Jump to content
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
  • Kemerdekaan indonesia 74
berita_semua

WOW! Biaya Keamanan Siber Telkomsel Rp 100 Miliar per Tahun!

Recommended Posts

telkomsel.thumb.jpg.a8ccd395a13b765371e8
Petugas memeriksa jaringan base transceiver station (BTS) milik Telkomsel di BTS Bangkalan, Madura, Jawa Timur

Telkomsel mengatakan setidaknya menganggarkan Rp 100 miliar per tahun untuk mengamankan jaringan seluler dan Internet yang dipakai oleh para pelanggannya.

Perusahaan operator seluler terbesar itu merasa butuh memberi jaminan keamanan di tengah tren perangkat mobile dan ponsel pintar yang telah menjadi alat yang sifatnya sangat personal.

"Di atas Rp 100 miliar per tahun. Setiap kali belanja kita besar sekali untuk keamanan," ungkap Ariyanto Setyawan, Network Security Management Telkomsel,  di sela acara Simposium Nasional Cyber Security 2015 di Jakarta, Kamis (4/6).

Ia menjelaskan, sumber atau motif serangan siber yang ditujukan kepada pelanggan seluler semakin banyak, bisa melalui virus bot ataupun program jahat yang mencuri data pelanggan.

Si peretas juga bisa melakukan kejahatan siber dengan cara menyebarkan pesan teks atau SMS broadcast ilegal yang isinya bersifat ajakan untuk melakukan transaksi penipuan, macam modus "Mama Minta Pulsa," atau pengelabuan berupa tautan yang sebenarnya adalah jebakan untuk menyisipkan malware ke perangkat konsumen.

"Kita sekarang ini mencoba meningkatkan kesadaran keamanan ke pelanggan. Serangannya sudah sangat banyak, bisa dibilang setiap detik ada," tutur Ariyanto.

Ia tak menyebutkan jumlahnya karena baginya angka itu bersifat relatif, namun ia menekankan kejahatan siber bisa menyebabkan kerugian miliaran rupiah per harinya.

Ia pun mengungkapkan kekhawatiran pada para pengguna ponsel pintar bersistem operasi Android yang menjadi target para penjahat siber. Sudah menjadi nasib sebuah sistem operasi yang banyak digunakan, seperti Windows dari Microsoft, bakal jadi sasaran empuk peretas.

Direktur perusahaan antivirus Vaksincom, Alfons Tanujaya mengatakan, sekitar 70 persen pengguna ponsel Android di Indonesia masih kurang peduli soal keamanan siber. Padahal, ada banyak kejahatan yang mengancamnya.

"Populasi pengguna Android di Indonesia sangat besar. Sayangnya tingkat kesadaran mereka mengenai keamanan peranti lunak masih sangat rendah," kata Alfons.

Ia menyarankan agar para pengguna ponsel pintar Android memasang peranti lunak antivirus untuk meminimalkan risiko diretas, juga tidak mengunjungi situs web yang tidak jelas pengelolanya, termasuk situs web pornografi yang menjadi gudang program jahat.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Restore formatting

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

  • Similar Content

    • By Males
      Perusahaan manajemen password SplashData, baru saja merilis daftar password terburuk pada 2018. Ada 25 password paling burukyang dirilis. 
      Daftar password terburuk tersebut, dikumpulkan dari 5 juta password yang bocor di ranah maya. 
      Password yang bocor ini ditengarai mudah dibobol karena mengusung kombinasi alfabetis dan angka yang terlalu mudah (seperti kombinasi “123456” dan “password”), sehingga bisa diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. 
      Tanpa berpanjang lebar lagi, berikut daftar 25 password dengan kombinasi terburuk di sepanjang 2018.
      Ini Dia Daftarnya
      Ada yang peringkatnya bergeser, ada yang tetap sama, dan ada juga password baru bertengger di daftar tersebut.
      1. 123456
      2. password
      3. 123456789
      4. 12345678
      5. 12345
      6. 111111
      7. 1234567
      8. sunshine
      9. qwerty
      10. iloveyou
      11. princess
      12. admin
      13. welcome
      14. 666666
      15. abc123
      16. football
      17. 123123
      18. monkey
      19. 654321
      20. !@#$%^&*
      21. charlie
      22. aa123456
      23. donald
      24. password1
      25. qwerty123
    • By berita_semua
      Berita duka dari rumah lembang berbarengan dengan divonisnya Ahok oleh pengadilan. Seorang security rumah Lembang yang bernama Gerard Umbu Samapati harus menghembuskan napas terkahir di usia 43 tahun dan meninggalkan tujuh orang anak.
      Berdasarkan informasi dari Usma yang juga sesama security di rumah Lembang, Gerard meninggal tak lama setelah menyaksikan berita divonisnya Ahok selama dua tahun.
      "Benar (meninggal dunia). Kaget dengar putusan hakim soal Ahok," katanya kepada merdeka.com, Selasa (9/5)
      Sejumlah timses perwakilan Ahok-Djarot dateng melayat ke rumah duka, dan menurut informasi mereka Gerard meninggal karena serangan jantung seusai mengetahui Ahok divonis oleh majelis hakim.
      Duh jadi sedih ya. Semoga diterima di sisi Tuhan.
    • By anon
      Linimasa Twitter pagi ini, Jumat (28/4/2017), ramai dengan pembahasan soal situs resmi Telkomsel yang tampak beda dari biasanya. Tampilan laman depan situs Telkomsel, www.telkomsel.com, ternyata diubah (deface) oleh peretas. 
      Dalam laman tersebut, sang peretas itu memprotes harga paket data Telkomsel yang dianggap terlalu mahal. Deskripsinya pun berisi kata-kata kasar yang mengeluhkan soal itu.
      "Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal," begitu salah satu deskripsinya.
      Deskripsi selengkapnya menjabarkan tuntutan sang peretas yang belum diketahui identitasnya. Ia meminta penurunan harga kuota internet dari Telkomsel. 
      Pembagian dan pembatasan kuota untuk 2G/3G/4G juga diminta dihapus. Begitu pula dengan paket bundling layanan internet HOOQ dan Viu untuk hiburan. 
      "Gue cuma butuh kuota internet. Titik," sang peretas menegaskan bahwa paket bundling dengan layanan hiburan tak terlalu penting. 
      Menurut pantauan terakhir, situs Telkomsel kini sama sekali tak bisa diakses sama sekali. Akan tetapi, jika memasukan kata "Telkomsel" di laman pencarian Google, hasil pencarian masih menampilkan pesan dari sang peretas.

      Netizen Indonesia menanggapi keluhan sang peretas dengan komentar beragam, ada yang terkesan membela maupun menyindir. 
      "hahahah sotus telkomsel di hack yg kurang uang ????????????," kata akun @chiro_muchtar.
      "Situs @Telkomsel di hack? Wah..bentuk protes dr pelanggan krn tarifnya kemahalan tuh hehehe," kata akun @iwanWEC.
      "Sekelas telkomnyet, eh telkomsel di hack ... sebagai netizen, w miris ...," kata akun @TeukuRyan.
      Telkomsel minta maaf
      Telkomsel pun meminta maaf atas peretasan yang terjadi. Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan penelusuran dan perbaikan. 
      "Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan dalam mengakses website resmi Telkomsel www.telkomsel.com. Saat ini kami sedang melakukan penelusuran dan perbaikan yang dibutuhkan agar pelanggan dan masyarakat bisa segera mengakses website tersebut," ia menjelaskan lewat keterangan resmi. 
      Lebih lanjut, Adita juga memberikan alternatif untuk mengakses informasi soal produk dan layanan Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel, Call Center, maupun GraPARI.
    • By berita_semua
      Twitter telah menetapkan sikap untuk perang menghadapi troll, pengirim pesan dengan tujuan membangkitkan tanggapan emosional dan kemarahan pengguna lain. Oleh sebab itu, Twitter belakangan ini gencar melakukan pembaruan sebagai upaya berkelanjutan membuat platform-nya lebih nyaman dan aman untuk pengguna.
      Selama beberapa minggu terakhir, Twitter sudah melakukan pembaruan mulai dari memperbarui cara pelaporan, mencegah pembuatan akun-akun berisiko konten melecehkan dan merendahkan, mengimplementasikan hasil pencarian yang lebih aman, menurunkan Tweet yang melecehkan, merendahkan dan berpotensi mengancam dan mengurangi notifikasi percakapan dari akun yang sudah diblok atau dibisukan (mute).
      Kini yang terbaru, sosial media (Medsos) berlogo burung biru ini meneruskan niatnya untuk platform-nya lebih aman dengan melakukan update lanjutan. Menurut Ed Ho, VP of Engineering Twitter, Twitter akan mengimplementasikan pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang dimilikinya.
      “Kami telah melihat dampak positif dari beberapa pembaruan yang kami lakukan baru-baru ini dan sangat menghargai masukan yang kami terima dari para pengguna. Minggu ini kami akan mulai mengimplementasikan beberapa pembaruan dengan memanfaatkan teknologi yang kami miliki untuk meminimalisir konten kasar dan merendahkan, menyediakan lebih banyak metode untuk mengontrol pengalaman Anda, sekaligus mengomunikasikan langkah-langkah yang sudah kami lakukan dengan lebih jelas," katanya dalam keterangan kepada Okezone, Kamis (2/3/2017).
      Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa Twitter banyak belajar seiring dengan berbagai usaha yang dilakukan untuk membuat Twitter aman dan nyaman, tak hanya dari perubahan-perubahan yang sudah diimplementasikan, tetapi juga dari kesalahan yang dibuat dan masukan dari para pengguna .
    • By c0d1ng
      I run a small Apache based web-server for my personal use, and it is shared with friends and family. However, most script kiddie try to exploit php application such as WordPress using exec(), passthru(), shell_exec(), system() functions. How do I disable these functions to improve my php script security?

      PHP has a lot of functions which can be used to crack your server if not used properly. You can set list of functions in php.ini using disable_functions directive. This directive allows you to disable certain functions for security reasons. It takes on a comma-delimited list of function names. disable_functions is not affected by Safe Mode. This directive must be set in php.ini file. For example, you cannot set this in httpd.conf file.
      Open a terminal or login to your server over the ssh session. Open php.ini file:
      Find disable_functions and set new list as follows:
      I also recommend to disable allow_url_include and allow_url_fopen for security reasons:
      Save and close the file. Restart the httpd server by tying the following command:
      OR if you are using Debian/Ubuntu Linux, run:
      A note about systemd based system
      If you are using systemd + RHEL/CentOS/Fedora Linux based system, enter:
      If you are using systemd + Debian/Ubuntu Linux based system, enter:
       
×
×
  • Create New...

Important Information

We use cookies. They're not scary but some people think they are. Terms of Use & Privacy Policy