
      Melihat banyak orang yang risih dan terganggu dapat memengaruhi penilaian pasangan terhadap kejutanmu. Mungkin tadinya dia merasa senang dengan kejutan yang kamu berikan. Namun saat mengetahui banyak orang merasa jengkel, rasa senangnya akan berganti dengan rasa malu. Dia bisa saja akan menegurmu yang berusaha memberikan kejutan valentine untuk dirinya. Lebih jauh lagi, dia mungkin akan marah padamu.
      Jangan Memberi Kejutan Valentine karena Terpaksa
      Ya, beberapa orang memberikan kejutan karena merasa terpaksa. Mereka hanya nggak ingin pasangannya berpikir yang aneh-aneh hanya karena nggak ada kejutan di hari kasih sayang ini. Atau mereka hanya ingin terlihat hebat di hadapan pasangan, dan di hadapan orang lain karena memberikan pasangannya sesuatu yang spesial di tanggal 14 Februari nanti. Jadinya, mereka memberikan sesuatu untuk pasangannya.
      Kalau bisa, jangan sampai terpaksa ya? Sesuatu yang dilakukan secara terpaksa akan memberikan hasil yang buruk. Entah acara kejutannya akan berjalan hambar, entah kado yang diberikan rupanya nggak sesuai dengan keinginan pasangan, dan hal lainnya. Pasangan pun akan jadi kecewa jika mengetahui bahwa kejutan ini dilakukan secara terpaksa.
      Jika ingin memberikan kejutan di hari kasih sayang, lakukan dengan tulus hati. Jika kamu nggak bisa memberikannya karena berbagai alasan, lebih baik sampaikan hal itu pada pasangan sehingga meminimalisir kesalahpahaman.
      Terakhir, kalau bisa sih, persiapkan dari jauh hari ya. Namun hal ini dimaksudkan agar kamu jadi punya banyak waktu untuk mempersiapkan kejutan dengan baik.
    • By Monica_Gunawan
      Bulan Februari merupakan bulan identik dengan hari kasih sayang. Mengingat setiap tanggal 14 Februari merupakan hari Valentine, tidak heran jika hampir seluruh dunia merayakannya. Tentu saja, hal ini membuat Anda sudah siap memburu pernak pernik Valentine untuk diberikan kepada pasangan kan?
       
      Biasanya para pasangan memberikan hadiah cokelat, bunga maupun boneka di hari kasih sayang. Nuansa serba pink, merah ataupun putih memang sangat identik dengan Hari Valentine. Selain urusan warna, bentuk jantung atau hati menjadi buruan para pasangan.
       
      Daiso Japan merupakan salah satu store yang menjual berbagai macam pernak pernik untuk hiasan di rumah Anda. Di sini Anda bisa mendapatkan berbagai macam barang berbentuk hati dengan warna pink, merah dan sebagainya.
       
      "Di sini kita menyediakan berbagai perlengkapan dengan bentuk hati dan warna-warna pink dan merah atau putih untuk Valentine," kata Heti salah satu karyawan Daiso Japan di City Walk Sudirman Jakarta Selatan.
       
      Berikut list barang couple yang bisa dijadikan referensi untuk hadiah Valentine
      Sumpit
      Bila Anda dengan pasangan suka makan ramen, udon ataupun semacam mie lainnya, coba saja kasih sumpit yang warnanya identik dengan Valentine yaitu merah muda dan merah. Lucu bukan bila sumpit Anda sama dengan pasangan. Cetakan Kue
      Banyak pasangan sekarang yang menyukai dapur atau suka membuat cake. Dengan memberikan cetakan kue berbentuk hati tentu saja akan menjadi berkesan saat berada di dapur. Sendal
      Memang tak hanya di luar saja kaki Anda membutuhkan alas kaki, namun seperti di dalam rumah ataupun apartemen pasti Anda membutuhkannya bukan? Nah dengan memberikan sendal couple tentu membuat hari Valentine Anda menjadi berbeda dan berkesan saat Anda hendak memakainya. Sendal berwarna pink untuk wanita dan biru untuk pria sangat cocok dipakai sebagai hadiah valentine kepada pasangan tahun ini. Casing HP
      Banyak pasangan yang mempunyai tipe handphone sama. Dan untuk menambah kekompakan maka casing handphone bisa menjadi alternatif hadiah Valentine Anda. Dengan warna putih dan merah menjadikan Anda sebagai couple yang serasi. Tempat Aksesoris
      Bila Anda dan pasangan mempunyai beberapa aksesoris kesayangan seperti cincin, hadiah tempat aksesoris dengan bentuk cantik dan berwarna merah muda ini sangat pas untuk diberikan kepada pasangan. Dan lebih uniknya lagi, di Daiso Japan semua item harganya Rp. 25.000. Bagaimana ndral? Anda sudah menentukan hadiah untuk hari Kasih Sayang nanti? Selamat mencari hadiah ya!
    • By PusatInformasi
      14 Februari adalah Hari Kasih Sayang yang dikenal dengan nama Hari Valentine. Hari ini sudah diakui dunia sebagai hari dimana kita menunjukkan rasa sayang kita kepada orang terkasih dengan kado dan sebagainya, khususnya para remaja. Tapi tahukah asal mula dan sejarah dari hari kasih sayang ini? Berikut sejarah hari valentine biar kita bisa merayakan hari ini dengan mengetahui makna di belakangnya dan lebih menghargainya.

      Sebenarnya sejarah dari hari Valentine sendiri-pun memiliki berbagai versi yang paling terkenal adalah legenda Kaisar Claudius dan Saint Valentine (St. Valentine).
       
      Legenda Kaisar Claudius dan Pendeta Valentine

      Valentine adalah nama dari seorang pendeta Roma yang hidup sekitar abad ke-III, pada kerajaan yang dipimpin oleh Kaisar Claudius II yang terkenal atas kekejamannya. Banyak pria di kerajaan yang membenci Kaisar ini karena Claudius ingin merekrut semua pria di kerajaan sebagai anggota militer.

      Alasan para pria nggak ingin menjadi anggota militer adalah mereka nggak ingin meninggalkan keluarga dan orang terkasihnya. Claudius yang marah karena hal ini berpikir bahwa jika para pria nggak menikah, maka mereka pasti bakal mau bergabung sebagai anggota militer. Hal inilah yang membuat Claudius mulai melarang adanya pernikahan.

      Ada 2 versi berbeda mengenai legenda ini, yang 1 adalah hubungan Sang Putri Penjaga Penjara dengan Valentine, dan yang satu lagi adalah Kisah Valentine yang berusaha mengingatkan cinta melalui Surat Kertas. Yang paling dikenal adalah hubungan Sang Putri Penjaga Penjara dengan St. Valentine.
       
      Sang Putri Penjaga Penjara dan St. Valentine
       

       
      Valentine yang mendengar hal itu, nggak mempedulikan ide Sang Kaisar dan tetap menikahkan para pasangan yang ada walaupun secara diam-diam. Claudius yang mendengar hal itupun mulai mengingatkan Valentine atas tindakannya. Tetap saja, Valentine bersikukuh memberkati pernikahan dalam sebuah gereja kecil dengan bantuin cahaya lilin.

      Hal ini terus dilakukan Valentine hingga suatu malam ia tertangkap basah oleh Sang Kaisar. Sang Kaisar-pun sangatlah murka, ia menjebloskan Valetine ke penjara serta divonis hukuman mati dengan cara penggal. Karena perbuatannya yang memberkati banyak pernikahan, banyak orang menghampiri Valentine dan memberikan bunga serta dukungan melalui jendela penjara.

      Salah satu orang yang mengunjungi Valentine adalah putri Sang Penjaga Penjara yang buta. Secara ajaib, Valentine berhasil menyembuhkan kebutaan Sang Putri. Melalui keajaiban ini, 44 anggota keluarga Sang Penjaga Penjara dibaptis dan mulai percaya bakal Yesus.

      Putri ini mempercayai bahwa Valentine melakukan perbuatan yang benar dan ia terus mengunjungi Valentine hingga tanggal 14 Februari, Hari Hukuman Mati bagi Valentine. Pada hari hukuman matinya, Valentine menulis sebuah pesan yang menjadi surat 'valentine' pertama yang berisikan:
       
      "From Your Valentine"
      (Dari Valentinemu)
       
      St. Valentine dan Surat Kertasnya
       

       
      Memiliki awal yang sama dan akhir yang sama mengenai Sang Putri Penjaga Penjara, hanya saja ada yang mengatakan bahwa Valentine nggak dihukum mati karena berusaha menikahkan pasangan, tetapi karena berusaha mengingatkan 'cinta' ke para pria di Kerajaan dan menolak tawaran Sang Kaisar.

      Valentine yang tertangkap basah menikahkan pasangan, diinterogasi secara langsung oleh Kaisar Claudius. Claudius terkesan atas kebijaksanaan Valentine, ia-pun berusaha buat berdiskusi biar Valentine mau mempercayai kekafiran dan meninggalkan Kristen. Berlawanan dengan diskusinya, Valentine malah berusaha biar Sang Kaisar mempercayai cinta dalam Kristen. Sang Kaisar-pun murka dan menjebloskan serta mevonis hukuman mati bagi Valentine.

      Sebelum Valentine dihukum mati, biar para prajurit dan tahanan tetap teringat bakal 'cinta' dan percaya dengan Kristen, Saint Valentine dikatakan membuat potongan kertas berbentuk hati yang dibagi-bagikan ke para prajurit dan tahanan. Hal ini dipercaya menjadi asal mula penggunaan hati di hari Valentine.

      Kisah selanjutnya dilanjutkan dengan kisah Sang Putri Penjaga dan Valentine.
       
      Melalui perbuatan kasih St. Valentine, maka tanggal 14 Februari menjadi hari dimana orang-orang di berbagai belahan dunia merayakannya sebagai hari kasih sayang. Kisah Valentine yang memperjuangkan cinta dan Kaisar Claudius yang melawannya.

      Hari Sebelum Festival Lupercalia

      Pada zaman Roma Terdahulu, para laki-kaki dan perempuan sangatlah dipisahkan dengan ketat. Akan tetapi, pada tanggal 15 Februari - hari Festival Lupercalia -, nama dari Perempuan Roma bakal ditulis di kertas kecil dan ditempatkan di kendi atau guci.

      Setiap laki-laki bakal mencari nama dari perempuan dari kendi-kendi yang ada dan mereka bakal menjadi pasangan selama festival ini berlangsung. Bahkan pasangan ini terkadang bertahan selama 1 tahun, dan lebih lagi mereka jatuh cinta dan menikah.

      Lalu apa kaitannya dengan tanggal 14 Februari? Roma terdahulu meyakini bahwa tanggal 14 Februari meruapakan hari dimana mereka bakal libur dan menghargai Dewi Juno, Dewi para wanita dan pernikahan. Serta mereka juga mempercayai bahwa waktu sampai dengan 14 Februari merupakan waktu dimana Dewa Zeus dan Hera melangsungkan pernikahan suci mereka. Hal ini dikenal dengan nama Bulan Gamelion.

      14 Februari juga menjadi hari yang unik, karena merupakan 1 hari sebelum festival Lupercalia - festival dimana para laki-laki dan perempuan Roma diperbolehkan berpasangan.
    • By Sam
      Kalo acara sukuran identik dengan nasi tumpeng, valentine identik banget dengan coklat. Coklat biasanya dipake untuk nyatain perasaan ke orang lain di hari itu. Trus kenapa coklat sih? Nih, ane punya beberapa teori konspirasi soal kenapa waktu valentine orang-orang biasanya ngasih coklat.
       
      Produsen coklat
      Sebenernya cinta gak cuma bisa diungkapin dengan coklat. Dengan buah strawberry, misalnya, kan juga bisa. Tapi konon produsen coklat di seluruh dunia berkumpul di Swiss dan membuat sebuah rencana matang untuk mendorong orang-orang memberikan coklat di hari Valentine supaya mereka bisa untung banyak. Makanya ketika valentine akan tiba, coklat pun dibuat berbagai macam rupa yang melambangkan cinta. Ada yang berbentuk hati, berwarna pink, atau bertuliskan “I love you”. Awalnya seorang produsen coklat besar bernama Richard Cadbury pertama kali membuat coklat berbentuk hati dan mengawali tradisi pemberian coklat saat valentine. Sampai saat ini momen valentine menjadi penyumbang terbesar dalam penjualan coklat setiap tahunnya. Tuh kan berhasil!
       
      Afrodisiak
      Coklat katanya mengandung zat afrodisiak yang meningkatkan nafsu seksual. Beda dong sama bunga yang emang gak dimakan dan gak berefek apa-apa sama badan kita, walopun bentuknya cantik dan harum. Nah, kali aja nih ada suatu kelompok yang sengaja mendorong coklat sebagai hadiah valentine supaya dunia ini damai dan semua orang saling mencinta. Istilahnya: ‘Make Love, Not War’. Peace!
       
      Kelangkaan
      Bisa dibilang coklat bukan hasil alam yang langka. Beda sama hasil bumi yang tidak dapat diperbarui kayak minyak atau timah. Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil biji yang besar, serupa dengan banyak negara lainnya di dunia. Jadi bisa dibilang coklat bukan suatu barang yang perlu dikhawatirkan eksistensinya. Untuk itu para pemimpin dunia pun mungkin udah sepakat untuk mendorong coklat sebagai tradisi saat valentine. Trus kenapa gak kopi atau beras atau yang lain gitu? Ya karena coklat kan bentuknya lucu-lucu plus rasanya enak yang bisa diterima hampir setiap orang. Kalo mau ngasih beras sih ke pengungsian aja yang emang membutuhkan.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy