Jump to content
  • Popular Contributors

    Nobody has received reputation this week.

  • Our picks

    • Wanita Ini Baru Tau Pekerjaan Suaminya Setelah Suaminya Meninggal
      Seorang wanita menemukan fakta mengejutkan tentang suaminya yang telah dinikahinya selama 64 tahun.

      Kenyataan mengejutkan tersebut bahkan baru diketahuinya setelah sang suami yang bernama Glyn meninggal dunia.
      • 0 replies
    • Kamu Harus Tau Tentang Amnesia
      Apa itu Amnesia?

      Amnesia atau dikenal juga sebagai sindrom amnesik, adalah kondisi yang menyebabkan kehilangan memori. Hal ini meliputi kehilangan informasi, fakta-fakta, dan pengalaman personal. Ada banyak kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan amnesia, seperti dementia, stroke, atau cedera kepala.
      • 0 replies
davidbo

Mitos atau Fakta sih? Manusia hanya Memakai 10 Persen

Recommended Posts

2018843.thumb.jpg.cda1ab03726e99cef50bc7

Otak adalah hal yang sangat luar biasa, ia membantu manusia dalam beraktivitas sampai berimajinasi. Tapi ada perkataan yang mengatakan bahwa selama hidupnya manusia hanya menggunakan 10% (sepuluh persen) kemampuan otaknya. Bahkan ada yang mengatan bahwa Albert Einstein dapat menggunakan lebih dari 10% kemampuan otaknya itu. Benarkah manusia hanya memakai 10% kemampuan otak? Mitos atau Fakta?

Wow, jika manusia selama hidupnya hanya menggunakan 10% kemampuan otaknya, apa yang dapat dilakukan manusia jika ia dapat menggunakan 90% kemampuan otak manusia? Manusia itu pasti sangat menakjubkan.

Tapi sayangnya, perkataan ini hanyalah mitos, pada dasarnya setiap manusia dalam beraktivitas ringan saja memerlukan kinerja otak, bahkan untuk menjalankan sistem di tubuh kita, manusia memerlukan kinerja otak.

Otak itu sendiri terdiri dari saraf-saraf yang saling terhubung, pada saat kinerja otak dimulai, maka saraf-saraf ini akan memberikan respon-respon antara saraf yang satu ke saraf yang lainnya, lalu respon itu hilang jika kinerja selesai.

Hal inipun dibuktikan oleh perkataan-perkataan para ahli berikut ini:

Eric Chudler, Direktur Center for Sensorimonitor Neural Engineering di University of Washington

Eric Chudler mengatakan perkataan mengenai mitos 10% kemampuan otak ini hanyalah mitos belaka.

Ia mengatakan jika itu benar, maka manusia itu pastilah sekarat. Ia mengatakan pada saat ia merekam kegitaan otak dengan EEGS atau PET scan, ia tidak melihat adanya bagian otak yang diam dan tidak terpakai.

Larry Squire, peneliti neuroscientist di Veterans Administration Hospital dan University of California San Diego

Larry Squire mengatakan bahwa setiap bagian otak yang terluka pasti ada konsekuensi dan akibatnya. Kemungkinan besar mitos ini dimulai karena adanya bagian otak yang terluka.

Seorang peneliti pernah menganalisa perilaku tikus dengan mengambil sebagian otak mereka. Mereka meletakkan tikus itu di dalam lorong-lorong untuk melihat apakah tikus-tikus tersebut dapat keluar dari sana. Ternyata tikus dengan setengah otak itu seringkali bisa menemukan jalan keluar.

Ini kemudian menjadi kesimpulan bahwa manusia hanyalah menyia-nyiakan kemampuan otak mereka. Larry Squire juga mengatakan “Kenapa otak kita bertambah besar jika kita hanya menggunakan sedikit bagian saja?”

Barry Beyerstein, Professor Psikologi Simon Fraser University

Barry Beyerstein yang telah bertahun-tahun mempelajari mitos ini menggunakan PET dan FMRI, menemukan bahwa pemindaian dari teknologi tersebut jelas menunjukkan seluruh bagian otak terpakai.

Memang tidak langsung digunakan secara bersamaan, tetapi untuk seluruh kegiatan sehari-hari yang dilakukan, seluruh bagian otak digunakan. Hal ini sama seperti otot, dimana sluruh otot tubuh tidak digunakan secara bersamaan, melainkan hanya di kegiatan tertentu, tapi pada dasarnya untuk seluruh kegiatan sehari-hari, semua otot di tubuh kita digunakan.

Lalu bagaiman dengan mitos yang mengatakan bahwa otak akan semakin besar untuk orang yang lebih pintar? Hal ini tidaklah salah sepenuhnya, tapi juga tidak benar.

Otak manusia tidak akan bertambah besar jika seseorang semakin pintar, tapi otak manusia memiliki ukuran yang tidak berubah. Memang, otak yang lebih besar menandakan bahwa orang itu memiliki otak yang memiliki kapasitas dan kinerja yang lebih baik, tapi hal itu tergantung atas seberapa sering orang tersebut menggunakan kemampuan otaknya.

Otak manusia sendiri, semakin sering digunakan ia tidak akan bertambah besar melainkan hanya menambah jumlah lipatan yang ada di otak terssebut. Peneliti membuktikan bahwa otak Albert Einstein memiliki jumlah lipatan yang lebih banyak dari otak manusia biasa.

Albert Einstein juga mengatakan bahwa “Setiap orang itu jenius, tetapi jika Anda mengecap sebuah ikan akan kemampuannya dalam memanjat pohon, maka seumur hidupnya ia akan mempercayai bahwa dirinya itu bodoh.” Hal ini menandakan bahwa kita tidak boleh mencap seseorang itu bodoh, melainkan kita harus percaya bahwa setiap orang memiliki keahlian di bidang yang berbeda.

Oleh karena hal-hal inilah, kita harus lebih giat menggunakan otak kita, baik dalam belajar, berpikir atau berimajinasi. Dengan begitu kita akan menambah kemampuan otak kita.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By chyntia_irawan
      Vokalis band Seventeen, Ifan harus kehilangan sang istri Dylan Saharasaat bencana tsunami menerjang Pantai Tanjung Lesung, Banten pada Sabtu, 22 Desember 2018.
      Ifan Seventeen sempat mencari tahu keberadaan sang istri selama dua hari hingga akhirnya ditemukan meninggal dunia di RSUD Pandeglang.
      Keberadaan istri Ifan Seventeen juga sempat menjadi simpang siur karena hingga Senin, 24 Desember 2018 sore belum juga ditemukan. Kabar hoaks juga sempat beredar mengenai kondisi dan keberadaan Dylan Sahara.
      Siapakah sosok Dylan Sahara, istri Ifan Seventeen yang meninggal dunia tersapu gelombang tsunami? Rupanya tak banyak tahu soal Dylan.
      Berdasarkan penelusuran Liputan6.com, Dylan baru saja merayakan ulang tahunnya tepat pada saat tsunami menyapu Selat Sunda.
      Tak hanya itu, banyak pula politikus yang turut menyampaikan duka cita atas meninggalnya Dylan Sahara melalui akun Twitter pribadi mereka.
      Berikut 4 fakta istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara yang meninggal dunia karena tersapu tsunami Selat Sunda:
      1. Menikah Sejak 2016

      Melalui akun Instagram @ifanseventeen dan @dylan_sahara, diketahui jika Ifan dan Dylan menikah sejak 2 November 2016 silam. Keduanya pun memiliki hobi travelling atau jalan-jalan.
      Banyak negara-negara di dunia yang sudah dikunjungi Ifan dan Dylan. Mulai dari Singapura, Thailand, Dubai, Italia, Paris, Jepang, hingga Yunani.
      Kebersamaan Ifan dan Dylan sudah sejak 7 tahun mereka berpacaran, kemudian baru 2 tahun ini menikah.
      2. Kader Partai Gerindra dan Caleg DPRD

      Istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara rupanya maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) DPRD Provinsi Jawa Timur. Hal ini diketahui dari Twitter Fadli Zon @fadlizon yang meretweet akun @nirmayuliansyah.
      Dari foto tersebut, diketahui Dylan merupakan Caleg DPRD Provinsi Jawa Timur asli Ponorogo. Selain itu, akun Twitter Partai Gerindra @Gerindra juga mengatakan jika Dylan Sahara Puteri merupakan calegnya.
      "Turut berduka cita atas meninggalnya kader Gerindra, Dylan Sahara Puteri, istri dari @seventeenifan, dalam musibah Tsunami di Tanjung Lesung. Semoga almarhumah diterima di sisi-Nya. Dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan dan ketabahan. Aamiin YRA??." cuit akun @Gerindra, Selasa (25/12/2018).
      3. Putri Anggota DPR RI

      Istri Ifan Seventeen, Dylan Sahara merupakan putri dari anggota Komisi VIII DPR RI Supriyanto. Supriyanto juga merupakan Ketua DPC Partai Gerindra Ponorogo.
      Hal ini juga diketahui dari cuitan Twitter Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon @fadlizon.
      "Turut berduka cita sedalam2nya. Ini (Dylan Sahara) adalah putri Bp Supriyanto, anggota @DPR_RI @Gerindra . Smg husnul khotimah." cuit Fadli Zon, Selasa (25/12/2018).
      4. Sempat Keliling Bersama Sandiaga Uno

      Belum lama ini, Dylan Sahara sempat berkeliling bersama calon wakil presiden Sandiaga Uno di Ponorogo, Jawa Timur. Hal ini diketahui dari akun Twitternya @sandiuno.
      "Hari Jumat lalu, saya dengan Dylan beserta ayahnya yang juga sahabat saya, Pak Supriyanto, Ketua DPC Gerindra Ponorogo masih bersosialisasi dengan masyarakat sekitar di Angkringan Gayeng, Ponorogo, Jawa Timur. Doa kami yang terbaik untuk Dylan Sahara." tulis Sandi, Selasa (25/12/2018).
    • By abas
      Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik mengenai sidang yang berjalan hampir 10 jam tersebut.
      1. Gamawan salahkan masyarakat
      Di awal persidangan, Gamawan menyalahkan masyarakat terkait terhambatnya proyek e-KTP.
      Gamawan mengatakan, hambatan terjadi saat pelaksana proyek harus melakukan perekaman data penduduk.
      Menurut Gamawan, kesulitan terjadi saat masyarakat banyak yang tidak datang untuk menyerahkan data identitas.
      "Karena menurut undang-undang, yang aktif itu rakyat, bukan pemerintah," kata Gamawan.
      2. Gamawan akui terima uang
      Gamawan mengakui menerima beberapa kali pemberian uang. Namun, ia beralasan, pemberian uang itu terkait keperluannya untuk berobat dan honor kerja.
      Ia mengaku pernah meminjam uang Rp 1 miliar kepada adiknya, Azmin Aulia. Uang tersebut digunakan untuk beternak sapi dan bertani.
      Selain itu, Gamawan mengaku meminjam uang kepada pengusaha Afdal Noverman sebesar Rp 1,5 miliar. Uang itu untuk keperluan berobat di Singapura.
      Kemudian, ia mengakui menerima uang Rp 50 juta. Namun, uang tersebut diklaim sebagai honor kerja.
      3. Mantan Sekjen Kemendagri terima 500.000 dollar AS
      Mantan Sekjen Kemendagri, Diah Anggarini, mengaku dua kali menerima uang. Pertama, ia menerima uang dari Irman yang saat itu menjabat Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri sebanyak 300.000 dollar AS.
      Kedua, ia menerima 200.000 dollar AS dari pengusaha pemenang tender proyek e-KTP Andi Agustinus, alias Andi Narogong.
      4. Pertemuan dengan Setya Novanto
      Dalam kesaksian selanjutnya, Diah mengatakan, ada pertemuan yang dihadiri Irman serta anak buahnya, Sugiharto, dan Andi Narogong selaku pelaksana proyek e-KTP.
      Pertemuan yang dilakukan di Hotel Gran Melia, Jakarta Selatan, sekira pukul 06.00 WIB, juga dihadiri Setya Novanto.
      Namun, tidak disebutkan kapan pertemuan itu terjadi. Novanto saat itu merupakan Ketua Fraksi Partai Golkar.
      Pertemuan itu, kata Diah, berlangsung singkat. Novanto pun terlihat tergesa-gesa karena ada acara lain.
      5. Catatan skema pengendali korupsi E-KTP
      Dalam persidangan terungkap bahwa penyidik KPK tidak hanya menemukan catatan uang miliaran rupiah di kediaman milik mantan Ketua Komisi II DPR, Chairuman Harahap.
      Saat dilakukan penggeledahan, penyidik juga menemukan catatan berisi skema pengendali korupsi pengadaan e-KTP.
      Dalam bukti yang ditampilkan jaksa KPK, catatan itu berjudul yang mengatur dan merekayasa danmark-up harga dan pimpinan pengendali (Bos e-KTP) anggaran APBN 2011-2012, pagu Rp 5,9 triliun.
      Sejumlah nama disebut dalam skema tersebut, termasuk Setya Novanto dan Anas Urbaningrum yang merupakan Ketua Fraksi Demokrat.
      6. Beda Keterangan Chairuman dan Gamawan
      Awalnya, Gamawan mengatakan, Komisi II DPR RI periode 2009-2014, mengusulkan perubahan sumber anggaran proyek pengadaan e-KTP.
      Mulanya, sumber anggaran rencananya berasal dari Pinjaman Hibah Luar Negeri (PHLN).
      Namun, belakangan disepakati dibiayai dengan rupiah murni, atau dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
      Menurut Gamawan, hal itu disepakati dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi II DPR RI.
      Namun, Chairuman justru mengatakan bahwa Kementerian Dalam Negeri yang mengusulkan perubahan sumber anggaran.
      "Setahu saya itu bukan usulan Komisi II. Itu usul pemerintah," kata Chairuman.
      7. Pesan mendesak Setya Novanto
      Setelah para saksi, giliran Irman yang memberikan tanggapan. Irman mengungkapkan isi pesan mendesak yang disampaikan Setya Novanto kepadanya.
      Awalnya, pesan mendesak itu disampaikan Setya Novanto kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Diah Anggraini.
      Kemudian, Diah meminta biro hukum Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh, untuk menyampaikan pesan Novanto kepada Irman.
      "Saya bingung, ada yang datang malam hari jam 22.00 ke rumah saya. Yang menyampaikan ngomong ke saya, ada pesan dari Setya Novanto, pesannya mendesak," kata Irman.
      Menurut Irman, pesan yang disampaikan itu berisi peringatan agar Irman tidak membuka mulut kepada KPK mengenai hubungannya dengan Setya Novanto dalam kasus e-KTP.
      "Bahwa kalau diperiksa, tolong disampaikan bahwa saya tidak kenal dengan Setya Novanto," kata Irman.
      Menurut Irman, pesan itu disampaikan pada akhir 2014. Saat KPK telah menetapkan Sugiharto sebagai tersangka.
    • By kotawa
      “Who lives in a pineapple under the sea? SpongeBob SquarePants!”
      Bila SpongeBob menjadi tayangan favorit, Anda tentu tidak akan melewatkan fakta dan informasi unik sekaligus menarik tentangnya.
      Berikut adalah 24 fakta unik tentang SpongeBob SquarePants:
      1. Pencipta SpongeBob SquarePants adalah Steve Hillenburg.
      2. Nama asli SpongeBob adalah Sponge Boy tapi karena sudah ada yang memakainya, maka penciptanya menggantinya dengan nama SpongeBob.
      3. SpongeBob tidak memiliki nama tengah.
      4. Patrick Star adalah teman baik SpongeBob.
      >> Aksesoris SpongeBob dengan harga diskon – KLIK DISINI
      5. SpongeBob memiliki siput peliharaan yang bernama Garry.
      6. SpongeBob dan Patrick senang menangkap ubur-ubur dan meniup gelembung. Ubur-ubur hasil tangkapannya kemudian diperas dan jelinya digunakan sebagai selai roti.
      7. SpongeBob bekerja di KrustyKrab milik Mr.Crab.
      8. Di KrustyKrab, SpongeBob bertugas sebagai tukang masak.
      9. SpongeBob sebenarnya hanyalah sebuah spons wastafel biasa.
      10. SpongeBob berwarna kuning (siapa tahu masih ada yang belum tahu).
      11. SpongeBob selalu ceria.
      12. Rumah SpongeBob sebenarnya adalah sebuah nanas.
      13. SpongeBob tidak pernah bisa lulus tes mengemudi, tidak peduli berapa kali dia mencoba!
      14. Dia adalah seorang ambidextrous, kedua tangannya bisa berfungsi sama baiknya.
      15. SpongeBob tinggal di bawah air.
      16. SpongeBob memiliki satu set permainan KrusyKrab lengkap dengan tokoh dan aksesorisnya.
      17. SpongeBob takut gelap.
      18. Meskipun SpongeBob tinggal di laut, dia tidak bisa berenang!
      19. Pencipta SpongeBob SquarePants mencoba untuk membuat Anda berpikir tentang lumba-lumba saat SpongeBob tertawa.
      20. SpongeBob SquarePants tayang perdana di televisi Nickelodeon pada tahun 1999.
      21. Steve Hillenburg dulunya adalah seorang ahli biologi kelautan dan guru ilmu pengetahuan yang pernah bekerja sebagai juru masak di sebuah restoran seafood.
      22. Alasan Hillenburg menempatkan SpongeBob di rumah nanas karena dia pikir SpongeBob akan suka baunya. Indera penciuman merupakan hal yang sangat penting bagi hewan laut dan kehidupan di laut.
      23. SpongeBob memiliki 27 lubang.
      24. Ada Lego SpongeBob SquarePants.
    • By ThinkSmart
      SIMPSONS pertama kali muncul pada bulan April 19,1987 sebagai bagian dari acara Tracey Ullman.
      DI tahun 1992, Tracey Ulman mengisi gugatan terhadap fox (stasiun tv yang mengeluarkan the simpson), ia mengklaim bahwa keberhasilan the simpsons berkat acara talk shownya dan ia meminta share dari setiap episode the simpsons dan pengadilan menolak gugatan tersebut.
      PERJUANGAN BERAT PADA AWAL PELUNCURAN PERDANA SERIAL INI

      THE SIMPSONS diibuat oleh Matt Groening, dengan tujuan menawarkan tontonan alternatif pada saat itu.
      karena banyak penduduk USA menonton apa yang disebut dengan sampah mainstream.
      IDE CEMERLANG DALAM INDUSTRI PERTELEVISIAN

      Di butuhkan 2 hari untuk menyusun lagu tema THE SIMPSONS dan dikarang ole Danny Elfman dan juga berperan sebagai kompesernya pada tahun 1989
      6 bulan adalah waktu yang diperlukan untuk memproduksi masing-masing episode THE SIMPSONS
      Tim penuis biasanya terdiri dari 16 penulis yang mengajukan ide episode pada awal Desember

      Matt Groening menggunakan nama karakter dengan nama dari keluarganya sendiri. Dan nama BART adalah MATT Groening sendiri tapi tidak menggunakan nama aslinya dan merupakan angaram dari brat (anak nakal)
      THE SIMPSONS memiliki 6 anggota cast utama suara untuk melakukan hampir semua karakter dalam kartun tsb. Pada tahun 1998, FOX TV mengancam untuk mengganti mereka dengan aktor-aktor baru, akan tetapi, masalah ini segera diselesaikan
      Dengan bayaran $ US300, 000 per episode

      Lebih dari 600 gueststaryang simpsons memegang rekor dunia untuk MOST GUEST STARS FEATURED IN TELEVISION SERIES termasuk rolling stones, paul mccartney, andre agasi, christiano ronaldo etc.
      Di dubbing kedalam banyak bahasa termasuk Jepang, Jerman, Spanyol, Portugis, frenc, Quebec, frenc dan arabic.
      dalam arabic, homer minuman soda bukan bir dan makan roti sapi egyptian bukan hot dog karena adat Islam.
      D'OH! kata yang sering diteriakin oleh si homer sekrang masuk KAMUS BAHASA INGGRIS Oxford
      Jumlah pemirsa untuk musim kesembilan belas sebanyak 7.700.000, sedangkan di musim pertama mereka mereka rata-rata sebesar 13,4 juta pemirsa
      Sebanyak lebih dari 100 kali naskah untuk SIMPSON THE MOVIE ditulis ulang sebelum difinalisasi, dan dimulai dari tahun 2001
      Lebih dari 150 karakter secara teratur muncul dalam acara termasuk Pemain utama, pendukung dan karakter berulang
    • By Aladin
      Artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan belakangan ini santer dikembangkan di bidang teknologi. Saking canggihnya, menurut seorang pakar, manusia bisa saja nantinya menikah dengan robot.
      Pakar AI Dr. David Levy percaya bahwa dalam waktu 30 tahun mendatang atau lebih, manusia sebenarnya bisa saja menikahi robot. Hal ini diungkapkan Levy pada acara di London.
      "Kami dipaksa untuk merenungkan apa hubungan manusia-robot akan menjadi seperti satu atau dua generasi dari sekarang. Cinta dan seks dengan robot menjadi lebih umum, kita harus berhadapan dengan kemungkinan nyata pernikahan dengan robot," katanya.
      Ketika robot yang cukup mirip dengan manusia cukup menarik secara sosial, ke titik di mana mereka bisa bertindak sebagai rekan kita, mengapa tidak memperpanjang persahabatan ke pernikahan jika tidak ada pihak yang menentang ide itu?" tambahnya.
      Sebagaimana diketahui, ada perusahaan yang sudah mengembangkan robot untuk seks. Belum lagi robot sekarang sudah bisa mengambil alih pekerjaan yang biasa manusia lakukan, misalnya pekerjaan di pabrik-pabrik.
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy