Jump to content

iPhone 5G Baru Akan Hadir di 2020?


Males

Recommended Posts

1827228634_apple5g.jpg.07f044159ad20fb2e52869683878d897.jpg

Pabrikan ponsel Android seperti Samsung dan Huawei bersiap merilis perangkat 5G pada 2019,  seiring dengan mulai digelarnya jaringan seluler generasi kelima itu di sejumlah wilayah dunia.

Bagaimana dengan Apple? Pembuat iPhone ini belakangan disebut baru akan meluncurkan ponsel dengan konektivitas 5G pada 2020. 

Konon, perusahaan yang berbasis di Cupertino, Amerika Serikat ini baru akan belakangan melepas iPhone 5G lantaran ingin menunggu jaringan 5G agar matang terlebih dahulu.

Sebelum-sebelumnya, Apple memang dikenal cenderung telat mengadopsi teknologi seluler terkini. 

iPhone 3G misalnya, baru hadir pada 2008, sementara jaringan 3G telah mulai digelar pada 2007. Kemudian, Apple baru menerapkan 4G LTE pada iPhone 5 di 2012, atau dua tahun setelah smartphone 4G lain mulai bermunculan. 

Apple sedang terlibat konflik dengan Qualcomm, salah satu pengembang 5G dan penyedia chip modem yang diperlukan untuk tersambung ke jaringan 5G. 

Sengketa dengan Qualcomm mengakibatkan Apple beralih ke chip modem Intel untuk sebagian iPhone. Namun, chip modem 5G Intel kabarnya baru akan siap pada 2020.

Apabila nanti berdamai, mungkin Apple akan bisa memakai modem Qualcomm untuk lebih cepat menghadirkan 5G di produk-produknya.

Ada juga spekulasi bahwa Apple sedang coba-coba mengembangkan chip modem sendiri supaya tak tergantung dengan pihak lain.

 

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By purwa_weheb
      Tidak dapat dipungkiri bahwa 2020 adalah periode waktu dimana kondisi finansial banyak orang sedang mengalami kesulitan. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya pandemi Covid-19. Tetapi ada cerita berbeda dari beberapa orang terkaya di dunia.
      Selama 2020, penjualan Amazon melonjak. Hal tersebut karena pembatasan jarak sosial memaksa orang untuk berbelanja lebih banyak secara online.
      Setelah Amazon, perusahaan mobil listrik, Tesla pun secara konsisten menghasilkan keuntungan membuat harga sahamnya terus meningkat, seperti melansir laman CNBC, Rabu (23/12/2020).
      Menjelang akhir 2020, berikut ini adalah lima miliarder yang kekayaanya meningkat paling tinggi tahun ini, menurut Indeks Miliarder Bloomberg:
      1. Elon Musk (Tesla)

      Untuk tahun ini, pria kelahiran Afrika Selatan ini berhasil menambahkan harta USD 140 miliar di 2020. Dimana dengan peningkatan tersebut, kekayaan Musk sekarang menjadi USD 167 miliar. Peningkatan kekayaan dari Musk sendiri berhasil membawanya menyaingi Bill Gates sebagai orang terkaya ke dua pada bulan November lalu.
      Di awal 2020, kekayaan bersih dari Musk sebenarnya masih USD 30 miliar. Tetapi meledaknya saham Tesla dengan kenaikan 650 persen sejak awal tahun, membuat Musk mendapatkan angka kemakmuran yang maksimal di tahun ini. Musk sendiri sampai sekarang dilaporkan memiliki 20 persen saham Tesla, yang dimana sekarang perusahaan mobil listrik tersebut sudah bernilai lebih dari USD 125 miliar.
      Tetapi selain Tesla, Elon Musk sendiri melihat valuasi saham perusahaan roket luar angkasannya, SpaceX, meroket. SpaceX sendiri yang belum lama ini berhasil menjadi perusahaan swasta pertama kalinya meluncurkan astronot ke luar angkasa, sekarang ini sudah bernilai lebih dari USD 15 miliar.
      2. Jeff Bezos (Amazon)

      Bezos memulai 2020 sebagai orang terkaya di dunia dan yang dia lakukan hanyalah menambahkan sebesar USD 72 miliar kepada kekayaan bersihnya. Angka tersebut pun masih berhasil diraihnya, mengingat Amazon sendiri terus bertumbuh tahun ini dengan belanja online yang disebabkan pandemi.
      Bezos yang sekarang ini memiliki lebih dari 50 juta saham Amazon yang bernilai lebih dari USD 170 miliar. Dimana hal tersebut berhasil menambahkan sebesar USD 187 miliar kepada kantong dirinya. Pada musim panas lalu, Bezos sendiri menjadi manusia pertama dalam sejarah yang berhasil melampui angka kekayaan sebesar USD 200 miliar.
      3. Zhong Shanshan (Nongfu Spring)

      Pendiri salah satu perusahaan air minum kemasan terbesar di China, Zhong Shanshan sendiri melihat kekayaan bersihnya melonjak sebesar USD 62,6 miliar di tahun 2020, berdasarkan data Blommberg. Zhong sendiri pada bulan September lalu berhasil menjadiorang terkaya di China, setelah Nongfu Spring berhasil di IPO degan mengumpulkan lebih dari USD 1,1 miliar.
      zhong yang sekarang berusia 66 tahun ini memiliki lebih dari 84 persen saham Nongfu Spring (sekarang bernilaiUSD 60 miliar). Angka tersebut pun menbantu Zhong berhasil melihat dirinya melampaui miliarder lain seperti Tencent's Pony Ma dan pendiri Alibaba Jack Ma untuk menjadi orang terkaya di China dalam beberapa bulan terakhir.
      Selain itu, Zhong sendiri memiliki saham di perusahaan armasi China Wantai Biological, yang sahamnya meningkat hampir 2.000 persen pada satu titik pada tahun 2020.
      4. Colin Huang (Pinduoduo)

      Colin Huang yang berusia empat puluh tahun menambahkan $ 33 miliar ke kekayaan bersihnya pada tahun 2020, menjadikan dirinya sekarangbernilai hampir USD 53 miliar, berdasarkan data Bloomberg. Pencapaian tersebut pun berhasil diraihnya saat dirinyamengundurkan diri sebagai CEO perusahaan yang dia dirikan lima tahun lalu.
      Didirikan pada tahun 2015, Pinduoduo sendiri adalah pasar online yang memungkinkan sekelompok orang berbagi biaya pembelian. Melihat pertumbuhan pendapatan yang lebih cepat daripada bisnis e-commerce China saingan seperti JD.com dan Alibaba, Pinduoduo pun memutuskan untuk Go Public di tahun 2018.Seperti Amazon dan raksasa e-commerce lainnya, Pinduoduo telah memperoleh keuntungan dari peningkatan belanja online pada tahun 2020 karena pandemi global.
      5. Dan Gilbert (Rocket Companies)

      Gilbert sendiri adalah seorang pemilik tim NBA, Cleveland Cavaliers sekaligus salah satu pendiriperusahaan peminjaman hipotek online, Quicken Loans. Kekayaan Gilbert sendiri meningkat sebesar USD 28,1 miliar pada tahun 2020 , berdasarkan data Bloomberg. Setelah pengingkatan tersebut mendatangi Quicken, Rocket Companies yang merupakan perusahaan induknyamemutuskan untuk meluncurkan IPO pada bulan Agustus.
      Gilbert sendiri memiliki sekitar 73 persen saham di Rocket Companies, dimana sekarang ini perusahaan tersebut sudah bernilai lebih dari USD 31 miliar.
      6. Mark Zuckerberg (Facebook)

      Tepat di belakang lima miliarder terbesar tersebut adalah pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg, yang kekayaan bersihnya telah melonjak lebih dari USD 26 miliar di 2020. Peningkatan keutungan tersebut punmenambahkan kekayaan bersih dari Zuckeberg sendiri menjadi USD 105 miliar, menjadikannya sebagai orang terkaya kelima di dunia, menurut Bloomberg.
      Hasil kekayaan dari zuckeberg sendiri terkait dari kepemilikan saham di Facebook, yang sekarang nilai valuasinya meningkat hampir 30 persen dari awal 2020, walaupun baru-baru ini perusahaan media sosial ini di gugat isu antitrust oleh pemerintah federal.
      7. MacKenzie Scott

      Sementara itu mantan istri Bezos, MacKenzie Scott, juga diuntungkan dengan melonjaknya harga saham Amazon pada 2020. Bloomberg memperkirakan kekayaan Scott juga meningkat hampir USD 25 miliar di tahun ini.
      Scott yang mendapatkan 25 persen saham Amazon sesuai dengan perjanjian perceraiannya dengan Bezos di tahun 2019, telah meningkatkan upaya filantropisnya pada tahun 2020.
      Scott sendiri baru-baru ini menyumbangkan lebih dari USD 4,2 miliar dalam empat bulan terakhir kepada ratusan organisasi nirlaba yang berbeda.
    • By jeruk_purut
      Kapan lagi pakai iPhone buat buka pintu mobil
      Sebagai perusahaan teknologi ternama, Apple terus menerus memperbarui sistem operasi mereka. Kali ini, Apple telah mempersiapkan iOS 14 yang akan segera diluncurkan pada September 2020 mendatang ke para pengguna iPhone.
      Pihak Apple mengatakan bahwa pembaruan iOS 14 ini adalah update terbesar yang pernah mereka lakukan. Hal ini karena Apple akan menghadirkan Home Screen yang telah di-desain ulang menjadi lebih menarik.

