Jump to content
  • Our picks

    • Jangan Aktifkan Tethering di GBK Selama Asia Games 2018
      Upacara pembukaan Asian Games 2018 tengah berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu malam (18/8/2019).

      Karena venue dipadati ribuan pengunjung, Kementerian Komunikas dan Informatika (Kemkominfo) juga tak ketinggalan mengimbau bagi pengunjung untuk mematuhi peraturan yang ada di dalam venue. Imbauan berkaitan dengan penggunaan akses internet di kawasan tersebut.
      • 0 balasan baru
    • Orang yang Suka Memberi Nasihat Ternyata Haus Kekuasaan
      Di film-film, sosok yang haus kekuasaan sering digambarkan licik bak Count Olaf, jenius seperti Littlefinger, atau tampil paling sempurna ala Marisa Coulter. Siapa pula yang mau memiliki rekan kerja seperti mereka di kantor?
      • 1 balasan baru
    • Mengenal Pria Belanda yang jadi Penyebab Indonesia Dijajah
      Sejak dahulu kala, nusantara yang kala itu belum dikenal sebagai Indonesia merupakan salah satu kepulauan di belahan Timur yang terkenal menghasilkan rempah-rempah terbaik. Alhasil, orang-orang Eropa di benua barat pun merasa tertarik dan berusaha untuk mengunjunginya.
      • 0 balasan baru
    • 7 Alasan Lelaki Badboy Cenderung Digilai Para Wanita
      Badboy merupakan sebuah julukan bagi pria yang mempunyai kesan nakal dan urakan. Namun tidak semua cowok nakal itu buruk. Meskipun sebenarnya cowok dengan tipe ini lebih berpotensi untuk menjadi seorang playboy. Entah mengapa tipe pria seperti ini malah banyak yang menyukainya. Buktinya banyak dari mereka yang gampang mendapatkan hati wanita.
      • 2 balasan baru
    • Alasan Lelaki Berkumis Lebih Mudah Memikat
      Kumis merupakan sebuah anugerah yang diberikan Tuhan kepada para pria. Setiap lelaki yang beranjak remaja pasti ditumbuhi bulu halus di atas mulut atau yang biasa dikenal dengan kumis. Yah, kumis bagi sebagian lelaki bisa digunakan sebagai ciri khas dari dirinya. Sebab beda orang beda tipe kumisnya. Ada yang suka dengan kumis tebal, ada yang suka dengan kumis tipis, namun tidak sedikit pula yang tidak suka dengan kumis alias kumisnya selalu dicukur bersih.
      • 1 balasan baru
ega

Yang wajib dihindari saat bangun tidur

Recommended Posts

1802763263_banguntidur-ngobas.thumb.jpg.4765fbc533c34a625fe3f6e1578e8c05.jpg

Saat bangun tidur ada beberapa hal yang seringkali kita lakukan dan tanpa disadari justru akan memengaruhi aktivitas sepanjang hari. Agar Anda bisa menjalani hari dengan penuh semangat, beberapa hal berikut ini sebaiknya tidak Anda lakukan setelah bangun pagi.

1. Mengecek ponsel

Saya cukup yakin, sebagian dari kita terbiasa mengecek ponsel dan media sosial sesaat setelah bangun tidur. Namun, ternyata aktivitas ini justru membuat Anda merasa gelisah sehingga mudah cemas dan tidak bahagia. Memeriksa akun media sosial juga membuat kita jadi lebih fokus pada hal-hal yang tidak terlalu penting.

2. Mematikan alarm atau menunda alarm agar bisa tidur lagi beberapa menit

Memejamkan mata kembali untuk beberapa menit lagi sebenarnya kurang efektif malah membuat Anda bertambah lelah. Hal ini karena Anda membuat siklus tidur baru kemudian bangun dengan cepat sehingga Anda jadi lemas, pusing, dan perasaan tidak enak saat terbangun lagi.

3. Menutup tirai

Seringkali secara tidak sadar Anda menutup tirai karena tidak ingin terganggu sinar matahari di pagi hari. Namun, ternyata Anda salah. Sinar matahari sebenarnya merupakan cara alami untuk memberi tahu tubuh untuk bangun, bergerak, dan berhenti memproduksi hormon melatonin. Sinar matahari pagi antara pukul 06.00 sampai pukul 08.30 juga merupakan vitamin D yang bagus untuk kesehatan tulang Anda. Yuk, mulai biarkan sinar matahari pagi masuk ke kamar Anda.

4. Membereskan tempat tidur

Ini juga merupakan kebiasaan usai bangun pagi yang rutin kita lakukan. Sayangnya ini bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Membereskan tempat tidur setelah bangun tidak mengusir tungau debu dari tempat tidur Anda. Mikroba ini menyukai kondisi hangat dan lembap yang diproduksi di bawah selimut pada malam hari. Sehingga Anda sebaiknya membereskan tempat tidur ketika hendak berangkat di saat kasur mulai dingin dan tungau debu mulai mengalami dehidrasi lalu mati.

5. Konsumsi sarapan berat

Sarapan dengan porsi karbohidrat olahan yang terlalu banyak seperti mi atau nasi goreng bisa mengacaukan gula darah Anda. Ini juga membuat tubuh lebih cepat lapar sebelum makan siang. Konsumsi lebih banyak protein agar merasa kenyang lebih lama. Menurut penelitian, telur merupakan pilihan terbaik untuk mendapatkan protein yang baik untuk sarapan Anda.

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

  • Konten yang sama

    • Oleh Brenda_Christie
      Kalian tentu pernah mengalami susah tidur. Walau mata sudah dipejamkan, rasanya sulit sekali terlelap. Padahal tak terasa waktu sudah menunjukan pagi hari.
      Akibatnya, tubuh tidak mampu bekerja secara optimal ketika mengawali hari. Kurang tidur juga dapat berujung ke masalah serius seperti obesitas, diabetes hingga kanker.
      Mengonsumsi pil tidur bukan merupakan pilihan tepat. Ada banyak efek negatif yang timbul dari pil tidur. Agar tidur menjadi lebih mudah, kamu bisa mengandalkan buah pisang.
      Nah, buah pisang yang kaya potassium dan magnesium bisa memberi efek relaksasi. Caranya pun sangat mudah, yakni dengan mengupas pisang dan merebusnya di dalam air mendidih.
      Rebus pisang selama kurang lebih 10 menit. Kamu bisa tambahkan kayu manis untuk mendapatkan aroma sedap. Minum air rebusan pisang satu jam sebelum tidur.
      Buah pisang yang telah direbus juga bisa dinikmati sebagai santapan sehat di malam hari. Taburkan bubuk kayu manis sesuai selera. Konsumsi secara rutin akan membantumu tidur lebih lelap.
    • Oleh BincangEdukasi
      Saat pagi datang dan alarm berbunyi, apa yang Anda lakukan? Jika hari tersebut adalah hari kerja, kemungkinan besar Anda akan memencet tombol snooze berulang kali. Lalu Anda membuka mata, dan ternyata sudah setengah jam terlewat dari waktu masuk kerja. Wah! Bisa dipastikan Anda panik dan terburu-buru menyiapkan segala sesuatu. 
      Padahal ada cara bangun pagi yang lebih "ramah" untuk badan dan otak, lho. Jack Wiener, penulis The Way of the 4th Toe: Into the Feeling Body mengungkapkannya di situs www.youbeauty.com. "Anda justru harus bangun tidur dengan santai karena ini akan membuat kesadaran Anda lebih fokus dan Anda bisa menjalani hari lebih fokus. Bahkan kalau sedang stres, Anda bisa menanganinya dengan lebih baik."  
      Untuk mendapatkan keuntungan tadi, menurut Wiener, hanya ada tiga hal yang harus dilakukan saat bangun tidur. Ssttt, lakukan ini sebelum beranjak dari tempat tidur, ya. Pertama, lakukan lenturkan kaki dengan lembut sampai kaki berada dalam posisi lurus selama 15-30 detik. Setelahnya goyangkan jari tangan, buka perlahan, dan kepalkan jari-jemari menyerupai kepalan tinju selama 15-30 detik.
      Kedua, setelah Anda berdiri dari tempat tidur, pastikan posisi telapak kaki menempel rata dengan lantai. Diam sebentar, dan rasakan tekstur lantai yang bersentuhan langsung dengan kulit telapak kaki Anda. Ketiga, lakukan peregangan di area lutut. "Melakukan gerakan ini dan bukan meregangkan leher atau bahu akan membuat badan Anda lebih membumi dan lebih fokus menghadapi hari," pungkas Wiener.
      Yuk ndral, mulai cara hidup sehat! 
    • Oleh griyogledek
      Sebuah perusahaan asuransi membuat inovasi baru yang benar-benar di luar kebiasaan. Pasalnya, perusahaan ini mendorong karyawannya untuk cukup tidur dengan memberi imbalan uang. 
      Kebijakan ini sebenarnya bukan hal baru karena sudah diperkenalkan sejak 2009. Menurut perhitungan tahun lalu, sekitar 12 ribu dari total pegawai yang mencapai 25 ribu orang telah mengikuti inovasi baru ini. 
      Imbalan uang yang diberikan perusahaan ini pun cukup menggiurkan. Pegawai yang bisa tidur tujuh jam selama lebih dari 20 hari akan mengantongi uang sekitar Rp 329 ribu. Dalam setahum, rata-rata pegawai yang mengikuti program ini akan memperoleh sekitar Rp 3,9 juta. 
      Menurut Wakil Direktur perusahaan tersebut, Kay Mooney, pegawai bisa memilih bagaimana proses penghitungan waktu tidur mereka. Mereka bisa memilih monitor tidur yang dipasang di pergelangan dan tersambung langsung ke kantor pusat atau membuat catatan manual tentang seberapa lama mereka tidur setiap malam. 
      "Skema ini adalah salah satu bagian dari beragam gaya hidup sehat yang ingin kami biasakan ke mereka," ujar Kay. "Kami juga tak khawatir jika staf berbohong, sebab kami mempercayai mereka."
    • Oleh rani
      Sarapan merupakan satu kegiatan penting yang sering diremehkan. Kebanyakan orang menganggap sarapan tidak penting dan langsung memulai aktivitas harian. Biasanya mereka akan makan setelah sampai di tempat tujuan atau menunggu hingga makan siang.
      Padahal sejatinya sarapan sangat penting bagi tubuh untuk beraktivitas selama sehari penuh. Tahukah Anda kapan waktu yang tepat untuk sarapan? Melansir darilifehack.org waktu yang tepat untuk sarapan ialah satu jam setelah terbangun dari tidur. Jika Anda melakukan sarapan pada waktu tersebut Anda akan mendapatkan tiga keuntungan berikut.
      1. Gula darah dan insulin jadi teratur dan memacu metabolisme tubuh

      Ketika Andasarapan satu jam setelah bangun tidur, kadar gula darah dan insulin Anda akan teratur. Selain itu sarapan pada waktu tersebut juga sangat baik untuk memacu kembali metabolisme tubuh yang melambat akibat tertidur. Itu berarti sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan atau menjaga berat badan.
      2. Anda akan cenderung memakanan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi

      Ketika Anda melewatkan sarapan, sama saja Anda akan membiarkan makanan rendah gizi dan berkalori tinggi masuk ke dalam tubuh Anda. Mengapa demikian? Ketika Anda sarapan, makanan yang dikonsumsi akan lebih sehat dan akan menahan rasa lapar lebih lama. Sedangkan jika Anda tidak sarapan, Anda akan merasa cepat lapar dan memakan makanan yang kurang sehat.
      3. Bisa meningkatkan suasana hati

      Menurut beberapa penelitian, ketika Anda sarapan satu jam setelah bangun tidur bisa meningkatkan suasana hati karena memberikan nutrisi pada otak. Hal tersebut juga akan mencegah Anda merasa lelah dan mudah marah sepanjang hari.
      Membiasakan diri untuk sarapan satu jam setelah bangun memang akan terasa sukar. Tapi jika Anda melakukan rutinitas ini tubuh Anda akan lebih bugar, enerjik, dan menyegarkan pikiran.
    • Oleh dugelo
      Jangan mengharapkan musik hingar-bingar saat mendatangi salah satu konser Robert Rich. Sebab setiap penonton akan dibuat tertidur lelap oleh alunan musik Rich.

      "Ini tentang berbagai jenis pengalaman mendengarkan, dalam kondisi pikiran setengah terjaga setengah tertidur," kata Rich. "Saya mendorong [penonton konser] untuk bersantai karena konser akan berjalan sepanjang malam."
      Benar sekali, Sleep Concert Rich akan berlangsung sepanjang malam. Konser tersebut dilangsungkan selama sekitar delapan jam. Tujuannya adalah membuat penonton senyaman mungkin dan tertidur nyenyak. Jadi mereka akan membutuhkan matras, bantal, dan pakaian yang nyaman.
      Sleep Concert Robert Rich Robert Rich

      Rich menggambarkan konsernya sebagai pertunjukan musik ambient elektronik dengan tempo yang sangat lambat. Suasana dalam setiap konsernya begitu tenang, sehingga penonton bisa menenangkan pikiran.
      Rich pertama kali mengadakan Sleep Concert pada tahun 1982. Saat itu dia masih berstatus mahasiswa di Universitas Stanford. Menurut Rich sendiri, dia bereksperimen dengan konser selama berjam-jam untuk menciptakan lingkungan yang dapat mendorong penonton untuk mengeksplorasi emosi mendalam.
      Sleep Concert Robert Rich Robert Rich

      Dulu Rich bisa mengadakan Sleep Concert setiap bulan. Sekarang dia hanya mengadakan pertunjukan setahun sekali. Herannya, tiket konser Rich selalu ludes sebelum acara. Sejauh ini dia sudah tampil di Krakow, Tokyo, kopenhagen dan, Durham.
       
×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi