Jump to content
  • advertisement_alt
  • advertisement_alt
  • advertisement_alt
  • Our picks

    • Orang Punya Karakter Ini Ternyata Punya Bakat Luar Biasa
      Umumnya, perusahaan selalu menuntut calon pegawai untuk memiliki kemampuan sosial yang tinggi. Ternyata, orang yang memiliki kemampuan sosial rendah justru berpotensi lebih berbakat dalam bidang yang didalaminya.
      • 1 balasan baru
    • Wikileaks Bocorkan Ribuan Data Karyawan Imigrasi Amerika Serikat
      Wikileaks membocorkan informasi profil LinkedIn ribuan karyawan Imigrasidan Bea Cukai AS (ICE) menyusul kebijakan keras pemerintahan Donald Trump terhadap imigran gelap yang masuk ke Amerika Serikat. Bocoran profil karyawan muncul di situs web "ICEPatrol" milik ICE dan menampilkan informasi profesional dan pribadi dari profil jejaring sosial pegawai imigrasi Amerika Serikat.
      • 1 balasan baru
    • Trik Mencegah Retasan
      Jangan Gunakan Internet

      Cara paling gampang adalah jangan gunakan internet. Tapi cara ini juga paling sulit dilakukan. Pasalnya setiap orang di dunia modern pasti memiliki perangkat yang selalu terhubung ke internet, baik itu komputer, smartphone, tablet atau peralatan rumah tangga sehari-hari.
      • 1 balasan baru
    • ATURAN VOLUME TOA MASJID DI NEGARA MUSLIM LAIN
      Arab Saudi

      Sejak 2015 silam Kementerian Agama Islam di Arab Saudi melarang masjid menggunakan pengeras suara di bagian luar, kecuali untuk adzan, sholat Jumat, sholat Idul Fitri & Adha, serta sholat minta hujan. Kebijakan ini diambil menyusul maraknya keluhan warga ihwal volume pengeras suara yang terlalu besar. Arab News melaporkan tahun lalu masjid-masjid diperintahkan mencabut toa dari menara.

      Mesir

      Keputusan pemerintah Mesir melarang pengeras suara masjid digunakan untuk selain adzan juga didukung oleh Universitas al-Azhar.
      • 2 balasan baru
    • Jangan Aktifkan Tethering di GBK Selama Asia Games 2018
      Upacara pembukaan Asian Games 2018 tengah berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu malam (18/8/2019).

      Karena venue dipadati ribuan pengunjung, Kementerian Komunikas dan Informatika (Kemkominfo) juga tak ketinggalan mengimbau bagi pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ada di dalam venue. Imbauan berkaitan dengan penggunaan akses internet di kawasan tersebut.
      • 0 balasan baru
dugelo

7 Mafia yang Paling Berbahaya di Dunia!

Recommended Posts

Kisah tentang mafia yang banyak diangkat oleh industri film Amerika Serikat, Hollywood, membuat kita antara percaya tidak percaya dengan adanya mafia. Meski terdengar layaknya dongeng, jaringan mafiaadalah kenyataan yang benar-benar ada, meskipun mafia di dunia nyata tentu berbeda dengan mafia dalam film-film. Dalam realitanya, mafia yang ada di dunia lebih berfokus pada aksi kriminal yang mendatangkan uang, seperti perdagangan narkoba, perdagangan manusia, ataupun korupsi dan pencucian uang. Tidak seperti yang digambarkan dalam film-film dimana mafia berfokus pada kekerasan semata. Uang menjadi motif besar dibalik kekerasan yang dilakukan oleh organisasi kriminal berbahaya ini.

Ternyata, organisasi kriminal pun ada di hampir setiap negara, mulai dari Amerika Serikat hingga Kenya. Penasaran dengan organisasi mafia yang ada di dunia? Berikut 7 organisasi mafia paling berbahaya yang berhasil Yukepo temukan! Yuk, kepo!

1. Yakuza, Jepang

1.jpg.8d9a9d1032ff0658927a43460d6cf99c.jpg

Kita pasti pernah mendengar mengenai Yakuza, nama lain dari sebuah organisasi kriminal di Jepang. Yakuza tidak hanya dikenal dengan aksi kriminalnya, namun juga dengan seni tatonya yang indah. Selain itu, Yakuza di Jepang juga memiliki keunikan tersendiri. Semua anggota Yakuza ujung jari kelingkingnya telah dipotong sebagai tanda kesetiaan terhadap bos mereka.

2. 18th Street Gang, Amerika Serikat

2.jpg.986b61f5abad4921a2dce441b393b10a.jpg

Organisasi kriminal ini disebut juga dengan “The Children’s Army” karena organisasi ini kerap merekrut anak-anak sebagai anggotanya. 18th Street Gang atau yang juga sering disebut M-18, memiliki basis di Los Angeles, Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Meksiko dan juga beberapa jaringan kriminal di Amerika Latin.

3. Russian Mafia, Rusia

3.jpg.27504e5721781574bca6738605b8ad68.jpg

Tidak banyak yang diketahui mengenai mafia Rusia. Namun kabarnya, organisasi kriminal dari Rusia sangat mengerikan. Selain melakukan berbagai bisnis ilegal seperti perdagangan organ manusia, atau jasa pembunuh bayaran, organisasi ini juga kabarnya kerap menggunakan metode kekerasan demi melancarkan bisnis ilegal mereka.

4. Mungiki, Kenya

4.jpg.6d4c8738890da28931258beb91ced5c1.jpg

Organisasi kriminal di Kenya ini merupakan organisasi yang paling ditakuti di negaranya. Mungiki kerap melakukan pemerasan kepada masyarakat Kenya yang berada di pinggiran dan menguasai industri taksi di Kenya. Mereka terkenal dengan aksi kekerasannya yang brutal terhadap siapapun yang menghalangi jalannya organisasi kriminal mereka.

5. Rizzuto Family, Kanada

5.jpg.34aa7ca2c4ae1939ac5f455ac64b8df6.jpg

Keluarga ini adalah keluarga yang mengatur sindikat kriminal terbesar di Montreal, Kanada. Selain terkenal dengan metode kekerasan yang digunakan oleh keluarga Rizzuto untuk memperlancar bisnisnya, keluarga ini juga memiliki mayoritas perusahaan kontraktor di Montreal.

6. Mara Salvatrucha, Amerika Serikat

6.jpg.95770e29db4199c963ad054703d3763d.jpg

Mara Salvatrucha, atau yang disingkat dengan MS-13 adalah saingan terbesar dari organisasi 18th Street Gang di Amerika Serikat. Organisasi ini terlibat dalam kartel narkoba Sinaloa dan terkenal dengan kekerasannya. Anggota MS-13 dapat diidentifikasi melalui berbagai tato pada tubuh dan wajah anggotanya dan gerakan tangan rahasia yang menjadi ciri khas organisasi kriminal ini.

7. Albanian Mob, Albania

7.JPG.b768f09a53a8ae0fc858abd4f924b790.JPG

Seperti dalam film Godfather, organisasi kriminal dari Albania ini merupakan organisasi yang berbasis keluarga. Organisasi ini berfokus pada perdagangan ilegal narkoba. Bahkan seorang pemimpin organisasi kriminal ini teridentifikasi sebagai bandar narkoba terbesar di Eropa.

Organisasi kriminal memang fenomena yang nyata adanya, meski sulit untuk dirasakan kehadirannya karena mereka beroperasi di balik bayang-bayang. Hmm, kira-kira seperti apa ya organisasi mafia yang ada di Indonesia? Ada yang tahu?

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

  • Konten yang sama

    • Oleh Jennifer_Wirayang
      Bagi seluruh umat Kristiani di dunia ini, menyambut hari Natal itu salah satu moment paling bahagia bagi mereka . Bahkan tak heran pula jika mereka seringkali menyiapkan sesuatu hal yang luarbiasa untuk perayaan Natal. Mulai dari perayaan Natal yang terbilang mewah hingga perayaan natal yang aneh unik dan menarik.
      Dan kali ini ada sejumlah perayaan Natal paling Aneh di dunia yang hanya ada di negara – negara tertentu. Seperti apa perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia tersebut ? Seperti yang dilansir dari Merdeka.com, inilah dia 5 perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia.
      1. Makan burung yang sudah berjamur, Greenland
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni dilakukan di Greenland. Di sana ada sebuah tradisi parayaan natal paling aneh yakni dengan makan burung yang sudah diawetkan atau Kiviak selama musim dingin. Burung yang dimakan secara beramai – ramai ini dinyatakan sudah mati yang sudah disimpan selama 7 bulan terakhir sehingga saat perayaan natal tiba burung tersebut sudah siap untuk disantap. di segel bangkai selama tujuh bulan sebelumnya.
      2. Malam penuh lobak, Meksiko
      Perayaan Natal paling aneh yang ada di dunia yakni juga ada di negara Meksiko yang terkenal dengan ciri khas malam penuh lobak.. Di Meksiko tanaman lobak memang banyak di jumpai bahkan mudah ditemukan. Uniknya, lobak yang sudah menjadi ciri khas negara Meksiko itu pun terlihat begitu menarik saat malam Natal. Sebab , warga disana memilih menjadikan lobak sebagai hiasan natal mereka dengan diukir menjadi karakter-karakter yang terkenal dari kisah Natal.
      3. Sinterklas dan senjata api, AS
      Sinterklas memang menjadi simbol perayaan Natal di seluruh penjuru dunia. Namun di negara Arizona, AS. The Scottsdale Gun Club ini punya cara yang lebih unik untuk merayakan natal bersama Sinterklas yakni dengan menyelenggarakan acara Santa and Machine Guns di hari Natal. Disitu kamu bisa melihat foto Sinterklas memegang senjata api yang pastinya berbeda dengan Sinterklas di negara lain.
      4. Didatangi Krampus jika nakal, Jerman
      Tradisi perayaan Natal paling unik yakni ada di negara Jerman , disana para umat kristiani akan didatangi  paraKrampus jika selama perayaan Natal mereka melakukan perbuatan nakal. Bahkan Krampus tersebut akan menghukum anak-anak yang tidak berperilaku baik selama setahun dengan cara memukul anak-anak tersebut dengan ranting pohon atau rantai .
      5. Legenda laba-laba Natal, Ukraina
      Perayaan Natal paling aneh yang terakhir ada di negara Ukraina . Disana pohon – pohon Natal bukan di hias dengan pernak – pernik mewah , melainkan dengan laba-laba dan ini dilakukan bagi masyarakat miskin jika mereka tidak mampu membeli perlengkapan dekorasi Natal.
      Nah, itulah dia perayaan Natal paling Aneh yang ada di dunia.
    • Oleh berita_semua
      Wanita cantik ini beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial.
      Namanya menjadi populer tatkala teman Facebooknya, Niquie Delgado, mengunggah foto Krestle Deomampo saat sedang membedah 'burung' anak kecil.
      Ternyata foto aksi wanita yang tinggal di Davao, Manila, Filipina ini mendapatkan respons mengejutkan dari netizen.
      Menurut keterangan foto, total sudah lebih dari 28 'burung' anak kecil yang sudah ia tangani.
      Sedangkan banyak pula netizen dewasa yang berseloroh ingin disunat oleh wanita cantik ini.
      Potret cantiknya saat mengoperasi bedah ini pun menjadi perbincangan hangat masyarakat luas, bahkan hingga luar Filipina.
      Maka banyak yang menyebut wanita ini sebagai tukang sunat tercantik di dunia.
      Sudah beberapa bulan berlalu, rupanya penampilan Krestle Demoampo sekarang makin cantik.
      Dia juga punya banyak penggemar dari Indonesia.
      Terbukti dari postingan-postingannya di akun Instagram, @krestledeomampo, banyak dikomentari oleh netizen Indonesia.
      Bahkan di kolom komentarnya juga dikirimi tulisan 'Om Telolet Om' oleh pengguna Instagram dari Tanah Air.
      Tak cuma itu, ia juga kerap mengunggah foto-foto seksinya saat berlibur di Instagramnya.
      Simak penampilan Krestle Deomampo sekarang yang semakin cantik dan seksi, dalam video di atas.
    • Oleh Clement
      Berikut Hasil Liga Champions pekan ke 5 selengkapnya:
      (23/11) 00.00 CSKA Moskwa vs Bayer Leverkusen FT: 1-1
      (23/11) 02.45 Leicester City vs Club Brugge FT: 2-1
      (23/11) 02.45 Borussia Dortmund vs Legia Warsaw FT: 8-4
      (23/11) 02.45 Dinamo Zagreb vs Lyon FT: 0-1
      (23/11) 02.45 Copenhagen vs Porto FT: 0-0
      (23/11) 02.45 Sevilla vs Juventus FT: 1-3
      (23/11) 02.45 Monaco vs Tottenham Hotspur FT: 2-0
      (23/11) 02.45 Sporting CP vs Real Madrid FT: 1-2
      (24/11) 00.00 Rostov vs Bayern Munchen FT: 3-2
      (24/11) 00.45 Besiktas vs Benfica FT: 3-3
      (24/11) 02.45 Celtic vs Barcelona FT: 0-2
      (24/11) 02.45 Ludogorets vs Basel FT: 0-0
      (24/11) 02.45 Atletico Madrid vs PSV Eindhoven FT: 2-0
      (24/11) 02.45 Napoli vs Dynamo Kyiv FT: 0-0
      (24/11) 02.45 Monchengladbach vs Manchester City FT: 1-1
      (24/11) 02.45 Arsenal vs PSG FT: 2-2
      Hasil CSKA Moskow vs Bayer Leverkusen – Hasil imbang menjadi hasil akhir antara CSKA Moskow yang menjamu Bayer Leverkusen, tak ada gol yang tercipta dalam laga ini.
      Hasil Leicester City vs Club Brugge – Leicester City berhasil megemas kemenangan saat menjamu klub Belgia, Club Brugge. Bertanding di King power Stadium, pertandingan ditutup dengan skor 2-1.
      Hasil Borussia Dortmund vs Legia Warsaw – Hujan gol terjadi dalam laga antara Dortmund melawan Legia. Total sebanyak 12 gol tercipta sepanjang pertandingan yang akhirnya dimenangkan oleh tuan rumah Dortmund!
      Hasil Dinamo Zagreb vs Olympique Lyon – Bermain dengan para pemain mudanya, tuan rumah Zagreb akhirnya harus mengakui keunggulan tamunya asal Prancis, Lyon dengan skor akhir 0-1.
    • Oleh anonymous_content
      Dalam buku yang ditulis John Pilger dan yang juga ada film dokumenternya, dengan judul The New Rulers of the World, antara lain, dikatakan: “Dalam dunia ini, yang tidak dilihat oleh bagian terbesar dari kami yang hidup di belahan utara dunia, cara perampokan yang canggih telah memaksa lebih dari sembilan puluh negara masuk ke dalam program penyesuaian struktural sejak tahun delapan puluhan, yang membuat kesenjangan antara kaya dan miskin semakin menjadi lebar”.
      Ini terkenal dengan istilah nation building dan good governance oleh “empat serangkai” yang mendominasi World Trade Organisation (Amerika Serikat, Eropa, Canada, dan Jepang), dan triumvirat Washington (Bank Dunia, IMF, dan Departemen Keuangan AS). Mereka mengendalikan setiap aspek detail dari kebijakan pemerintah di negara-negara berkembang. Kekuasaan mereka diperoleh dari utang yang belum terbayar, yang memaksa negara-negara termiskin membayar USD 100 juta per hari kepada para kreditor Barat. Akibatnya adalah sebuah dunia yang elitenya -dengan jumlah lebih sedikit dari satu miliar orang- menguasai 80 persen kekayaan seluruh umat manusia.”
      Itu ditulis oleh John Pilger, seorang wartawan Australia yang bermukim di London, yang tidak saya kenal. Antara John Pilger dan saya, tidak pernah ada komunikasi. Namun, ada beberapa kata yang saya rasakan berlaku untuk bangsa Indonesia dan yang relevan dengan yang baru saya kemukakan. Kalimat John Pilger itu begini: “Their power derives largely from an unrepayable debt that forces the poorest countres…” dan seterusnya. Dalam hal Indonesia, keuangan negara sudah bangkrut pada 1967. Paling tidak, demikianlah yang digambarkan oleh para teknokrat ekonom Orde Baru yang dipercaya oleh Presiden Soeharto untuk memegang tampuk pimpinan dalam bidang perekonomian. Maka, dalam buku John Pilger tersebut, antara lain, juga dikemukakan sebagai berikut:
      (Saya kutip halaman 37) “Dalam bulan November 1967, menyusul tertangkapnya ’hadiah terbesar’, hasil tangkapannya dibagi. The Time-Life Corporation mensponsori konferensi istimewa di Jenewa yang dalam waktu tiga hari merancang pengambilalihan Indonesia. Para pesertanya meliputi para kapitalis yang paling berkuasa di dunia, orang-orang seperti David Rockefeller. Semua raksasa korporasi Barat diwakili: perusahaan-perusahaan minyak dan bank, General Motors, Imperial Chemical Industries, British Leyland, British American Tobacco, American Express, Siemens, Goodyear, The International Paper Corporation, US Steel. Di seberang meja adalah orang-orangnya Soeharto yang oleh Rockefeller disebut “ekonoom-ekonoom Indonesia yang top”.
      “Di Jenewa, Tim Indonesia terkenal dengan sebutan ’the Berkeley Mafia’, karena beberapa di antaranya pernah menikmati beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat untuk belajar di Universitas California di Berkeley. Mereka datang sebagai peminta-minta yang menyuarakan hal-hal yang diinginkan oleh para majikan yang hadir. Menyodorkan butir-butir yang dijual dari negara dan bangsanya, mereka menawarkan : … buruh murah yang melimpah… cadangan besar dari sumber daya alam … pasar yang besar.” Di halaman 39 ditulis: “Pada hari kedua, ekonomi Indonesia telah dibagi, sektor demi sektor. ’Ini dilakukan dengan cara yang spektakuler’ kata Jeffry Winters, guru besar pada Northwestern University, Chicago, yang dengan mahasiwanya yang sedang bekerja untuk gelar doktornya, Brad Sampson, telah mempelajari dokumen-dokumen konferensi. ’Mereka membaginya ke dalam lima seksi: pertambangan di satu kamar, jasa-jasa di kamar lain, industri ringan di kamar lain, perbankan dan keuangan di kamar lain lagi; yang dilakukan oleh Chase Manhattan duduk dengan sebuah delegasi yang mendiktekan kebijakan-kebijakan yang dapat diterima oleh mereka dan para investor lainnya. Kita saksikan para pemimpin korporasi besar ini berkeliling dari satu meja ke meja yang lain, mengatakan: ini yang kami inginkan: ini, ini, dan ini, dan mereka pada dasarnya merancang infrastruktur hukum untuk berinvestasi di Indonesia.
      Saya tidak pernah mendengar situasi seperti itu sebelumnya, di mana modal global duduk dengan para wakil dari negara yang diasumsikan sebagai negara berdaulat dan merancang persyaratan buat masuknya investasi mereka ke dalam negaranya sendiri.
      Freeport mendapatkan bukit (mountain) dengan tembaga di Papua Barat (Henry Kissinger duduk dalam board). Sebuah konsorsium Eropa mendapat nikel Papua Barat. Sang raksasa Alcoa mendapat bagian terbesar dari bauksit Indonesia. Sekelompok perusahaan-perusahaan Amerika, Jepang, dan Prancis mendapat hutan-hutan tropis di Sumatera, Papua Barat, dan Kalimantan. Sebuah undang-undang tentang penanaman modal asing yang dengan buru-buru disodorkan kepada Soeharto membuat perampokan ini bebas pajak untuk lima tahun lamanya. Nyata dan secara rahasia, kendali ekonomi Indonesia pergi ke Inter Governmental Group on Indonesia (IGGI), yang anggota-anggota intinya adalah Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Australia dan, yang terpenting, Dana Moneter Internasional dan Bank Dunia.” Sekali lagi, semuanya itu tadi kalimat-kalimatnya John Pilger yang tidak saya kenal.
      Kalau kita percaya John Pilger, Brad Sampson, dan Jeffry Winters, sejak 1967 Indonesia sudah mulai dihabisi (plundered) dengan tuntunan oleh para elite bangsa Indonesia sendiri yang ketika itu berkuasa.
      Sejak itu, Indonesia dikepung oleh kekuatan Barat yang terorganisasi dengan sangat rapi. Instrumen utamanya adalah pemberian utang terus-menerus sehingga utang luar negeri semakin lama semakin besar. Dengan sendirinya, beban pembayaran cicilan utang pokok dan bunganya semakin lama semakin berat. Kita menjadi semakin tergantung pada utang luar negeri. Ketergantungan inilah yang dijadikan leverage atau kekuatan untuk mendikte semua kebijakan pemerintah Indonesia. Tidak saja dalam bentuk ekonomi dan keuangan, tetapi jauh lebih luas dari itu. Utang luar negeri kepada Indonesia diberikan secara sistematis, berkesinambungan, dan terorganisasi secara sangat rapi dengan sikap yang keras serta persyaratan-persyaratan yang berat. Sebagai negara pemberi utang, mereka tidak sendiri-sendiri, tetapi menyatukan diri dalam organisasi yang disebut CGI.
      Negara-negara yang sama sebagai pemberi penundaan pembayaran cicilan utang pokok dan bunganya yang jatuh tempo menyatukan diri dalam organisasi yang bernama Paris Club. Pemerintah Indonesia ditekan oleh semua kreditor yang memberikan pinjaman kepada swasta Indonesia supaya pemerintah menekan para kreditor swasta itu membayar tepat waktu dalam satu klub lagi yang bernama London Club. Secara kolektif, tanpa dapat dikenali negara per negara, utang diberikan oleh lembaga multilateral yang bernama Bank Dunia, Bank Pembangunan Asia. Pengatur dan pemimpin kesemuanya itu adalah IMF. Jadi, kesemuanya itu tidak ada bedanya dengan kartel internasional yang sudah berhasil membuat Indonesia sebagai pengutang yang terseok-seok.
      Sejak itu, utang diberikan terus sampai hari ini. Dalam krisis di tahun 1997, Indonesia sebagai anggota IMF menggunakan haknya untuk memperoleh bantuan. Ternyata, ada aturan ketat untuk bantuan itu. Bantuan uang tidak ada, hanya dapat dipakai dengan persyaratan yang dibuat demikian rupa, sehingga praktis tidak akan pernah terpakai. Dengan dipegangnya pinjaman dari IMF sebagai show case, IMF mendikte kebijakan-kebijakan pemerintah Indonesia, yang dengan segala senang hati dipenuhi oleh para menteri ekonomi Indonesia, karena mereka orang-orang pilihan yang dijadikan kroni dan kompradornya.
      Maka, dalam ikatan EFF itulah, pemerintah dipaksa menerbitan surat utang dalam jumlah Rp 430 triliun untuk mem-bail out para pemilik bank yang menggelapkan uang masyarakat yang dipercayakan pada bank-bank mereka. Mereka tidak dihukum, sebaliknya justru dibuatkan perjanjian perdata bernama MSAA yang harus dapat meniadakan pelanggaran pidana menurut undang-undang perbankan. Dalam perjanjian perdata itu, asalkan penggelap uang rakyat yang diganti oleh pemerintah itu dapat mengembalikan dalam bentuk aset yang nilainya sekitar 15 persen, dianggap masalahnya sudah selesai, diberikan release and discharge.
      Lima tahun lamanya, yaitu untuk tahun 1999 sampai dengan tahun 2003, pembayaran utang luar negeri yang sudah jatuh tempo ditunda. Namun, mulai tahun 2004, utang yang jatuh tempo beserta bunganya harus dibayar sepenuhnya. Pertimbangannya tidak karena keuangan negara sudah lebih kuat, tetapi karena sudah tidak lagi menjalankan program IMF dalam bentuk yang paling keras dan ketat, yaitu EFF atau LoI.
      Setelah keuangan negara dibuat bangkrut, Indonesia diberi pinjaman yang tidak boleh dipakai sebelum cadangan devisanya sendiri habis total. Pinjaman diberikan setiap pemerintah menyelesaikan program yang didiktekan oleh IMF dalam bentuk LoI demi LoI. Kalau setiap pelaksanaan LoI dinilai baik, pinjaman sebesar rata-rata USD 400 juta diberikan. Pinjaman ini menumpuk sampai jumlah USD 9 miliar, tiga kali lipat melampaui kuota Indonesia sebesar USD 3 miliar. Karena saldo pinjaman dari IMF melampaui kuota, Indonesia dikenai program pemandoran yang dinamakan Post Program Monitoring.
      Mengapa Indonesia tidak mengembalikan saja yang USD 6 miliar supaya saldo menjadi USD 3 miliar sesuai kuota agar terlepas dari post program monitoring. Berkali-kali saya mengusulkan dalam sidang kabinet agar seluruh saldo utang sebesar USD 9 miliar dikembalikan. Alasannya, kita harus membayar, sedangkan uang ini tidak boleh dipakai sebelum cadangan devisa milik sendiri habis total. Cadangan devisa kita ketika itu sudah mencapai USD 25 miliar, sedangkan selama Orde Baru hanya sekitar USD 14 miliar. Yang USD 9 miliar itu harus dicicil sesuai jadwal yang ditentukan oleh IMF. Skemanya diatur sedemikian rupa sehingga pada akhir 2007 saldonya tinggal USD 3 miliar. Ketika itulah, baru program pemandoran dilepas. Alasannya kalau yang USD 9 miliar dibayarkan sekarang, cadangan devisa kita akan merosot dari USD 34 miliar menjadi USD 25 miliar. Saya mengatakan, kalau yang USD 9 miliar dibayarkan, cadangan devisa kita meningkat dari USD 14 miliar menjadi USD 25 miliar. Toh pendapat saya dianggap angin lalu sampai hari ini.
      Mari sekarang kita bayangkan, seandainya cadangan devisa kita habis pada akhir 2007. Ketika itu, utang dari IMF tinggal USD 3 miliar sesuai kuota. Barulah ketika itu utang dari IMF boleh dipakai. Olehnya secara implisit dianggap bahwa ini lebih kredibel, yaitu mengumumkan bahwa cadangan devisa tinggal USD 3 miliar yang berasal dari utang IMF. Kalau seluruh utang yang USD 9 miliar dibayar kembali karena sudah mempunyai cadangan devisa sendiri sebesar USD 25 miliar dikatakan bahwa Indonesia tidak akan kredibel karena cadangan devisa merosot dari USD 34 miliar menjadi USD 25 miliar.
      Jelas sekali sangat tidak logisnya kita dipaksa untuk memegang utang dari IMF dengan pengenaan bunga yang tinggi, sekitar 4 persen setahun, tanpa boleh dipakai. Jelas sekali bahwa Indonesia dipaksa berutang yang jumlahnya melampaui kuota yang sama sekali tidak kita butuhkan. Tujuannya hanya supaya Indonesia dikenai pemandoran yang bernama post program monitoring. Jelas ini hanya mungkin dengan dukungan dan kerja sama dari kroni-kroninya Kartel IMF.
      Mengapa kami dan teman-teman yang sepikiran dan sepaham dikalahkan terus-menerus? Mengapa pikiran yang tidak masuk akal seabsurd itu dipertahankan? Sebab, para menteri ekonomi yang ada dalam kabinet dan otoritas moneter sedikit pun tidak menanggapinya. Memberikan komentar pun tidak mau. Mengapa? Sebab, perang modern yang menggunakan seluruh sektor ekonomi sebagai senjata, terutama sektor moneternya, membutuhkan kroni atau komprador bangsa Indonesia sendiri yang mutlak mengabdi pada kepentingan agresor.
      Kalau kita percaya pada Brad Sampson, Jeffrey Winters, dan John Pilger, dan kita perhatikan serta ikuti terus sikap satu kelompok tertentu, kiranya jelas bahwa kelompok pakar ekonomi yang dijuluki “the Berkeley Mafia” adalah kelompok kroni dalam bidang ekonomi dan keuangan. Lahirnya kelompok tersebut telah dikemukakan dalam studi Brad Sampson yang tadi saya kutip. Pengamatan saya sendiri juga membenarkan bahwa kelompok itu menempatkan dan memfungsikan diri sebagai kroni kekuatan asing.
      Yang paling akhir menjadi kontroversi adalah sikap beberapa menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu terhadap uluran tangan spontan dari beberapa kepala pemerintahan beberapa negara Eropa penting berkenaan dengan bencana tsunami. Baru kemarin media massa penuh dengan komentar minor mengapa tim ekonomi pemerintah utang lagi dalam jumlah besar sehingga jumlah stok utang luar negeri keseluruhannya bertambah? Ini sangat bertentangan dengan yang dikatakan selama kampanye presiden dan juga dikatakan oleh para menteri ekonomi sendiri bahwa stok utang akan dikurangi. Berdasar pengalaman, saya yakin bahwa kartel IMF yang memaksa kita berutang dalam jumlah besar supaya dapat membayar utang yang jatuh tempo. Buat mereka, yang terpenting memperoleh pendapatan bunga dan mengendalikan Indonesia dengan menggunakan utang luar negeri yang sulit dibayar kembali.
      Mafia Berkeley
      Mafia Berkeley adalah Organisasi Tanpa Bentuk (OTB). Mereka mempunyai atau menciptakan keturunan-keturunan. Para pendirinya memang sudah sepuh, yaitu Prof Widjojo Nitisastro, Ali Wardhana, Emil Salim, Soebroto, Moh. Sadli, J.B. Soemarlin, Adrianus Mooy, dan masih sangat banyak lagi. Yang sekarang dominan adalah Sri Mulyani, Moh. Ikhsan, Chatib Basri, dan masih banyak lagi. Mereka tersebar pada seluruh departemen dan menduduki jabatan eselon I dan II, sampai kepala biro.
      Ciri kelompok itu ialah masuk ke dalam kabinet tanpa peduli siapa presidennya. Mereka mendesakkan diri dengan bantuan kekuatan agresor. Kalau kita ingat, sejak akhir era Orde Lama, Emil Salim sudah anggota penting dari KOTOE dan Widjojo Nitisastro sudah sekretaris Perdana Menteri Djuanda. Widjojo akhirnya menjabat sebagai ketua Bappenas dan bermarkas di sana. Setelah itu, presiden berganti beberapa kali. Yang “kecolongan” tidak masuk ke dalam kabinet adalah ketika Gus Dur menjadi presiden. Namun, begitu mereka mengetahui, mereka tidak terima. Mereka mendesak supaya Gus Dur membentuk Dewan Ekonomi Nasional. Seperti kita ketahui, ketuanya adalah Emil Salim dan sekretarisnya Sri Mulyani.
      Mereka berhasil mempengaruhi atau “memaksa” Gus Dur bahwa mereka diperbolehkan hadir dalam setiap rapat koordinasi bidang ekuin. Tidak puas lagi, mereka berhasil membentuk Tim Asistensi pada Menko Ekuin yang terdiri atas dua orang saja, yaitu Widjojo Nitisastro dan Sri Mulyani. Dipaksakan bahwa mereka harus ikut mendampingi Menko Ekuin dan menteri keuangan dalam perundingan Paris Club pada 12 April 2000, walaupun mereka sama sekali di luar struktur dan sama sekali tidak dibutuhkan. Mereka membentuk opini publik bahwa ekonomi akan porak-poranda di bawah kendali tim ekonomi yang ada. Padahal, kinerja tim ekonomi di tahun 2000 tidak jelek kalau kita pelajari statistiknya sekarang.
      Yang mengejutkan adalah Presiden Megawati yang mengangkat Boediono sebagai menteri keuangan dan Dorodjatun sebagai Menko Perekonomian. Aliran pikir dan sikap Laksamana Sukardi sangat jelas sama dengan Berkeley Mafia, walaupun dia bukan anggotanya. Ada penjelasan tersendiri tentang hal ini. Presiden SBY sudah mengetahui semuanya. Toh tidak dapat menolak dimasukkannya ke dalam kabinet tokoh-tokoh Berkeley Mafia seperti Sri Mulyani, Jusuf Anwar, dan Mari Pangestu, seperti yang telah disinaylir oleh beberapa media massa.
    • Oleh suatmiko_sutioso
      Membayangkan sebuah negara pasti smeua berfikir bahwa negara adalah suatu tempat yang sangat luas yang memiliki budaya khas. Tapi tahukan Good Readers, ternyata ada negara yang sangat kecil yang luasnya mungkin hanya sebesar kota kabupaten saja bahkan lebih kecil. Kita bisa berjelajah ke setiap sudut kotanya hanya satu hari saja. Sudah terbayangkan sekecil apa?
      1. Vatican

      Uritan pertama diduduki oleh negara super kecil dengan luas 0,44 km persegi atau 44 hektar saja yang dihuni 842 jiwa. Kepala negaranya seorang Paus yang dipilih untuk seumur hidup, sedangkan para gubernur yang mengurus keperluan sehari-hari. Dulu, Vatican menyewa tentara bayaran Swiss, namun kini merekrut Garda Swiss sesuai persetujuan dengan Swiss dengan persyaratan masuk yakni laki-laki warganegara Swiss beragama Katolik.
      Ekonomi Vatican tidak sama dengan negara lainnya, dimana kegiatannya ditunjang dari aktivitas non-komersial seperti sumbangan umat Katolik diseluruh dunia, penjualan prangko, koin, souvenir, dan salib. Selain itu dikenakannya iuran masuk museum dan perpustakaan.
      2. Monako 

      Urutan kedua diduduki oleh Monako. Luas negara ini hanya 2,02 km persegi saja. Monako memiliki perbatasan darat 4,4 km, garis pantai 4,1 km, dan lebar yang bervariasi antara 1,7 km – 349 m. Titi tertingginya 161 m di bawah permukaan laut yakni jalur Chermin des Revoires di lereng gunung Agel.
      Monako tidak memiliki angkatan laut dan udara karena pertahanan bangsa disediakan oleh Perancis. Walau demikian, Monako memiliki kepolisian terbesar di dunia dengan 515 petugas untuk 35.000 orang.
      Negara kecil bukan menjadi hambatan, Monako memiliki roda ekonomi yang baik, perputaran uangnya terbesar dari sektor pariwisata. Monako memiliki dermaga yang luas untuk pelabuhan kapal pesiar. Konsep ekonominya monopoli diberbagai sektor. Walau demikian, standar hidupnya tinggi.
      3. Liberland

      Urutan ketiga diduduki oleh negara terbaru di benua Eropa yaitu Liberland dengan luas 7 km persegi. Negara ini diapit oleh Kroasia dan Serbia. Negara ini berdiri karena daerah Gornja Siga tidak diklaim oleh kedua negara tersebut yang tengah rusuh sengketa batas wilayah saat itu.
      Negara yang diproklamirkan pada 13 April 2015 ini tidak memiliki bangunan, hanya pepohonan dan ladang. Sesuai undang-undangnya, siapapun dapat menjadi warga negaranya kecuali yang memiliki masa lalu dengan kelompok tertentu seperti Nazi, Komunis, dan kelompok lainnya yang memiliki catatan kejahatan.
      4. Nauru

      Negara ini memiliki luas 21 km persegi yang merupakan negara republik terkecil di dunia. Nauru tidak memiliki ibu kota resmi, namun kota terbesarnya Yaren sehingga sering disebut ibu kotanya. Penduduknya kedua paling sedikit di dunia setelah Vatican yakni 9.378 jiwa.
      Sepanjang awal abad 20, Nauru terkenal dengan pertambangan fospatnya dan menjadi pendapatan utamanya. Karena kerusakan alam akibat pertambangan, Nauru menjadi pusat pencucian uang. Tahun 2005-2006, Nauru menjadi negara yang terisolasi dari dunia luar karena satu-satunya maskapai penerbangan menuju Nauru berhenti beroperasi melayani perjalanan ke Nauru. Sampai tahun 2008, Nauru mendapat bantuan dari Australia, dan Australia berhak mendirikan pusat penahanan. Namun kini dengan bantuan dana dari Republik Tiongkok, adanya maskapai yang beroperasi.
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi