Jump to content

JALAN SURABAYA UNTUK KEPERLUAN MASYARAKAT


davidbo

Recommended Posts

Kebutuhan sehari-hari sangatlah penting untuk kita, namun kita kadangkala sulit untuk menemukan tempat khusus yang kita butuhkan.

Ada beberapa jalan di Surabaya yang ada khusus untuk mencari keperluan yang diinginkan. Jalan-jalan tersebut tersebar di beberapa titik di Kota pahlawan. Berikut ini adalah 7 jalan di Surabaya untuk keperluan khusus.

1. JALAN PATUA

1.thumb.jpg.8680375d7551cbc43383bccd3c8a

Penjahit berjejer di jalan Patua / Ririndina

Tempat ini selalu jadi tujuan warga Surabaya yang ingin melakukan permak pada baju, celana sampai tas. Uniknya, puluhan penjahit semuanya adalah lelaki dan berjajar membuka lapak jasa jahit di sepanjang jalan.

2. JALAN TIDAR

2.thumb.jpg.9c7f770bf68f68124cfb61746a91

Penjual knlapot berjejer di jalan Tidar Surabaya

Modifikasi dan mencari knalpot di Surabaya? datang saja ke Jalan Tidar. Selain modifikasi, mayoritas bengkel knalpot di kawasan ini juga menyediakan aneka knalpot baru dan bekas yang bentuk dan suaranya aneh-aneh.

3. JALAN PRABAN

3.thumb.jpg.a9dcc0a8ba33d6e8174c6c99be12

Toko sepatu berjejer di jalan Praban Surabaya

Jalan Praban terkenal untuk mencari sepatu dan sandal (kebanyakan KW), terutama sepatu olah raga. Uniknya di Jalan Praban pengendara melintas di jalur kanan bukan di jalur kiri layaknya di Amerika. Karena itu jalan ini juga dikenal dengan julukan jalan Amerika.

4. JALAN KAYOON

4.thumb.jpg.2d0255af770838e7b8aab0ad50e9

Penjual bunga berjejer di jalan Kayoon Surabaya

Pasar Bunga Kayoon ada di sepanjang Jalan Kayoon, merupakan pasar bunga terbesar dan terlengkap di Surabaya. Pasar bunga ini memiliki berbagai bunga segar, bunga kering serta taman buatan yang bagus.

5. JALAN BODRI

5.thumb.jpg.1fdefdff1c22dae57bac9bfc90cd

Sejumlah barang antik terjajar di Jalan Bodri Surabaya / Tribunnews

Di Surabaya ada pasar khusus yang menjual dan membeli barang antik dan klasik. Berada di sudut Jalan Bodri, selatan Gelora Pancasila masuk melalui Jalan Padmosusastro. Kawasan ini memang sudah lama terkenal sebagai lokasi utama untuk berburu barang antik dan klasik bagi warga Surabaya bahkan dari luar kota hingga manca negara.

6. JALAN DEMAK

6.thumb.jpg.ec6d1efd862d5ac9fa385d5a283a

Pedagang di salah satu sudut Jalan Demak

Mau cari sparepart sepeda motor (kebanyakan) dan mobil yang bekas dan baru tapi bisa ditawar? ada di Jalan Demak. Salah satu area penjualan sparepart ori, pretelan, bodong, dan curian terbesar di Surabaya dan Jawa Timur. Tapi hati-hati dalam memilih sparepart yang diinginkan disini dan harus pandai menawar (lebih baik lagi kalau bisa bahasa Madura saat tawar menawar)

7. JALAN EMBONG MALANG

7.thumb.jpg.d5ebffb5fd5b5fb568973311cff7

Jalan Embong Malang / Jawapos

Di Jalan Embong Malang terkenal menjadi tujuan ketika membutuhkan jasa reklame. Disini terdapat puluhan pedagang jasa pembuatan reklame, poster, neon box, spanduk, baliho, papan nama, stempel, piala, plakat sampai kartu nama berjejer di sepanjang jalan.

Link to comment
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...
  • Similar Content

    • By jurnal_korupsi
      Proses pembelian 5.225 unit komputer oleh Bagian Pengelolaan Aset Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya disorot masyarakat.
      Karena pembelian komputer oleh instansi pemerintah seharusnya proses pengadaannya wajib dilaksanakan secara e-katalog, sebagaimana diatur oleh LKPP (Lembaga Kebijakan Pengadaan barang Jasa Pemerintah) yang sudah ditampilkan secara online.
      Dengan mekanisme pembelian secara e-katalog yang diatur LKPP ini, instansi pemerintah bisa mendapat barang yang berkualitas dengan harga yang jauh lebih murah serta untuk menghindari terjadinya markup harga, rekayasa, kolusi, korupsi dll
      Oleh Karenanya FKKS - Forum Komunikasi Komite Sekolah mempertanyakan, kenapa pembelian komputer senilai total Rp. 52 milyar itu tidak dilakukan secara e-katalog, tapi dilakukan dengan cara pelelangan dan bahkan dengan cara lelang cepat, dimana dengan itu data persyaratan, harga penawaran & peserta pengadaan yang menjadi penyedia, barang di LPSE Surabaya dengan kode lelang 7303010 , tidak bisa diakses/diketahui oleh publik?
      Bahkan, menurut FKKS, pelaksanaan lelang untuk pengadaan komputer itu terkesan dilaksanakan untuk menghindari pelaksanaan pengadaan melalui cara e-katalog yang ada pada system LKPP.
      Anggota FKKS, Yudo Anggodo menyatakan, indikasi mensiasati agar tidak melakukan pengadaan secara e-katalog ini terlihat bahwa lelang pengadaan komputer ini terkesan sengaja dilakukan ketika melihat peluang saat system e-katalog untuk produk komputer di LKPP sedang di-upgrade/ diperbaharui. Dimana proses pengadaan dengan cara lelang itu dilaksanakan  tanggal 02 Februari 2018 sampai dengan tanggal 05 Februarti 2018.
      "Padahal saat system e-katalog untuk produk komputer  di LKPP itu sedang di-upgrade, sudah ada pengumuman dalam situs LKPP tersebut  bahwa untuk e-katalog (online shop) untuk produk komputer sudah bisa dipakai kembali pada tangga 17 Februari 2018", kata Yudo
      "Kenapa tidak menunggu hanya beberapa hari sehingga terkesan terburu2 memanfaatkan waktu luang sekian hari saat system e-katalog di LKPP sedang upgrade. Situasi itu tampaknya malah dipakai alasan untuk melaksanakan pengadaan komputer dengan system lelang dan tidak melalui cara pembelian e-katalog? Dan kenapa tidak melalui lelang biasa yang info bisa diketahui publik, kok memakai cara lelang cepat yang info detailnya di situs LPSE Surabaya tidak bisa diakses/ diketahui publik", ujarnya 

      Apalagi kemudian diketahui, bahwa persyaratan, spesifikasi dll untuk bisa menjadi penyedia barang dalam lelang pengadaan komputer itu terkesan dibuat sangat sulit, dan berpeluang membuat situasi yang bisa menimbulkan anggapan adanya rekayasa bahwa hanya pengusaha tertentu saja yang bisa menjadi penyedia barang.
      "Jika kualitas komputer serta spesifikasinya kalah bagus, dan pembelian dengan cara lelang pengadaan ini ternyata harganya jauh lebih mahal dibanding harga, jika proses pembelian melalui e-katalog di LKPP, apa ini nantinya tidak bermasalah dalam hukum?",  tutur Yudo
      Sebagaimana diketahui, kota Surabaya, pada tahun 2018 ini mengalokasikan dana sebesar Rp. 52 milyar untuk pembelian komputer dan perlengkapannya, dimana rencananya sebanyak 5255 tersebut akan dibagikan kepada SD dan SMP negeri yang kekurangan peralatan
      Untuk SD keperluannya meliputi pemenuhan laboratorium, ruang guru dan ruang tata usaha. Sedangkan di jenjang SMP komputer diberikan untuk melengkapi laboratorium, ruang guru dan keperluan ujian nasional berbasis komputer (UNBK).
      Menurut FKKS, karena untuk keperluan dan dibagikan ke sekolah-sekolah di Surabaya, bukankah biasanya pembelian komputer itu dilakukan oleh Dinas Pendidikan? Karena Dinas Pendidikan lebih tahu kebutuhan sekolah. Dan selama ini pembelian komputer untuk keperluan sekolah dan peningkatan mutu proses belajar mengajar,  dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan atau langsung oleh sekolah melalui proses pembelian e-katalog di LKPP.
      Maka tampak janggal ketika dana untuk peningkatan mutu pendidikan dalam hal ini pembelian komputer dikelola oleh Bagian Pengelolan Aset Pemkot Surabaya dan Dinas Pendidikan hanya bertugas membagikan komputer ke sekolah2. Apalagi kemudian proses pembelian tersebut terkesan adanya rekayasa untuk menghindari pengadaan melalui proses e-katalog di LKPP
      Jika proses pembelian komputer senilai Rp. 52 milyar ini dikemudian hari menimbulkan persoalan hukum yang berindikasi adanya dugaan korupsi, tentunya hal ini bisa mencoreng kinerja pemkot Surabaya. Apalagi Noer Oemarijati Kepala Bagian Pengelolaan Aset Pemkot Surabaya, dikenal sebagai orang yang paling dipercaya oleh walikota Tri Rismaharini.
    • By BincangEdukasi
      Saya seringkali ditanya, “Apakah saran praktis mengendalikan emosi di Jalan?”. Inilah yang ingin saya bagikan.
      Yang jelas, seringkali di internet atau di majalah, banyak yang bicara soal tips mengendalikan emosi. Ada tips yang masuk akal dan mudah diterapkan, tapi ada yang terlalu ideal karena tatkala emosi sudah terjadi, perlu cara masuk akal untuk meredakan emosi kita. Masalahnya adalah kalau nggak segera diredakan, bisa-bisa berakhir dengan pidana (karena memukul, mengumpat, dll). Bagaimana saran Kecerdasan Emosional?
      1. Tunda Minimal 6 detik Sebelum Merespon
      Enam detik ini berdarkan hasil penelitian soal otak manusia (neuropsikologi). Ternyata, kalau kurang dari enam detik maka, bagian otak yang mengendalikan emosi yakni amygdala akan berperan. Amygdala itulah yang membuat kita merespon secara reflex dengan memaki, mengumpat hingga memukul. Nah, supaya respon reflex yang akhirnya disesali ini nggak muncul caranya adalah dengan menunda minimal 6 detik.
      2. Ganti Pikiran Negatif dengan Pikiran Logis
      Ingat, jadi bukan ganti dengan yang positif tapi yang logis. Misalkan ada bis kota motong jalan kita. Biasanya kalau pikiran positif adalah, “Mungkin dia lagi kejar setoran”. Nah, kadang pikiran positif ini bisa bagus, bisa nggak ada efeknya. Lebih masuk akal adalah menggunakan pikiran logis, misalnya “Kalau aku kejar dia dan umpat balik, buat apa? Toh nggak akan membuat dia bertobat. Lagian juga nggak kena mobilku kok”. Ini pikiran logis!
      3. Gunakan jas hujan emosi
      Ini teknik mengantisipasi, Jadi sebelum berangkat ataupun masuk ke dalam kendaraan, bayangkan diri kita sudah mengenakan jas hujan emosi dan bilang pada diri kita, “Kalau ada yang mengumpat ataupun yang membuat saya marah di jalan, saya tidak akan terpengaruh”
      4. Siapkan Penjaga Mood-mu
      Kadangkala, kondisi mood yang buruk juga mebuat kita jadi mudah emosi di jalan. Nah, ada berbagai hal yang bagi beberapa orang bisa jadi pelega sekaligus penjaga mood atau emosi yang positif. Misalkan saja mendengarkan music yang menyenangkan, makan permen ataupun mencium wangi2an tertentu di kendaraan yang dibawa. 
      5. Ciptakan “Self Talk” untuk men-counter pikiran emosional kita
      Cara kerjanya bayangkan ada semacam suara yang terus-menerus akan muncul tatkala kita mulai jengkel dan tidak terkendali. Bisa dibayangkan kalau suara itu berasal dari diri kit sendiri, suara malaikat atau suara orang yang kita kagumi sedang mengingatkan kita. Nah, tujuan self talk ini adalah mengingatkan kita dengan cara berpikir yang berbeda untuk melihat situasi yang memicu kita marah di jalan, dengan sudut pandang  yang lain. Misal: di depan ada kendaraan yang lambat, ternyata dia lagi terima HP. Reaksi kita mau memakinya. Tapi self talk lain bisa begini, “Emangnya kamu polisi? Mau sok ingatin dia? Kamu pikir kalau kamu ingatin dia, dia akan terima kasih sama kamu? Kenal juga nggak. Biarian aja. Lanjutkan perjalananmu. Lupakan dia. Ngapaian diambil pusing?”
    • By dugelo
      Menyetir mobil tidak sebatas menginjak pedal gas, rem, kopling, dan memindahkan tuas transmisi. Medan jalan yang beragam menuntut si pengendara harus mengetahui teknik mengemudi yang benar, salah satunya saat dihadapkan jalan menurun.
      Tidak sedikit pengendara yang salah melakukan teknik pengereman di medan seperti ini. Untuk memperlambat laju mobil biasanya pengendara hanya menginjak rem.
      Cara pengereman yang benar selain menginjak pedal, ada baiknya pengendara juga melakukan perpindahan transmisi.
      Jangan hanya pakai rem, seharusnya dibantu dengan engine brake, caranya pindah ke gigi yang rendah itu membantu memperlambat laju mobil.
      Apabila hanya mengandalkan pedal rem maka lama-kelamaan rem akan cepat rusak. Itu pula yang bisa menyebabkan rem blong.
      Rem itu bisa panas. Rem itu punya bidang gesek, kalau terus-menerus bergesekan maka kampas rem bisa habis itu yang pertama. Kedua rem itu diteruskan ke minyak rem kalau panasnya berlebih maka temperatur minyak rem akan tinggi. Di minyak rem ada titik didih, kalau mendidih maka efeknya rem blong, itu sebutnya vapourlock.
      Cara tersebut berlaku untuk mobil dengan transmisi manual. Sementara itu untuk mobil bertransmisi otomatis caranya hampir sama. Kalau matik pindah dari D, kedua, ketiga.
    • By Silviana_setiawati86

      Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memimpin 'Apel Kebhinekaan' yang dihadiri berbagai organisasi keagamaan dan masyarakat di Lapangan Banteng, Jakarta, Minggu 17/1
      Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu memimpin langsung apel kebhinekaan yang diikuti berbagai organisasi keagamaan dan masyarakat, serta sejumlah organisasi keagamaan, antara lain Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia (MATAKIN), dan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI).
      Dalam acara yang dilaksanakan hari Sabtu (16/1) ini turut hadir Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi.
      Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengingatkan bangsa Indonesia untuk bersatu melawan segala bentuk ancaman, termasuk teror. Menurutnya bentuk perlawanan tersebut dapat diwujudkan melalui bela negara. Ia menyerukan masyarakat supaya tidak takut terhadap tindakan teroris karena menurutnya para teroris memang sengaja ingin menimbulkan ketakutan dalam masyarakat. Ditambahkannya, yang perlu diutamakan adalah terbangunnya kebersamaan yang kokoh dan kuat.
      Teror bertentangan dengan agama sehingga harus menjadi musuh bersama, ujar Ryamizard. Ia berharap acara apel kebhinekaan lintas agama ini dapat menumbuhkan kesadaran untuk bela negara.
      Ryamizard mengatakan, "Karena kebersamaan 250 juta rakyat Indonesia adalah kekuatan yang maha dahsyat sehingga tidak ada kekuatan lain yang dapat melawannya, apalagi hanya teror-teror kecil . Perang ke depan bukan lagi perang dengan menggunakan alutsista, melainkan perang dengan cara mencuci otak."
      Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj mengatakan Indonesia saat ini sudah darurat radikalisme, terorisme, dan narkoba. Ini dikarenakan reformasi yang – menurut Said Agil – sudah kebablasan, dimana ideologi dari luar Indonesia mudah sekali masuk.
      “Padahal jelas aliran dari Timur Tengah tidak cocok untuk Indonesia”, tegasnya. Di Timur Tengah tidak ada ulama yang nasionalis dan keberadaan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) justru sangat berbahaya sehingga ISIS harus dilawan.
      "Tidak ada yang lebih dzalim daripada orang yang melakukan kejahatan dengan mengatasnamakan Islam. Mengaku Islam tetapi melakukan kejahatan seperti membom itu orang yang paling dzalim atau keji," ujar Said Agil.
      Hal serupa disampaikan tokoh agama Katolik Franz Magnis Suseno yang menyatakan pengeboman di Sarinah Thamrin, Jakarta itu tidak ada hubungannya dengan agama.
      Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Anton Charliyan menyebutkan bahwa di Indonesia sekarang ini ada 1.085 gerakan radikal. Polisi telah berupaya menekan perkembangan gerakan radikal ini, baik secara fisik maupun secara ideologi. Khusus penekanan secara ideologi tidak bisa dilakukan oleh polisi sendiri, tanpa bantuan komponen lain, seperti ulama dan tokoh masyarakat.
      "Mari kita sama-sama meningkatkan kepedulian terhadap terorisme, terorisme merupakan ancaman. Semua komponen ikut terlibat untuk menekan gerakan terorisme ini. Perlu disadari gerakan terorisme ini bukan hanya terjadi di Indonesia tetapi terjadi di seluruh dunia secara internasional," ajak Anton.
      Tim Densus 88 hari Sabtu (16/1) menjemput lima napi teroris dari Lapas Tangerang. Kelima narapidana itu menurut Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Anton Charliyan diperlukan untuk mengembangkan penyidikan kasus di Sarinah – Thamrin, Jakarta. Anton Charliyan menolak mengungkapkan nama kelima narapidana yang dijemput Densus 88 dari Lapas Tangerang. 
    • By kompipanas123

      Di kota-kota di seluruh dunia sepeda sebagai moda transportasi semakin populer. Belanda, adalah negara yang identik dengan moda trasnportasi beroda dua ini. Tapi, belum lama ini ada yang menarik dari penampilan jalur sepeda di Negeri Kincir Angin ini. Di mana jalur sepeda dijadikan sebagai generator pembangkit listrik tenaga surya.
      Jadi jangan heran jika kamu ke Belanda akan menemukan panel-panel surya yang diletakkan di jalur sepeda. SolaRoad, begitulah nama proyek ini. Panel surya yang terbuat dari fabrikasi beton berukuran 2,5 dan 3,5 meter ini pada bagian atasnya dipasangi panel surya dan diletakkan di jalur sepeda untuk menangkap radiasi panas dan cahaya untuk diubah menjadi energi listrik.

      Seperti dilansir brilio.net yang dikutip dari CNBC, proyek ini dikembangkan sebuah konsorsium yang terdiri dari lembaga penelitian TNO Belanda, Provinsi Noord-Holland, perusahaan konstruksi jalan Ooms civiel dan penyedia solusi teknik Imtech. “Ide ini kami mulai dengan memanen energi matahari yang di jaringan jalan kami, mengubahnya menjadi listrik, “kata Sten de Wit, juru bicara konsorsium SolaRoad, mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara telepon.

      De Wit menjelaskan, proyek ini dikembangkan dengan menghabiskan total dana sebesar 3,5 juta euro atau setara Rp 52,8 miliar, 1,5 juta euro atau Rp 2,26 miliar dari pemerintah provinsi Belanda Utara dan sisanya dari mitra konsorsium.
      SolaRoad adalah lapisan kaca tembus pandang setebal 1 cm yang diletakkan di atas beton jalan. Di bawah kaca terdapat kristal silikon sel surya. Lapisan atas SolaRoad dirancang sebagai penolak kotoran, tahan slip, dan sangat kuat. Awal November lalu, siklus jalan di Krommenie dijadikan pilot project program ini, diprediksi mampu menghasilkan 9.800 kilowatt energi dalam satu tahun, cukup untuk memasok listrik di tiga rumah.
      Rencana proyek ambisius ini akan diperluas hingga ke wilayah perbatasan Belanda dengan sejumlah negara lain di Eropa. “Tahun depan, kita akan memperpanjang jalur sepeda dan akan mencobanya pada jalan yang lebih besar dengan skala panel surya sepanjang satu kilometer,” katanya.
      Total siklus jalan-jalan kota di Belanda saat ini mencapai 140.000 kilometer, dan 120.000 kilometer untuk jenis jalan yang lebih kecil, termasuk  jalan provinsi dan jalur sepeda. Jalan-jalan kecil yang tidak digunakan secara intensif sebagai jalan negara inilah yang akan dimanfaatkan menangkap energi matahari untuk menjadi sumber listrik. Luar biasa!
×
×
  • Create New...