Jump to content
Ngobas

IIMS 2015, The Essence of Motor Show Siap Gelar, Pastikan Kombinasi Bisnis dan Budaya Otomotif

Recommended Posts

06-01-15.thumb.jpg.33f96cd4021967f96fa46

Wajah baru IIMS (Indonesia International Motor Show) benar-benar akan berubah pada edisi 2015 yang dihelat pada 20-30 Agustus 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Ini kali pertama IIMS menyatukan unsur bisnis dengan beragam budaya otomotif. Tidak hanya dikemas sebagai sarana promosi dan transaksi penjualan seperti selama ini, tapi pada saat yang sama juga dikemas menjadi sebuah wacana hiburan dan edukasi yang bertautan dengan dunia otomotif. 

“Ini terobosan besar dalam penyelenggaraan pameran otomotif di Indonesia meski sebenarnya sudah dilakukan banyak negara. Dalam pameran modern belakangan ini, penyelenggara tak hanya mendisplay produk-produk otomotif mutakhir, namun juga menjadikannya sebagai sarana rekreasi keluarga. Kami bangga menghadirkan perubahan itu dan yakin demikianlah kebutuhan terkini komunitas otomotif nasional,” ucap Hendra Noor Saleh, Direktur PT Dyandra Promosindo selaku organizer IIMS. 

Hal itu ia kemukakan dalam acara berbuka puasa bersama puluhan media massa nasional di Jakarta, Senin (6/7). Sesuai tagline The Essence of Motor Show, katanya, IIMS 2015 akan hadir dengan sejumlah acara pendukung yang semuanya berkaitan dengan dunia otomotif. Yang terbilang paling mencolok adalah keberadaan Military Zone dengan menampilkan beragam kendaraan militer dan Movie Cars yang menghadirkan mobil-mobil yang pernah muncul dalam film-film terkenal produksi Hollywood maupun lokal. Ada juga booth khusus yang menampilkan modifikasi terbaik anak-anak bangsa, line up mobil-mobil offroad dan rescue, parade mobil-mobil klasik, serta mobil-mobil sport yang menghiasi lintasan sejarah motorsport Indonesia. Disediakan juga arena bermain anak dan kompetisi mewarnai yang pastinya berbau otomotif. 

Tak kalah seru adalah hadirnya Drift War III yang akan melepaskan dahaga komunitas drifting akan sebuah event prestisius, dimana para drifter bisa mengeksplorasi skill dan style masing-masing di balik kemudi. Sekaligus menjadi tontonan yang menggiurkan. 

“Namanya juga pameran otomotif, tentu menu utama adalah display produk-produk otomotif terbaru dan premium. Kami pastikan 30-an brand terkemuka akan hadir, mobil maupun motor, APM maupun non APM, dan kemungkinan bertambah dalam sisa waktu satu setengah bulan ke depan. Sejumlah mobil yang tampil di Bangkok Motor Show 2015 juga dihadirkan. Termasuk juga kedatangan Miss Bangkok Motor Show 2015,” sebut Hendra sembari menawarkan kesempatan para jurnalis dan pengunjung mencoba berbagai produk yang di-display melalui lahan khusus Test Drive & Test Ride yang disediakan. 

Dengan halus Hendra menolak membeberkan merek-merek mobil apa saja yang akan meramaikan IIMS 2015 dengan alasan menjaga efek kejutan yang diinginkan para produsen. 

“Masing-masing punya strategi komunikasi dan marketing tersendiri. Ada yang ingin membukanya pada hari ‘H’ dan ada juga APM yang sudah membuat rilis tersendiri soal keikutsertaan mereka di IIMS. Saya kira teman-teman media bisa me-listing sendiri dari berita-berita selama ini,” ujar Hendra yang mantan wartawan dan memimpin sejumlah media otomotif nasional. 

Menyinggung persiapan teknis, ia menyebut sejauh ini tak ada kendala serius dan semuanya berjalan sesuai rencana sehingga bisa dibilang sudah 95% rampung. Banyaknya peserta dan demi terjaganya kenyamanan pengunjung, pihak Dyandra Promosindo bahkan menambah lahan pamer sekitar 10% lebih luas dari sebelumnya. Area parkir pun ditata sedemikian rupa agar lebih memudahkan. Dan, bagi pengunjung yang tak ingin bawa kendaraan atau pengunjung dari luar kota, disediakan shuttle bus gratis dari sejumlah titik strategis di Jabodetabek. Apalagi ditambah dukungan Trans Jakarta yang akan mengoperasikan halte bus di depan pintu 2 JIExpo Kemayoran. 