      “iOS 14 mengubah elemen paling ikonik dari pengalaman iPhone, dimulai dengan pembaruan terbesar yang pernah kami buat di Home Screen,” kata Wakil Presiden Senior Apple, Craig Federighi dilansir dari CNBC Indonesia.
      Tidak hanya Home Screen yang akan dipercantik, banyak fitur baru yang akan dihadirkan Apple demi memberikan kenyamanan lebih dalam menggunakan perangkat iPhone.
      Apa saja fitur barunya?
      Widget

      Mungkin Widget sudah lo temukan di iPhone pada iOS sebelumnya. Kali ini Apple mendesain ulang Widget iPhone persis dengan cara kerja di Apple Watch.
      Jadi lo bisa menempatkan Widget di Home Screen dalam berbagai ukuran.
      App Library

      Kalau yang ini adalah fitur baru untuk mengorganisir aplikasi ke dalam file berbeda secara otomatis. Terlebih pengguna iPhone bisa mengakses tanpa harus menampilkannya di Home Screen.
      App Clips

      Katanya sih fitur ini bakal memudahkan pengguna mengunduh banyak file besar. Bahkan Apple pun mengklaim prosesnya yang ringan dan cepat.
      Siri

      Siri terkadang bisa jadi teman ngobrol lo saat sedang kesepian. Namun, kali ini Apple membuat Siri datang 20 kali lebih cepat dari biasanya.
      Bahkan kini Siri bisa membantu lo mengirim pesan dalam format audio.
      Messages

      Aplikasi Messages kali ini akan menghadirkan memoji berdasarkan usia, fitur pin untuk mengutamakan chat paling penting selalu berada di paling atas, dan fitur group yang membentuk percakapan dalam sebuah ruang kelompok tertentu.
      Maps

      Maps juga mungkin sudah lama dalam iOS Apple sebelumnya. Namun sekarang Maps ada fitur baru berupa Guides yang memberikan panduan berbagai tempat dengan informasi paling update.
      Selain itu juga ada fitur Cycling yang membantu pesepeda memberikan panduan jalur sepeda.
      Terakhir ada EV Routing yang memberikan informasi tentang tempat pengisian daya untuk mobil listrik.
      Translate

      Buat lo yang suka gak ngerti kalau temennya ngobrol pakai bahasa Inggris, sekarang Apple akan memudahkan lo mengerti apa yang dibicarakan teman lo dengan menerjemahkan percakapan tersebut.
      CarPlay

      Apple memberikan wallpaper supaya tampilan CarPlay bisa lebih menarik. Fitur paling unik adalah kini iPhone lo bisa berfungsi sebagai kunci mobil.
    • By peter_hutomo
      Apple dikabarkan sedang mengembangkan teknologi satelit untuk menemukan cara baru mengirimkan data secara langsung ke perangkat.
      Proyek satelit sudah masuk tahap awal, Apple pun telah mengumpulkan beberapa insinyur dari industri dirgantara, satelit, dan antena. Bahkan, CEO Apple, Tim Cook telah menyatakan minatnya dalam proyek tersebut.
      Namun, masih belum jelas apakah Apple berencana untuk membangun satelit sendiri atau akan menggunakan satelit yang ada. Ketertarikan Apple terhadap satelit, kemungkinan mereka ingin mengirimkan data secara langsung ke perangkat, serta mengurangi ketergantungan pada operator nirkabel. 
      Teknologi seperti satelit  dapat memungkinkan Apple untuk menghindari jaringan nirkabel tradisional dan meningkatkan fungsi seperti pelacakan lokasi.
      Untuk mensukseskan ambisinya, Apple merekrut sejumlah nama-nama besar seperti; Michael Trela dan John Fenwick, mantan kepala teknik satelit di Google dan mantan kepala operasi pesawat ruang angkasa di Google, serta Matt Ettus, pendiri Ettus Research.
      Jika ini terealisasikan, maka Apple menjadi pendatang baru di pasar satelit yang semakin ramai dan secara bersamaan menjadi pesaing SpaceX dan Amazon.
      Amazon akan siap dengan Project Kuiper-nya, yakni rencana untuk membangun jaringan 3.236 satelit dalam upaya menyediakan akses internet global.
      Amazon juga mengumumkan pekan ini akan membangun markas riset untuk Project Kuiper di Redmond, Washington, atau tidak jauh dari pangkalan Amazon di Seattle. Sedangkan pada tahun lalu, SpaceX milik Elon Musk meluncurkan dua satelit pertama dari jaringan Starlinknya.
      Jaringan itu diharapkan dapat beroperasi setelah setidaknya 800 satelit dikerahkan.
    • By DragonJebol
      Apple meminta pengadilan federal AS untuk terus memantau dua mantan karyawannya yang berasal dari China karena tuduhan mencuri rahasia dagang Apple. Apple "sangat khawatir" karena keduanya dapat melarikan diri ke China sebelum menyelesaikan pengadilan mereka, seperti dikutip Macrumors.
      Menurut Reuters, jaksa mengatakan bahwa Xiaolang Zhang dan Jizhong Chen harus dipantau lokasinya karena mereka berisiko melarikan diri. Zhang didakwa atas pencurian rahasia dagang pada Juli 2018 setelah dia mencoba mencuri data tentang proyek mobil yang dimiliki Apple.
      Sebelum ditangkap, Zhang bekerja sebagai tim komputer Apple. Ia merancang dan menguji papan sirkuit untuk menganalisis data sensor pada Apple Car.
      Zhang memiliki "akses luas ke database internal yang aman dan rahasia". Setelah Zhang mengumumkan rencananya untuk meninggalkan Apple dan berpindah ke XMotors yang berbasis di China, Apple melakukan penyelidikan karena perilaku Zhang yang mencurigakan.
      Tepat sebelum pergi, Zhang mengakses konten sensitif yang mencakup prototipe, persyaratan daya, persyaratan tegangan rendah, sistem baterai, dan hal lainnya yang bersifat rahasia. Kemudian, Zhang ditangkap di bandara pada Juli 2018 saat berusaha pergi ke China.
      Dalam insiden lain, Apple menangkap Jizhong Chen, karyawan Apple. Jizhong Chen diketahui mengambil foto "di ruang kerja yang sensitif". Setelah melakukan penyelidikan, pejabat keamanan Apple menemukan bahwa komputer pribadi Chen berisi "ribuan" file yang terkait dengan Apple Car, termasuk buku petunjuk, skema, foto, dan diagram.
      Sebelum ditangkap, Chen sempat melamar untuk suatu posisi di perusahaan kendaraan yang berbasis di China. Chen ditangkap karena pencurian rahasia dagang Apple. Ia tertangkap tepat satu hari sebelum ia terbang ke China.
      Baru-baru ini juga ditemukan bahwa Chen mempunyai file rahasia dari program rudal Patriot milik Raytheon, perusahaan tempat ia bekerja sebelumnya.
      Kedua pria tersebut dipantau secara elektronik setelah dibebaskan dengan jaminan sebelum persidangan mereka. Sekarang Zhang dan Chen berusaha untuk menghentikan pemantauan yang dilakukan terhadap mereka.
      Pengacara Zhang dan Chen mengatakan, sejauh ini mereka tidak melanggar aturan pra-persidangan dan belum terbukti bahwa mereka benar-benar memberikan kekayaan intelektual Apple kepada pihak ketiga.
      Pengacara juga mengatakan, Zhang dan Chen berhak pergi ke China untuk mengunjungi kerabat mereka, tetapi bukan untuk menghindari tuntutan. Zhang dan Chen sama-sama akan menghadapi hukuman penjara selama beberapa tahun dan denda yang besar jika memang terbukti bersalah.
    • By news
      Acara kemunculan iPhone generasi terbaru pada Rabu (11/9) dini hari waktu Jakarta menjadi trending topic di semesta Twitter Indonesia. Perhelatan akbar tersebut akan kembali diadakan di Steve Jobs Theater di kampus Apple di Apple Park, Cupertino, AS.
      Dapat dipastikan para Apple head harus merogoh kocek cukup dalam untuk dapat meminang iPhone terbaru ini. Oleh karena itu, banyak warganet yang membuat lelucon terkait 'jiwa kemiskinan' yang meronta.
      Akun @DO_475 sama-sama membuat lelucon jual ginjal untuk membeli iPhone 11. Belakangan, harga iPhone memang terbilang semakin mahal.
      Sementara akun @Tweetsembangg menunjukkan gambar foto ginjal yang hilang untuk dijual sebagai lelucon.
      Tak sedikit pula warganet yang membuat lelucon soal desain modul kamera iPhone yang berbeda dibandingkan ponsel pintar lainnya. Kritikan membanjiri desain modul kamera iPhone terbaru.
      Acara peluncuran generasi penerus iPhone X ini juga ditayangkan secara langsung di situs resmi Apple
      https://www.apple.com/apple-events/
      Selain lewat situs resminya, untuk pertama kalinya Apple memberikan kesempatan bagi Anda menyaksikan peluncuran iPhone baru lewat aplikasi ponsel. Kendati demikian, aplikasi Apple Event hanya tersedia untuk Apple TV saja.
×
×
  • Create New...