Jump to content

Pengertian sawah dan macam-macam sawah


Recommended Posts

sawah.thumb.jpeg.e044412d3e02bdb92a70def7c12710ab.jpeg

Pengertian sawah secara umum menurut definisi para ahli mengatakan bahwa pengertian sawah adalah usaha pertanian yang dilaksanakan pada tanah basa dan memerlukan air untuk irigasi. Jenis tanaman yang terutama untuk pertanian sawah adalah padi. Dalam bersawah, pengolahan lahan dilakukan secara intensif dan merupakan pertanian menetap. Sawah sangat bermanfaat bagi manusia karna tampa sawah maka padi dan sejenisnya tidak akan kita makan, dimana kita tahu semua bahwa padi merupakan makanan khas indonesia. 

Sawah memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dan juga para petani. Untuk mengetahui apa saja manfaat sawah silahkan baca Manfaat Sawah Bagi Kehidupan Petani dan Manusia. Dalam kaitannya dengan manfaat sawah ini, ada beberapa hal yang harus kita pahami juga, yakni tentang macam-macam sawah. Mungkin sebelumnya anda hanya mengetahui sawah itu cuma satu dan tidak tahu tentang macam-macamnya. Nah disini anda akan mengetahui bahwa sawah ini memiliki banyak macam.

Sawah di Indonesia umunya dibedakan menjadi 4 macam, seperti yang dituliskan diatas, penjelasannya dapat dilihat dibawah ini.

  1. Sawah Irigasi merupakan sistem pertanian dengan pengairan yang terutur, tidak bergantung curah hujan karena pengairan dapat diperoleh dari sungai waduk. Pertanian sawah irigasi biasanya panen dua kali setahun dan pada musim kemarau dapat diselingi dengan tanaman palawija. 
  2. Sawah tadah hujan adalah sawah yang mendapatkan air hanya pada saat musim hujan sehingga sangat tergantung pada musim. Sawah tadah hujan ditanami dengan padi jenis gogorancah. Namun, pada musim kering ditanami dengan palawija, jagung dan ketela pohon. 
  3. Sawah pasang surut tergantung pada keadaan air permukaan yang dipengaruhi oleh kondisi pasang surutnya air sungai. Pada saat pasang, sawah tergenang air, sedangkan pada saat surut sawah kering dan ditanami dengan padi. Sawah pasang surut banyak terdapat di Sumatera, Kalimantan, dan Papua.
  4. Sawah lebak adalah sawah yang ditanami padi dan berada pada kiri dan kanan sungai. Sawah lebak sawah yang berada dikanan dan kiri sungai-sungai besar. Jenis sawah ini jarang sekali karena mengingat resiko yang sangat rentan terhadap banjir. Para petani sudah jarang memanfaatkan sistem sawah lebak ini sebagai lahan pertanian padi. Mereka kebanyakan mengalihfungsikan sawah lebak menjadi lahan perkebunan seperti sawit.
Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By Apikereta90
      Bagi petani, keberadaan burung dan hewan lainnya yang memakan dan merusak tanaman adalah musuh. Maka dari itu banyak petani yang membuat orang-orangan sawah guna menakut-nakuti hewam tersebut. Petani asal Prefecture Shiga, Jepang Nobuou Onishi ini juga melakukan hal yang sama. Ia membuat orang-orangan sawah di area kebunnya. Uniknya, ia tak hanya membuat banyak orang-orangan sawah yang menarik.
      Penasaran seperti apa hasil kreativitas Onishi? Berikut foto-foto orang-orangan sawah:
      1. Orang-orangan sawahnya membentuk sekumpulan orang yang sedang melakukan kegiatan sehari-hari.

      2. Onishi membuat orang-orangan sawah dengan sentuhan artistik.

      3. Onishi mempunyai hobi membuat orang-orangan sawah setelah selesai dengan aktivitasnya di kebun.

      4. Awalnya ia hanya membuat satu yang diletakkan di tengah-tengah kebun, namun kemudian semakin bertambah.

      5. Karena keunikannya tersebut bukannya mengusir burung, justru membuat orang-orang tertarik untuk melihat.

      Like ya ndral 
×
×
  • Create New...