“Intinya kami ingin pengunjung senyaman mungkin dan pulangnya pun penuh kenangan. Jangan khawatir bawa keluarga karena fasilitas pendukungnya sangat lengkap. Bukan cuma arena bermain anak, sampai ruang khusus ibu dan anak (Nursery Room) pun tersedia dengan tingkat keamanan dan kenyamanan tinggi,” tandasnya. 

Satu hal lagi yang menonjol pada IIMS 2015 adalah kegiatan sosial yang mengiringinya. Selain tanam pohon bekerjasama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, Donor Darah, Sumbangan Buku dan Student Days, maka pada 27 Agustus akan dibuka sesi khusus Disable Tour agar kesemarakan IIMS 2015 bisa dinikmati semua kalangan. Hendra pun memastikan konsep baru IIMS ini akan menjadi tradisi penyelenggaraan pada tahun-tahun berikutnya.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Gracia_Mega
      Perangkat AC mobil menjadi fitur penting sebagai penunjang kenyamanan berkendara. Ketika AC mobil mulai tidak dingin tentu bisa mengganggu perjalanan bahkan anggota keluarga teriak gerah, panas. Sering kali, AC mobil yang tidak dingin yang dituduh biang kerok adalah freon. Alasannya, freon memang sering bocor jika usia mobil sudah lumayan lawas.
      Sistem AC mobil terdiri dari beberapa komponen utama yang berfungsi untuk menyemburkan udara dingin, diantaranya kompresor, kondensor, receiver, dryer, dan evaporator. Nah, dalam evaporator inilah freon AC berada.
      Semestinya, risiko kebocoran freon ini sangat kecil. Tapi dalam kondisi tertentu, umur freon AC ini bisa menua dan mengurangi kemampuannya untuk mendinginkan ruangan. Hal ini bisa disebabkan karena intensitas penggunaan AC itu sendiri, atau karena usia kendaraannya.
      Selain kedua faktor tersebut, kemampuan AC mobil untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang karena lubang pada karet seal di sambungan selang dan pipa, sudah merenggang. Kondisi ini biasanya terkait dengan usia karet seal atau faktor lainnya.
      Solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut adalah, cek dulu seluruh komponen AC secara keseluruhan. Jika terdapat kebocoran, sebaiknya langsung ditambal. Setelah itu, baru AC mobil bisa diisi dengan freon baru.
      Cara mengetahui kebocoran? Mendeteksi kebocoran AC sebenarnya cukup mudah, Anda hanya perlu memperhatikan kompresor yang terdapat pada AC mobil. Jika kompresor AC mobil tidak bergerak saat dinyalakan, kemungkinan besar freon AC sudah habis karena adanya kebocoran.
      Selain itu, ada beberapa ciri lainnya yang menandakan freon AC mobil harus segera diganti, diantaranya adalah kipas AC tidak berputar, udara yang keluar tak segar dan dingin lagi, kipas AC tidak berputar dan lainnya. Segera bawa ke dealer resmi.
    • By paimin
      Honda All New Vario 150 resmi meluncur, bradsis. Mesin yang dipakai mirip dengan yang diusung PCX 150. Di mesin ini, bagian kick starter sudah ditinggalkan. Sekarang, Honda hanya mengandalkan electric starter..
      "Kami sudah survey, konsumen kami jarang sekali menggunakan kick starter. Untuk itu, kita hilangkan kick starter pada All New Vario 150 ini," terang Shigeto Kimura, selaku Marketing Director AHM.
      "Di Vietnam, tidak menggunakan kick starter sudah dimulai sejak tahun lalu. Maka itu, kami juga mencobanya di Indonesia," tambah Toshiyuki Inuma, selaku President Director AHM.
      Memang lebih simple jadinya, karena tinggal pencet aja kalo mau nyalain motor. Tapi, kadang kick starter juga masih diperlukan untuk mengecek kompresi pada motor. Selain itu, jika aki mulai drop, electric starter juga jadi tidak berfungsi. Namun, mesin masih bisa menyala dengan kick starter.
      Untuk itu, brader n sista jangan sampai biarkan aki All New Vario 150 sampai drop atau soak yaa..
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/honda-mulai-tinggalkan-kick-starter-pada-all-new-vario-150-2Ku2

    • By Partner
      Kurang dari sebulan, pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 akan kembali dilaksanakan pada 19-29 April 2018 di JIExpo Kemayoran. Selain diikuti oleh brand roda empat dan roda dua, serta hadirnya penggiat dari industri aftermarket di Indonesia, IIMS 2018 juga tampil lebih semarak melalui serangkaian program menarik.
      Center Piece Of Carni
      Pusat dari rangkaian program menawan selama IIMS 2018 berada di  Center Piece Of Carni. Jika tahun lalu pengunjung dapat menikmati berbagai bangunan menarik, maka kini Center Piece Of Carni hadir lebih lengkap melalui beragam aktifitas. Tidak hanya bangunan unik yang menjadi menu utama, Center Piece Of Carni dilengkapi oleh IIMS Lounge, Trick Art, IIMS Bar & Café, Barber Shop, Unique Car Garage, IIMS Library, dan IIMS Merchandise.
      “Tahun ini Center Piece of Carni tampil lebih atraktif dan mengakomodir gaya hidup digital. Pengunjung dapat menikmati berbagai sajian seperti Trick Art melalui foto 3D. Pengunjung  juga dapat melihat beberapa mobil yang ada di Unique Car Garage. Bahkan pengunjung yang ingin menyegarkan penampilan, kami akomodir dengan hadirnya Barber Shop. Atau bagi pengunjung yang ingin mengoleksi official merchandise IIMS 2018, dapat membelinya di booth IIMS Merchandise”, ujar Hendra Noor Saleh, Project Director IIMS.
      Salah satu kegiatan yang selalu ditunggu pengunjung adalah IIMS Test Drive & Ride. Area pengujian pada tahun ini dirancang lebih atraktif dan diikuti oleh seluruh produk mobil dan motor yang berpartisipasi dalam IIMS 2018. IIMS Test Drive & Ride semakin lengkap dengan hadirnya Electric Car Festival, yang akan menampilkan mobil listrik milik APM maupun mobil listrik hasil karya mahasiswa Indonesia. Terdapatnya Electric Car Festival merupakan rangkaian dari IIMS Pride Of Indonesia sebagai wujud dukungan IIMS 2018 terhadap target 400.000 mobil listrik di tahun 2025 yang dicanangkan oleh pemerintah.
      Konsep IIMS 2018 yang menggabungkan beberapa elemen otomotif di Tanah Air tercermin dari beberapa program unggulan lain yaitu IIMS Sunmori yang akan dilakukan pada setiap hari minggu, maupun IIMS Indonesia Auto Modified (IAM) yang akan menghadirkan puluhan mobil modifikasi terbaik di Indonesia, berikut dengan puluhan HIN Girl.
      Program unggulan berikutnya adalah El Toro Loco di area IIMS Wheel Of Giant. Monster Truk  dengan bodi dan ban besar ini akan hadir selama  penyelenggaraan IIMS 2018 dan pengunjung dapat dari dekat menikmati sosok El Toro Loco yang didatangkan langsung dari Amerika Serikat ini.
      Dukungan Bukalapak
      Bukalapak merupakan sponsor utama dari IIMS 2018. Terdapat beberapa kegiatan yang akan menjadi highlight dari kerjasama ini. Buka Musik menjadi tema utama dari IIMS Stage. Panggung utama yang berada diantara kegiatan pameran dan deretan konsep Carnival akan menampilkan beberapa homeband pada setiap harinya dan closing ceremony seperti IIMS Award, PAHAMI Awards, Miss Motorshow, dan Guest Star.
      Buka Kontes menjadi tema untuk IIMS PAHAMI Audio Contest yang diselenggarakan selama IIMS 2018. Kontes Audio akan menggabungkan 5 Asosiasi Audio dunia yaitu EMA, IASCA, CAN, MECA, dan USACI. Kontes yang melibatkan 5 asosiasi ini merupakan peristiwa langka dan belum pernah terjadi sebelumnya. Para pemenang dari masing-masing asosiasi akan memperebutkan gelar “Champ of The Champ”.
      Kegiatan Corporate Social Responsibilities (CSR) yaitu cek kesehatan dan donor darah akan kembali diadakan. Dengan nama Buka Transfusi, program ini dapat diikuti oleh siapapun yang hadir di IIMS 2018. Ada pula Lapak Bermain yang menjadi tema untuk IIMS For Children. Lapak Bermain adalah program edukasi bagi anak berusia 6-12 tahun mengenai keselamatan dalam berkendara serta memberikan pengetahuan tentang lalu lintas sejak dini.
      Kompetisi untuk memperebutkan gelar Miss Motorshow kembali diadakan. Dengan nama Buka Talenta, peserta kontes Miss Motorshow merupakan brand representative dari seluruh peserta yang mengikuti IIMS 2018.
      “Kami meyakini bahwa bukan hanya mobil atau motor baru saja yang ditunggu oleh pengunjung IIMS 2018. Seluruh program kami yang ada di Center Piece Of Carnival, IIMS Wheel Giant, maupun program kolaborasi dengan Bukalapak akan menjadi magnet dari penyelenggaraan tahun ini.  Sehingga konsep acara yang mampu menggabungkan seluruh elemen otomotif semakin dikenal dan menjadi ciri khas dari setiap penyelenggaraan IIMS”, tutur Hendra Noor Saleh.
    • By Partner
      Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 is gearing up to bring
      The Essence of Motor Show 
      to life once more. Indeed, there will be a lot more of breakthrough displayed at the JIExpo, Kemayoran Jakarta from 27 April - 7 May 2017, including motorcycles show, auto parts and accessories industry as well.
      A special occasion of automotive enjoyment & entertaintment - for everybody - that held indoor & outdoor involving car & bike shows, trade fair, competition, eating, drinking, picnic, music, education & many others fun festivity that brings happiness
      This spirit emerge from the courage of change, create new dimension towards the concept of automotive exhibition in Indonesia. Along with the spirit of ‘Carnival’, the fun and excitement in it will create new enthusiasm and viral effect in order to encourage the visitors to participate and enhance the transactions. With the experiences as a motorshow organizer since 20 years ago, Dyandra Promosindo determined to satisfy the stakeholders of IIMS further. Through a combination of education, entertainment, lifestyle, and certainly, the business event.
    • By Clement
      Mobil dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) siap berlaga di kompetisi Student Formula Japan (SFJ) 2016. Guna meraih hasil maksimal, 20 mahasiswa yang tergabung dalam Garuda UNY Racing Team (GURT) telah bertolak ke Negeri Sakura untuk melakukan persiapan menghadapi lomba pada 6–10 September.
      Pada kompetisi yang diikuti kampus-kampus dari berbagai negara itu, GURT membawakan kendaraan yang diberi nama FG 16. Begitu tiba di Jepang, seluruh anggota tim bergegas melakukan setting kendaraan FG 16 yang telah mendarat terlebih dahulu melalui kargo.
      Sebagaimana dilansir laman resmi UNY, Selasa (6/9/2016), waktu yang dibutuhkan para mahasiswa untuk melakukan setting adalah enam jam, termasuk mengisi oli. Tim kemudian melakukan test drive di Fujinomiya Shiraito Speedland untuk mengukur performa kendaraan.

      Kompetisi SFJ yang berlangsung di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang, itu dibagi menjadi dua ranah, yaitu static event dan dynamic event. Dalam ranah static event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu dari cost report, design report, dan business logic plan. Sedangkan dalam ranah dynamic event, kompetisi yang dilangsungkan yaitu acceleration, skidpad, autocross, endurance, serta efficiency.
      Kendati demikian, menuju ke babak dynamic event saja bukan perkara mudah. Sebab, tim harus memastikan lulus proses scrutting terlebih dahulu. Dalam proses scrutting, kendaraan akan diuji dari berbagai aspek. Adapun aspek yang diuji meliputi kelengkapan kendaraan, pengereman, noise, tilt, hingga kemampuan racer dalam mengenali rules selama di lintasan balap.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy