Jump to content
Masuk untuk mengikuti ini  
Metrotvnews

Jokowi Salah Satu Tokoh Muslim Berpengaruh di Dunia

Recommended Posts

Jakarta: The Muslim 500 kembali menempatkan Presiden Jokowi sebagai salah satu muslim paling berpengaruh di dunia. The Muslim 500 adalah survei tahunan yang mencantumkan 500 sosok muslim paling berpengaruh di dunia.

Presiden Jokowi berada di urutan ke-16. Dalam publikasinya, para editor survei ini mengutip ucapan Jokowi yang menyatakan bahwa 'keberagaman selalu menjadi bagian dari DNA Indonesia. Meskipun banyak tantangan, Islam di Indonesia selalu menjadi kekuatan yang moderat'.

Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni mengatakan, masuknya Presiden Jokowi dalam The Muslims 500 membuktikan bahwa dunia internasional mengakui kepemimpinan Jokowi di negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia.

"Ini adalah sebuah penghargaan dan pengakuan dari dunia internasional terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi dalam membangun Islam moderat di negara bependuduk muslim terbanyak di dunia," kata Toni dikutip dari Antara, Sabtu, 14 April 2018.

Toni juga menggarisbawahi langkah penyelenggara survei yang mencantumkan 'blusukan' sebagai ciri khas Presiden Jokowi dalam rangka mendengarkan dan melihat langsung permasalahan masyarakat.

"Pak Jokowi telah membawa terminologi blusukan mendunia. Blusukan menjadi cara pemimpin untuk secara langsung mendengar dan melihat permasalahan masyarakat. Juga membangun hubungan personal yang kuat dan tidak berjarak dengan rakyat," ujar Toni.

Tidak hanya soal blusukan. Presiden Jokowi juga dianggap memiliki keinginan kuat membangun transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pemerintahan.

"Aneh bila dunia mengakui presiden kita sebagai pemimpin muslim yang berpengaruh, tapi sebagian rakyat Indonesia masih ada yang mempertanyakaan keislaman Pak Jokowi untuk kepentingan politik," ujarnya.

Menurutnya, kedekatan Jokowi dengan MUI, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan ormas lainnya, membuktikan bahwa hubungan ulama dan umara sangat harmonis. "MUI, NU, Muhammadiyah dekat dengan Jokowi. Demikian pula organisasi-organisasi yang selama ini menjalankan ajaran Islam sebagai rahmat bagi sekalian alam," kata Toni.

Penyelenggara survei ini adalah The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang berkedudukan di Amman, Yordania. Dalam menentukan tokoh yang berpengaruh, digabungkan kombinasi matriks sosial, opini publik, dan pendapat para ahli.

Selain Presiden Jokowi, ada dua nama lain dari Indonesia yang masuk Top 50. Yaitu Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj di peringkat ke-22 dan Habib Luthfi bin Yahya di peringkat ke-41 . Selain itu ada nama mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin yang masuk Honourable Mentions.

www.metrotvnews.com

Share this post


Link to post
Bagikan di situs lain

Buat akun atau masuk untuk berkomentar

Anda harus menjadi anggota untuk memberikan komentar

Buat sebuah akun

Mendaftar untuk account baru dalam komunitas kami. Mudah!

Daftarkan akun baru

Masuk

Sudah mempunyai akun? Masuk disini.

Masuk Sekarang

Masuk untuk mengikuti ini  

  • Konten yang sama

    • Oleh paimin
      Mimpi Muhammad Amin Syam untuk memiliki kaki palsu akhirnya terwujud. Wajah siswa SD asal Malangke, Luwu Utara, Sulawesi Selatan, itu berbinar ketika melihat kaki palsu yang dikirimkan Kementerian Sosial untuknya. 

      Permintaan kaki palsu ini ditulis Amin dalam suratnya kepada Presiden Jokowi. Surat Amin lalu diunggah oleh pamannya, Ahmad ke akun Facebooknya dan viral di media sosial. 

      Setelah surat Amin viral, banyak bantuan berdatangan, salah satunya dari Menteri Sosial Idrus Marham. Dia langsung memerintahkan Tenaga Ahli Menteri, Jamal yang juga orang Bulukumba, Sulawesi Selatan, untuk segera terbang ke Luwu Utara dan memenuhi semua permintaan dan kebutuhan Amin. 

      "Saya bilang ya sudah langsung atasi apa keperluannya kita penuhi semua. Supaya bisa sekolah juga ya," kata Idrus dalam keterangan tertulis yang diterima, Rabu (11/4). 

      Idrus juga menelepon Amin setelah Tenaga Ahli Menteri dan sejumlah pejabat Kementerian Sosial tiba di kediaman bocah tersebut di Desa Tolada, Kecamatan Malangke, Luwu Utara. 
      Amin pun tidak henti mengucapkan terima kasih kepada Idrus. Menurutnya, bantuan yang diberikan lebih dari yang dia harapkan. 

      "Terima kasih banyak, Pak. Salam kembali," ujar Amin kepada Idrus melalui sambungan telepon. 

      Idrus mengatakan, tanpa diperintah Presiden sekalipun, persoalan seperti itu merupakan tanggung jawabnya sebagai Menteri Sosial. 

      Selain dari Kemensos, Amin juga sudah mengukur kaki palsu yang akan dibuatkan oleh Yayasan Lion Club Makassar Philanthropist bekerja sama dengan TNI AL Munte. 

      Amin bersyukur menerima hadiah kaki palsu dari Kementerian Sosial. Selain memperoleh kaki palsu, dia juga mendapatkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan senilai Rp1.890.000 per tahun tersebut diharapkan bisa sedikit meringankan beban keluarganya. 
      Amin sebelumnya mengirimkan surat terbuka kepada Presiden Joko Widodo, meminta diberikan kaki palsu yang baru. Alasannya, kaki palsu yang dimilikinya saat ini terbuat dari kayu dan sudah usang. 

      "Tolong Pak, saya tidak minta sepeda. Saya cuma minta kaki palsu, agar saya bisa melanjutkan sekolah dan kelak bisa membahagiakan ibu saya," tulis Amin. 

      Dia tinggal bersama ibunya, menumpang di rumah saudaranya dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan. Ayah Amin meninggalkan mereka ketika masih kecil lantaran malu dengan kondisi anaknya.
       
      Sumber: https://id.crowdvoice.com/posts/mimpi-anak-difable-punya-kaki-palsu-2KtB



    • Oleh c0d1ng

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku selalu memiliki target yang tinggi pada setiap program yang dilaksanakan. Program ini pun harus dapat tercapai oleh jajaran Menteri Kabinet Kerja.
      "Saya kerja selalu pakai target. Kalau target terlalu besar atau terlalu kecil, itu urusannya menteri," tuturnya
      Menurut Jokowi, dalam mencapai target ini, jajarannya harus bekerja keras agar target dapat tercapai. Apabila tidak tercapai, maka Menteri yang bersangkutan harus siap untuk untuk dipecat atau digeser pada posisi lain.
      "Kalau saya targetnya selalu besar. Kalau tidak tercapai urusannya akan lain. Bisa diganti, bisa digeser, bisa dicopot dan lainnya," tegas Jokowi.
      Salah satu program yang saat ini cukup ambisius adalah redistribusi aset dan sertifikasi lahan. Diharapkan, program ini nantinya akan memperoleh masukan dari berbagai pihak, termasuk ulama.
      "Saya ingin redistribusi aset ini diperdalam dibahas secara detail sehingga kami dapat masukan yang konkret yang riil. Sehingga kita bisa berikan kepada koperasi kepada umat sehingga bisa perkecil ketimpangan," tutupnya.
    • Oleh berita_semua
      Ada yang janggal dari foto Presiden Joko Widodo.
      Kejanggalan tersebut terlihat jelas pada sebuah meja.
      Foto tersebut diposting oleh akun Facebook Madame Tussauds Hong Kong.
      Tempat patung Jokowi dibuat.
      Seperti dikutip dari kompas.com, patung lilin Presiden Joko Widodo segera dipajang di museum Madame Tussauds, Hongkong musim panas tahun ini.
      Patung Jokowi ini akan ditaruh di bagian pahlawan nasional dan sejarah bersama tokoh-tokoh dunia lain seperti Presiden Sukarno, Mahatma Gandhi, Barack Obama, dan Xi Jinping.
      General Manager Madame Tussauds Hongkong Jenny You mengatakan, mereka "merekam" sosok Jokowi di Istana Negara tahun lalu.
      "Beliau banyak berdiskusi dengan tim kami untuk memastikan agar patung itu nantinya tampil sempurna," ujar Jenny dalam pernyataan persnya.
      "Kami yakin, patung beliau akan menarik banyak peminat dan kami tak sabar untuk menyelesaikan patung beliau pada kuartal kedua tahun ini," tambah Jenny.
      Sebelumnya, tim pematung dan seniman Madame Tussauds terbang dari Inggris dan bertemu langsung Jokowi untuk mengukur tubuh sang presiden.
      Menurut sejumlah laporan, lebih dari 200 perhitungan dan ratusan foto diambil sementara pembuatan patung dilakukan di London selama enam bulan.
      Jokowi terpilih berdasarkan hasil survei yang dilakukan museum Madame Tussauds.
      Hasil survei itu menunjukkan Jokowi adalah salah satu pemimpin dunia yang populer dan ingin disaksikan pengunjung museum.
      Akun tersebut memposting sejumlah foto.
      Satu diantaranya foto ketika pertemuan di sebuah meja.
      Jokowi terlihat mengenakan kemeja warna putih.
      Dia duduk dengan tangan di atas meja.
      Ada tiga pria lain di sisi kanan.
      Ketiga pria itu mengenakan baju batik.
      Satu diantaranya Johan Budi.
      Sementara di sisi lain ada wanita.
      Di sekitar pertemuan itu ada sejumlah hiasan.
      Lukisan dan ornamen wayang.
      Nah, tepat di meja Jokowi ada sebuah pantulan bayangan.

      Presiden Joko Widodo (Facebook)
      Di kaca meja terlihat seperti seorang pria yang mengenakan batu warna cokelat.
      Namun bayangan itu tak terlihat sosok dari pria tersebut.
    • Oleh berita_semua

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kallah (Wapres JK) akhirnya bergabung dengan jutaan peserta Aksi Super Damai 212. Mereka ke sana jalan kaki.
      Informasi yang dihimpun, Jokowi-JK akan Salat Jumat bersama dengan jutaan manusia lainnya di sana. Saat ini Jokowi dan rombongan sedang dalam perjalanan.
      Keduannya ditemani sejumlah menteri dan petinggi lembaga negara. Di antaranya Menko Polhukam Wiranto, Menteri Agama Lukman Hakim, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan lainnya. 
  • Kontributor Populer

×

Important Information

Kami menggunakan cookie. Mereka tidak menakutkan, tetapi beberapa orang berpikir mereka. Terms of Use & Kebijakan Privasi