Jump to content
  • Our picks

    • Adik Personel One Direction Meninggal Dunia di Usia 18 Tahun
      Kabar duka datang dari keluarga salah satu personel One Direction, Louis Tomlinson. Adiknya, yang bernama Felicite Tomlinson dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (13/3/2019) karena serangan jantung.
      • 0 balasan baru
    • Ahmad Sahroni Bocorkan Rumus Kaya Seketika
      Ada kisah menggetarkan hati dari sosok yang tak asing di mata publik.

      Ahmad Sahroni, politisi Partai Nasdem yang kini duduk di kursi DPR RI blak-blakan tentang masa lalunya.

      Siapa sangka Ahmad Sahroni memiliki pengalaman kelam, yang tak pernah terlupakan.

      Ia mencurahkan pengakuannya di depan Hotman Paris, dalam program televisi Hotman Paris Show.
      • 1 balasan baru
    • Banjir Hadiah! Cover Lagu Ricky Kevin Berapa Banyak Cinta
      Jakarta -  Ricky Kevin, penyanyi berbakat asal kota Bandung ini kembali meramaikan blantika musik Indonesia. Single baru bertajuk “Berapa Banyak Cinta” ini resmi dirilis pada 16 Oktober 2018, ciptaan Bemby Moor. Dibawah naungan manajemen CKH Entertainment, bekerja sama dengan lebih dari 50 radio di seluruh Indonesia melakukan pemutaran serentak untuk single yang easy-listening ini.
      • 3 balasan baru
    • Kanker Darah Ani Yudhoyono yang Cukup Agresif
      Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap kondisi ibundanya,Ani Yudhoyono, yang kini dirawat di National University Hospital, Singapura. Penyakit kanker darah yang diidap Ani Yudhoyono disebut bersifat agresif.

      AHY mengatakan kondisi Ani Yudhoyono mulai menurun setelah mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berkunjung di Aceh. Mulanya, keluarga mengira Ani Yudhoyono kelelahan, tapi pemeriksaan medis berkata lain. 
      • 3 balasan baru
    • Apple Mulai Kehilangan Mahkota Triliun Dolar AS
      Apple kehilangan statusnya sebagai perusahaan triliun dollar setelah Wall Street melihat bahwa pembuat iPhone itu mengalami kehilangan USD190 miliar atau lebih dari Rp2.818 triliun.
      • 0 balasan baru
Masuk untuk mengikuti ini  
Guest Metrotvnews

2019, Indonesia Ditargetkan Bersih Prostitusi

Recommended Posts

Guest Metrotvnews
Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham menyatakan tak akan menghentikan program penutupan lokalisasi di Tanah Air. Alasannya, di lokalisasi terjadi eksploitasi manusia, perdagangan orang dan prostitusi yang berdampak luar biasa terhadap masyarakat.

Sepanjang periode 2014-2017, Kementerian Sosial telah menutup 122 dari 136 lokalisasi prostitusi yang tersebar di sejumlah provinsi. Atas penutupan itu, sebanyak 20.000 pekerja seks komersial (PSK) pun telah dikembalikan ke pihak keluarga.

"Karena itu, Kementerian Sosial akan terus melanjutkan program penutupan lokalisasi. Targetnya, tahun 2019 Indonesia bebas dari lokalisasi prostitusi," kata Idrus dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Penanganan Prostitusi dan Supporting Penutupan Lokalisasi, di Jakarta, Kamis, 19 April 2018.

Menurut Idrus, ada beberapa hal yang harus dilakukan pemerintah setelah menutup lokalisasi. "Seperti  bagaimana menyiapkan kemampuan vokasionalnya, kesiapan sosial, psikologisnya, dan sebagainya. Ini yang perlu dikoordinasikan bersama," ujarnya.

Mantan Sekjen Partai Golkar ini mengingatkan agar keputusan penutupan lokalisasi dipertimbangkan dengan dampak sosial ekonomi bagi warga yang menggantungkan hidupnya dari tempat tersebut sehingga harus kehilangan mata pencaharian setelah penutupan.

Belum lagi adanya migrasi para PSK dari satu lokalisasi yang sudah ditutup ke lokasi lain. "Pada beberapa kasus, PSK dari satu lokalisasi yang ditutup berpindah ke lokalisasi lain," ucap dia. 

Pada kesempatan itu, Idrus memuji langkah Pemerintah Kota Surabaya yang dipimpin Tri Rismaharini dengan menutup lokalisasi Dolly. Dia bahkan mengapresiasi upaya orang nomor satu di Surabaya itu dalam membenahi tempat tersebut pascapenutupan.

"Bu Risma menyediakan sarana dan pelatihan agar mantan PSK bisa mandiri. Bu Risma mengubah bekas lokalisasi menjadi rumah kreatifitas. Lokasinya ada di rumah itu, dan kreatifitas itu juga menjadi sumber pendapatan. Sehingga harkat dan martabat mereka bisa kembali," kata Idrus.

Kemensos di bawah kepemimpinan Idrus akan menambah jatah hidup (Jadup) bagi mantan PSK yang sebelumnya hanya tiga bulan menjadi enam bulan. "Kalau selama ini hanya selama tiga bulan. Nggak cukup. Kita perpanjang menjadi enam bulan," ujarnya. 

Wali Kota Surabaya Risma yang ikut hadir dalam acara ini menyatakan prostitusi menjadi ancaman serius bagi masa depan bangsa. Salah satunya pada kasus di Dolly yang berdampak pada anak-anak. Selain proses belajarnya terganggu, juga banyak ditemukan dari mereka yang terseret dalam praktik prostitusi semisal menjadi PSK atau mucikari.

"Ada anak usia 14 tahun menjadi mucikari, anak umur 16 dan 17 tahun. Anak-anak usia sekolah di Dolly juga tidak bisa belajar karena lingkungannya sangat berisik," kata Risma. 

Di Jawa Timur semula terdapat 54 lokalisasi prostitusi, dan kini semua sudah ditutup. Data Kemensos menunjukkan, masih ada sekitar 20.000 PSK yang menghuni 43 lokalisasi dan tersebar di sejumlah daerah.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Balas topik ini...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
Masuk untuk mengikuti ini  

×
×
  • Membuat baru...

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi