Jump to content
Sign in to follow this  
Guest Metrotvnews

Enam Bidang Potensial Serap Banyak Tenaga Kerja

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri memprediksi ada enam sektor yang akan terus tumbuh dan menyerap banyak tenaga kerja.  Keenam bidang ini akan masuk ke dalam peta jalan pendidikan vokasi yang akan memperkuat investasi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Hanif mengatakan,  penyiapan SDM untuk enam sektor yang diprediksi tumbuh pesat dan menyerap tenaga kerja tengah dimasifkan melalui penguatan pada pendidikan vokasi.  Keenam sektor tersebut adalah agrobisnis, manufaktur, pariwisata, tenaga kesehatan, ekonomi digital, dan pekerja migran. 

Penyiapan SDM tersebut akan dimulai dari penyusunan peta jalan Pendidikan dan Pelatihan Vokasi yang saat ini tengah dilakukan pemerintah.  Peta jalan disusun agar tidak ada lagi ketidaksesuaian  antara apa yang dipelajari di pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja.   
“Jadi kita ingin agar investasi SDM kita baik melalui pendidikan maupun melalui pelatihan vokasi itu bisa sesuai dengan pasar kerjanya,” kata Hanif usai mengikuti Rapat Koordinasi tentang implementasi roadmap pendidikan dan pelatihan vokasi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Jakarta, Kamis, 19 April 2018.

Peta jalan ini, kata Hanif, akan memetakan sektor-sektor industri yang membutuhkan masifikasi pemenuhan SDM.  Ia berharap, peta jalan ini akan memudahkan pemerintah dalam menyusun dan melaksanakan program pendidikan atau pelatihan SDM yang sesuai dengan kebutuhan industri.

“Kita memetakan dari sisi demand side ini benar-benar bisa lebih detail, misalnya terkait dengan jabatan,” jelas Hanif.

Selain sektor tersebut, Menaker menjelaskan bahwa peta jalan ini juga memperhatikan prioritas pembangunan nasional. Seperti pada sektor infrastruktur, target 10 destinasi wisata baru, dan sebagainya.

“Terus ketika kita bicara dari proyek strategis nasional kita apa saja. Misalnya infrastruktur, 10 destinasi wisata baru. Itu kebutuhan pekerjanya berapa banyak, jabatannya apa,” ujar Hanif.

Peta jalan ini bertujuan untuk mendukung berbagai program pemerintah dalam penyediaan SDM kompeten. Diantaranya adalah pendidikan vokasi di lembaga-lembaga pendidikan vokasi, pelatihan vokasi di Balai Latihan Kerja (BLK), dan pemagangan berbasis jabatan.

“Sehingga itu semua melalui skema pendidikan, pelatihan vokasi, termasuk pemagangan, ini kita coba untuk kita penuhi,” paparnya.
 

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Sign in to follow this  

×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy