Jump to content
  • ×   Pasted as rich text.   Restore formatting

      Only 75 emoji are allowed.

    ×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

    ×   Your previous content has been restored.   Clear editor

    ×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

  • Similar Content

    • By Adeus
      Memiliki wajah mulus tanpa jerawat menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kulit bebas jerawat. Bahkan, di antara mereka tidak jarang memilih memencet jerawat karena ingin mengeluarkan isinya agar cepat hilang. Namun, ternyata cara itu tak menyelesaikan masalah dan sangat tidak dianjurkan karena dapat membuat kondisi kulit semakin buruk.
      Ketika Anda menekan jerawat, maka sebum, sel kulit mati dan bakteri dipaksa berada di bawah permukaan kulit. Hal ini justru dapat menyebarkan infeksi. 
      Dikutip dari Metro, seorang ahli dermatologi menjelaskan bahwa memaksa untuk ‘menguras’ jerawat hanya akan membuat isinya didorong ke kulit sekitarnya, yang dapat menyebabkan kulit sekitar justru terinfeksi.
      Konsultan dermatologi di Rumah Sakit St Vincent di Melbourne, Michelle Rodrigues, mengatakan bahwa hampir semua jerawat akan mereda tanpa intervensi apapun. "Memencet dan mencoba untuk mengeluarkan isi jerawat bukan solusi terbaik dan malah dapat membuat kulit Anda lebih parah," ujarnya.
      Dia mengibaratkan bahwa jerawat seperti tas kecil di bawah kulit yang mengandung minyak, bakteri, dan memiliki potensi mengalami peradangan. Karena itu, dengan memencetnya dapat mengakibatkan isi jerawat didorong ke dalam kulit di sekitarnya, sehingga membuat masalah lebih buruk dan dapat menyebabkan infeksi dan penggelapan di daerah itu.
      "Peradangan dapat menjadi begitu buruk dan meninggalkan jaringan parut saat jerawat akhirnya mereda. Jaringan parut tidak seperti jerawat, karena dia bisa permanen," ungkapnya.
      Jika Anda menahan keinginan untuk memencet, jerawat biasanya akan sembuh dalam waktu sekitar seminggu tanpa meninggalkan bekas luka. Isi jerawat juga akan hilang atau kering dengan sendirinya. 
    • By MariaAngeline
      Dahi bagian Atas:  Masalah Pencernaan
      Bisa jadi Anda saat ini dalam mengalami masalah pencernaan akibat makanan yang Anda konsumsi. Coba mulai hindari makanan cepat saji, dan perbanyak makanan atau minuman yang mengandung antioksidan seperti green tea, air lemon, dan berries.
      Dahi bagian Bawah: Masalah Jantung
      Jerawat yang muncul di bagian bawah dahi Anda biasanya dikaitkan dengan masalah yang berasal dari pikiran dan semangat Anda. Hal ini terjadi akibat waktu tidur yang tidak teratur, stress, depresi, serta peredaran darah yang kurang lancar. Untuk mencegahnya Anda dapat mencoba beristirahat lebih awal, dan melakukan relaksasi seperti berpergian, spa, atau meditasi.
      Area Hidung: Masalah Jantung
      Sama halnya seperti area dahi bagian bawah, jerawat pada area hidung juga menandakan adanya masalah dengan jantung Anda. Tapi, Anda tidak perlu parno berlebihan. Sebab, masalah jantung ini bukan terkait masalah kesehatan yang berat dan membahayakan, melainkan terkait masalah stress dan tekanan darah Anda yang kurang stabil, sekali lagi, coba untuk melakukan relaksasi seperti berpergian bersama kerabat, ataupun shopping.
      Area Alis Mata: Fungsi Hati
      Jerawat yang sering muncul pada bagian area alis, maupun bagian sekitar mata pertanda fungsi hati Anda sedang terganggu. Hal ini dapat disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak, dan alkohol. Perbanyak minum air putih agar dapat menetralisir toksin yang terdapat dalam tubuh Anda.
      Area Kuping: Masalah Ginjal
      Memang hal ini jarang sekali terjadi, tetapi apabila Anda pernah mengalaminya secara terus-menerus, coba perhatikan kembali kesehatan ginjal Anda. Kurangi makanan yang mengandung banyak garam, dan kafein serta perbanyak minum air putih agar kesehatan organ ginjal Anda dapat terjaga.
      Pipi bagian kanan: Masalah Paru-paru
      Jerawat pada bagian pipi sering sekali muncul, hal ini disebabkan oleh alergi, saluran pernafasan, dan asap rokok. Nah, bagi Anda yang suka merokok, coba hindari hal tersebut, selain menjaga tubuh tetap sehat, Anda akan terhindar dari masalah paru-paru juga masalah kulit wajah.
      Area Mulut dan bagian tengah Dagu: Masalah Perut
      Pada bagian ini, Anda harus lebih memperhatikan kondisi perut Anda, coba hindari makanan instan, dan perbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran, dan buah-buahan. Masalah pada dagu juga dapat dikaitkan dengan masalah perut lainnya seperti konstipasi atau sulit buang air besar.
      Area samping bagian Dagu: Masalah Reproduksi dan Ginjal
      Tenang saja, hal ini biasa terjadi apabila Anda sedang mengalami menstruasi, atau hormon yang sedang tidak seimbang, sehingga kerja ginjal Anda menjadi lebih berat. Masalah pada jerawat ini sering sekali mengakibatkan stress, jadi cobalah untuk relax dan tersenyum.
    • By gogolakanok
      Selain melakukan pengobatan, cobalah untuk tidak terlalu ambil pusing dengan masalah jerawat yang anda alami, serta ikuti 6 tips berikut ini,
       
      Jaga pola makan sehat
      Makanan yang mengandung banyak minyak bisa meningkatkan jumlah jerawat pada tubuh Anda. Pastikan anda mendapatkan jumlah nutrisi yang tepat dari biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan protein.
      Istirahat yang cukup
       
      Waktu tidur yang cukup membantu tubuh anda tetap rileks dan memperlancar proses detoksifikasi . Jika Anda tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup, kulit anda tidak akan memiliki waktu atau kemampuan untuk memperbaharui sel-sel kulitnya.
       
      Jaga pola istirahat anda dengan tidur pada waktu yang teratur setiap malam dan tidur selama tidak kurang dari delapan jam.
       
      Banyak minum air putih
      Meskipun kita sering mendengar anjuran untuk minum delapan gelas air setiap hari , tidak ada jumlah pasti tentang jumlah konsumsi air yang cukup untuk anda konsumsi setiap harinya. Air membantu untuk mendetoksifikasi tubuh anda dan memurnikan kulit anda.
       
      Hindari stress
      Tingkat stress yang tinggi mengakibatkan peningkatan produksi minyak. Mandi, membaca buku, mendengarkan musik, atau melakukan apapun yang bisa memanjakan diri anda sangat mungkin untuk menghindari stress.
       
      Jaga kebersihan pakaian anda
      Bantal, sprei, pakaian, dan handuk yang kotor memungkinkan bakteri menjadi penyebab jerawat di wajah anda, selalu jaga kebersihan terutama benda benda yang mungkin bersentuhan dengan kulit anda secara langsung.
       
      Gunakan makeup oil free
      Jangan gunakan make up untuk menutupi jerawat, alih alih mengatasi jerawat, make up justru menutup pori pori kulit yang memicu timbulnya jerawat baru. Sangat disarankan untuk hanya menggunakan make up yang bebas minyak (oil free).
    • By kotawa
      Penyebab
       
      Ketiak kusam dan menghitam bisa disebabkan oleh faktor eksternal (luar) dan internal (dalam).  Penyebab dari luar biasanya karena kegiatan cukur dan waxing yang terlalu sering dilakukan, sedangkan faktor dari dalam bisa terjadi karena meningkatnya hormon MSH (melanocyte stimulating hormone) yang biasa muncul saat kehamilan. Selain itu, bisa juga disebabkan oleh kondisi akantosis nigrikan, yaitu tubuh kelebihan berat badan sehingga meningkatkan risiko kulit sering tergesek dan menjadi hitam di bagian tertentu.
       
      Solusi
      Rawat ketiak kusam dengan melakukan scrub seminggu sekali. Pilih butiran scrub yang lembut untuk melunturkan kulit mati dan deodoran yang mengandung vitamin C untuk mencerahkan kulit ketiak. Untuk merawat dan mencerahkan kulit ketiak, pastikan Anda memilih produk yang aman. Daerah ketiak cenderung lebih sensitif karena tertutup di dalam lipatan. Kondisi yang  lembap membuat bahan kimia lebih mudah terserap dan memungkinkan terjadi iritasi. Pemilik kulit sensitif hindari produk yang mengandung alkohol dan pewangi.
    • By kotawa
      Wajah merupakan salah satu bagian tubuh terpenting yang harus selalu dijaga dan dirawat setiap hari. Selain itu wajah juga menjadi aset utama bagi setiap orang dalam hal penampilan, baik pria maupun wanita. Sehingga banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah putih, bersih, dan terbebas dari jerawat. Tetapi hal tersebut tidak akan mudah dicapai, jika tidak dibarengi dengan niat dan perawatan wajah yang tepat.
       
      Sebenarnya cara merawat wajah tidak susah, semuanya tergantung bagaimana cara kita merawat dan membersihkannya setiap hari. Cara termudah dalam merawatnya yaitu dengan memakai produk-produk kecantikan yang sesuai dengan jenis kulit anda, sehingga kulit wajah akan terbebas dari komedo dan jerawat. Bagi yang ingin mengetahui cara merawat wajah agar putih,  bersih dan terbebas jerawat, silahkan simak selengkapnya dalam artikel berikut ini :
       
      Cara Merawat Wajah
      Sebelum anda menyentuh daerah wajah, sebaiknya biasakanlah untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan air bersih, agar wajah terbebas dari kuman dan bakteri. Bersihkan wajah dengan air mengalir dan berikan pijatan pada wajah, untuk membantu memperlancar peredaran darah. Sebaiknya lakukan pembilasan dengan benar dan akhiri dengan pengeringan menggunakan handuk bersih dan lembut. Biasakan untuk membersihkan wajah dengan pembersih dan penyegar yang cocok dengan jenis kulit anda, setiap pagi dan malam atau setiap kali keluar dari rumah. Biasakan untuk selalu memakai pelembab wajah setiap akan beraktifitas diluar rumah, agar kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam. Luangkan waktu sekitar 2-3 menit setiap malam untuk memijat kulit wajah setiap sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan letih pada wajah dan memberikan warna kulit agar tetap sehat dan cerah. Biasakanlah menggunakan masker wajah minimal 2 kali dalam 1 minggu, agar kotoran yang menempel pada wajah akan terangkat dan wajah akan menjadi lebih bersih dan segar. Sebaiknya gunakanlah masker alami yang aman bagi kulit wajah. Perbanyak mengkonsumsi air putih setiap hari minimal 8 gelar perhari, untuk menjaga kulit wajah terlihat lebih cerah dan segar. Minumlah Vitamin E setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam. Berolahragalah secara teratur agar kulit menjadi tetap kencang dan tubuh akan terbeas dari berbagai penyakit. Setelah anda mengetahui cara merawat wajah dengan benar diatas, sebaiknya anda juga dapat mencoba cara merawat secara alami berikut ini :
       
      1. Bengkoang
       
      Bengkoang memiliki kandungan rotenon, pachyrhizon, Vitamin C dan B1 yang dapat bermanfaat untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda hitam yang disebabkan oleh jerawat. Anda dapat mencobanya denga cara mengupas dan mencuci bengkoang dengan bersih, kemudian parut hingga lembut. Setelah itu peras air bengkoang dengan saringan dan letakkan dalam wadah, diamkan selama setengah jam. Buang air tersebut dan pakailah sari bengkoang atau endapan bengkoang secara merata ke wajah anda dan diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat dan diikuti dengan air dingin.
       
      2. Jeruk Nipis
       
      Jeruk nipis mempunyai kandungan Vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Anda dapat mencoba menggunakan jeruk nipis dengan cara membelah jeruk nipis menjadi 2 bagian, setelah itu peras dan ambil airnya, lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10 – 20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.
       
      3. Apel
       
      Apel mempunyai kandungan zat lastin dan kolagen yang dapat mengurangi minyak pada kulit wajah. Anda dapat mencobanya dengan cara membuat masker apel seperti berikut ini, kupaslah buah apel dan haluskan dengan menggunakan blender tanpa dicampur dengan air. Setelah itu oleskan masker apel ke seluruh wajah secara merata dan biarkan selama 20-30 menit. Kemudian bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat dan dilanjut dengan air dingin agar pori-pori kulit mengecil.
       
      4. Tomat
       
      Tomat mempunyai zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo dan mencerahkan wana kulit wajah. Anda dapat mencobanya denga cara menghaluskan 1 buah tomat, kemudian campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu basuhlah dengan air hangat.
       
      5. Alpukat
       
      Alpukat mempunyai kandungan Vitamin C dan E yang dapat menjaga kelembapan dan memberi asupan nutrisi serta menghaluskan kulit wajah. Anda dapat mencoba membuat masker alpukat dengan cara menghaluskan daging buah dan dihaluskan dengan sendok atau blender. Kemudian oleskan pada bagian wajah secara merata dan diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Lakukan setiap hari agar hasilnya maksimal.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy