Jump to content
  • Our picks

    • Lari hingga Minum Urine, 3 Kisah Keajaiban Korban Selamat Gempa dan Tsunami Dahsyat
      Musibah gempa dan tsunami di Donggala dan Palu kini tengah menjadi sorotan. Apalagi jumlah korban jiwa mencapai lebih dari 1.500 orang.

      Banyaknya korban akibat musibah bencana alam biasanya yang menjadi perhatian. Meski sejumlah orang berhasil menyelamatkan diri.

      Beberapa orang yang selamat menceritakan bagaimana mereka bisa selamat di tengah kepungan bahaya bencana tersebut. Terdengar seperti mukjizat dan keajaiban, tapi nyata bahwa orang-orang itu lolos maut dari gempa atau tsunami dahsyat.
      • 0 balasan baru
    • Cara Ngakalin Iklan Facebook Biar Murah
      Biaya iklan adalah hal yang sangat diperhatikan oleh semua marketing. Bahkan perincian yang detail dengan konversi ke dampak yang dihasilkan adalah rutinitas wajib para marketer ataupun pebisnis ketika beriklan.
      • 0 balasan baru
    • 3 Hal yang Harus di Pikirkan Sebelum Memiliki Tim Sales
      Perusahaan yang baru dalam bisnisnya tentu menginginkan terjadi penjualan yang lebih. Tidak jarang ada beberapa pebisnis yang sampai rela membangun sebuah tim sales untuk mendongkrak penjualan, padahal umur perusahaan masihlah terlalu muda. Memang keputusan untuk membangun sebuah tim sales adalah kewenangan mutlak dari seorang pemimpin. Akan tetapi jangan sampai kewenangan tersebut akhirnya menjadi kurang efektif.
      • 0 balasan baru
    • Orang Punya Karakter Ini Ternyata Punya Bakat Luar Biasa
      Umumnya, perusahaan selalu menuntut calon pegawai untuk memiliki kemampuan sosial yang tinggi. Ternyata, orang yang memiliki kemampuan sosial rendah justru berpotensi lebih berbakat dalam bidang yang didalaminya.
      • 1 balasan baru
    • Wikileaks Bocorkan Ribuan Data Karyawan Imigrasi Amerika Serikat
      Wikileaks membocorkan informasi profil LinkedIn ribuan karyawan Imigrasidan Bea Cukai AS (ICE) menyusul kebijakan keras pemerintahan Donald Trump terhadap imigran gelap yang masuk ke Amerika Serikat. Bocoran profil karyawan muncul di situs web "ICEPatrol" milik ICE dan menampilkan informasi profesional dan pribadi dari profil jejaring sosial pegawai imigrasi Amerika Serikat.
      • 1 balasan baru
dugelo

Alasan mengangkat Bintang Laut itu dilarang

Recommended Posts

12dfe369-7214-409a-bee8-7df0fbab8a0d_169.jpeg.3ace20f2286ea34051f7f948fd0d3e58.jpeg

Sebuah postingan dari selebgram Anya Geraldine bikin miris. Lagi snorkeling saat liburan, ia malah angkat bintang laut untuk foto. Padahal itu nggak boleh!

Selebgram Anya Geraldine sedang asyik liburan bersama kekasihnya. Seperti yang diintip detikTravel dari akun Instagramnya, Rabu (16/5/2018) ia mengangkat bintang laut biru untuk berfoto bersama.

Ternyata, mengangkat biota laut dari air nggak boleh lho traveler. Hal ini dikonfirmasi langsung oleh dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) UNDIP, Dr Ir Diah Permata Msc.

"Itu yang diangkat jenis bintang laut biru Linckia laevigata yang memang banyak dijumpai di area terumbu yang dangkal," ungkap Diah.

Diah mengatakan bahwa tindakan mengangkat binatang dan tumbuhan laut adalah hal yang dilarang.

"Semua binatang laut atau tumbuhan laut yang sebaiknya tidak diangkat-angkat," ujar Diah.

Walaupun mampu untuk bertahan, namun tindakan ini dapat membuat si bintang laut terganggu. 

"Meski tidak termasuk binatang yang dilindungi namun mengangkat-angkat seperti itu artinya membuat stress si bintang. Ini tentunya berdampak buruk untuk binatangnya," jelas Diah.

Dari pengamatan Prof Yamaguchi dari Universitas of Hawaii at Manoa, eksposur terhadap udara yang berlebihan dapat menyebabkan kematian pada bintang laut. Duh, kasian ya...

"Ya mungkin tidak sekali diangkat langsung mati. Tapi berkali-kali diangkat maka akan menimbulkan stress berlebihan karena terekspos udara. Dari kondisi tersebut kematian bisa terjadi," tambah Diah.

Foto yang diposting oleh Anya Geraldine bisa menularkan kebiasaan yang salah. Hal ini akan dianggap wajar dan diikuti oleh traveler lainnya. 

Traveler yang mau melakukan aktivitas liburan di laut sebaiknya mencari tahu beberapa hal yang dilarang di laut. Mengangkat bintang laut ke luar air salah satunya ya!

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

  • Konten yang sama

    • Oleh BincangEdukasi
      Di dunia ini, perempuan atau betina ditakdirkan untuk mengandung dan melahirkan. Namun, hal berbeda dialami kuda laut.
      Kuda laut mengalami hal yang sangat tidak umum di dunia binatang untuk hamil dan melahirkan. Para ahli bahkan tidak memiliki penjelasan mengapa kuda laut melalui pengalaman tersebut meski mereka berteori itu adalah cara kuda laut membantu anak mereka bertahan hidup.
      Meski kuda laut jantan yang mengandung, jangan salah bahwa mereka merupakan hermafrodit atau berkelamin ganda. Pejantan tetap membutuhkan telur yang disuntikkan ke kantong pejantan oleh betina ketika mereka kawin.
      Kantong pejantan tersebut adalah organ yang sangat kompleks yang mampu mengatur suhu, aliran darat, serta salinitas air untuk telur ketika mereka menetas, sehingga bayi-bayi mereka siap dilahirkan di laut.  
      Teori lainnya yang menjelaskan mengapa pejantan yang mengandung adalah agar kuda laut lebih cepat membuat bayi. Sang betina mendepostikan telurnya yang siap dibuahi ketika kawin dengan pejantan sehingga mereka bisa membuat lebih banyak telur. Jadi ketika pejantan hamil, para betina memproduksi sel telur. Hal tersebut dilakukan agar ketika pejantan melahirkan, mereka siap disuntik telur lagi dan bisa hamil. Ini menghemat waktu dan energi para betina.
      Menurut para ahli, ini adalah acara kuda laut untuk membagi beban. Membuat telur adalah hal yang membutuhkan banyak energi sehingga para betina perlu berkonsentrasi penuh. Sementara itu, para jantan mampu menyediakan “rumah” untuk bayi mereka.
      Menariknya, rumah tersebut bisa dihuni lebih dari seribu bayi pada saat yang sama. Namun, hanya sekira lima dari mereka yang bertahan hidup hingga dewasa. Bayi-bayi tersebut sangat kecil dan tak bisa memakan plankton yang sama dengan orangtua mereka sehingga pilihan mereka sangat sedikit. Saking kecilnya, mereka juga terbawa arus laut dan terpelanting terkena batu.
    • Oleh berita_semua
      Perusahaan teknologi raksasa Microsoft dan Facebook mengumumkan rencana untuk bekerjasama meningkatkan akses internet berkecepatan tinggi dan layanan cloud. Keduanya akan membangun kabel bawah laut yang menghubungkan Virginia dan Spanyol.
      Kabel bawah laut yang dibangun Microsoft dan Facebook bernama kabel MAREA yang artinya gelombang dalam bahasa Spanyol. Kabel ini berkapasitas tinggi yang pernah menyeberangi Atlantik, dan akan menyebabkan pertumbuhan yang lebih cepat di tingkat bandwidth internet.

      MAREA akan mulai dibangun pada bulan Agustus dan diharapkan akan selesai pada Oktober 2017, menurut perusahaan. Ini akan dioperasikan dan dikelola oleh Telxius, yaitu perusahaan infrastruktur telekomunikasi yang dulunya dimiliki pemerintah Spanyol, yang berharap untuk menangkap peluang pasar di Eropa Barat dan di Afrika Utara sebagai bagian dari kesepakatan.
      MAREA juga diklaim mampu mengirimkan data dengan kecepatan 160 terabyte data per detik. Microsoft meyakini bahwa kolaborasinya dengan Facebook melalui kabel bawah laut ini akan mendukung pertumbuhan cloud keduanya.

      Namun, MAREA sebenarnya bukan kabel bawah laut pertama di dunia. Sebelumnya, dua tahun lalu, Google mengumumkan kesepakatan serupa dengan lima perusahaan Asia untuk memasang kabel jaringan trans-Pasifik yang menghubungkan Amerika dengan Jepang.
      Pusat-pusat data di bawah laut juga dianggap sebagai kemungkinan untuk menyimpan dan mengelola data dalam jumlah teramat besar dengan menggunakan sumber daya energi laut supaya tetap dingin.
    • Oleh c0d1ng
      Wooo, teknologi memang dahsyat dan kadang lucu juga penerapannya. Kita tentu sudah sangat tahu kalau pohon bisa membantu mengurangi polusi, lalu ada juga cat yang bisa mengurangi polusi, atau ada juga beton yang bisa menyerap polusi udara dan mengubahnya menjadi udara yang lebih bersih.
      Tapi lucunya ada bikini yang didesain bisa menyerap polutan dari lautan saat penggunanya sedang berenang.

      Bikini yang terbuat dari material semacam Spon ini didesain oleh Universitas California yang memenangkan hadiah Reshape15: Wearable Technology Competition. Selain fungsinya yang bisa membantu lingkungan, bahan pembuat bikini ini pun ramah lingkungan karena bisa didaur ulang.

      Bahan material mirip spon khusus bernama Sponge Suit dari bikini ini bisa menyerap polutan,  bisa membersihkan bahan oli atau tumpahan bahan kimia yang ada di lautan dan material ini dimasukkan ke dalam kerangka/basis bikini elastis yang dicetak dengan printer 3D. Namun hebatnya material ini menolak air alias tidak ikutan menyimpan air ke dalamnya.
      Produk ini adalah karya tim yang dipimpin oleh profesor teknik elektro Mihri Ozkan yang dibantu oleh perusahaan desain Eray Carbajo yang berhasil mengimplementasikan ide ini menjadi produk yang nyata.
      Material polutan yang diserap disimpan aman dalam pori-pori material sehingga tidak akan mengenai tubuh pemakai bikininya. Cara mengeluarkan material polutan yang tersimpan ini pun tidak mudah, harus dengan memanaskannya sampai suhu 1000 derajat Celcius dan hal ini bisa dilakukan sampai 10 kali saja sebelum bahan ini akan kehilangan daya serapnya.
    • Oleh RendyGunawan
      Sebuah alat generator gelombang air buatan dibuat untuk membantu kita dalam membangun kota-kota yang tahan badai dan banjir.
      Alat yang bernama Delta Flume ini mampu menghasilkan ombat buatan setinggi empat meter, dan dibuat sebagai simulator pembangunan kota-kota anti-banjir dan badai.

      Kolam di Delta Flume sendiri adalah sepanjang 299 meter dan sedalam sembilan meter.

      Delta Flume sepenuhnya beroperasi pada hari ini, 5 Oktober 2015, dan diklaim merupakan generator ombak terbesar yang pernah ada.

      Simak videonya di bawah ini.
      https://youtu.be/alvABRdEMC0
    • Oleh RendyGunawan
      Dengan tema penyelamatan lingkungan hidup, Adidas rilis produksi dari material sampah laut yang telah didaur ulang. Seperti apa?
      Adidas bekerjasama dengan Parley For The Oceans untuk membuat produk sepatu yang terbuat dari material sampah-sampah di lautan yang didaur ulang.

      Mengutip HuffingtonPost, sepatu ini dibuat dari bahan pukat dan material-material buangan lainnya yang ditemukan di lautan oleh pihak Sea Shepherd (rekan dari Parley).

      Produk sepatu Adidas 'daur ulang' ini dipresentasikan di forum PBB, sebagai bagian dari seri perbincangan usaha konservasi lautan dari pihak Parley.

      Pihak Adidas mengatakan bahwa mereka berencana untuk menggunakan material plastik daur ulang ke produk mereka, mulai tahun 2016.
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi