Jump to content
  • Our picks

    • Agar Tidak Kecanduan Media Sosial
      Media sosial yang pada awalnya hanya bisa digunakan melalui komputer atau laptop, sekarang lebih banyak yang mengaksesnya melalui ponsel.
      • 0 balasan baru
    • Firefox Kembali Tingkatkan Keamanan Data Pengguna
      Firefox melanjutkan peningkatan layanan Firefox Monitor. Browserbesutan Mozilla itu akan memberikan notifikasi langsung kepada pengguna jika situs web yang dikunjung mengalami gangguan keamanan.
      • 0 balasan baru
    • Gaji Pilot Lion Air JT-610 Tercatat Hanya Rp3,7 Juta
      Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengungkap besaran gaji dari pilot Lion Air JT-610 yang jatuh di perairan Karawang sebesar Rp3,7 juta per bulan. Sementara Co-Pilot sebesar Rp 20 juta.
      • 0 balasan baru
    • Lari hingga Minum Urine, 3 Kisah Keajaiban Korban Selamat Gempa dan Tsunami Dahsyat
      Musibah gempa dan tsunami di Donggala dan Palu kini tengah menjadi sorotan. Apalagi jumlah korban jiwa mencapai lebih dari 1.500 orang.

      Banyaknya korban akibat musibah bencana alam biasanya yang menjadi perhatian. Meski sejumlah orang berhasil menyelamatkan diri.

      Beberapa orang yang selamat menceritakan bagaimana mereka bisa selamat di tengah kepungan bahaya bencana tersebut. Terdengar seperti mukjizat dan keajaiban, tapi nyata bahwa orang-orang itu lolos maut dari gempa atau tsunami dahsyat.
      • 0 balasan baru
    • Cara Ngakalin Iklan Facebook Biar Murah
      Biaya iklan adalah hal yang sangat diperhatikan oleh semua marketing. Bahkan perincian yang detail dengan konversi ke dampak yang dihasilkan adalah rutinitas wajib para marketer ataupun pebisnis ketika beriklan.
      • 0 balasan baru
keenion

Budaya Jujur di Jepang Udah Diajari Sejak Dini

Recommended Posts

japan.thumb.jpeg.921cb71cc80d3bff12b672ac9562321a.jpeg

Jepang adalah salah satu negara yang dipuji memiliki budaya jujur yang tinggi. Barang-barang yang hilang atau tertinggal di tempat umum akan dikembalikan kepada pemiliknya. Semua itu sudah diajarkan sejak dini di sekolah-sekolah Jepang.

Jake Adelstein baru selesai makan siang dan berencana untuk membeli pancake. Ketika hendak mengambil uang, ia baru menyadari jika dompetnya terasa ringan dari biasanya. Padahal ia baru dari mesin ATM dan menarik uang tunai 100.000 yen.

Saat diperiksa ternyata uang tersebut tak ada dalam dompet. Merasa ada sesuatu yang janggal ia pun menelepon operator bantuan ATM dan menanyakan terkait transaksi di ATM, akan tetapi menurut operator itu tak ada informasi mengenai transaksi itu. Ia pun disarankan untuk melapor ke polisi.

Jake kemudian membuat sebuah laporan kehilangan di kantor polisi Shibuya dan menceritakan kembali kejadiannya kepada salah seorang polisi. Setelah selesai, polisi tersebut memberi Jake nomor kasus yang ia laporkan dan meminta Jake untuk tidak menghilangkannya.

Keesokan harinya, pada pukul 10 pagi, ia mendapat telepon dari Kantor Polisi Shibuya untuk datang ke stasiun untuk mengambil uangnya dengan membawa identitas diri. Jake pun menuju ke tempat yang disebutkan oleh polisi tersebut dan setelah mengisi selembar kertas, uangnya pun dikembalikan.

“Saya ingin meninggalkan hadiah untuk orang yang menyerahkannya (uang),” kata Jake.

Namun, petugas tersebut menjawab bahwa orang yang menemukan uang tersebut menolak untuk mengklaim hadiah dan merahasiakan siapa yang menemukan. Mark Kareles pendiri Mt. Gox Co yang merupakan bursa Bitcoin terbesar di dunia yang kolaps pada 2014 itu juga mengagumi kejujuran sebagian besar orang Jepang.

“Ketika saya pertama kali tiba (di Jepang), terkadang saya meninggalkan laptop saya di bangku taman dan saya kagum bahwa barang itu akan tetap ada saat saya kembali. Atau orang akan mengejar saya dengan laptop dan mengembalikannya,” ujar Mark.

Untuk kenyamanan penduduknya Jepang memang membentuk Lost and Found Centre yang menjadi pusat barang-barang hilang. Tak hanya uang atau dompet, polisi Tokyo juga akan menindak kehilangan payung, syal atau sarung tangan termasuk penemuan uang 1 atau 5 yen.

Ketika seseorang kehilangan barang di Jepang, biasanya mereka langsung datang ke Lost and Found Center. Barang-barang yang hilang akan disimpan selama 3 hingga 4 hari lalu setelah itu akan diserahkan Metropolitan Police Lost & Found Center yang berada dekat stasiun Lidabashi.

Sarung tangan, payung hingga syal yang tertinggal di metro atau tempat umum dapat ditemukan di tempat itu. Asalkan harus melaporkan terlebih dahulu dan menunjukkan bukti kepemilikan barang serta identitas diri. Jika ingin meminta orang lain yang untuk mengambil barang yang hilang di Lost and Found Center, maka mereka harus membuat surat kuasa untuk dibawa oleh orang yang diminta untuk mengambil barang tersebut.

Pada 2016, Tokyo Metropolitan Police Department's Lost and Found Center menangani sejumlah uang yakni sekitar 3,67 miliar yen atau setara 32 juta dolar AS yang hilang. Dalam prosesnya, menurut pihak kepolisian Tokyo, sekitar tiga perempat dari total uang yang hilang itu berhasil dikembalikan kepada pemiliknya.

Benda sepele seperti payung yang ketinggalan di tempat publik atau di metro juga ditangani oleh kepolisian setempat. Di tahun yang sama, pihak Lost and Found Center menangani 381.135 payung. Mereka yang menemukan atau kehilangan uang 1 hingga 5 yen pun akan ditangani oleh pihak kepolisian.

Anak-anak juga dibiasakan untuk melakukan hal jujur tersebut. Seperti yang dilakukan Mayako Matsumoto yang mengembalikan sebuah dompet berisi sekitar 100 dolar AS kepada pihak kepolisian dengan ditemani oleh ibunya. Pihak kepolisian mengapresiasi kejujuran Mayuko dengan memberinya imbalan beberapa permen. Kebiasaan itu tak terjadi secara tiba-tiba namun melalui pendidikan sejak dini.

“Sekolah di Jepang memberi kelas terkait etika dan moralitas, dan siswa belajar membayangkan perasaan orang-orang yang kehilangan barang atau uang mereka sendiri. Jadi tak jarang melihat anak-anak membawa koin 10 yen ke kantor polisi itu, kata seorang profesor di Kansai University, Toshinari Nishioka.

Selain itu, ada aturan yang menaungi terkait barang-barang yang hilang. Undang-Undang Jepang pada pasal 28 dari Lost Property Act menyatakan bahwa seseorang yang telah kehilangan barang harus membayar kepada para penemu antara 5 hingga 20 persen dari nilai barang yang ditemukan. Namun, hadiah itu hanya bisa diklaim dalam jangka waktu satu bulan. Tapi tak jarang juga mereka yang menemukan tak meminta imbalan.

Dalam beberapa laporan menyebutkan tindakan kriminal di Jepang terutama perampokan menurun dari 5.988 kasus di tahun 2005 menjadi 3.056 kasus di tahun 2014. Atau jika dihitung per populasi yakni 4,72 kasus per 100.000 populasi di tahun 2005 turun menjadi 2,41 kasus per 100.000 populasi di tahun 2014.

Laporan lain yakni dari United Stated Department of State Bureau of Diplomatic Security juga memberi status kriminal di Jepang pada level rendah atau low. Status itu berlaku untuk semua jenis tindak kriminal, termasuk kondisi dan keamanan transportasi yang baik.

Bagaimana dengan Indonesia? Kejujuran memang masih ada di negeri ini tapi hanya bagi segelintir orang. Putri, penulis di salah satu media di Indonesia pernah kehilangan dompet di salah satu angkutan umum di Jakarta, sekitar tiga tahun lalu. Putri kemudian melapor kasus kehilangan itu ke pihak yang berwajib namun hingga saat ini, dompet tersebut tak kembali kepadanya.

Dompet yang di dalamnya terdapat kartu identitas yang dapat memudahkan dalam mendapat petunjuk sang pemilik saja jarang dikembalikan, bayangkan barang seperti payung, syal, atau sarung tangan yang tentu tak ada identitas pemilik yang menempel di barang tersebut.

Mereka yang berjalan di tempat umum kadang menjadi target dari para tangan nakal alias pencopet. Belum lagi tindakan perampokan yang berujung pada pembunuhan dan tindak kriminal lainnya. Kasus perampokan di Indonesia dari 9.742 pada 2008 naik menjadi 11.758 kasus di tahun 2014.

Jika melihat ke Jepang, faktor pendidikan terkait kejujuran sudah dilakukan sejak dini menjadi salah satu faktor penting, sedangkan Indonesia hingga saat ini masih memperdebatkan terkait sistem pendidik full day school. Upaya tersebut diwacanakan untuk meningkatkan pendidikan karakter dari siswa siswi di Indonesia. Basisnya adalah kejujuran, toleransi, disiplin, hingga rasa cinta Tanah Air.

Namun, sistem ini dikatakan tak tepat jika dilakukan di wilayah pedesaan dengan berbagai alasan. Sehingga masih banyak PR terkait pendidikan bagi pemerintah Indonesia, termasuk pendidikan terkait kejujuran.

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

  • Konten yang sama

    • Oleh abditrass
      Kota Bogor
      Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
       
      Jump to navigation Jump to search
      Bogor beralih ke halaman ini. Untuk Kabupaten yang bernama sama, lihat pula Kabupaten Bogor. Untuk kegunaan lain dari Bogor, lihat Bogor (disambiguasi).
      Kota Bogor
      ᮊᮧᮒ ᮘᮧᮌᮧᮁ
      Kota Buitenzorg
      Kota di Indonesia

      Lambang
      Semboyan: Tegar Beriman

      Peta lokasi Kota Bogor
      Negara Indonesia
      ProvinsiJawa Barat
      Hari jadi3 Juni 1482
      Koordinat106°48' BT dan 6°26' LS
      Pemerintahan
       • Sekretaris DaerahAde syarif
      Luas
       • Total118.50 km2 (45.75 sq mi)
      Peringkat luas54
      Populasi (2015)[1]
       • Total1.030.720
       • Peringkat12
       • Peringkat16
      Demografi
       • Suku bangsaSunda, Jawa, Minang, Batak, Tionghoa
       • AgamaIslam 83.37%
      Katolik 9.37%
      Kristen Protestan 4.60%
      Budha 1.16%
      Hindu 0.5%
       • BahasaSunda
      Indonesia
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
       
      Zona waktuWIB (UTC+7)
      Kode telepon0251
      Kecamatan6
      Kelurahan68
      Situs webwww.kotabogor.go.id
      Kota Bogor (Sunda: ᮊᮧᮒ ᮘᮧᮌᮧᮁ) adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram".
      Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.
      Bogor (berarti "enau") telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.
      Kota Bogor memiliki banyak icon wisata, salah satunya Kebun Raya Bogor yang dikelilingnya mulai dijadikan sarana olahraga baru "Jogging" oleh warga Bogor semenjak wali kota Bima Arya membenahi pedestrian di sekeliling Kebun Raya Bogor menjadi lebih lebar dan lebih menarik.
      Daftar isi
      1 Letak
      1.1 Batas Wilayah
      2 Pembagian Administratif
      3 Iklim, topografi, dan geografi
      4 Sejarah
      4.1 Abad ke lima
      4.2 Kerajaan Sunda
      4.3 Zaman Kolonial Belanda
      4.4 Kebun Raya Bogor
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
       
      4.5 Hindia Belanda
      4.6 Zaman Jepang
      4.7 Masa kemerdekaan
      5 Perwakilan
      6 Kuliner Khas Kota Bogor
      6.1 Masakan
      6.2 Minuman
      7 Tempat-tempat menarik dan pariwisata
      7.1 Wisata dan rekreasi
      7.2 Kolam renang
      7.3 Stasiun kereta dan terminal bus
      7.4 Daftar angkutan kota
      7.5 TransPakuan
      7.6 Tempat ibadah
      7.7 Museum dan perpustakaan
      7.8 Pusat Perbelanjaan dan Oleh-oleh khas Bogor
      8 Kota kembar
      9 Galeri
      10 Televisi
      11 Radio
      12 Lihat pula
      13 Referensi
      14 Pranala luar
      Letak
      Kota Bogor terletak di antara 106°43’30”BT - 106°51’00”BT dan 30’30”LS – 6°41’00”LS serta mempunyai ketinggian rata-rata minimal 190 meter, maksimal 350 meter dengan jarak dari ibu kota kurang lebih 60 km.
      Batas Wilayah
      Kota Bogor berbatasan dengan Kecamatan-kecamatan dari Kabupaten Bogor sebagai berikut:
      UtaraCilebut, Bojong Gede, dan Kemang
      TimurSukaraja dan Ciawi
      SelatanCijeruk dan Caringin
      BaratKemang, Ciomas dan Dramaga
      Pembagian Administratif
      Kecamatan di Kota Bogor adalah:
      Bogor Barat
      Bogor Selatan
      Bogor Tengah
      Bogor Timur
      Bogor Utara
      Tanah Sareal
      Iklim, topografi, dan geografi
      Kota Bogor terletak pada ketinggian 190 sampai 330 m dari permukaan laut. Udaranya relatif sejuk dengan suhu udara rata-rata setiap bulannya adalah 26 °C dan kelembaban udaranya kurang lebih 70%. Suhu rata-rata terendah di Bogor adalah 21,8 °C, paling sering terjadi pada Bulan Desember dan Januari. Arah mata angin dipengaruhi oleh angin muson. Bulan Mei sampai Maret dipengaruhi angin muson barat.
      Kemiringan Kota Bogor berkisar antara 0–15% dan sebagian kecil daerahnya mempunyai kemiringan antara 15–30%. Jenis tanah hampir di seluruh wilayah adalah latosol coklat kemerahan dengan kedalaman efektif tanah lebih dari 90 cm dan tekstur tanah yang halus serta bersifat agak peka terhadap erosi. Bogor terletak pada kaki Gunung Salak dan Gunung Gede sehingga sangat kaya akan hujan orografi. Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor sehingga uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan. Hampir setiap hari turun hujan di kota ini dalam setahun (70%) sehingga dijuluki "Kota Hujan". Keunikan iklim lokal ini dimanfaatkan oleh para perencana kolonial Belanda dengan menjadikan Bogor sebagai pusat penelitian botani dan pertanian, yang diteruskan hingga sekarang.
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
       
      [sembunyikan]Data iklim Kota Bogor
      BulanJanFebMarAprMeiJunJulAgtSepOktNovDesTahun
      Rekor tertinggi °F9197939099100979399959790100
      Rata-rata tertinggi °F77777979797979798181797779
      Rata-rata harian °F72727272727272727273727272
      Rata-rata terendah °F64646464646463636364646464
      Rekor terendah °F52484850505545375550525037
      Presipitasi inci9.849.137.177.174.061.850.982.092.763.787.767.8764,45
      Rekor tertinggi °C33363432373836343735363238
      Rata-rata tertinggi °C25252626262626262727262526
      Rata-rata harian °C22222222222222222223222222
      Rata-rata terendah °C18181818181817171718181818
      Rekor terendah °C119910101373131011103
      Presipitasi mm25023218218210347255370961972001.637
      [butuh rujukan]
      BulanJanFebMarAprMeiJunJulAguSepOktNovDesTahun
      Jumlah hari hujan21212118128768132021176
      Rata-rata kecepatan angin (km/jam)5555555554455
      Kecepatang angin maksimum (km/jam)3744115767254619346745946115
      Kedudukan geografi Kota Bogor di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor serta lokasinya yang dekat dengan ibu kota negara, Jakarta, membuatnya strategis dalam perkembangan dan pertumbuhan kegiatan ekonomi. Kebun Raya dan Istana Bogor merupakan tujuan wisata yang menarik. Kedudukan Bogor di antara jalur tujuan Puncak/Cianjur juga merupakan potensi strategis bagi pertumbuhan ekonomi.
      Kota Bogor mempunyai luas wilayah 118,5 km². Di kota ini juga mengalir beberapa sungai yang permukaan airnya jauh di bawah permukaan dataran, yaitu: Ci (Sungai) Liwung, Ci Sadane, Ci Pakancilan, Ci Depit, Ci Parigi, dan Ci Balok. Topografi yang demikian menjadikan Kota Bogor relatif aman dari bahaya banjir alami.
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
       
      Sejarah
      Abad ke lima
      Bogor ditilik dari sejarahnya adalah tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanagara di abad ke lima. Beberapa kerajaan lainnya lalu memilih untuk bermukim di tempat yang sama dikarenakan daerah pegunungannya yang secara alamiah membuat lokasi ini mudah untuk bertahan terhadap ancaman serangan, dan di saat yang sama adalah daerah yang subur serta memiliki akses yang mudah pada sentra-sentra perdagangan saat itu. Namun hingga kini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa arkeolog ternama seperti Prof. Uka Tjandrasasmita, keberadaan tempat dan situs penting yang menyatakan eksistensi kerajaan tersebut.
      Kerajaan Sunda
      Di antara prasasti-prasasti yang ditemukan di Bogor tentang kerajaan-kerajaan yang silam, salah satu prasasti tahun 1533, menceritakan kekuasaan Raja Prabu Surawisesa dari Kerajaan Sunda. Prasasti ini dipercayai memiliki kekuatan gaib dan keramat, sehingga dilestarikan sampai sekarang. Kerajaan Pajajaran memiliki pengaruh kekuasaan tidak hanya seluas Jawa Barat, Jakarta dan Banten tetapi juga mencakup wilayah Lampung. Kerajaan Sunda yang beribukota di Pajajaran juga mencakup wilayah bagian selatan pulau Sumatera. Setelah Pajajaran diruntuhkan oleh Kesultanan Banten maka kekuasaan atas wilayah selatan Sumatera dilanjutkan oleh Kesultanan Banten.[2]
      Pakuan atau Pajajaran yang merupakan ibu kota pemerintahan Kerajaan Sunda (yang sering disebut juga sebagai Kerajaan Pajajaran sesuai nama ibukotanya) diyakini terletak di Kota Bogor, dan menjadi pusat pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja Ratu Haji I Pakuan Pajajaran) yang dinobatkan pada 3 Juni 1482. Hari penobatannya ini diresmikan sebagai hari jadi Bogor pada tahun 1973 oleh DPRD Kabupaten dan Kota Bogor, dan diperingati setiap tahunnya hingga saat ini.[3]
      Zaman Kolonial Belanda
      Setelah penyerbuan tentara Banten, catatan mengenai Kota Pakuan hilang, dan baru ditemukan kembali oleh ekspedisi Belanda yang dipimpin oleh Scipio dan Riebeck pada tahun 1687. Mereka melakukan penelitian atas Prasasti Batutulis dan beberapa situs lainnya, dan menyimpulkan bahwa pusat pemerintahan Kerajaan Pajajaran terletak di Kota Bogor.
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
      Pada tahun 1745, Gubernur Jenderal Gustaaf Willem baron van Imhoff membangun Istana Bogor seiring dengan pembangunan Jalan Raya Daendels yang menghubungkan Batavia dengan Bogor. Bogor direncanakan sebagai sebagai daerah pertanian dan tempat peristirahatan bagi Gubernur Jenderal. Dengan pembangunan-pembangunan ini, wilayah Bogor pun mulai berkembang.
      Setahun kemudian, van Imhoff menggabungkan sembilan distrik (Cisarua, Pondok Gede, Ciawi, Ciomas, Cijeruk, Sindang Barang, Balubur, Dramaga, dan Kampung Baru) ke dalam satu pemerintahan yang disebut Regentschap Kampung Baru Buitenzorg. Di kawasan itu van Imhoff kemudian membangun sebuah Istana Gubernur Jenderal. Dalam perkembangan berikutnya, nama Buitenzorg dipakai untuk menunjuk wilayah Puncak, Telaga Warna, Megamendung, Ciliwung, Muara Cihideung, hingga puncak Gunung Salak, dan puncak Gunung Gede.
      Kebun Raya Bogor
      Artikel utama untuk bagian ini adalah: Kebun Raya Bogor
      Patung Wanita desa dipinggir kolam penghias Istana Bogor, oleh pematung Indonesia, Trubus Sudarsono.
      Ketika VOC bangkrut pada awal abad ke sembilan belas, wilayah nusantara dikuasai oleh Inggris di bawah kepemimpinan Gubernur Jenderal Thomas Raffles yang merenovasi Istana Bogor dan membangun tanah di sekitarnya menjadi Kebun Raya (Botanical Garden). Di bawah Raffles, Bogor juga ditata menjadi tempat peristirahatan yang dikenal dengan nama Buitenzorg yang diambil dari nama salah satu spesies palem.
      Hindia Belanda
      Setelah pemerintahan kembali kepada pemerintah Belanda pada tahun 1903, terbit Undang-Undang Desentralisasi yang menggantikan sistem pemerintahan tradisional dengan sistem administrasi pemerintahan modern, yang menghasilkan Gemeente Buitenzorg.
      Pada tahun 1925, dibentuk provinsi Jawa Barat (provincie West Java) yang terdiri dari 5 karesidenan, 18 kabupaten, dan kotapraja (stadsgemeente). Buitenzorg menjadi salah satu stadsgemeente.
      Zaman Jepang
      Pada masa pendudukan Jepang pada tahun 1942, pemerintahan Kota Bogor menjadi lemah setelah pemerintahan dipusatkan pada tingkat karesidenan.
      Masa kemerdekaan
      Pada tahun 1950, Buitenzorg menjadi Kota Besar Bogor yang dibentuk berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 16 tahun 1950.[4]
      Pada tahun 1957, nama pemerintahan diubah menjadi Kota Praja Bogor, sesuai Undang-Undang nomor 1 tahun 1957.[5]
      Kota Praja Bogor berubah menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II Bogor, dengan Undang-Undang nomor 18 tahun 1965 dan Undang-Undang nomor 5 tahun 1974.[6][7]
      Kotamadya Bogor berubah menjadi Kota Bogor pada tahun 1999 dengan berlakunya Undang-Undang nomor 22 tahun 1999.[8]
      Perwakilan
      DPRD Kota Bogor hasil Pemilihan umum legislatif 2014 tersusun dari 11 partai, dengan perincian sebagai berikut:
      PartaiKursi
      PDI-P8
      Partai Golkar6
      Partai Gerindra6
      PKS5
      Partai Demokrat5
      PPP5
      Partai Hanura4
      PAN3
      Partai NasDem1
      PKB1
      PBB1
      Total45
      Kuliner Khas Kota Bogor
      Masakan
      Kota Bogor mempunyai bermacam-macam masakan khas, yaitu:
      Soto Bogor
      Cungkring
      Doclang
      Gepuk Karuhun
      Ikan Balita
      Asinan Bogor
      Toge Goreng
      Roti Unyil
      Laksa Bogor
      Lapis Bogor[9]
      Minuman
      Kota Bogor mempunyai bermacam-macam minuman khas, yaitu:
      Es Pala
      Bir Kocok
      Tempat-tempat menarik dan pariwisata
      Beberapa tempat menarik di Kota Bogor, di antaranya adalah:
      Wisata dan rekreasi
      Kebun Raya Bogor
      Sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 80 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan IPB.
      Istana Bogor
      Salah satu dari enam Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan ini dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan fauna yang menonjol. Salah satunya adalah adanya rusa-rusa yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.
      Prasasti Batutulis
      Prasati peninggalan zaman Kerajaan Padjadjaran yang ditulis dalam bahasa aksara sunda kuna yang isinya menyebutkan Raja Pakuan Padjadjaran yang bernama Prabu Purana dinobatkan kembali dengan nama Sri Paduka Maharaja Ratu Haji dalam tahun yang tidak dapat dipastikan dikarnakan rusaknya prasasti, sehingga ada berbagai macam penafsiran. Prasasti ini disimpan di tepi jalan raya Batutulis, Bogor, sekitar 2 km dari pusat kota.
      CICO-Cimahpar Integrated Conservation Offices
      Kawasan pendidikan dan konservasi dengan pendekatan kepada alam, terletak di Kelurahan Cimahpar, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor. Kawasan ini memiliki beberapa fasilitas pendukung seperti gedung perkantoran, wisma, asrama (dormitory), serta kebun buah, sayur, dan tanaman obat. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas panjat tebing, kegiatan luar, dan area outbond. Kawasan ini didedikasikan untuk kepentingan konservasi.
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
       
       
      Taman Topi
      Di dalam Plaza Kapten Muslihat terdapat sebuah taman yang diberi nama Taman Ade Irma Suryani, sebelumnya taman ini memiliki nama Taman Kebun Kembang tempat orang berwisata, namun pada tahun 1980-an taman ini berubah fungsi menjadi terminal angkutan kota karena letaknya yang strategis di muka Stasiun Bogor. Terminal tersebut kemudian direnovasi menjadi Plaza Kapten Muslihat yang mengusung konsep Bangunan berbentuk Topi, sehingga masyarakat pun menyebutnya dengan Taman Topi. Taman topi dilengkapi berbagai wahana permainan namun sejak tahun 1994 sampai saat ini (tahun 2007) tempat ini menjadi tidak terawat baik karena dikepung oleh pedagang kaki lima dan angkutan kota. Di dalamnya terdapat pula Pusat Informasi Kepariwisataan atau 'Tourist Information Centre'.
      Taman Kencana
      Sebuah taman kecil yang digunakan untuk tempat rekreasi anak-anak kecil, kaum muda, maupun orang tua yang melepas lelah setelah capai berjalan-jalan di lapangan Sempur ataupun Kebun Raya. Taman ini ramai pada hari Minggu dan umumnya ramai oleh para orangtua yang mengajak anak-anak mereka untuk menikmati hari libur.
      Lapangan Sempur
      Lapangan yang dahulu merupakan lahan kosong yang dipergunakan sebagai lapangan upacara untuk memperingati HUT Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus ini, sekarang sudah dikelola oleh Dinas Pemakaman dan Pertamanan Kota Bogor. Lapangan ini sekarang dijadikan tempat olahraga dan lapangan multifungsi. Di lapangan ini terdapat wall-climb, lapangan basket, lapangan utama untuk bermain bola dan soft/baseball, run-track, lapangan voli beralaskan pasir pantai, serta area untuk senam. Pada hari Minggu tempat ini akan menjadi pasar dadakan, banyak pedagang makanan ataupun alat-alat yang menggelar dagangannya di sini setiap hari Minggu. Lapangan ini kerap digunakan untuk berbagai pergelaran musik.
      saat ini lapangan sempur sedang tahap renovasi hingga April 2017
      Rancamaya
      Kawasan beriklim sejuk terletak 10 km dari pusat kota ke arah tenggara melalui Cipaku dan Genteng, dapat ditempuh pula melalu Tajur maupun Jalan Tol Jagorawi.
      Situ Gede atau Setu Gede
      Danau kecil di barat laut Kota Bogor, di tepi hutan penelitian Dramaga, Bogor.
      Dramaga, Bogor
      Terletak di bagian barat dari kota, tepatnya sekitar 8 km dari pusat Kota Bogor. Wilayah Dramaga merupakan sentra produksi manisan basah dan kering, baik itu dari buah-buahan (pala, mangga, jambu batu, kemang, pepaya, kweni, salak, kedondong, atau caruluk) maupun dari bahan sayuran (wortel, labu siam, pare, lobak, bligo, serta ubi jalar).
      Setu Burung ;
      Puncak
      Kawasan wisata perbukitan yang terletak di sebelah timur Kota Bogor, dikelilingi oleh Gunung Gede dan Gunung Pangrango.
      Gunung Bunder
      Gunung Pancar
      Gunung Gede
      Gunung Salak Endah
      Kolam renang
      Kolam Renang Gedung Olah Raga Kota Bogor
      Kolam Renang dengan air dari Gunung Salak, ZamZam Tirta-Ciomas
      Taman Yasmin Sport Centre
      Bukit Cimanggu City-Marcopolo
      Bogor Nirwana Residence-Jungle Water Park
      Kolam Renang Gumati
      Stasiun kereta dan terminal bus
      Stasiun Bogor
      Stasiun utama Kota Bogor yang merupakan warisan dari zaman Belanda. Sekitar tahun 1960-an stasiun ini melayani keberangkatan ke melalui Sukabumi dan Bandung.
      Stasiun Paledang
      Hanya melayani Pemberangkatan menuju Stasiun Sukabumi. Tersedia 2 kelas yaitu Ekonomi(AC) dan Kelas Eksekutif.
      Stasiun Batutulis
      Hanya melayani Pemberangkatan menuju Stasiun Sukabumi. Tersedia 2 kelas yaitu Ekonomi(AC) dan Kelas Eksekutif.
      Stasiun Sukaresmi
      Sedang dalam tahap pengerjaan.
      Terminal Bus
      Terminal Baranang Siang
      Rute
      1. Kp.Rambutan
      2. Pulo Gadung
      3. lebak bulus
      4. Tj. Priok
      5. Kalideres
      6. Tangerang
      7. Serang, Merak
      8. Rangkasbitung
      9. Bekasi
      10. Cikarang
      11. Karawang
      12. Purwakarta
      13. Bandung
      14. Cirebon
      15. Kuningan
      16. Pelabuhan Ratu
      17. Sukabumi
      Terminal Wangun
      Terminal Bubulak
      Rute
      1. Kp. Rambutan
      2. Blok M
      3. RawaMangun
      4. Ps. Senen
      5. Grogol
      6. Kuningan
      7. Bandung
      8. Tj.Priok
      Terminal Laladon
      Daftar angkutan kota
      A. Angkutan Kota
      01 Sukasari-Cipinanggading-Merdeka
      02 Sukasari-Bubulak
      03 Bubulak-Taman Kencana-Baranangsiang
      04 Wr.Nangka-Ramayana
      05 Cimahpar-Ramayana
      06 Ciheuleut-Ramayana
      07A Wr.Jambu-Gor Pajajaran-Ramayana
      07B Ciparigi-Merdeka
      07C Wr.Jambu-Pengadilan-Stasiun Bogor
      08 Wr. Jambu-Lodaya-Ramayana
      09 Ciparigi-Sukasari
      10 Bantar Kemang-Merdeka
      11 Br.Siang Indah-Terminal-Pasar Bogor/GgAut-Br.Siang Indah (Melingkar)
      12 Pasar Anyar-Cimanggu
      13 Bantar Kemang-Ramayana
      14 Laladon-PasirKuda-Sukasari
      15 Bubulak-Pasar Anyar (Mawar)
      16 Salabenda-Pasar Anyar
      17 Bina Marga-Tanah Baru-Pomad
      18 Ramayana-Mulyaharja
      19 Bubulak-Kencana-St.Cilebut
      20 Kencana-Pasar Anyar
      21 Br.siang-Ciawi
      22 Pondok Rumput-Pasar Anyar
      23 Ramayana-Taman Kencana-Wr.Jambu-indrapastra
      B. Angkutan Perkotaan
      02 Sukasari-Cicurug/Cidahu(Sukabumi)
      02A Sukasari-Cisarua/Tugu
      02B Sukasari-Cibedug/Tapos
      03 Ramayana-Ciapus
      04A Ramayana-Cihideung/Cijeruk
      05 Merdeka-Ciomas/Tmn.Pagelaran
      06 Merdeka-Parung
      06A Merdeka-Bantar Kambing
      07 Ps.Anyar-BojongGede
      08 Ps.Anyar-Cibinong-Citereup
      C. Angkutan Kota yg melintsi Kota Bogor
      32 Cibinong-Jln.Baru-Tmn.Pagelaran
      TransPakuan
      Koridor 1 Bubulak-Cidangiang (Br.Siang)
      Koridor 2 Cidangiang-Ciawi
      Koridor 3 Cidangiang-Sentul City
      Tempat ibadah
      Masjid Raya Kota Bogor, Jl. Raya Pajajaran, Bogor Timur
      Gereja Batak Karo Protestan Bogor, Jl. Tumapel Ujung, Perumahan Cimanggu Permai, Tanah Sareal
      Gereja Methodist Jemaat Immanuel, Jl. Cincau , Bogor
      Gereja Zebaoth, Jl. Ir. H. Juanda, Kebun Raya Bogor
      Masjid Jami Al-Juman Bogor, Jl. Pahlawan I, Bogor Selatan
      Gereja BMV Katedral Bogor, Jl. Kapten Muslihat
      Gereja St. Fransiskus Asisi, Jl. Siliwangi
      Gereja Kristen Indonesia, Jl. Pengadilan 35
      Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA), Jalan Suryakencana Bogor
      Gereja HKBP, Jl. Paledang Bogor
      Gereja Katedral Bogor, Jalan Kapten Muslihat Nomor 22, Bogor
      Klenteng Hok Tek Bio
      Masjid Agung Bogor, Jl. Dewi Sartika, Bogor Tengah
      Masjid Istiqom Budi Agung
      Pura Parhyangan Agung Jagatkartta, Gunung Salak, Taman Sari
      Pura Giri Kusuma, Bogor Baru
      Masjid Almuhajirin, Bukit Waringin, Bojong Gede
      Masjid Nahwa Nur Pura, Bojong Gede
      Masjid As-sholihin, jayasari
      Masjid Al-hidayah, BCC
      Masjid Al-Munawwar, Jl. Pemuda, Tanah Sareal
      Masjid Al-Ma'I (PDAM Tirta Pakuan), Jl. Siliwangi, Bogor Selatan
      Gereja Bethel, Jl. Jend. Sudirman, Bogor Tengah
      GPdI Tiberias Bogor, Jl. Gereja No. 19 Bogor (dibelakang Bank BCA Juanda)
      Museum dan perpustakaan
      Museum Etnobotani
      Museum Etnobotani diresmikan pada tahun 1982 oleh Prof. Dr. B. J. Habibie. Di dalamnya terdapat 2.000 artefak etnobotani dan berbagai diorama pemanfaatan flora.
      Museum Zoologi
      Museum Zoologi didirikan pada tahun 1894 dengan nama Museum Zoologicum Bogoriensis.
      Herbarium Bogoriense
      Terletak di Jalan Ir. H. Juanda, di sebelah barat Kebun Raya Bogor. Di dalamnya tersimpan dan dipamerkan berbagai jenis daun dan buah yang telah dikeringkan, berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri.
      Museum Tanah
      Museum Tanah didirikan pada tanggal 29 September 1988. Museum ini merupakan tempat penyimpanan jenis contoh tanah yang terdapat di Indonesia yang disajikan dalam ukuran kecil berupa makromonolit.
      Museum Pembela Tanah Air (PETA)
      Didirikan pada tahun 1996 oleh Yayasan Perjuangan Tanah Air, dan diresmikan oleh H. M. Soeharto (Presiden RI ke-2). Di dalamnya memuat empat belas diorama sebagai salah satu perwujudan miniatur yang menggambarkan proses pergerakan kebangsaan terjadi pada tanggal 3 Oktober 1943 bertempat di bekas Kesatriaan tentara KNIL/Belanda, Pabaton.
      Museum Perjuangan
      Perpustakaan Bogor
      Didirikan pada tahun 1842 di dalam lingkungan Kebun Raya Bogor oleh ahli botani Belanda, Dr. J. Pierot. Koleksinya sekitar 300.000 jilid buku, 2.000 judul majalah ilmiah, dan lebih dari 100.000 barang cetakan lainnya. Koleksinya meliputi buku-buku ilmu pengetahuan alam murni dan praktis, dengan mengutamakan biologi, yang diperoleh dari hasil pertukaran dengan lembaga-lembaga ilmiah dan ahli-ahli botani dan biologi di seluruh dunia. Koleksi perpustakaan ini paling baik dan lengkap di Asia Tenggara.
      Pusat Perbelanjaan dan Oleh-oleh khas Bogor
      Botani Square
      Ekalokasari Plaza
      Bogor Trade Mall
      Bogor Plaza
      Plaza Jambu Dua
      Bogor Indah Plaza
      Bogor Trade Mall
      Yogya Bogor Junction
      Plaza Jambu Dua
      Bogor Trade World
      Taman Topi Square dan Matahari Department Store
      Plaza Jembatan Merah, Veteran Panaragan
      Pusat Grosir Bogor Merdeka
      Pusat Oleh-oleh Venus, Jl. Siliwangi
      Plaza Indah Bogor/ Yogya, Jl. Kyai Haji Sholeh Iskandar Cimanggu
      Plaza Bogor Surya Kencana, Sukasari
      Giant Taman Yasmin
      Ramayana Bogor Square
      Lottemart Taman Yasmin
      Hero dan Gramedia, Pajajaran
      Orchard Walk dan The Jungle Mall, Bogor Nirwana Residence - Bogor Selatan
      Roti Unyil Venus, Ruko V-Point Pajajaran
      Lapis Talas Bogor Sangkuriang, Pajajaran - Ruko Bantar Kemang, Jl. Kyai Haji Sholeh Iskandar Cimanggu.
      Asinan Gedung Dalam Sukasari
      Asinan Dewi Sri Baranang Siang
      Sentra Kerajinan & Cenderamata Pasar Bogor, Jl. Oto Iskandardinata
      Lapis Bogor Sangkuriang,ciomas - JL.raya ciomas BOGOR
      Kota kembar
      - St.Louis, Missouri, Amerika Serikat[10]
      Lloró, Kolombia
      Gödöllõ, Hungaria
      Salak Tinggi, Malaysia
      Galeri
      Tari Jaipong
      Sawah berteras
      Delman di Bogor
      Plaza Bogor, Otista 1994
      Suryakencana.jpg
      Suasana kawasan pecinan di Jalan Suryakencana Bogor
      Becak di Kota Bogor
      Pasar Anyar (kebon kembang)
      Stasiun Bogor
      eks Stasiun utama NIS (Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij) di Wanaherang, Gunung Putri, Bogor, saat sebelum pengaktifan kembali. Foto ini diambil tahun 2007
      Televisi
      Kota Bogor memiliki stasiun televisi, di antaranya:
      Megaswara.tv
      BSTV
      INTV
      BBS TV Bogor
      iNews
      TVRI terletak di Gunung Tela yang menjangkau Cigudeg, Jasinga hingga kabupaten Lebak dan Pandeglang berkekuatan 50 kW
      Radio
      Kota Bogor memiliki stasiun radio, di antaranya:
      Pro 1 RRI Bogor 93.7 FM serta 102 FM & 1242 AM
      Pro 2 RRI Bogor 106.8 FM
      Pro 3 RRI Bogor 93.0 FM
      Pro 4 RRI Jakarta (Relay) 89.0 FM
      Radio Pertanian Ciawi 88,6 FM
      Elpas FM 101,2
      Teman FM 95.3
      Megaswara FM 100.8
      Puncak FM 104.4
      Dila Swara FM 107,7
      96.5 RKM FM
      Kisi FM 93.4
      Lesmana FM 100.1
      810 Now (810 khz)
      Melody 98.9FM
      103.6 Suara Kejayaan FM
      Radio Sipatahunan FM 107.1
      89,8 WKFM
      Fajri 99.3 FM
      Rodja 756 AM
      87.8 X Channel
      *Persiapan
       
      iklan :
      https://abditrass.blogspot.com
      https://abditrass.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringanabditrass.wordpress.com https://kanopibajaringanbogormurah.blogspot.co.id/ https://bogorbaja.blogspot.co.id/ https://bajaringanabditrass.blogspot.co.id/ https://bajaringantasikmalayamurah.blogspot.co.id/ https://bajaringanbogor-berkualitas.blogspot.co.id/ https://bajaringanbogormurah.blogspot.co.id/ https://abditrass.blogspot.co.id/ https://bajaringan-kanopi-tralis-bogor.blogspot.co.id/ https://bengkellasbogorsentulcity.blogspot.co.id/ https://canopybajaringanbogor.blogspot.co.id/ https://bajaringan-bogor-ciluar-abditrass.blogspot.co.id/ https://jasapemasangankanopibogor.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringanbogormurah.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringan-google.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringan-bogor-bajaringan.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringan-bogor-google.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringanmodern.blogspot.co.id/ https://kanopi-minimalis-bogor.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringan-bogor-cibinong.blogspot.co.id/ https://kusenalumuniumbogorcibinong.blogspot.co.id/ https://kusen-alumuniumbogor.blogspot.co.id/ https://plafonbogor.blogspot.co.id/ https://teralisbesibogor.blogspot.co.id/ https://kanopibajaringanbogor.wordpress.com https://kanopibogorbajaringanbogor.wordpress.com https://bajaringanabditrass.wordpress.com https://kanopibogorcibinong.wordpress.com https://plafon-gypsum-abditrass.blogspot.co.id/ https://plafon-gypsum-abditrass.blogspot.co.id/ https://kusen-alumunium-abditrass.blogspot.co.id/ https://kanopi-bajaringan-bogor-abditrass.blogspot.co.id/ https://bajaringan-abditrass.blogspot.co.id/ https://kanopi-bajaringan-bogor-abditrass.blogspot.co.id/ https://abditrass.blogspot.co.id/ http://kanopi-bajaringan-teralis-kusenalumunium-plafon-abditrass.business.site/?bw=true http://bajaringanbogor.business.site/?bw=true http://kanopi-baja-ringan-bogor.business.site/?bw=true
       
    • Oleh berita_semua
      Jepang memang tak pernah lepas dari sorotan.
      Apa pun yang berkaitan dengan negara sakura ini selalu menarik untuk dibahas.
      Satunya adalah masalah pekerjaan.
      Ada banyak lapangan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan di Jepang.
      Mulai dari pekerjaan normal seperti guru, akuntan, dan tour guide.
      Sampai pekerjaan yang tak biasa.
      Sebut saja pelatih ninja, penyusun botol atau tamu pernikahan palsu.
      Dari laman tokyofromtheinside.com berikut pekerjaan paruh waktu paling aneh yang hanya ada di Jepang.
      1. Penyusun botol di mesin penjual otomatis

      Ada lebih dari 5,5 juta mesin penjual otomatis di Jepang.
      Masalah terbesar yang biasa dialami produsen mesin adalah menempatkan botol yang di mesin.
      Biasanya mereka akan menggunakan alat berjalan yang otomatis memasukkan botol ke mesin.
      Tapi ada saja botol yang tidak sengaja jatuh tergeletak, dan tugas pekerja paruh waktu hanya meletakkan botol itu kembali seperti semula.
      Mudah bukan?
      Gajinya bisa mencapai 20 ribu yen atau setara 2,3 juta.
      2. Tamu pernikahan palsu

      Mereka biasanya digunakan untuk memperlihatkan jika pengantin memiliki teman yang banyak.
      Tak sebatas tamu pernikahan, mereka juga bisa muncul dalam pertemuan resmi untuk meramaikan acara.
      3. Pelatih ninja

      Mengingat semakin menurunnya jumlah praktisi ninja di Jepang.
      Maka sebuah iklan muncul dan menawarkan pekerjaan sebagai pelatih ninja.
      Dan ninja di sini biasanya disewa untuk meramaikan pertunjukan atau taman hiburan.
      4. Penjaga balon

      Tugas mereka sederhana.
      Yakni menjaga balon ditempelkan iklan agar bisa terbang sesuai jalurnya.
      5. Co sleeping

      Sesuai namanya, tugas mereka menemani pelanggan tidur bersama.
      Layanan ini menawarkan pelanggan bisa tidur di pangkuan, berbincang, dan memegang tangan saat tidur.
      Biasanya disediakan bagi mereka yang kesepian di rumah.
      6. Narabiya

      Pekerja paruh waktu ini mengkhususkan diri dalam antrian.
      Baik itu tiket konser atau game terbaru.
      Mereka akan membantu kamu untuk antri sementara kamu bisa melanjutkan pekerjaan.
      7. Pacar bayaran

      Kencan romantis di Disney Land atau hanya ingin bisa berbaring di pelukan seorang pria?
      Jasa pacar sewaan ini bisa melakukannya.
    • Guest News
      Oleh Guest News
      Inao Jiro Yang Paling Kanan
      Warga Negara Jepang ditemukan bunuh diri, Inao Jiro ditemukan meninggal dunia dengan cara gantung diri di rumahnya yang berada di kawasan Pondok Aren Tangerang Selatan.
      Inao Jiro adalah manager dari salah satu idol group ibu kota yaitu JKT48 , Sejumlah fans dari JKT48 mengucapkan bela sungkawa untuk keluarga yang ditinggal kan
      Seperti yang di tuliskan oleh @hitsrecord melalui Akun Twitter nya
      “Turut Berduka Cita kepada Jiro Inao bagian keluarga dari @officialjkt48 berserta sanak saudara keluarga yang ditinggalkan. Tuhan berkati”
      Menurut keterangan dari Kasubag Humas Polres Tangerang Selatan , AKP H Mansuri Korban bunuh diri pertama ditemukan pada pukul 18.00 WIB oleh istri dan pembantu nya pada selasa (21/3)
      Jiro terakhir terlihat usai menjemput anak nya pada pukul 15.00 WIB
      Jiro Inao sangat terkenal di kalangan Fans JKT48 selain karna dia general manager ciri khas yang melekat padanya adalah bicaranya yang menggunakan bahasa Indonesia tetapi masih kuat logat jepang nya
      Kami Crew dari Ngobas menyampaikan Turut berduka atas meninggalnya Jiro inao Semoga Amal Ibadahnya diterima dan untuk keluarga yang di tinggalkan diberi ketabahan 

    • Oleh iiee
      Pada bulan November 1988, Cowok A (18 tahun), Cowok B (jo kamisaku umur 17, kamisaku adalah nama keluarga yang dia ambil setelah keluar dari penjara), Cowok C (umur 16), dan Cowok D (umur 17) dari Tokyo menculik dan menyekap Furuta, siswi kelas 2 SMU dari Saitama selama 44 hari. Mereka menjadikan dia tahanan dirumah yang dimiliki orang tua Cowok C.
      Untuk menghindari pengejaran polisi, Cowok A memaksa Furuta untuk menelepon orangtuanya dan menyuruhnya mengatakan kalau dia kabur dari rumah dengan teman-temannya, dan tidak berada dalam bahaya. Bahkan cowok A membuat Furuta berpose sebagai pacar dari salah satu cowok–cowok itu ketika orangtua C, pemilik rumah sedang ada dirumah tersebut. Kalau mereka sudah yakin orang tua C tidak akan telepon polisi, mereka pun menyudahi sandiwara tersebut. Furuta mencoba kabur berkali–kali, memohon pada orang tua C untuk menyelamatkan dia, tapi mereka tidak melakukan apa-apa meskipun mereka tau kalau selama ini Furuta disiksa, karena mereka takut kalau Cowok A akan menyiksa mereka. Cowok A saat itu adalah pemimpin Yakuza kelas rendah dan telah mengencam siapapun yang ikut campur akan dibunuh.
      Menurut kesaksian para cowok itu dipersidangan, mereka berempat memperkosa Furuta, memukulinya, memasukan macam-macam ke dalam vaginanya termasuk tongkat besi, membuatnya minum urinnya sendiri dan makan kecoak, memasukan petasan ke dalam anusnya dan meledakanya, memaksa Furuta untuk masturbasi, memotong pentilnya dengan tang, menjatuhkan barbell ke perutnya, dan membakarnya dengan rokok dan korek api (salah satu dari pembakaran itu adalah hukuman karena dia berusaha menelepon polisi). Pada sebuah titik luka Furuta sangat parah hingga menurut salah satu cowok itu, Furuta membutuhkan waktu satu jam lebih untuk merangkak turun tangga untuk menggunakan kamar mandi. Mereka bahkan mengatakan kemungkinan kalau 100 orang tau kalau mereka menahan Furuta di rumah tersebut, tapi hal ini tidak jelas artinya apa 100 orang itu hanya tau atau mereka ikut memperkosa dan menyiksa juga saat berkunjung ke rumah tersebut. Cowok-cowok itu menolak membiarkan Furuta pergi, walau Furuta seringkali memohon pada mereka untuk membunuhnya saja dan menyudahi penderitaan tersebut.
      Pada tanggal 4 Januari 1989, dengan menggunakan alasan kekalahan salah seorang cowok itu main mahyong, keempat cowok itu memukuli Furuta dengan barbell besi, menuang cairan korek api ke kakinya, tangannya, perutnya, dan mukanya, dan lalu membakarnya. Dia meninggal tak lama kemudian hari itu karena shock. Kempat cowok itu menyatakan kalau mereka tidak menyadari betapa parah luka yang dialami Furuta, dan mereka percaya kalau Furuta hanya berpura-pura mati.
      Para pembunuh itu menyembunyikan mayatnya di drum 55 galon dan memenuhinya dengan semen. Mereka membuang drum tersebut di kota Tokyo.
      Penahanan dan Hukuman
      Para cowok itu ditangkap dan disidangkan sebagai orang dewasa, tapi karena Jepang menangani kejahatan yag dilakukan oleh yang masih dibawah umur, identitas mereka disembunyikan oleh persidangan. Tapi bagaimanapun juga, seminggu kemudian, majalah mingguan bernama Shukan Bunshun menerbitkan nama mereka, dengan menyatakan “hak asasi tidak dibutuhkan oleh penjahat biadab.” Mereka juga menerbitkan Nama asli Furuta dan detail tentang kehidupan pribadinya dan menerbitkanya dengan sangat nafsu di media. Kamisaku dituntut sebagai pemimpin para cowok itu, (entah benar atau tidaknya) menurut persidangan.
      Keempat cowok itu diberi keringanan dengan dinyatakannya bersalah dengan tuntutan “membuat luka fisik yang menyebabkan kematian”, dibandingkan tuntutan pembunuhan. Orang tua cowok A menjual rumah mereka dengan harga maksimum 50 juta yen atau 5 miliar rupiah dan membayarnya sebagai kompensasi untuk keluarga Furuta.
      Untuk partisipasinya di kejahatan ini, Kamisaku harus menjalani 8 tahun di penjara anak-anak sebelum dia dibebaskan di bulan agustus 1999. di bulan juli 2004, Kamisaku ditangkap karena mencelakai seorang kenalan, yang dia pikir membuat pacarnya menjauhi dia, dan dengan bangga membanggakan tentang keluarganya sebelum mencelakai kenalannya itu. Kamisaku dihukum 7 tahun dengan tuntutan memukuli. *Memukuli 7 tahun penjara, menyiksa Furuta sampe mati dipenjara 8 tahun? Mati aje loo*
      Orangtua Junko Furuta terkejut dengan kalimat yang diterima dari pembunuh anak perempuannya, dan bergabung dengan grup masyarakat melawan orangtua Cowok C yang rumahnya dijadikan tempat penyekapan. Ketika beberapa masalah ditimbulkan dari bukti (semen dan rambut yang didapat dari tubuh itu tidak cocok dengan para cowok-cowok yang ditangkap), pengacara yang menangani lembaga masyarakat memutuskan untuk tidak membantu mereka lagi karena merasa tidak ada bukti berarti tidak ada kasus atau dakwaan. Ada spekulasi bahwa bukti yang mereka dapat itu didapat dari orang tidak teridentifikasi yang memperkosa atau ikut memukuli Furuta.
      Satu dari yang paling menggangu dari kisah nyata ini adalah bahwa para pembunuh Furuta sekarang bebas. Setelah membuat Junko Furuta melalui berbagai penderitaan, mereka adalah cowok bebas sekarang.
      Semua hal menakutkan setengah mati ini dilakukan pada Junko Furuta dan dikumpulkan melalui sidang di Jepang dan blogs dari 1989. Mereka menunjukan kalau sakit yang dialami Junko Furuta dialami bertubi-tubi sebelum akhirnya dia meninggal. Semua ini terjadi dengannya sewaktu dia masih hidup, memang sangat mengganggu tapi inilah kenyataanya.
      Kronologis
      Hari 1 (22 November 1988)
      Penculikan Dikurung sebagai tahanan rumah, dan dipaksa berpose sebagai pacar salah satu cowok. Diperkosa (lebih dari 400 kali totalnya) Dipaksa menelepon orangtuanya dan mengatakan kalau dia kabur dan situasi aman Kelaparan dan kekurangan gizi Diberi makan kecoak dan minum kencing Dipaksa masturbasi Dipaksa striptease didepan banyak orang Dibakar dengan korek api Memasukan macam-macam *dari yang kecil sampe yang besar yang tidak bisa dibayangkan* ke vagina dan anusnya Hari 11 (1 Desember 1988)
      Menderita luka pukulan keras yang tak terhitung berapa kali Muka terluka karena jatuh dari tempat tinggi ke permukaan keras Tangan diikat ke langit langit dan badannya digunakan sebagai *itu loh yang isinya pasir buat tinju* sarana untuk ditinju Hidungnya dipenuhi sangat banyak darah sehingga dia cuma bisa bernafas lewat mulut Barbell dijatuhin ke perutnya Muntah darah ketika minum air (lambungnya tidak bisa menerima air itu) Mencoba kabur dan dihukum dengan sundutan rokok di tangan Cairan seperti bensin dituang ke telapak kaki, dan betis hingga paha lalu dibakar Botol dipaksa masuk ke anusnya, sampe masuk, menyebabkan luka. Hari 20 (10 Desember 1989)
      Tidak bisa jalan dengan baik karena luka bakar dikaki Dipukuli dengan tongkat bamboo Petasan dimasukin ke anus, lalu disulut Tangan di penyet *dipukul supaya gepeng* dengan sesuatu yang berat dan kukunya pecah Dipukulin dengan tongkat dan bola golf Memasukan rokok ke dalam vagina *mungkin maksudnya dijadiin asbak, dimatiin di vagina dan abunya dibuang kedalam* Dipukulin dengan tongkat besi Saat itu musim dingin bersalju *dingin pasti minus* disuruh tidur di balkon Tusuk sate dimasukin ke dalam vagina dan anus menyebabkan pendarahan Hari 30
      Cairan lilin panas diteteskan ke mukanya Lapisan mata dibakar korek api Dadanya ditusuk-tusuk jarum Pentil kiri dihancurkan dan dipotong dengan tang Bola lampu panas dimasukin vagina Luka berat di vagina karena dimasukin gunting Tidak bias pipis dengan normal Luka sangat parah hingga membutuhkan sejam untuk merangkak turun tangga saja untuk menggunakan kamar mandi Gendang telinga rusak parah Ukuran otak menciut sangat sangat banyak Hari 40
      Memohon sama para penyiksa untuk membunuhnya saja dan menyelesaikan penderitaannya 1 January 1989 Junko tahun baruan sendirian Tubuhnya dimutilasi Tidak bisa bangun dari lantai Hari ke 44
      Para cowok itu menyiksa badannya yang termutilasi dengan barbell besi, dengan menggunakan alasan kalah main mahyong. Furuta mengalami pendarahan di hidung dan mulut. Mereka menyiram mukanya dan matanya dengan cairan lilin yang dibakar. Lalu cairan korek api dituang ke kaki tangan muka, perut dan dibakar. Penyiksaan akhir ini berlangsung sekitar 2 jam nonstop. Junko Furuta meninggal pada hari itu juga dalam rasa nyeri sakit dan sendirian. Gag ada yang bisa ngalahin 44 hari penderitaan yang udah dia alamin. Junko Furuta meninggal pada hari itu juga dalam rasa nyeri sakit dan sendirian. Gag ada yang bisa ngalahin 44 hari penderitaan yang udah dia alamin.
    • Oleh Partner
      Halo jendral, kenalkan ada Sobat Budaya yang sangat peduli dengan budaya-budaya di Indonesia. Kali ini Sobat Bdaya akan mengadakan Seminar, Seminar Nasional RUU PTEBT dengan Tema: "Budaya Indonesia Kini dan yang Dinanti".
      Selengkapnya bisa kunjungi di
       
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi